PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Djan Faridz

Foto:

Djan Faridz


Nama Lengkap : Djan Faridz

Alias : Djan | Faridz

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Jakarta

Tanggal Lahir : Sabtu, 5 Agustus 1950

Zodiac : Leo

Warga Negara : Indonesia


Istri : Nini Widjaja
BIOGRAFI

Djan Faridz dilahirkan di Jakarta dari pasangan Mohammad Djan dan Aisha Djan. Dia menempuh pendidikan pada sekolah SD St. Fransiskus lalu SMP Kanisius dan SMA Negeri 2 Jakarta (1966-1969). Setelah itu melanjutkan pendidikannya di Universitas Tarumanagara, dia lulus dengan gelar sarjana arsitektur

Usaha Faridz pertama adalah bengkel las, lama-kelamaan dia mulai menjual barang untuk bangunan. Pada  1996 Faridz mendirikan PT Dizamatra Powerindo, sebuah kontraktor swasta yang pernah digunakan Pertamina. Dia juga pernah bermain dalam usaha spekulasi tanah, dan pernah menjadi anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia.

Karir politiknya dimulai pada 2004,saat itu Faridz menjadi anggota Nahdlatul Ulama (NU). Baru pada 2009 dia menjadi bendahara NU cabang Jakarta. Di tahun yang sama Faridz terpilih sebagai wakil Jakarta di Dewan Perwakilan Daerah dengan mengumpulkan suara sebanyak 200.000, yang membuat dia menjadi kandidat nomor tiga. Sebagian besar dukungannya adalah dari NU dan pengusaha lain. Sebagai anggota DPD, dia mengutamakan pelestarian budaya Betawi dan meningkatkan kemampuan ekonomi Jakarta,dengan mengutamakan pasar tradisional.

Pada tanggal 17 Oktober 2011 dia terpilih sebagai menteri perumahan rakyat, yang kemudian membuat dia mengundurkan diri dari pemilihan Gubernur Jakarta. Karir politiknya makin merangkak. Pada 2011 dia terpilih sebagai kepala cabang NU di Jakarta sampai dengan tahun 2014. Sebagai menteri perumahan rakyat, dia mempunyai visi memberikan inspirasi, gagasan, dan tindakan yang tepat terhadap dinamika modernitas kehidupan dan atmosfir relijius bagi kehidupan Warga Jakarta dan kemajuan kota Jakarta.

Selain itu Djan mempunyai misi diantaranya mengembangkan rancangan kebijakan (perundangan) yang relevan untuk mengatur rancang bangun tata ruang perkotaan bagi Jakarta dalam kedudukannya sebagai Kota Internasional. Lalu pemanfaatan potensi sumber daya geografis dan sumber daya ekonomi bagi kemakmuran warga Jakarta. Dari sisi budaya dan ekonomi juga dia  angkat melalui pengayoman warga Betawi mencakup atmosfir kehidupan religius, konservasi nilai budaya Betawi, dan potensi sosial ekonomi warga yang tangguh dan adaptif terhadap dinamika Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan pusat perekonomian nasional.

Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

PENDIDIKAN
  • Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Tarumanegara
KARIR
  • Direktur Utama PT Priamanaya Djan International 1996 hingga sekarang.
  • Menteri Perumahan 2009-2014.
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Rabu, 23 November 2016 09:59:36 Djan Faridz harap Menkum HAM segera sahkan PPP Muktamar Jakarta

    "Mengharapkan beliau untuk bisa mensahkan, kepengurusan muktamar Jakarta. Itu pun sudah ada payung besarnya. Payung besarnya yaitu keputusan Mahkamah Agung. Jadi harusnya sudah tidak terbantahkan," katanya.

