Merdeka.com tersedia di Google Play

PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
FX Hadi Rudyatmo

Foto:

FX Hadi Rudyatmo


Nama Lengkap : FX Hadi Rudyatmo

Alias : No Alias

Profesi : -

Agama : Katolik

Tempat Lahir : Solo

Tanggal Lahir : Sabtu, 13 Februari 1960

Zodiac : Aquarius

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo, adalah wali kota Surakarta saat ini. Dia berasal dari PDI-Perjuangan. Hingga 2011, Pria kelahiran Solo, 13 Februari 1960 itu juga tercatat sebagai Ketua Umum Persis dan Ketua Pengurus Cabang PSSI di Surakarta.

Sebelum menjadi wali kota Surakarta, dia adalah wakil wali kota Kota Surakarta periode 2005-2010 dan 2010-2012 mendampingi Joko Widodo yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Pelantikan FX Hadi Rudyatmo dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Solo pada 19 Oktober 2012. Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo hadir melantik Hadi Rudyatmo sebagai Wali Kota Solo. Latar belakang pelantikan FX Hadi Rudyatmo sebagai Wali Kota Solo adalah permohonan berhenti Joko Widodo sebagai Wali Kota Solo karena ditetapkan sebagai Gubernur DKI Jakarta oleh Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta.

Selama menjabat Hadi sebagai wakil walikota Solo, dia mengaku memiliki resep agar hubungannya dengan Jokowi selalu harmonis. Dia mempunyai komitmen saat pertama kali mau berjalan saat mencalonkan diri jadi walikota dan wakil walikota. Yang kedua, tidak rebutan jabatan apalagi rebutan duit. Apalagi gaji tersebut sama-sama tidak dibawa pulang dan kembali pada masyarakat.

Rudy mengaku senang ketika Jokowi menang dalam pemilukada DKI Jakarta. Dia merasa telah berhasil mendidik Jokowi selama tujuh tahun memimpin Solo. Meski kini tidak lagi bersama Jokowi dalam memimpin Solo, dia menegaskan, siap meneruskan roda pemerintahan hingga berakhir masa bakti 2015 nanti. Menurutnya, yang dia lakukan selama tujuh tahun semua pegang komitmen untuk melayani masyarakat dengan tulus dan ikhlas.

Ketika ditanya apakah Hadi sedih ditinggalkan Jokowi, dia malah merasa senang karena pasangannya itu dapat melayani masyarakat lebih luas. Hadi siap melayani masyarakat tanpa lelah, juga harus menjadi komitmen berdua ketika akan maju sebagai calon walikota dan wakil walikota. Sebab, tujuan dirinya dan Jokowi mencalonkan adalah untuk mensejahterakan masyarakat Solo.
Banyak masyarakat kagum dengan kepemimpinan Joko Widodo dan FX Hadi Rudyatmo dalam memimpin Kota Solo.

Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

KARIR
  • Ketua Umum Persis
  • ketua Pengurus Cabang PSSI Surakarta
  • Wakil Walikota Surakarta
  • Walikota Surakarta
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke