PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Fahri Hamzah

Foto:

Fahri Hamzah


Nama Lengkap : Fahri Hamzah

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Utan, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Tanggal Lahir : Rabu, 10 November 1971

Zodiac : Scorpion

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Nama Fahri Hamzah mulai dikenal publik sejak reformasi bergulir awal 1998.  Laki-laki kelahiran Utan, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat tanggal 10 Nopember 1971 ini merupakan pendiri sekaligus ketua umum pertama organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI). Bersama organisasi KAMMI, Fahri melancarkan gerakan anti-KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme). Dalam setiap aksinya, KAMMI pimpinan Fahri berbeda dengan aksi unjuk rasa mahasiswa lain yang cenderung sering terlibat bentrok fisik dengan aparat.

Puncaknya KAMMI satu-satunya elemen mahasiswa pendukung B.J. Habibie sebagai penerus tongkat estafet dari Soeharto disaat elemen mahasiswa lain merasa bahwa Habibie sama saja dengan Soeharto. Sebagai intelektual muda, sejak masih berstatus mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI), Fahri telah banyak terlibat dalam kegiatan akademis dan kecendekiawanan. Selain pernah bekerja sebagai salah satu pimpinan di Jurusan Ekonomi Ekstensi UI, Fahri juga pernah aktif sebagai Ketua Departemen Pengembangan Cendekiawan Muda Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Pusat dan berbagai kegiatan lainnya.

Setelah era reformasi bergulir pada tahun 1999, Fahri sempat diangkat menjadi Staff Ahli MPR RI pada tahun 2004. Dia kemudian bergabung dengan Partai Keadilan Sosial yang lantas mendorongnya untuk menjadi anggota DPR RI pada tahun 2004 mewakili daerah kelahirannya, Nusa Tenggara Barat. Saat itu, Fahri Hamzah bergabung dengan Fraksi PKS dan bertugas di Komisi VI yang menangani masalah Perdagangan, Perindustrian, Investasi, Koperasi/UKM, dan BUMN.

Perhatiannya yang besar di dunia hukum, membuahkan kepercayaan FPKS menempatkannya sebagai Wakil Ketua Komisi III, yang membidangi Legislasi sejak tahun 2009 lalu. Selain aktif sebagai anggota Dewan, dia juga senang menulis dalam berbagai artikel. Hingga kini telah terbit satu karyanya dengan judul "Negara, BUMN dan Kesejahteraan Rakyat” yang diterbitkan melalui Yayasan Faham Indonesia (YFI). YFI sendiri merupakan kelanjutan dari Yayasan Pengembangan Sumber Daya Pemuda (CYFIS) yang didirikan saat hari Sumpah Pemuda, setelah aksi-aksi mahasiswa 1998 mereda.

Pada tahun 2011, Nama Fahri Hamzah kembali menjadi sorotan publik setelah dirinya mengeluarkan serangkaian penyataan pedas terhadap KPK. Menurut Fahri, KPK lebih baik dibubarkan karena dirinya tidak percaya dengan adanya institusi superbodi dalam demokrasi. Meskipun menerima kecaman dari berbagai aktivis anti korupsi, ini  tak pernah membuat Fahri jera. Bahkan beberapa saat kemudian, dia kembali mengeluarkan pernyataan yang senada. Dia menilai bahwa KPK gagal menangani korupsi sistemik.

Tidak hanya berhenti di sini saja Fahri mengeluarkan pernyataan yang kemudian memicu kontroversi. Baru-baru ini ketika Indonesia sedang diramaikan oleh kedatangan feminis lesbi asal Kanada yang sedang mempromosikan bukunya, Irshad Manji, alih-alih meredamkan situasi Fahri justru melemparkan pernyataan yang sempat menimbulkan keresahan. Seperti yang telah diketahui, beberapa kelompok menolak kehadiran Irshad Manji karena dia dinilai telah melakukan pelecehan agama, namun melalui akun sosial media, Fahmi mengatakan bahwa penolakan itu tidak mendasar.

Politisi  Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini secara terang-terangan memberi dukungan terhadap Irshad Manji agar diberikan hak bicara dalam berbagai event atas nama demokrasi. Banyak pihak menyayangkan pernyataan yang dikeluarkan oleh Fahri ini. Sebagai imbasnya, kini banyak yang sudah mulai tidak bersimpati padanya.  

