PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Boy Rafli Amar

Foto:

Boy Rafli Amar


Nama Lengkap : Boy Rafli Amar

Alias : Boy Rafli

Profesi : Tokoh Kepolisian

Tempat Lahir : Madiun

Tanggal Lahir : Jumat, 7 Oktober 1960

Zodiac : Balance

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Dari seluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri), boleh jadi nama Boy Rafli Ahmad-lah yang paling banyak didengar dan dibaca publik di berbagai media elektronik maupun cetak. Apalagi jabatannya sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum Polri mengharuskannya menjadi juru bicara kepada publik untuk berbagai kasus yang ditangani pihak berwajib, khususnya Mabes Polri.

Dia mengawali karirnya sebagai polisi di Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 sebagai Inspektur Dua (Ipda). Sejak tahun 1991, pangkatnya naik setingkat menjadi Inspektur Satu (Iptu).

Dan sejak saat itu, karir Boy terus menanjak. Hingga di tahun 1999, dengan pangkat melati satu di pundaknya atau Komisaris. Di tahun itu pula, pria penggemar gado-gado ini berangkat ke Bosnia sebagai Wakil Komandan Kontingen Garuda XIV.

Boy sempat muncul di berbagai media, memberikan komentar atas berbagai kasus, termasuk kasus Negara Islam Indonesia (NII), perseteruan Kostrad dan Brimob, Geng Motor, video porno mirip anggota DPR, kartu Inafis, dan TKI korban penembakan polisi Malaysia.

Riset dan analisa oleh Ellyana Mayasari.

PENDIDIKAN
  • Akademi Kepolisian, 1988
KARIR
  • Kapoltabes Padang
  • Kabid Humas Polda Metro Jaya (2009)
  • Kabagpenum Ropenmas Divhumas POLRI (2010)
  • Karopenmas Divhumas POLRI (2012)
  • Inspektur Dua (Ipda)
  • Inspektur Satu (Ipsu)
PENGHARGAAN
  • Tanda jasa Satya Lencana Kesetiaan
SOCIAL MEDIA
Twitter: @boyrafliamar

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Senin, 5 Desember 2016 12:26:26 11 Aktivis ditangkap agar tak ganggu ibadah massa aksi 2 Desember

    11 Aktivis ditangkap agar tak ganggu ibadah massa aksi 2 Desember. Operasi penangkapan harus dilakukan agar aksi super damai tidak ditunggangi oleh kepentingan sekelompok orang yang ingin menggulingkan Presiden Joko Widodo.

  • Sabtu, 3 Desember 2016 13:44:44 Tersangka dugaan makar ingin gerakkan massa Bela Islam III ke DPR

    Boy menjelaskan, karena massa doa bersama yang dipusatkan di Monas begitu besar dan kemungkinan ada yang tidak puas bisa dimanfaatkan. Karena itu polisi tidak menunggu itu terjadi sehingga melakukan penangkapan kepada para tersangka.

  • Sabtu, 3 Desember 2016 13:27:38 Mabes Polri sebut ada penyandang dana terkait dugaan makar

    Dilanjutkannya, pihak kepolisian sejauh ini telah mengendus nama aktor intelektual mengenai dugaan aksi makar. Namun, nama tersebut belum dapat disampaikannya secara terbuka. "Ada juga. Tapi tidak bisa kita buka di sini. Tidak etis," lanjutnya.

  • Sabtu, 3 Desember 2016 11:46:30 Mabes Polri sebut 11 orang ditangkap pada 2 Desember, ini daftarnya

    "Iya ada penambahan satu, Alvin Indra," kata Boy di Mabes Polri

  • Sabtu, 3 Desember 2016 12:30:41 Polisi bebaskan Ahmad Dhani dkk karena kooperatif dan kemanusiaan

    "Yang terpenting, kepolisian tidak mengalami kesulitan saat menjalani penyidikan," jelasnya.

  • Jumat, 2 Desember 2016 09:31:20 Polisi benarkan tangkap Rachmawati Soekarnoputri & 7 aktivis

    Polisi benarkan tangkap Rachmawati Soekarnoputri & sejumlah aktivis. Kadivhumas Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar membenarkan bahwa pihaknya telah menangkap Rachmawati Soekarnoputri. "Sedang dalam pemeriksaan Polda Metro (Jaya)," kata Irjen Boy, di Jakarta

  • Jumat, 2 Desember 2016 09:57:22 Video detik-detik penangkapan aktivis Sri Bintang Pamungkas

    Video detik-detik penangkapan aktivis Sri Bintang Pamungkas. Aparat kepolisian menangkap sejumlah orang, di antaranya Ratna Sarumpaet, Rachmawati Soekarnoputri, Ahmad Dhani hingga Sri Bintang Pamungkas. Selain mereka, masih ada empat orang lainnya yang turut ditangkap dengan tuduhan makar.

  • Rabu, 30 November 2016 13:35:59 Berkas perkara P21, Mabes Polri segera serahkan Ahok ke Kejagung

    Berkas perkara P21, Mabes Polri segera serahkan Ahok ke Kejagung. "Secepatnya, apabila besok, bisa saja hari berikutnya. Dalam masa penyidikan belum ada penahanan," ujar Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Boy Rafli Amar

  • Selasa, 29 November 2016 12:23:33 Polri larang massa demo 2 Desember bawa bambu runcing

    Polri larang massa demo 2 Desember bawa bambu runcing. Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar melarang massa yang ikut dalam aksi unjuk rasa pada 2 Desember nanti tidak membawa senjata tajam semisal bambu yang diruncingkan. Apalagi, aksi yang akan berlangsung di silang Monas itu adalah ibadah Salat Jumat.

  • Selasa, 29 November 2016 06:37:08 Polri soal aksi 2 Desember: Jangan mendompleng untuk tujuan negatif

    Polri soal aksi 2 Desember: Jangan mendompleng untuk tujuan negatif. Boy mengatakan, memang ada kemungkinan dari unsur buruh ikut berpartisipasi dalam aksi demo 2 Desember. Terkait hal ini, Polri pun berencana mengajak bicara unsur buruh, untuk melakukan unjuk rasa dengan tertib.