PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Irman Gusman

Foto:

Irman Gusman


Nama Lengkap : Irman Gusman

Alias : Irman

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Padang Panjang

Tanggal Lahir : Minggu, 11 Februari 1962

Zodiac : Aquarius

Warga Negara : Indonesia


Istri : Liestyana Rizal
Anak : Irviandari Alestya Gusman, Irviandra Fathan Gusman, Irvianjani Audria Gusman
BIOGRAFI

Kiprah Irman Gusman di kancah perpolitikan Indonesia sudah dimulai cukup lama. Pada tahun 2000 silam, Irman sudah menjadi Penasehat Majelis Ekonomi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah di Sumatera Barat. Dia juga menjadi anggota Dewan Pakar Majelis Ekonomi Pimpinan Pusat Muhammadiyah serta Dewan Penyantun Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat.

Kemudian pada 2001, Irman menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Pemasyarakatan Bulutangkis Pengurus Besar PBSI. Irman sendiri juga sempat menjadi anggota Dewan Pakar Gebu Minang, menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Koperasi, Pengusaha Kecil, dan Menengah, Dewan Pengurus Pengusaha Hutan, Wakil Ketua Forum Komunikasi Usahawan Serantau, Ketua Yayasan Amal Bhakti Mukmin Indonesia, Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen dan Komputer Padang, Ketua Lembaga Pengkajian Pengembangan Ekonomi Hipmi Pusat, Anggota/Pengurus Kamar Dagang Industri Indonesia, dan Wakil Ketua Dewan Pakar ICMI Pusat.

Hingga akhirnya Irman pun menjabat sebagai Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia periode 2009-2014. Pakar ekonomi ini dikenal sebagai salah seorang penggagas sistem politik dua kamar atau bikameral pada Majelis Permusyawaratan Rakyat.

Irman sendiri sebelumnya meniti karir dari nol sebagai seorang usahawan. Pada tahun 1999, dia dipercaya oleh Fraksi TNI/Polri DPRD Sumatera Barat sebagai utusan daerah untuk duduk di lembaga tertinggi Indonesia, MPR. Di MPR, Irman mulai terlibat dalam sejumlah amandemen konstitusi. Setelah lolos pada pemilihan keanggotaan DPD Sumatera Barat pada tahun 2004, Irman terus melaju ke proses pemilihan Ketua dan Wakil Ketua DPD. Pada masa bakti 2004-2009, Irman menjabat sebagai Wakil Ketua DPD bersama dengan La Ode Ida untuk mendampingi Ketua DPD saat itu, Ginandjar Kartasasmita.

Selain dikenal sebagai penggagas sistem politik dua kamar, Irman juga dikenal sebagai pelobi yang berhasil membuat dilakukannya pembentukan Fraksi Utusan Daerah MPR pada tahun 2001, padahal sebelumnya fraksi tersebut sempat dibekukan. Setelah itu, Irman juga berjuang untuk menuntut adanya seorang anggota Utusan Daerah duduk sebagai Wakil Ketua MPR. Kemudian, Irman bersama rekan-rekannya di Fraksi Utusan Daerah dan fraksi-fraksi lain melakukan sejumlah amandemen konstitusi, termasuk menerapkan pelaksanaan pemilihan umum presiden, wakil presiden dan kepala daerah secara langsung. Pencapaian lain adalah adanya amandemen untuk membentuk lembaga tinggi negara baru, Dewan Perwakilan Daerah (DPD). DPD ini sendiri dibuat untuk membangun kesetaraan dan persamaan pembangunan nasional melalui pelaksanaan otonomi daerah dan desentralisasi di segala bidang secara konstitusional.

Uniknya, dalam peringatan setengah abad usianya, 11 Februari 2012 lalu, Irman meluncurkan buku otobiografi berjudul Irman Gusman, Jiwa yang Merajut Nusantara. Ketua DPD ini meluncurkan bukunya itu di Hotel Sahid Jaya yang dihadiri oleh berbagai tokoh nasional, sebut saja Wakil Presiden Boediono dan mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam otobiografinya tersebut, dituturkan aktivitas Irman dalam usaha menyempurnakan tata cara pengelolaan negara untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur. Selain itu, buku ini merekam jejak langkah Irman mulai dari tanah kelahirannya di Sumatera Barat hingga pendidikan, aktivitas bisnis, dan aktivitas sosial politik serta partisipasinya dalam dinamika demokrasi dalam 12 tahun terakhir. Bahkan Wakil Presiden Boediono menyebut buku ini sebagai inspirasi sebuah perjalanan demokrasi.

