MERDEKA.COM » PROFIL » INDONESIA » D
PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Dipo Alam

Foto:

Dipo Alam


Nama Lengkap : Dipo Alam

Profesi : -

Tempat Lahir : Jakarta

Tanggal Lahir : Kamis, 17 November 1949

Zodiac : Scorpion

Hobby : Melukis

Warga Negara : Indonesia


BIOGRAFI

Dipo Alam merupakan Sekretaris Kabinet (seskab) Republik Indonesia. Sebelumnya Mantan Ketua Mikro Ekonomi ini dipercaya oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai Sekretaris Jenderal Organisasi negara-negara berkembang (Developing Countries) 8 atau D-8 pada tahun 2006, yang bermarkas di Istanbul, Turki. Dipo Alam
sempat terkejut karena tiba-tiba dirinya dipercaya oleh Presiden SBY sebagai Sekjen D-8 pada tahun 2006, dimana pemerintah Indonesia mendapat giliran memimpin D-8.

Walaupun penugasan internasional merupakan tugas yang pertama dilakoninya, namun mantan Ketua Umum Dewan Mahasiswa Universitas Indonesia ini tidak merasa kikuk. Apalagi dia memiliki pengalaman selama selama 25 tahun mengabdi baik di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional dan sebagai Deputi Menko Perekonomian, yang bersinggungan dengan NGO Internasional seperti World Bank, Development Bank, negara Eropa dan lain-lain. Bekal tersebut bisa menjadi motivasi dan pendukung bagi dirinya untuk bekerja sebaik mungkin tentunya juga untuk nama baik Indonesia.

Berakhirnya tugas Indonesia dalam memimpin D-8 Bulan Juli 2008 di Kuala Lumpur dan menyerahkan tongkat estafet kepemimpinan ke PM Malaysia, Abdullah Ahmad Badawi, bukan berarti berakhir pula masa tugas Dipo Alam sebagai Sekjen D-8. Malah secara aklamasi anggota D-8 menunjuk kembali Dipo sebagai Sekjen untuk periode empat tahun mendatang.

Pria kelahiran Jakarta, 17 November 1949 tersebut dipilih lagi, karena selama ini ia dianggap berhasil membangun dan memperkuat kelembagaan D-8, dan kegiatan D-8 berjalan sesuai dengan amanah pertemuan di Bali baik ditingkat menteri maupun ditingkat komisioner.

Dipo Alam mempunyai dua orang anak , yakni Dian Adiwaskitarini dan Indrika Amalia dari seorang istri bernama Ninik Setyawati. Pria 63 tahun yang dicanangkan presiden SBY ini mengaku senang melukis. Pendidikannya antara lain lulus Sarjana Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Indonesia (1978), Master of Engineering Management, The George Washington University, USA (1983), Professional Degree, Industrial and Engineering Management The George Washington University, USA (1984), Doctor of Science, The George Washington University, USA (1989).

Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

PENDIDIKAN
  • 1978 Sarjana Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Indonesia
  • 1983 Master of Engineering Management, The George Washington University, USA
  • 1984 Professional Degree, Industrial and Engineering Management The George
  • Washington University, USA
  • 1989 Doctor of Science, The George Washington University, USA
KARIR
  • Sekretaris Kabinet (2009)
  • Sekretaris Jenderal Organisasi D-8 (2006)
  • Deputi Menko Perekonomian di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA


BERITA TERKAIT