PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ganjar Pranowo

Foto:

Ganjar Pranowo


Nama Lengkap : Ganjar Pranowo

Alias : No Alias

Profesi : Pengusaha

Agama : Islam

Tempat Lahir : Karang Anyar

Tanggal Lahir : Senin, 28 Oktober 1968

Zodiac : Scorpion

Warga Negara : Indonesia


Istri : Siti Atikoh Supriyanti
BIOGRAFI

Lahir di Karang Anyar, 28 Oktober 1968, Ganjar Pranowo SH dikenal sebagai sosok yang cerdas, percaya diri, dan pintar bicara. Pria lulusan Universitas Gajah Mada yang aktif berorganisasi sejak mahasiswa tahun 1992 ini sebelumnya adalah anggota Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di zaman Orde Baru. Namun, setelah Suryadi memimpin dan menyingkirkan Megawati Sukarnoputri, ia memutuskan untuk keluar dari partai berlambang banteng tersebut.

Ganjar lantas serius menerjuni bisnisnya sebagai konsultan sumber daya manusia. Di samping itu, ia juga banyak belajar dari ikon-ikon politik tanah air termasuk  Megawati dan Soetardjo Serjogoeritno, yang kian mempertajam kemampuan intelektualnya.

Dari situ suami Siti Atikoh Supriyanti yang hobi mendengarkan rock semacam Dream Theater, Metallica, dan Led Zeppelin untuk menghilangkan stres ini semakin mantap untuk bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) bersama Megawati. Ia bahkan melakukan pelantikan untuk kader PDI-P di awal 2003, sebelum akhirnya menjadi kandidat dalam pemilu legislatif di tahun 2004 dari daerah pemilihan Jawa Tengah 7.

Sayangnya, Ganjar kalah tipis. Namun setelah kandidat di atasnya terpilih sebagai duta besar, ia pun menggantikan posisi tersebut dan duduk di bangku DPR RI Komisi IV.

Kegigihan dan keberanian untuk bersuara menjadikan reputasinya meningkat di kancah politik. Pria yang dulunya bersekolah di SD dan SMP Kutoarjo Jawa Tengah dan menghabiskan masa SMA di BOPKRI Yogyakarta ini dinilai sebagai politikus yang berprinsip. Ia pun terpilih lagi dalam pemilu tahun 2009 dan dipercaya menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi II untuk urusan dalam negeri hingga 2014 nanti, serta panitia angket pengusutan kasus Bank Century.

September 2012, kepercayaan diri ayah satu anak yang juga aktif menekuni pekerjaan lainnya baik di kantor hukum dan bisnis seperti di PT Prastawana Karya Samitra dan PT Semeru Realindo Inti ini makin tinggi. Politisi yang ikut merampungkan Undang Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta itu memutuskan untuk maju dalam ajang Pemilihan Gubernur Jawa Tengah dengan dukungan jajaran Dewan Pimpinan Daerah PDI-P Jawa Tengah.

Ganjar merasa optimis bisa menang dalam sistem pemilihan langsung, meskipun Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih yang akan menjadi lawannya yang akan memimpin salah satu provinsi berpenduduk terpadat di Indonesia tersebut.

Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018 pada 23 Agustus 2013. Dalam proses pelantikan itu Ganjar mendapat tanda pangkat jabatan dan kata-kata pelantikan, serta melakukan penandatanganan pakta integritas dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan. Setelah dilantik, dia akan melaksanankan program yang telah digadang-gadangkan yakni "Agenda 18".

Last update 24 Agustus 2013 pukul 14:42
Riset dan Analisa: Yunita Rachmawati

PENDIDIKAN
  • SD Kutoarjo, Jawa Tengah.
  • SMP 1 Kutoarjo, Jawa Tengah.
  • SMA BOPKRI, Yogyakarta.
  • SMA BOPKRI, Yogyakarta.
  • Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta.
KARIR
  • Konsultan SDM PT Prastawana Karya Samitra.
  • Anggota DPR RI Komisi II (2009 - 2014)
  • Gubernur Jawa Tengah 2013-2018

 

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Jumat, 13 Januari 2017 17:32:00 Salurkan kredit murah, Ganjar dapat penghargaan dari Jokowi

    Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memperoleh penghargaan kategori Penggerak Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Teladan 2016 Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satu program riilnya adalah mengembangkan skim pembiayaan mikro Mitra Jateng 25 untuk sektor UMKM.

