PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Fadli Zon

Foto:

Fadli Zon


Nama Lengkap : Fadli Zon

Alias : No Alias

Profesi : Budayawan

Agama : Islam

Tanggal Lahir : Selasa, 1 Juni 1971

Zodiac : Gemini

Warga Negara : Indonesia


Ayah : Zon Harjo
Ibu : Hj. Ellyda Yatim
BIOGRAFI

Fadli Zon adalah seorang intelektual, penulis, budayawan, businessman, dan politikus Indonesia. Fadli Zon lahir di Jakarta pada tanggal 1 Juni 1971 namun dibesarkan di desa Cisarua, Bogor. Fadli merupakan putera pertama dari tiga bersaudara pasangan Zon Harjo (alm) dengan istrinya Hj. Ellyda Yatim. Ayah dua anak perempuan ini menyelesaikan pendidikan dasarnya di Cibeureum, Cisarua, Bogor kemudian melanjutkan SMP di Gadog, Bogor dan Jakarta dan jenjang SMA selama dua tahun di SMA Negeri 31, Jakarta Timur. Selama SMA, Fadli sering sekali memenangkan berbagai kompetisi siswa berprestasi, lomba pidato, baca puisi, tulis puisi, drama, karya tulis, karya ilmiah, dan matematika. Di sekolah SMAnya dulu, Fadli pernah dipercaya untuk menjadi Ketua Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 31. Fadli kemudian melanjutkan studinya di program Studi Rusia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB UI). Setelah menyelesaikan studi sarjananya, dia langsung mengambil Master of Science (M.Sc) Development Studies di The London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris. 

Semasa kuliah, Fadli aktif di berbagai organisasi intra kampus maupun ekstra kampus, antara lain pernah menjadi Ketua Biro Pendidikan Senat Mahasiswa FSUI (1992-1993), Sekretaris Umum Senat Mahasiswa FSUI (1993), Ketua Komisi Hubungan Luar Senat Mahasiswa UI (1993-1994). Fadli juga berkali-kali memimpin demonstrasi mahasiswa UI dalam isu-isu nasional dan internasional. Ia ikut memimpin jaringan aktivis mahasiswa di Jawa dan mengusung gagasan ”Gerakan Mahasiswa 1990-an”. Selain mendukung gerakan parlemen jalanan, dia juga turut membentuk dan menghidupkan kelompok-kelompok studi di dalam kampus UI era awal 1990-an. Di luar kampus, dia pernah dipercaya untuk menjadi Sekjen dan Presiden Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS) (1993-1995). Selain itu, Fadli juga sempat diminta untuk menjadi Wakil Ketua Yayasan BESTARI, sebuah LSM bidang anak-anak dengan aktivitas utama Rumah Dongeng Indonesia yang ikut menyebarkan dongeng pada anak-anak dan membina kreativitas anak-anak Indonesia (1991-1994). Dalam kancah politik, Fadli mengawali karirnya dengan menjadi Direktur Eksekutif Center for Policy and Development Studies (CPDS) pada tahun 1995-1997. Pada tahun 1997 hingga tahun 1999, dia menjadi anggota MPR RI sekaligus aktif sebagai asisten Badan Pekerja Panitia Adhoc I yang membuat GBHN. Pada tahun 1998, Fadli ikut mendirikan Partai Bulan Bintang (PBB) dan menjadi salah satu Ketua hingga akhirnya dia mundur di tahun 2001. Pada tahun 2008, Fadli beralih dengan menjadi Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA) dan menjadi Ketua Badan Komunikasi Partai GERINDRA pada tahun 2010.

 

Riset dan Analisa: Fathimatuz Zahroh

PENDIDIKAN
  • SMA Negeri 31, Jakarta Timur
  • Program Studi Rusia, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) 
  • Master of Science (MSc) Development Studies dari The London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris
  • S3 Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia
PENGHARGAAN

Karya :

  • Gerakan Etnonasionalis: Bubarnya Imperium Uni Soviet (Sinar Harapan, 2002)
  • The IMF Game: The Role of the IMF in Bringing down the Soeharto Regime (IPS, 2004)
  • Politik Huru Hara Mei 1998 (buku best seller, 2004 diterbitkan oleh IPS)
  • Politics of May Riots 1998 (Solstice, 2004)
  • Mimpi-Mimpi Yang Kupelihara: Kumpulan Puisi 1983-1991 (Horison, 2010)

Penghargaan :

