PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Boy Rafli Amar

Foto:

Boy Rafli Amar


Nama Lengkap : Boy Rafli Amar

Alias : Boy Rafli

Profesi : Tokoh Kepolisian

Tempat Lahir : Madiun

Tanggal Lahir : Jumat, 7 Oktober 1960

Zodiac : Balance

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Dari seluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri), boleh jadi nama Boy Rafli Ahmad-lah yang paling banyak didengar dan dibaca publik di berbagai media elektronik maupun cetak. Apalagi jabatannya sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum Polri mengharuskannya menjadi juru bicara kepada publik untuk berbagai kasus yang ditangani pihak berwajib, khususnya Mabes Polri.

Dia mengawali karirnya sebagai polisi di Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 sebagai Inspektur Dua (Ipda). Sejak tahun 1991, pangkatnya naik setingkat menjadi Inspektur Satu (Iptu).

Dan sejak saat itu, karir Boy terus menanjak. Hingga di tahun 1999, dengan pangkat melati satu di pundaknya atau Komisaris. Di tahun itu pula, pria penggemar gado-gado ini berangkat ke Bosnia sebagai Wakil Komandan Kontingen Garuda XIV.

Boy sempat muncul di berbagai media, memberikan komentar atas berbagai kasus, termasuk kasus Negara Islam Indonesia (NII), perseteruan Kostrad dan Brimob, Geng Motor, video porno mirip anggota DPR, kartu Inafis, dan TKI korban penembakan polisi Malaysia.

Riset dan analisa oleh Ellyana Mayasari.

PENDIDIKAN
  • Akademi Kepolisian, 1988
KARIR
  • Kapoltabes Padang
  • Kabid Humas Polda Metro Jaya (2009)
  • Kabagpenum Ropenmas Divhumas POLRI (2010)
  • Karopenmas Divhumas POLRI (2012)
  • Inspektur Dua (Ipda)
  • Inspektur Satu (Ipsu)
PENGHARGAAN
  • Tanda jasa Satya Lencana Kesetiaan
SOCIAL MEDIA
Twitter: @boyrafliamar

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Selasa, 17 Januari 2017 13:36:45 Polri minta FPI dan GMBI hentikan konflik

    Polri minta FPI dan GMBI hentikan konflik. "Diharapkan tidak lagi melakukan aktivitas yang mengarah pada timbulnya konflik di antara warga masyarakat apalagi konflik horizontal antar organisasi kemasyarakatan ini tidak kita harapkan karena mengganggu ketentraman, keamanan dan kenyamanan masyarakat," kata Boy Rafli.

  • Selasa, 17 Januari 2017 13:36:51 Polri tegaskan tak bisa asal copot Kapolda Metro Jaya dan Jabar

    Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar menegaskan, Polri tidak bisa serta merta melakukan pencopotan terhadap Iriawan dan Anton. Ada mekanisme untuk mencopot pejabat polri. Kapolri sudah mendapat penjelasan langsung dari Kapolda Jabar. Polri juga sudah mendapat informasi perihal fakta-fakta yang terjadi di lapangan.

  • Selasa, 17 Januari 2017 13:55:25 Polri: Kapolda Jabar tak lakukan pembiaran konflik FPI vs GMBI

    Menurut Boy saat ini hal yang paling penting adalah langkah antisipatif di lapangan yaitu memastikan kepada semua pihak baik FPI atau GMBI untuk sama-sama menahan diri. Khususnya, tidak melakukan aksi-aksi provokatif kepada seluruh pimpinan ormas.

  • Senin, 9 Januari 2017 19:01:00 Polri janji evaluasi pelayanan pasca kenaikan tarif STNK dan BPKB

    Boy meminta masyarakat tidak menyudutkan Polri. Sebab, kenaikan bukan usulan Polri melainkan melainkan temuan dari Badan Anggaran (Banggar) DPR dan Kementerian Keuangan.

  • Jumat, 16 Desember 2016 15:05:02 Komunitas NTT desak Mabes Polri usut tuntas penikaman 7 siswa SD

    Komunitas NTT desak Mabes Polri usut tuntas penikaman 7 siswa SD. Koordinator Komunitas Persaudaraan NTT, Petrus Selestinus mengatakan pihaknya mengutuk tindakan tersebut. Mereka meminta Polri mengusut kasus itu sampai tuntas.

  • Kamis, 15 Desember 2016 17:37:45 Mabes Polri: ISIS nyata di Indonesia, jangan disebut pengalihan isu

    Basis pergerakan ISIS di Asia Tenggara ada Filipina Selatan. Oleh karena itu masyarakat diharap bisa lebih waspada dengan kegiatan-kegiatan yang terindikasi berkaitan dengan radikalisme dan mengarah aksi teror di Indonesia.

  • Kamis, 15 Desember 2016 16:41:39 Polri temukan atribut ISIS dan bahan kimia berdaya ledak tinggi

    Polri temukan atribut ISIS dan bahan kimia berdaya ledak tinggi. Boy Rafli Amar mengatakan, jika Dian Yulia Novi yang disiapkan sebagai 'pengantin' bom di depan Istana Negara ternyata sempat berkomunikasi dan mendapat mandat langsung dari Bahrun Naim untuk bunuh diri.

  • Rabu, 14 Desember 2016 10:07:15 Polri sebut perempuan jadi 'pengantin' bom modus baru teroris

    Polri sebut perempuan jadi 'pengantin' bom modus baru teroris. Boy meminta semua pihak khususnya tokoh masyarakat, tokoh agama, kepala keluarga, suami atau pun orangtua ikut mengawasi keterlibatan kaum perempuan dalam aksi terorisme. "Ini enggak baik, enggak layak dicontoh, diharapkan tak terjadi di negara kita."

  • Selasa, 13 Desember 2016 18:35:51 Polisi usut provokator tewaskan pelaku penyerangan siswa SD di NTT

    "Bisa diusut, bisa dilakukan penyelidikan siapa penggeraknya, apakah ada provokator, apakah ada yang dengan sengaja," kata Boy.

  • Senin, 12 Desember 2016 11:57:03 Polri sudah amankan 7 terduga teroris terkait bom di Bintara

    Polri sudah amankan 7 terduga teroris terkait bom di Bintara. Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyebut, total sudah tujuh terduga teroris yang diamankan Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Mabes Polri terkait penangkapan di Bintara VIII, Bekasi.