  • Rabu, 23 November 2016 11:55:18 Kisruh PPP, Djan persilakan Romi ajukan banding jika tak terima PTUN

    Menurutnya, yang berhak mengajukan banding hanyalah pihak-pihak tertentu. Yakni, pihak Menkum HAM yang mengajukan gugatan kepada pihaknya. "Para pihak itu Menkum HAM dengan kami. Beliau hanya intervensi. Kalau beliau nanti banding silakan, tidak ada yang menghalangi," kata Djan

  • Rabu, 9 November 2016 06:31:00 Gara-gara iklan PPP Djan Faridz, Ahok terancam didiskualifikasi

    "Ya kalau itu bukan mau nolong kita dong. Kalau itu bahaya lho, udah jelas kalau pasang iklan itu hukumnya didis. Kalau gitu ngapain? Partai saya udah lengkap kok, ngapain dukung saya kalau saya didiskualifikasi biar gak nyalon?," jelas Ahok.

  • Rabu, 26 Oktober 2016 14:42:03 Ini alasan PPP kubu Djan Faridz tak bisa beri sanksi Lulung

    Ini alasan PPP kubu Djan Faridz tak bisa beri sanksi Lulung. Sebelumnya, Lulung menegaskan tak takut dipecat oleh partainya karena berbeda sikap ihwal dalam dukungan di Pilkada DKI tahun 2017. Pria yang kerap disapa Lulung ini menjadi pendukung Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni.

  • Kamis, 20 Oktober 2016 15:10:01 PDIP terima kasih PPP Djan Faridz ingin gabung terus di Pilkada

    PDIP terima kasih PPP Djan Faridz ingin gabung terus di Pilkada. Ketua DPP PDIP Sukur Nababan mengaku berterima kasih jika keputusan yang diambil partainya mendapat dukungan dari PPP kubu Djan. Namun, dia enggan menduga-duga apa motif di balik sikap politik Djan.

  • Kamis, 20 Oktober 2016 07:05:40 Tak diakui Menkum HAM, PPP Djan Faridz uji materi UU Pilkada ke MK

    Tak diakui Menkum HAM, PPP Djan Faridz judicial review UU Pilkada. Kubu Djan Faridz selaku Pemohon merasa dirugikan dengan berlakunya Pasal 40 ayat (3) yang mengatur tentang perselisihan atas putusan Mahkamah Partai.

  • Rabu, 19 Oktober 2016 09:58:38 Serangan telak kubu Romi ke Djan cs pascadeklarasi dukung Ahok

    Serangan telak kubu Romi ke Djan cs pascadeklarasi dukung Ahok. PPP kubu Romi tak takut bergabungnya PPP kubu Djan ke PDIP, Golkar, NasDem dan Hanura, akan membesar peluah kemenangan Agus-Sylvi.

  • Selasa, 18 Oktober 2016 11:36:18 Kubu Romi sebut PPP Djan Faridz dukung Ahok biar diakui pemerintah

    Kubu Romi sebut Djan Faridz dukung Ahok biar diakui pemerintah. Kubu Romi menilai, kubu Djan Faridz berniat cari muka dengan mendukung Ahok dalam tujuan mendapatkan pengakuan dari pemerintah. Seperti diketahui, PDIP yang merupakan partai penguasa mengusung Ahok-Djarot di Pilgub DKI.

  • Selasa, 18 Oktober 2016 11:44:05 Kubu Romi sebut Djan usung Ahok bak 'berjudi' agar diakui pemerintah

    Kubu Romi sebut Djan usung Ahok bak 'berjudi' agar diakui pemerintah. "Saya katakan perjudian karena Djan sedang mempertaruhkan aspirasi seluruh struktur dan akar rumput PPP dengan kepentingan pribadi atau kelompoknya," kata Sekjen PPP kubu Romi, Arsul Sani.

  • Selasa, 18 Oktober 2016 08:52:31 PPP kubu Romi sebut Djan Faridz cuma punya segelintir pendukung

    PPP kubu Romi sebut Djan Faridz cuma punya segelintir pendukung. Perpecahan yang terjadi di Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berlanjut ke Pilgub DKI Jakarta 2017. Kepengurusan yang dipimpin Ketua Umum M Romahurmuziy memilih untuk mendukung pasangan Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.