PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Joko Widodo

Foto:

Joko Widodo


Nama Lengkap : Joko Widodo

Alias : Jokowi

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Surakarta, Jawa Tengah

Tanggal Lahir : Rabu, 21 Juni 1961

Zodiac : Gemini

Hobby : Membaca | Traveling

Warga Negara : Indonesia


Istri : Iriana
BIOGRAFI

Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta. Awalnya publik menyangsikan kemampuan pengusaha mebel ini untuk memimpin dan mengembangkan kota Surakarta, namun beberapa perubahan penting yang dibuat untuk membangun Surakarta di tahun pertama kepemimpinannya menepis keraguan ini.

Diawali dengan branding, di bawah kepemimpinan Jokowi kota Surakarta atau yang sering disebut dengan Solo punya slogan 'Solo: The Spirit of Java' yang mendasari semangat warga Solo untuk mengembangkan kotanya. Ini bukan sekedar branding, sejak tahun 2006 lalu kota Surakarta telah menjadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia. Dengan keanggotaan tersebut, di tahun berikutnya (2007) Solo menjadi tempat Festival Musik Dunia (FMD) yang diadakan di Benteng Vastenburg. Penyelenggaraan event ini membawa misi penyelamatan situs bersejarah karena benteng tersebut terancam akan digusur untuk kepentingan bisnis. Bahkan tahun 2008, Solo menjadi tuan rumah penyelenggara konferensi Organisasi Kota-kota Warisan Dunia ini. 

Proses relokasi pedagang barang bekas yang biasanya selalu diwarnai dengan penolakan dan protes bisa dilakukan Jokowi dengan baik karena komunikasi yang langsung dan jelas dijalin dengan masyarakat. Salah satu bentuk komunikasi tersebut adalah melalui saluran televisi lokal di mana masyarakat bisa langsung berinteraksi dengan walikotanya. Masalah lahan hijau juga menjadi perhatian Jokowi, relokasi pedagang barang bekas tersebut juga dilakukan dalam rangka revitalisasi lahan hijau di kota Solo.

Langkah besar lain yang diambil oleh Jokowi adalah menetapkan persyaratan bagi para investor untuk memperhatikan kepentingan publik dan tidak segan untuk menolak mereka jika tidak bisa mengikuti peraturan yang ada dalam kepemimpinan Jokowi. Nama Surakarta kembali menjadi perbincangan ketika para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo ini berhasil merakit mobil yang diberi nama Esemka. Jokowi sangat mendukung hasil yang membanggakan ini dengan ikut mengendarai mobil Esemka tersebut.

Untuk prestasinya ini Jokowi kemudian mencalonkan diri di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakilnya. Mereka berdua menjadi pasangan calon gubernur yang paling kuat berdasarkan perhitungan cepat yang dilakukan di hari pemilihan (Rabu, 11 Juli 2012), dan menjadi cagub yang paling banyak disoroti dalam Pilgub DKI 2012 ini. Namun demikian pencalonan Jokowi diwarnai dengan isu SARA yang dikeluarkan oleh Rhoma Irama dalam ceramahnya di Masjid Al'Isra Tanjung Duren Jakarta Barat. Dalam kesempatan itu, Rhoma Irama mengimbau warga agar memilih pemimpin yang seiman, dan beliau menyebutkan bahwa ibu Jokowi adalah seorang non-muslim. Pernyataan ini menuai protes keras dari publik hingga Panwaslu DKI melakukan pemeriksaan atas Rhoma Irama atas dugaan menyebarkan isu SARA.

Hasil dari kepemimpinannya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berhasil mengambil hati masyarakat. Kini ia maju sebagai calon presiden sebagai kandidat dari PDIP dan menggandeng Jusuf Kalla sebagai calon wakil presidennya dengan nomor urut dua. Melawan pasangan nomor urut satu Prabowo Subianto dengan wakilnya Hatta Rajasa.

