PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Budi Waseso

Foto:

Budi Waseso


Nama Lengkap : Budi Waseso

Alias : No Alias

Profesi : Tokoh Kepolisian


No Relation
BIOGRAFI

Budi Waseso menjadi salah satu nama yang sering disebut semenjak ada kisruh antara KPK dan Polri selepas calon Kapolri, Budi Gunawan ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK dan ditangkapnya wakil ketua KPK, Bambang Widjojanto oleh pihak kepolisian.

Budi Waseso sendiri berhasil mendapatkan promosi dan menempati posisi Kabareskrim Mabespolri di awal 2015. Sebelum menjadi Kabareskrim, karir Budi di kepolisian juga terbilang cukup cemerlang.

Di tahun 2009, Budi menjabat sebagai Kepala Bidang Propram Polda Jateng. Setahun kemudian, dirinya ditarik ke Mabespolri untuk menempati posisi Kepala Pusat Pengamanan Internal Mabes Polri.

Budi juga sempat menjadi Kapolda Gorontalo dengan pangkat Brigjen, sebelum naik pangkat menjadi Irjen setelah ditarik ke Mabespolri dan mengisi posisi Widyaiswara Utama Sespim Polri lantas Kasespim Polri.

Tercatat karirnya mulai 2013 melesat dengan menduduki posisi Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Polri di tahun 2014 yang mana prestasinya selama menjabat di posisi inilah yang menjadi salah satu faktor terpilihnya dirinya sebagai Kabareskrim saat ini.

Terlepas dari karirnya di kepolisian, Budi Waseso dikenal sebagai sosok anggota kepolisian yang tegas terhadap korupsi yang dilakukan pejabat daerah salah satunya Gubernur Gorontalo, Ruslie Habibie saat Budi menjabat sebagai Kapolda Gorontalo. 

Nama Budi Waseso juga sempat ramai di pemberitaan media masa saat atasannya yang saat itu menjabat Kabareskrim, Komjen Susno Duadji ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta akibat terlibat korupsi.

Riset dan Analisa dilakukan oleh Dwi Zain Musofa

KARIR

2009 Kepala Bidang Propam Polda Jateng
2010 Kepala Pusat Pengamanan Internal Mabes Polri
2012 Kapolda Gorontalo
2013 Widyaiswara Utama Sespim Polri
2014 Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Polri
2015 Kabareskrim Polri

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Jumat, 25 November 2016 03:02:00 Revisi UU Narkotika, Budi Waseso ingin pasal rehabilitasi diperketat

    Revisi UU Narkotika, Budi Waseso ingin pasal rehabilitasi diperketat. Ada salah satu poin dalam pembahasan, yang menurut Waseso perlu dipertegas lagi dalam revisi Undang-undang itu. Tujuannya agar aparat penegak hukum benar-benar bisa memilah dalam tindakan penegakan hukum akan diambil.

  • Kamis, 24 November 2016 16:56:43 Pistol yang dipakai BNN punya kaliber berbeda dengan Polri dan TNI

    Pistol yang dipakai BNN punya kaliber berbeda dengan Polri dan TNI. Kepala BNN Komjen Budi Waseso menepis senjata api yang digunakan petugas unit penindakan BNN di Desember 2016 nanti lebih canggih dibanding milik TNI dan Polri. Yang membedakan, dari spesifikasi pelurunya.

  • Kamis, 24 November 2016 16:02:45 Perangi narkoba, BNN bakal dilengkapi 2.200 pucuk senjata api

    Perangi narkoba, BNN bakal dilengkapi 2.200 pucuk senjata api. Terkait penggunaannya, kata Kepala BNN, Budi Waseso, tidak semua petugas BNN dibekali senjata api. Hanya petugas penindakan di lapangan yang memenuhi persyaratan khusus. "Yang menggunakan tidak semuanya, itu khusus unit penindakan di lapangan," katanya.

  • Kamis, 3 November 2016 01:30:00 Politikus PKS setuju uang sitaan narkoba untuk operasional BNN

    "BNN adalah badan negara yang ingin melindungi warga negara dari kejahatan narkoba. Melindungi warga negara artinya melindungi negara," jelasnya.

  • Selasa, 1 November 2016 13:18:46 Fahri: Uang hasil narkoba haram, tak bisa digunakan operasional BNN

    "Saya menunggu laporan resmi BNN. Tidak boleh dialihkan, dalam TPPU (tindak pidana pencucian uang) itu kan uang haram," kata Fahri.

  • Rabu, 2 November 2016 07:04:00 Kritik pedas DPR Waseso akan pakai duit narkoba buat operasional BNN

    Fahri menyatakan, uang hasil kejahatan narkotika yang disita penegak hukum tak bisa langsung dialokasikan sebagai anggaran operasi pemberantasan. Ada sejumlah mekanisme yang harus dilalui sebelum uang sitaan digunakan. "Saya menunggu laporan resmi BNN. Tidak boleh dialihkan, dalam TPPU itu uang haram," kata Fahri.

  • Sabtu, 29 Oktober 2016 00:10:51 BNN tegaskan uang kejahatan narkoba buat operasional sesuai aturan

    BNN tegaskan uang kejahatan narkoba buat operasional sesuai aturan. Arman Depari mengatakan aturan penggunaan barang sitaan berupa uang untuk kegiatan oprasional BNN.

  • Jumat, 28 Oktober 2016 17:44:30 Waseso soal biaya operasional: Ada dari pemerintah, tidak mencukupi

    Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso mengakui anggaran pemerintah untuk BNN tak mencukupi untuk pengungkapan kasus besar. Waseso menginginkan uang sitaan dari Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) bisa langsung digunakan untuk operasional BNN.

  • Jumat, 28 Oktober 2016 13:56:44 Budi Waseso minta cagub cawagub DKI kampanye pemberantasan narkoba

    Budi Waseso minta cagub cawagub DKI kampanye pemberantasan narkoba. Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso mengingatkan agar para pasangan calon memperhatikan ultimatum Presiden Jokowi yang menyatakan negara darurat narkoba.

  • Jumat, 28 Oktober 2016 15:03:51 Budi Waseso sebut pemberantasan narkoba di Malaysia lemah

    Badan Narkotika Nasional (BNN) sering kali mengungkap sindikat narkoba internasional. Banyaknya sindikat Internasional yang masuk Indonesia bukti nyata tiap-tiap negara masih longgar dalam pemberantasan narkoba.