PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Irman Gusman

Foto:

Irman Gusman


Nama Lengkap : Irman Gusman

Alias : Irman

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Padang Panjang

Tanggal Lahir : Minggu, 11 Februari 1962

Zodiac : Aquarius

Warga Negara : Indonesia


Istri : Liestyana Rizal
Anak : Irviandari Alestya Gusman, Irviandra Fathan Gusman, Irvianjani Audria Gusman
BIOGRAFI

Kiprah Irman Gusman di kancah perpolitikan Indonesia sudah dimulai cukup lama. Pada tahun 2000 silam, Irman sudah menjadi Penasehat Majelis Ekonomi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah di Sumatera Barat. Dia juga menjadi anggota Dewan Pakar Majelis Ekonomi Pimpinan Pusat Muhammadiyah serta Dewan Penyantun Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Kemudian pada 2001, Irman menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Pemasyarakatan Bulutangkis Pengurus Besar PBSI. Irman sendiri juga sempat menjadi anggota Dewan Pakar Gebu Minang, menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Koperasi, Pengusaha Kecil, dan Menengah, Dewan Pengurus Pengusaha Hutan, Wakil Ketua Forum Komunikasi Usahawan Serantau, Ketua Yayasan Amal Bhakti Mukmin Indonesia, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Komputer Padang, Ketua Lembaga Pengkajian Pengembangan Ekonomi Hipmi Pusat, Anggota/Pengurus Kamar Dagang Industri Indonesia, dan Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI Pusat.

Hingga akhirnya Irman pun menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia periode 2009-2014. Pakar ekonomi ini dikenal sebagai salah seorang penggagas sistem politik dua kamar atau bikameral pada Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Irman sendiri sebelumnya meniti karir dari nol sebagai seorang usahawan. Pada tahun 1999, dia dipercaya oleh Fraksi TNI/Polri DPRD Sumatera Barat sebagai utusan daerah untuk duduk di lembaga tertinggi Indonesia, MPR. Di MPR, Irman mulai terlibat dalam sejumlah amandemen konstitusi. Setelah lolos pada pemilihan keanggotaan DPD Sumatera Barat pada tahun 2004, Irman terus melaju ke proses pemilihan Ketua dan Wakil Ketua DPD. Pada masa bakti 2004-2009, Irman menjabat sebagai Wakil Ketua DPD bersama dengan La Ode Ida untuk mendampingi Ketua DPD saat itu, Ginandjar Kartasasmita.

Selain dikenal sebagai penggagas sistem politik dua kamar, Irman juga dikenal sebagai pelobi yang berhasil membuat dilakukannya pembentukan Fraksi Utusan Daerah MPR pada tahun 2001, padahal sebelumnya fraksi tersebut sempat dibekukan. Setelah itu, Irman juga berjuang untuk menuntut adanya seorang anggota Utusan Daerah duduk sebagai Wakil Ketua MPR. Kemudian, Irman bersama rekan-rekannya di Fraksi Utusan Daerah dan fraksi-fraksi lain melakukan sejumlah amandemen konstitusi, termasuk menerapkan pelaksanaan pemilihan umum presiden, wakil presiden dan kepala daerah secara langsung. Pencapaian lain adalah adanya amandemen untuk membentuk lembaga tinggi negara baru, Dewan Perwakilan Daerah (DPD). DPD ini sendiri dibuat untuk membangun kesetaraan dan persamaan pembangunan nasional melalui pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi di segala bidang secara konstitusional.

Uniknya, dalam peringatan setengah abad usianya, 11 Februari 2012 lalu, Irman meluncurkan buku otobiografi berjudul Irman Gusman, Jiwa yang Merajut Nusantara. Ketua DPD ini meluncurkan bukunya itu di Hotel Sahid Jaya yang dihadiri oleh berbagai tokoh nasional, sebut saja Wakil Presiden Boediono dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam otobiografinya tersebut, dituturkan aktivitas Irman dalam usaha menyempurnakan tata cara pengelolaan negara untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur. Selain itu, buku ini merekam jejak langkah Irman mulai dari tanah kelahirannya di Sumatera Barat hingga pendidikan, aktivitas bisnis, dan aktivitas sosial politik serta partisipasinya dalam dinamika demokrasi dalam 12 tahun terakhir. Bahkan Wakil Presiden Boediono menyebut buku ini sebagai inspirasi sebuah perjalanan demokrasi.

