PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ganjar Pranowo

Foto:

Ganjar Pranowo


Nama Lengkap : Ganjar Pranowo

Alias : No Alias

Profesi : Pengusaha

Agama : Islam

Tempat Lahir : Karang Anyar

Tanggal Lahir : Senin, 28 Oktober 1968

Zodiac : Scorpion

Warga Negara : Indonesia


Istri : Siti Atikoh Supriyanti
BIOGRAFI

Lahir di Karang Anyar, 28 Oktober 1968, Ganjar Pranowo SH dikenal sebagai sosok yang cerdas, percaya diri, dan pintar bicara. Pria lulusan Universitas Gajah Mada yang aktif berorganisasi sejak mahasiswa tahun 1992 ini sebelumnya adalah anggota Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di zaman Orde Baru. Namun, setelah Suryadi memimpin dan menyingkirkan Megawati Sukarnoputri, ia memutuskan untuk keluar dari partai berlambang banteng tersebut.

Ganjar lantas serius menerjuni bisnisnya sebagai konsultan sumber daya manusia. Di samping itu, ia juga banyak belajar dari ikon-ikon politik tanah air termasuk  Megawati dan Soetardjo Serjogoeritno, yang kian mempertajam kemampuan intelektualnya.

Dari situ suami Siti Atikoh Supriyanti yang hobi mendengarkan rock semacam Dream Theater, Metallica, dan Led Zeppelin untuk menghilangkan stres ini semakin mantap untuk bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) bersama Megawati. Ia bahkan melakukan pelantikan untuk kader PDI-P di awal 2003, sebelum akhirnya menjadi kandidat dalam pemilu legislatif di tahun 2004 dari daerah pemilihan Jawa Tengah 7.

Sayangnya, Ganjar kalah tipis. Namun setelah kandidat di atasnya terpilih sebagai duta besar, ia pun menggantikan posisi tersebut dan duduk di bangku DPR RI Komisi IV.

Kegigihan dan keberanian untuk bersuara menjadikan reputasinya meningkat di kancah politik. Pria yang dulunya bersekolah di SD dan SMP Kutoarjo Jawa Tengah dan menghabiskan masa SMA di BOPKRI Yogyakarta ini dinilai sebagai politikus yang berprinsip. Ia pun terpilih lagi dalam pemilu tahun 2009 dan dipercaya menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi II untuk urusan dalam negeri hingga 2014 nanti, serta panitia angket pengusutan kasus Bank Century.

September 2012, kepercayaan diri ayah satu anak yang juga aktif menekuni pekerjaan lainnya baik di kantor hukum dan bisnis seperti di PT Prastawana Karya Samitra dan PT Semeru Realindo Inti ini makin tinggi. Politisi yang ikut merampungkan Undang Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta itu memutuskan untuk maju dalam ajang Pemilihan Gubernur Jawa Tengah dengan dukungan jajaran Dewan Pimpinan Daerah PDI-P Jawa Tengah.

Ganjar merasa optimis bisa menang dalam sistem pemilihan langsung, meskipun Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih yang akan menjadi lawannya yang akan memimpin salah satu provinsi berpenduduk terpadat di Indonesia tersebut.

Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018 pada 23 Agustus 2013. Dalam proses pelantikan itu Ganjar mendapat tanda pangkat jabatan dan kata-kata pelantikan, serta melakukan penandatanganan pakta integritas dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan. Setelah dilantik, dia akan melaksanankan program yang telah digadang-gadangkan yakni "Agenda 18".

Last update 24 Agustus 2013 pukul 14:42
Riset dan Analisa: Yunita Rachmawati

PENDIDIKAN
  • SD Kutoarjo, Jawa Tengah.
  • SMP 1 Kutoarjo, Jawa Tengah.
  • SMA BOPKRI, Yogyakarta.
  • SMA BOPKRI, Yogyakarta.
  • Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta.
KARIR
  • Konsultan SDM PT Prastawana Karya Samitra.
  • Anggota DPR RI Komisi II (2009 - 2014)
  • Gubernur Jawa Tengah 2013-2018

 

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Sabtu, 10 Desember 2016 03:16:00 Ganjar keluarkan izin baru, BLH Jateng klaim pabrik semen legal

    Di tempat yang sama, Koordinator Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK) Gunretno mempertanyakan tentang dua keputusan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terkait izin lingkungan baru pembangunan pabrik semen di Rembang, Jawa Tengah pasca putusan MA.