  • Fadli diangkat menjadi Datuk Bijo Dirajo Nan Kuning
  • Gelar Tuanku Muda Pujangga Diraja, dari Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Minangkabau, 2009
  • Tokoh Muda Inspiratif, Kompas, November 2009
  • Komunikator Terbaik Pilpres 2009 untuk kategori Tim Kampanye/Tim Sukses, dari Strategi Aliansi Komunika, 2009
  • Pemimpin Pancasila Tahun 2011, dari Yayasan Indonesia Satu, 11 Juni 2011
  • Gelar Kanjeng Pangeran Kusumohadiningrat, dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Juni 2011
SOCIAL MEDIA
http://fadlizon.com/
Twitter : @fadlizon
http://www.facebook.com/FadliZonPage

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Jumat, 23 September 2016 15:25:04 Fadli Zon nilai Agus bukan lawan berat untuk Sandiaga

    Fadli Zon nilai Agus bukan lawan berat buat Sandiaga. Waketum Gerindra ini merasa Ahok justru saingan yang lebih sulit dikalahkan. Modal sebagai petahana dan pengalaman politiknya sudah lebih lama dari Agus Yudhoyono.

  • Jumat, 23 September 2016 15:01:24 Fadli Zon sebut pembahasan Anies atau Sandiaga jadi DKI 1 masih alot

    Partai Gerindra dan PKS hingga saat ini belum mengumumkan pasangan calon yang akan diusung di Pilgub DKI. Kabarnya, pasangan yang bakal diusung adalah Sandiaga Uno dan Anies Baswedan. Namun belum diketahui siapa yang akan menjadi calon DKI 1.

  • Jumat, 23 September 2016 02:56:47 Anies Baswedan mendadak ke rumah Prabowo, poros PKS-Gerindra retak?

    Anies Baswedan mendadak ke rumah Prabowo, poros PKS-Gerindra retak? Waketum Gerinda Fadli Zon membantah keras dugaan bubarnya koalisi Gerindra-PKS oleh kehadiran mantan Mendikbud Anies Baswedan. Sebab Anies diduga kuat bakal menggeser posisi kader PKS Mardani Ali Sera.

  • Senin, 19 September 2016 09:05:00 Kebijakan Ahok yang bagus cuma bersihkan sungai

    Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mengatakan, salah satu alasan Gubernur DKI saat ini harus diganti adalah janji Jakarta baru yang disampaikan saat kampanye Pilgub 2012, tidak terealisasi. Dalam pandangannya, Jakarta saat ini sudah tidak manusiawi.

  • Selasa, 20 September 2016 11:02:45 Nusron jadi pejabat digaji rakyat jangan malah sibuk urusi Ahok

    Nusron jadi pejabat digaji rakyat jangan malah sibuk urusi Ahok. Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta Nusron Wahid seharusnya mundur dari jabatannya sebagai Kepala BNP2TKI jika ingin fokus mengurusi pemenangan Ahok. Seharusnya, kata Fadli, Nusron memilih untuk fokus mengurus TKI atau politik.

  • Senin, 19 September 2016 10:04:00 Saya dan Ahok mungkin sudah tidak nyambung lagi sekarang

    Sebelum Ahok memutuskan keluar dari Partai Gerindra, hubungannya dengan Fadli Zon cukup baik. Mereka saling diskusi, Ahok sesekali menemui Fadli di perpustakaan. Tapi kini semua berubah. Prabowo pun disebut-sebut kecewa berat terhadap Ahok.

  • Jumat, 16 September 2016 16:42:02 Survei Risma-Sandiaga moncer, Fadli sindir Ahok takut sama rakyat

    Survei Risma-Sandiaga moncer, Fadli sindir Ahok takut sama rakyat. Elektabilitas Ahok bukan tanpa alasan. Salah satunya karena Ahok terkesan membatasi diri dengan warga Jakarta. Dugaan ini menyusul penjagaan ketat dari Brimob saat Ahok resmikan Pasar Kebon Bawang, Tanjung Priok, Selasa (13/9) kemarin.

  • Jumat, 16 September 2016 17:27:10 Fadli Zon minta tim independen diperpanjang ungkap testimoni Fredi

    Fadli Zon minta tim independen diperpanjang ungkap testimoni Fredi. Anggota tim independen, Hendardi membeberkan alasan tim belum berhasil menemukan bukti atau fakta adanya keterlibatan pejabat Polri, TNI dan BNN dalam bisnis haram Fredi karena waktu yang terbatas.

  • Jumat, 16 September 2016 11:09:06 Fadli Zon: Arcandra Tahar terbukti berkhianat

    "Kalau di luar ini sudah masuk penjara dan dideportasi," jelas Fadli.

  • Jumat, 16 September 2016 09:51:04 Fadli Zon: Prabowo nyapres lagi 2019, kita sangat yakin menang

    Gerindra nilai Prabowo masih layak untuk bertarung di Pemilu 2019.