Riset dan Analisa oleh Ratri Adityarani

PENDIDIKAN
  • S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia (FE - UKI) Jurusan Ekonomi Perusahaan (1985)
  • S-2 Majoring in Marketing School of Business University of Bridgeport, Connecticut, AS (1987)

 

KARIR
  • Direktur Utama PT Prinavin Prakarsa,
  •  Komisaris Utama PT Padang Industrial Park, Komisaris Utama PT Khage Lestari Timber, Komisaris Utama PT Guthrie Pasaman Nusantara, Komisaris Utama PT Sumatera Korea Motor, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia
SOCIAL MEDIA
http://www.irmangusman.com/

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Selasa, 8 November 2016 12:54:54 Irman Gusman didakwa terima Rp 100 juta buat muluskan impor gula

    Irman Gusman didakwa terima Rp 100 juta buat muluskan impor gula. Memi pun pada 16 September 2016 meminta bertemu Irwan di Jakarta sekitar pukul 22.00 WIB. Sebelumnya ia sudah minta pegawainya Sukri untuk mengambil Rp100 juta.

  • Selasa, 8 November 2016 14:37:00 Jaksa ungkap pembicaraan Irman dengan Dirut Bulog soal gula impor

    aksa Penuntut Umum KPK membongkar sejumlah pembicaraan antara mantan Ketua DPD, Irman Gusman dan Dirut Perum Bulog, Djarot Kusumayakti. Selain itu percakapan Irman dan pemilik CV Semesta Berjaya Memi untuk pengurusan alokasi gula impor juga diungkapkan.

  • Selasa, 8 November 2016 14:34:50 Kasus suap gula di Sumbar, Irman Gusman didakwa terima Rp 100 juta

    Kasus suap gula di Sumbar, Irman Gusman didakwa terima Rp 100 juta. Mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman didakwa menerima uang Rp 100 juta dari pemilik CV Semesta Berjaya karena membantu perusahaan itu untuk mendapat alokasi pembelian gula yang diimpor oleh Perum Bulog.

  • Rabu, 2 November 2016 16:25:16 Kuasa hukum Irman Gusman sebut KPK langgar hak gugatan praperadilan

    Menurut Razman, alasan mendasar KPK dianggap melanggar hak gugatan praperadilan adalah melimpahkan perkara Irman Gusman ke PN Jakarta Pusat tanpa persetujuan dari kuasa hukum. Dalam berkas pelimpahan perkara, kuasa hukum Irman Gusman tidak diberi hak untuk membubuhkan tanda tangan.

  • Rabu, 2 November 2016 15:25:07 Pengacara Irman Gusman sebut putusan hakim tafsiran pribadi

    Pengacara Irman Gusman sebut putusan hakim tafsiran pribadi. Karena keputusan Hakim I Wayan Karya dianggap sepihak, Razman menyebutkan pengguguran praperadilan Irman Gusman merupakan potret wajah buruk sistem penegakkan hukum di Tanah Air.

  • Rabu, 2 November 2016 14:36:15 Hakim PN Jaksel tolak praperadilan Irman Gusman

    Hakim PN Jaksel tolak praperadilan Irman Gusman. Irman Gusman mengajukan permohonan praperadilan di PN Jakarta Selatan, pada 29 September 2016 lalu. Salah satu isi permohonan praperadilan yakni menguji sah tidaknya penetapan tersangka terhadap dirinya.

  • Senin, 31 Oktober 2016 11:17:57 Tak sempat bertemu, Akbar Tandjung sambangi Irman di PN Jaksel

    Politisi senior Partai Golongan Karya (Golkar) Akbar Tandjung menghadiri sidang praperadilan mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin. Kedatangan ini lantaran dirinya belum menemui Irman sejak ditangkap.

  • Rabu, 26 Oktober 2016 16:31:46 Ini kronologi versi KPK awal mula Irman Gusman bisa terjerat suap

    Ini kronologi versi KPK awal mula Irman Gusman bisa terjerat suap. pada bulan Juli 2016, Direktur Utama CV Semesta Berjaya, yakni Xaveriandy Sutanto beserta istrinya Memi berkunjung ke rumah dinas Irman yang terletak di Jl Denpasar C3, Nomor 8, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan tersebut, Memi berkeluh kesah ke Irman.

  • Rabu, 26 Oktober 2016 16:28:54 Di praperadilan, KPK ungkap hitungan Irman Gusman dapat Rp 100 juta

    Di praperadilan, KPK ungkap hitungan Irman Gusman dapat Rp 100 juta. KPK memaparkan bahwa mantan Ketua DPD, Irman Gusman memang menyepakati komitmen antara dirinya dengan Memi serta Dirut Bulog yakni Djarot untuk memasok impor gula dari Jakarta menuju Sumatera Barat.

  • Rabu, 26 Oktober 2016 13:08:44 KPK tolak 11 permohonan Irman Gusman di sidang praperadilan

    KPK tolak 11 permohonan Irman Gusman di sidang praperadilan. Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan kembali gelar sidang praperadilan mantan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman, terkait kasus dugaan suap rekomendasi kuota distribusi gula impor di Sumatera Barat, Rabu (26/10).