  • Jumat, 9 Desember 2016 14:12:47 Gubernur Jateng terbitkan 2 putusan terkait pabrik semen di Rembang

    Gubernur Jateng terbitkan 2 putusan terkait pabrik semen di Rembang. Mendengar fakta baru tersebut, beberapa warga perwakilan dari ratusan warga penolak pembangunan pabrik semen Rembang terlihat kaget bercampur kecewa.

  • Jumat, 9 Desember 2016 13:27:14 Tagih janji Ganjar soal pabrik semen, massa geruduk kantor Pemprov

    Tagih janji Ganjar soal pabrik semen, massa geruduk kantor Pemprov. Warga menuntut Ganjar segera cabut izin lingkungan pembangunan pabrik PT Semen Indonesia.

  • Kamis, 8 Desember 2016 15:03:28 Ganjar ingin ubah kurikulum bahasa Inggris dari 2 jam jadi 2 hari

    Ganjar ingin ubah kurikulum bahasa Inggris dari 2 jam jadi 2 hari. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginginkan lembaga pendidikan, terutama untuk siswa yang mengenyam pendidikan di Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau kejuruan atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mampu dan menguasai bahasa Inggris.

  • Kamis, 8 Desember 2016 03:30:00 Ganjar tinjau kembali putusan MA soal pembatalan izin pabrik semen

    Menurutnya, saat ini pabrik milik PT Semen Indonesia sudah hampir jadi. "Loh pabriknya sudah dibangun kok. Sudah mau jadi. Sudah ada yang 100 persen kok," jelas Ganjar.

  • Rabu, 7 Desember 2016 17:49:10 Diperiksa KPK, Ganjar dicecar 18 pertanyaan soal korupsi e-KTP

    Diperiksa KPK, Ganjar dicecar pertanyaan soal korupsi e-KTP. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengaku pemanggilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, Rabu (7/12) terkait kasus korupsi proyek e-KTP dengan tersangka Irman dan Sugiarto. Saat itu, dia masih menjabat sebagai anggota Komisi II DPR.

  • Rabu, 7 Desember 2016 10:24:16 Kasus proyek e-KTP, Ganjar Pranowo diperiksa KPK

    Kasus proyek e-KTP, Ganjar Pranowo diperiksa KPK. Ganjar hadir mengenakan celana kain berwarna hitam dan kemeja batik berwarna cokelat. Dengan ramah, dirinya menjawab seluruh pertanyaan awak media yang telah menunggunya.

  • Kamis, 1 Desember 2016 15:09:25 Ganjar Pranowo bikin video Mannequin Challenge kampanye setop pungli

    Dalam video berdurasi 0:46 detik itu, politisi PDI Perjuangan berambut putih itu mematung sambil menunjuk seseorang yang mencoba menyuap salah satu PNS.

  • Rabu, 30 November 2016 15:58:15 Orasi apel Nusantara Satu, Ganjar tegaskan Jateng benteng Pancasila

    Seluruh peserta kompak mengenakan ikat kepala merah putih sebagai simbol kecintaan kepada NKRI. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo tampil sebagai orator pertama dalam apel tersebut. Di hadapan ribuan orang Ganjar mengingatkan agar dasar negara tidak diutak-atik.

  • Rabu, 16 November 2016 15:27:16 Ganjar sebut Ahok tersangka bukti tak ada intervensi Jokowi

    Ganjar sebut Ahok tersangka bukti tak ada intervensi Jokowi. Ganjar meminta baik Ahok maupun pihak yang menuntut menunggu proses hukum selanjutnya. Dia yakin kepolisian akan bersikap adil, profesional dan transparan. "Buat saya keputusan ini sudah mendapatkan pertimbangan yang baik dan ini paling baik," ujarnya.