  • Sabtu, 7 Januari 2017 16:09:00 Tolak Semen Rembang, warga Kendeng bangun tenda depan Kantor Ganjar

    Tolak Semen Rembang, warga Kendeng bangun tenda depan Kantor Ganjar. Warga Rembang yang memprotes tersebut adalah bagian dari rakyat Jateng yang menjadi tanggung jawab dari Gubernur Ganjar.

  • Jumat, 6 Januari 2017 18:33:59 Ganjar ngaku tak pernah terima buku 'Jokowi Undercover' Bambang Tri

    Ganjar ngaku tak pernah terima buku 'Jokowi Undercover' Bambang Tri. Ganjar menilai berisi tuduhan-tuduhan yang mengerikan tetapi hanya diambil bahanya dari beberapa kutipan media sosial. Di situ menurutnya letak kelucuan kualitas buku Bambang Tri yang harus dipertanyakan.

  • Kamis, 5 Januari 2017 11:31:59 Ganjar desak Pemkab Klaten segera isi kekosongan jabatan

    Ganjar desak Pemkab Klaten segera isi kekosongan jabatan. Ganjar menilai kondisi Pemkab Klaten berstatus darurat, sehingga perlu dilakukan pengisian jabatan yang kosong.

  • Rabu, 4 Januari 2017 19:47:23 Resmikan bangunan retak-retak, Ganjar minta kontraktor diburu

    Resmikan bangunan retak-retak, Ganjar minta kontraktor diburu. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menilai, kualitas bangunan kantor Pelayanan Terpadu Satu Atap Pelabuhan Perikanan Pantai Klidang Lor Kabupaten Batang, Jawa Tengah sangat buruk.

  • Selasa, 3 Januari 2017 15:14:08 Nelayan desak Gubernur Ganjar cabut larangan penggunaan cantrang

    Nelayan desak Gubernur Ganjar cabut larangan penggunaan cantrang. Usai berorasi, beberapa orang perwakilan dari ratusan nelayan itu diterima oleh beberapa pejabat Pemprov Jateng.

  • Selasa, 3 Januari 2017 08:56:59 Anggaran Pasar Rejosari dari Pemprov Jateng belum jelas kapan cair

    Kepala Dinas Perdagangan Kota Solo Subagiyo mengatakan bantuan anggaran dari Pemprov tersebut sangat dibutuhkan untuk merampungkan pembangunan Pasar Rejosari. Sebab, Pemkot tidak menganggarkan kembali dana revitalisasi Pasar Rejosari di 2017.

  • Jumat, 30 Desember 2016 14:09:51 Bupati Klaten ditangkap, Ganjar minta KPK 'buka cabang' di daerah

    Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaku terkejut mendengar kabar penangkapan Bupati Klaten Sri Hartini. Ganjar berharap KPK 'buka cabang' dan menempatkan petugasnya di daerah untuk mencegah terjadinya praktik tindak pidana korupsi.

  • Senin, 26 Desember 2016 06:26:00 Sambangi Bandara, Ganjar bantu tangani proses evakuasi Wings Air

    Sambangi Bandara, Ganjar bantu tangani proses evakuasi Wings Air. Ganjar datang sekitar pukul 22.15 WIB, begitu turun dari mobilnya, dia langsung menemui petugas yang berjaga. Setelah bertemu dengan pengelola bandara, Ganjar langsung menggelar rapat untuk memantapkan proses evakuasi.

  • Senin, 19 Desember 2016 03:30:00 Ganjar Gila, dari Ndorong Mobil Hingga Ditabrak VW Bule

    Ganjar Gila, dari Ndorong Mobil Hingga Ditabrak VW Bule. Kisah kedua ada tentang bagaimana Ganjar mau menumpang di bagian belakang truk. Peristiwa itu terjadi ketika dia akan mengunjungi pengungsi korban bencana banjir. Cerita itu diberi judul 'Pethakilan Nggandul Truk'.