Riset dan Analisa oleh Ratri Adityarani

PENDIDIKAN
  • S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia (FE - UKI) Jurusan Ekonomi Perusahaan (1985)
  • S-2 Majoring in Marketing School of Business University of Bridgeport, Connecticut, AS (1987)

 

KARIR
  • Direktur Utama PT Prinavin Prakarsa,
  •  Komisaris Utama PT Padang Industrial Park, Komisaris Utama PT Khage Lestari Timber, Komisaris Utama PT Guthrie Pasaman Nusantara, Komisaris Utama PT Sumatera Korea Motor, Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia
SOCIAL MEDIA
http://www.irmangusman.com/

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Rabu, 21 September 2016 11:46:32 Ratu Hemas sebut pencopotan Irman dari ketua DPD bisa dibatalkan

    Ratu Hemas sebut pencopotan Irman dari ketua DPD bisa dibatalkan. Menurutnya, pemberhentian Irman disebutnya dapat dikaji kembali melalui mekanisme paripurna luar biasa. Akan tetapi, Hemas mengaku belum mengetahui kapan paripurna akan digelar karena masih menunggu hasil praperadilan yang diajukan Irman.

  • Rabu, 21 September 2016 12:59:14 KPK tegaskan OTT Irman Gusman sesuai prosedur

    KPK tegaskan OTT Irman Gusman sesuai prosedur. Wakil Ketua KPK Laode M Syarif memastikan Operasi Tangkap Tangan (OTT) Ketua DPD Irman Gusman terkait suap kouta impor gula telah sesuai prosedur. Pernyataan ini menanggapi ucapan Liestyana Rizal Gusman, Istri Irman Gusman yang menyebut surat penangkapan KPK bukan suaminya

  • Selasa, 20 September 2016 17:02:00 DPD siap rehabilitasi Irman jika praperadilan dikabulkan

    DPD siap rehabilitasi nama Irman jika praperadilan dikabulkan. DPD belum tahu kapan akan menggelar paripurna luar biasa untuk menentukan pelaksana tugas Ketua DPD. Pihaknya akan menjadikan hasil praperadilan sebagai pertimbangan.

  • Selasa, 20 September 2016 14:51:39 Upaya keras Irman Gusman ajukan penangguhan penahanan

    Upaya keras Irman Gusman ajukan penangguhan penahanan. Irman Gusman berharap penangguhan penahanan dirinya akan diterima oleh KPK. Irman menjadi tersangka atas dugaan penerimaan suap dari pengusaha distribusi gula impor.

  • Selasa, 20 September 2016 16:00:30 BK DPD tegaskan keputusan pencopotan Irman bersifat final & mengikat

    BK DPD tegaskan keputusan pencopotan Irman bersifat final & mengikat. Keputusan BK itu hanya sebatas mencopot Irman dari jabatan ketua DPD bukan sebagai anggota. Keputusan untuk mencopot Irman dari jabatan Ketua DPD sesuai dengan perintah Tatib pasal 52.

  • Selasa, 20 September 2016 11:46:07 BK DPD gelar paripurna bahas pemberhentian Irman Gusman

    BK DPD gelar paripurna bahas pemberhentian Irman Gusman. Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad mengatakan, Badan Kehormatan akan menggelar paripurna luar biasa untuk menentukan pelaksana tugas (Plt) ketua DPD pengganti Irman Gusman usai ditetapkan sebagai tersangka suap kuota impor gula oleh Komisi Pemberantasan Korupsi.

  • Selasa, 20 September 2016 08:56:20 KPK telusuri kemungkinan Bulog terlibat kasus Irman Gusman

    KPK telusuri kemungkinan Bulog terlibat kasus Irman Gusman. KPK masih mendalami kemungkinan adanya deal antara Irman Gusman dengan pihak Bulog terkait penambahan kuota gula impor kepada CV Semesta Berjaya. Irman diketahui terjerat kasus dugaan suap kuota gula di Sumatera Barat.

  • Selasa, 20 September 2016 06:46:14 Akom minta kasus Irman Gusman jadi pelajaran anggota dewan

    Akom minta kasus Irman Gusman jadi pelajaran anggota dewan. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Ade Komarudin mengaku prihatin dengan ditangkapnya Ketua DPD Irman Gusman lantaran menerima suap Rp 100 juta dari Direktur CV Semesta Berjaya Xaveriandi Sutanto, terkait kuota impor gula untuk Pemprov Sumbar Tahun 2016.

  • Senin, 19 September 2016 13:51:50 Ini komentar Mentan Amran soal perusahaan beri suap Irman Gusman

    Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan jika ada tindak korupsi di kementeriannya, maka dirinya akan meminta Komisi Pemberantas Korupsi (KPK), Polisi, dan Kejaksaan untuk menindak tegas terhadap hal tersebut.

  • Senin, 19 September 2016 09:48:47 KPK sebut kasus Irman Gusman tak terkait gratifikasi direktur BUMN

    KPK sebut kasus Irman Gusman tak terkait gratifikasi direktur BUMN. tim penyidik KPK masih melakukan proses pemeriksaan intensif terhadap Irman guna menelisik dugaan adanya pemberian uang lagi selain Rp 100 juta yang telah dijadikan barang bukti KPK saat operasi tangan tangan, Sabtu (17/9) dini hari.