Riset dan Analisa: Fathimatuz Zahroh

KARIR
  • Politisi Partai Keadilan Sejahtera

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

SOCIAL MEDIA
Twitter : @fahrihamzah
http://www.fahrihamzah.com

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Selasa, 17 Januari 2017 19:32:37 Bamus DPR gelar rapat bahas kelanjutan revisi UU MD3 besok

    Ada beberapa agenda pembahasan dalam rapat tersebut, di antaranya revisi UU tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan revisi terbatas Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 (UU MD3).

  • Senin, 9 Januari 2017 12:01:34 Fahri soal Bela Negara: Gagah kalau FPI cium merah putih

    Pencopotan dilakukan karena Ubaidillah menggelar latihan Bela Negara buat Front Pembela Islam (FPI) pada 5 hingga 6 Januari 2017 tanpa ada koordinasi. Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menduga ada alasan lain di balik pencopotan.

  • Sabtu, 17 Desember 2016 18:37:00 PKS terkesan alergi 'islah' karena gengsi kalah dari Fahri Hamzah

    PKS terkesan alergi 'islah' karena gengsi kalah dari Fahri Hamzah. Keputusan Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel) yang mengabulkan sebagian gugatan Fahri patut publik apresiasi. Direktur Eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan setiap warga taat hukum harus menghormati putusan pengadilan.

  • Jumat, 16 Desember 2016 13:41:48 Jokowi sudah terima laporan tahapan revisi UU MD3

    Jokowi sudah terima laporan tahapan revisi UU MD3. Jokowi bertanya soal teknis revisi UU MD3 itu. "Tinggal pemerintah harus mengirimkan surat Presiden yang mengutus pejabat setingkat menteri untuk melakukan pembahasan bersama DPR sesuai dengan undangan DPR," kata Fahri.

  • Jumat, 16 Desember 2016 10:48:01 Pimpinan DPR tiba-tiba temui Jokowi di Istana

    30 Menit kemudian, Presiden Jokowi yang didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno bersama empat pimpinan DPR itu nampak melakukan Veranda Talk atau berbincang santai di teras belakang Istana Merdeka.

  • Jumat, 16 Desember 2016 13:57:54 Usai terima pimpinan DPR, Jokowi sambut pimpinan DPD RI

    Usai menerima pimpinan DPR RI, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut kedatangan pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI di Istana Merdeka, Jakarta. Pimpinan DPD yang hadir yaitu, Ketua DPD RI Mohammad Saleh, Wakil Ketua DPD RI Gusti Kanjeng Ratu Hemas, dan Farouk Muhammad.

  • Kamis, 15 Desember 2016 16:09:01 Tifatul curhat PKS sulit lengserkan Fahri Hamzah dari pimpinan DPR

    Fahri mencontohkan Fraksi Golkar yang dengan mudahnya mengganti posisi Ketua DPR dari Ade Komarudin ke Setya Novanto. PKS seolah dipersulit dalam pergantian Fahri.

  • Kamis, 15 Desember 2016 13:20:29 Pemecatan sudah final, Tifatul tegaskan PKS terus lawan Fahri Hamzah

    "Saya tegaskan bahwa urusan pemecatan secara internal Fahri Hamzah sudah selesai, final," kata Tifatul

  • Kamis, 15 Desember 2016 07:32:00 Akhir manis perlawanan Fahri Hamzah pada penguasa PKS

    Akhir manis perlawanan Fahri Hamzah pada penguasa PKS. Perseteruan berawal dari keputusan PKS yang memecat Fahri Hamzah dari seluruh jenjang keanggotaan. Fahri dinilai telah melanggar AD/ART partai, tak ikuti perintah partai mundur dari pimpinan DPR.

  • Rabu, 14 Desember 2016 18:18:00 Lawan Fahri Hamzah, Presiden PKS pastikan banding putusan PN Jaksel

    Lawan Fahri Hamzah, Presiden PKS pastikan banding putusan PN Jaksel. Sohibul mengatakan, DPP PKS tetap teguh menginginkan pada niatan awalnya yakni melakukan pemecatan terhadap Fahri Hamzah baik dari posisinya sebagai Wakil Ketua DPR, keanggotaan DPR maupun keanggotaan partai.