PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Budi Waseso

Foto:

Budi Waseso


Nama Lengkap : Budi Waseso

Alias : No Alias

Profesi : Tokoh Kepolisian


No Relation
BIOGRAFI

Budi Waseso menjadi salah satu nama yang sering disebut semenjak ada kisruh antara KPK dan Polri selepas calon Kapolri, Budi Gunawan ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK dan ditangkapnya wakil ketua KPK, Bambang Widjojanto oleh pihak kepolisian.

Budi Waseso sendiri berhasil mendapatkan promosi dan menempati posisi Kabareskrim Mabespolri di awal 2015. Sebelum menjadi Kabareskrim, karir Budi di kepolisian juga terbilang cukup cemerlang.

Di tahun 2009, Budi menjabat sebagai Kepala Bidang Propram Polda Jateng. Setahun kemudian, dirinya ditarik ke Mabespolri untuk menempati posisi Kepala Pusat Pengamanan Internal Mabes Polri.

Budi juga sempat menjadi Kapolda Gorontalo dengan pangkat Brigjen, sebelum naik pangkat menjadi Irjen setelah ditarik ke Mabespolri dan mengisi posisi Widyaiswara Utama Sespim Polri lantas Kasespim Polri.

Tercatat karirnya mulai 2013 melesat dengan menduduki posisi Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Polri di tahun 2014 yang mana prestasinya selama menjabat di posisi inilah yang menjadi salah satu faktor terpilihnya dirinya sebagai Kabareskrim saat ini.

Terlepas dari karirnya di kepolisian, Budi Waseso dikenal sebagai sosok anggota kepolisian yang tegas terhadap korupsi yang dilakukan pejabat daerah salah satunya Gubernur Gorontalo, Ruslie Habibie saat Budi menjabat sebagai Kapolda Gorontalo. 

Nama Budi Waseso juga sempat ramai di pemberitaan media masa saat atasannya yang saat itu menjabat Kabareskrim, Komjen Susno Duadji ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta akibat terlibat korupsi.

Riset dan Analisa dilakukan oleh Dwi Zain Musofa

KARIR

2009 Kepala Bidang Propam Polda Jateng
2010 Kepala Pusat Pengamanan Internal Mabes Polri
2012 Kapolda Gorontalo
2013 Widyaiswara Utama Sespim Polri
2014 Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Polri
2015 Kabareskrim Polri

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Selasa, 21 Februari 2017 14:59:47 BNN akan sulap 482.000 ha ladang ganja di Aceh jadi lahan pertanian

    BNN akan sulap 482.000 ha ladang ganja di Aceh jadi lahan pertanian. "Ini kan perlu kesepakatan Kementerian Pertanian, Kehutanan. Tanaman apa yang cocok baik itu (untuk jangka) pendek, sedang, maupun panjang," jelas Budi.

  • Sabtu, 7 Januari 2017 01:14:00 Kepala BNN sebut 11 negara impor narkoba ke Indonesia

    Ada 11 negara menyuplai narkoba ke Indonesia. Narkoba itu muaranya di Indonesia. sindikat terbesar penyuplai narkoba ke Indonesia adalah China. Selain itu ada pula dari kawasan Afrika dan Amerika Latin.

  • Jumat, 30 Desember 2016 07:21:50 Kepala BNN pastikan razia narkoba terus digelar hingga Tahun Baru

    Selain itu, mantan Kabareskrim Polri ini juga mengatakan akan menindak tegas pemilik tempat hiburan jika ditemukan peredaran narkoba dalam razia. Hal tersebut sudah tertuang di MOU (Nota Kesepakatan) tentang peredaran narkoba di tempat hiburan akan ditutup.

  • Jumat, 30 Desember 2016 10:35:38 Kepala BNN akui anggotanya teledor dalam penangkapan Noviadi

    Kepala BNN akui anggotanya teledor dalam penangkapan Noviadi. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Budi Waseso mengatakan, perusakan kantor BNNP Kaltim, oleh warga bakal menjadi bahan evaluasinya ke depan dalam penangkapan terduga pelaku narkoba. Perusakan itu dipicu tewasnya seorang warga Jalan Kakap, Samarinda Ilir.

  • Jumat, 23 Desember 2016 10:07:37 Budi Waseso sebut kirim paket via pos modus baru pengedar narkoba

    Budi Waseso sebut kirim paket via pos modus baru pengedar narkoba. Selain itu, turut dimusnahkan pula produk ilegal seperti kosmetik, berbagai macam suplemen dan obat-obatan, sex toys dan barang-barang mengandung unsur pornografi, telepon selular, minuman keras, pakaian, serta rokok ilegal sejumlah 6.033 item.

  • Rabu, 7 Desember 2016 14:50:26 Desmond soal wacana tembak mati bandar: Bikin UU dulu baru bener

    Desmond soal wacana tembak mati bandar: Bikin UU dulu baru bener. Kepala BNN Budi Waseso berencana menerapkan metode tembak mati kepada pengedar narkoba. Wacana ini dilontarkan Waseso usai mendapat sindiran dari Presiden Joko Widodo soal jumlah korban yang mati karena narkoba lebih besar dibanding pengedar barang haram

  • Selasa, 6 Desember 2016 10:34:02 Jokowi ke Waseso: Garis bawahi jumlah bandar narkoba mati tiap tahun

    Jokowi ke Waseso: Garis bawahi jumlah bandar narkoba mati tiap tahun. "Supaya betul-betul melihat kita nyatakan perang terhadap narkoba," pungkas Jokowi.

  • Jumat, 25 November 2016 03:02:00 Revisi UU Narkotika, Budi Waseso ingin pasal rehabilitasi diperketat

    Revisi UU Narkotika, Budi Waseso ingin pasal rehabilitasi diperketat. Ada salah satu poin dalam pembahasan, yang menurut Waseso perlu dipertegas lagi dalam revisi Undang-undang itu. Tujuannya agar aparat penegak hukum benar-benar bisa memilah dalam tindakan penegakan hukum akan diambil.

  • Kamis, 24 November 2016 16:56:43 Pistol yang dipakai BNN punya kaliber berbeda dengan Polri dan TNI

    Pistol yang dipakai BNN punya kaliber berbeda dengan Polri dan TNI. Kepala BNN Komjen Budi Waseso menepis senjata api yang digunakan petugas unit penindakan BNN di Desember 2016 nanti lebih canggih dibanding milik TNI dan Polri. Yang membedakan, dari spesifikasi pelurunya.

  • Kamis, 24 November 2016 16:02:45 Perangi narkoba, BNN bakal dilengkapi 2.200 pucuk senjata api

    Perangi narkoba, BNN bakal dilengkapi 2.200 pucuk senjata api. Terkait penggunaannya, kata Kepala BNN, Budi Waseso, tidak semua petugas BNN dibekali senjata api. Hanya petugas penindakan di lapangan yang memenuhi persyaratan khusus. "Yang menggunakan tidak semuanya, itu khusus unit penindakan di lapangan," katanya.