Riset dan analisa oleh Somya Samita

Last Update: 11/06/2014

PENDIDIKAN
  • SMP Negeri 1 Surakarta
  • SMA Negeri 6 Surakarta
  • Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada
KARIR
  • Walikota Surakarta
  • Pengusaha mebel dan pertamanan
  • Gubernur Jakarta 2012
PENGHARGAAN
  • Nominasi World Mayor 2012
  • 10 Tokoh 2008 versi majalah Tempo
SOCIAL MEDIA
http://twitter.com/jokowi_do2

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Senin, 26 September 2016 16:08:43 Jokowi dapat laporan kasus di Papua, dari konflik sampai Freeport

    Jokowi dapat laporan kasus di Papua, dari konflik sampai Freeport. Lenis juga mengungkapkan terjadinya konflik di Papua akibat rebutan kursi di DPR Papua. Rebutan kursi DPR itu terjadi setelah Mahkamah Konstitusi (MK) mengeluarkan putusan dari gugatan Barisan Merah Putih (BMP)

  • Senin, 26 September 2016 15:21:36 Oktober, Jokowi resmikan sekolah pilot di Biak Numfor

    Oktober, Jokowi resmikan sekolah pilot di Biak Numfor. Menurut Lenis, sekolah pilot ini dikelola langsung oleh badan usaha milik adat (BUMA). Meski demikian, Lenis belum mau menyebut nama sekolah pilot yang akan diresmikan kepala negara itu.

  • Jumat, 23 September 2016 11:55:10 Presiden Jokowi sumbang Rp 1,3 M untuk korban banjir Garut

    Penyerahan bantuan tersebut diwakilkan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. Teten menegaskan, perlunya segera dilakukan assessment terhadap kerusakan dan kerugian rumah tinggal, rumah sakit, dan infrastruktur lain, agar warga tidak terlalu lama di pengungsian.

  • Jumat, 23 September 2016 01:02:00 Jokowi diminta bentuk tim kepresidenan ungkap kasus Munir

    Jokowi diminta bentuk tim kepresidenan ungkap kasus Munir. Penyelesaian kasus Munir merupakan satu dari tiga poin yang didorong Imparsial dalam pertemuan 22 pakar hukum dengan Presiden di Istana Merdeka sore ini.

  • Kamis, 22 September 2016 16:52:36 Presiden Jokowi tolak revisi PP No 99 Tahun 2012

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para pakar hukum di Istana Merdeka, Kamis (22/9). Presiden ingin mendengarkan masukan-masukan yang konstruktif dalam rangka mereformasi bidang hukum di Indonesia.

  • Kamis, 22 September 2016 13:41:22 Jokowi senang Tax Amnesty RI jadi salah satu tersukses di dunia

    "Sampai hari ini, paling tidak tebusan kita sudah mencapai Rp 33 triliun lebih. Saya tadi membaca risetnya Citibank, ditulis di sini Tax Amnesty bergerak cepat dan ada deklarasinya sudah RP 1.029 triliun."

  • Kamis, 22 September 2016 00:28:00 Presiden imbau agar warga waspada terhadap bencana alam

    Presiden imbau agar warga waspada terhadap bencana alam. Hal ini diungkapkannya mengingat berbagai daerah tengah dilanda bencana, seperti banjir di Garut dan longsor di Sumedang. Tim gabungan mulai dari TNI, Polri, Basarnas, BPBD dan unsur masyarakat lainnya bekerja keras untuk mengevakuasi longsoran.

  • Kamis, 22 September 2016 11:25:48 Presiden Jokowi terima 16 atlet paralimpiade di Istana Merdeka

    Imam Nahrawi mengatakan, Presiden sangat bangga atas prestasi para atlet paraliampiade yang masih mempertahankan perolehan medali perunggu di Olimpiade Rio De Janiero. "Bapak Presiden betul-betul memberikan apresiasi, memberikan selamat sekaligus kebanggaan yang luar biasa karena paralimpian kita," katanya.

  • Rabu, 21 September 2016 16:37:15 Presiden perintahkan Mensos tangani bencana di Garut & Sumedang

    Presiden perintahkan Mensos tangani bencana di Garut & Sumedang. Presiden Jokowi mengucapkan belasungkawa atas bencana banjir dan longsor yang terjadi di Garut dan Sumedang, Jawa Barat. Presiden langsung memerintahkan Mensos Khofifah Indar Parawansa dan Menkes Nila F Moeloek untuk turun ke lokasi bencana.

  • Rabu, 21 September 2016 15:45:38 Presiden minta regulasi kehutanan sosial disederhanakan

    Presiden minta regulasi kehutanan sosial disederhanakan. Menurut Presiden, hingga saat ini realisasi perhutanan sosial yang mencakup hutan desa, hutan kemasyarakatan dan hutan adat belum mencapai target yang telah ditetapkan pemerintah.