PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Joko Widodo

Foto:

Joko Widodo


Nama Lengkap : Joko Widodo

Alias : Jokowi

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Surakarta, Jawa Tengah

Tanggal Lahir : Rabu, 21 Juni 1961

Zodiac : Gemini

Hobby : Membaca | Traveling

Warga Negara : Indonesia


Istri : Iriana
BIOGRAFI

Nama Joko Widodo mulai menjadi sorotan ketika terpilih menjadi Walikota Surakarta. Awalnya publik menyangsikan kemampuan pengusaha mebel ini untuk memimpin dan mengembangkan kota Surakarta, namun beberapa perubahan penting yang dibuat untuk membangun Surakarta di tahun pertama kepemimpinannya menepis keraguan ini.

Diawali dengan branding, di bawah kepemimpinan Jokowi kota Surakarta atau yang sering disebut dengan Solo punya slogan 'Solo: The Spirit of Java' yang mendasari semangat warga Solo untuk mengembangkan kotanya. Ini bukan sekedar branding, sejak tahun 2006 lalu kota Surakarta telah menjadi anggota Organisasi Kota-kota Warisan Dunia. Dengan keanggotaan tersebut, di tahun berikutnya (2007) Solo menjadi tempat Festival Musik Dunia (FMD) yang diadakan di Benteng Vastenburg. Penyelenggaraan event ini membawa misi penyelamatan situs bersejarah karena benteng tersebut terancam akan digusur untuk kepentingan bisnis. Bahkan tahun 2008, Solo menjadi tuan rumah penyelenggara konferensi Organisasi Kota-kota Warisan Dunia ini. 

Proses relokasi pedagang barang bekas yang biasanya selalu diwarnai dengan penolakan dan protes bisa dilakukan Jokowi dengan baik karena komunikasi yang langsung dan jelas dijalin dengan masyarakat. Salah satu bentuk komunikasi tersebut adalah melalui saluran televisi lokal di mana masyarakat bisa langsung berinteraksi dengan walikotanya. Masalah lahan hijau juga menjadi perhatian Jokowi, relokasi pedagang barang bekas tersebut juga dilakukan dalam rangka revitalisasi lahan hijau di kota Solo.

Langkah besar lain yang diambil oleh Jokowi adalah menetapkan persyaratan bagi para investor untuk memperhatikan kepentingan publik dan tidak segan untuk menolak mereka jika tidak bisa mengikuti peraturan yang ada dalam kepemimpinan Jokowi. Nama Surakarta kembali menjadi perbincangan ketika para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Solo ini berhasil merakit mobil yang diberi nama Esemka. Jokowi sangat mendukung hasil yang membanggakan ini dengan ikut mengendarai mobil Esemka tersebut.

Untuk prestasinya ini Jokowi kemudian mencalonkan diri di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta tahun 2012 bersama dengan Basuki Tjahaja Purnama sebagai wakilnya. Mereka berdua menjadi pasangan calon gubernur yang paling kuat berdasarkan perhitungan cepat yang dilakukan di hari pemilihan (Rabu, 11 Juli 2012), dan menjadi cagub yang paling banyak disoroti dalam Pilgub DKI 2012 ini. Namun demikian pencalonan Jokowi diwarnai dengan isu SARA yang dikeluarkan oleh Rhoma Irama dalam ceramahnya di Masjid Al'Isra Tanjung Duren Jakarta Barat. Dalam kesempatan itu, Rhoma Irama mengimbau warga agar memilih pemimpin yang seiman, dan beliau menyebutkan bahwa ibu Jokowi adalah seorang non-muslim. Pernyataan ini menuai protes keras dari publik hingga Panwaslu DKI melakukan pemeriksaan atas Rhoma Irama atas dugaan menyebarkan isu SARA.

Hasil dari kepemimpinannya sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi berhasil mengambil hati masyarakat. Kini ia maju sebagai calon presiden sebagai kandidat dari PDIP dan menggandeng Jusuf Kalla sebagai calon wakil presidennya dengan nomor urut dua. Melawan pasangan nomor urut satu Prabowo Subianto dengan wakilnya Hatta Rajasa.

Riset dan analisa oleh Somya Samita

Last Update: 11/06/2014

PENDIDIKAN
  • SMP Negeri 1 Surakarta
  • SMA Negeri 6 Surakarta
  • Fakultas Kehutanan Universitas Gajah Mada
KARIR
  • Walikota Surakarta
  • Pengusaha mebel dan pertamanan
  • Gubernur Jakarta 2012
PENGHARGAAN
  • Nominasi World Mayor 2012
  • 10 Tokoh 2008 versi majalah Tempo
SOCIAL MEDIA
http://twitter.com/jokowi_do2

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Jumat, 24 Februari 2017 23:06:00 Dianugerahi gelar kehormatan, Jokowi berpantun Maluku selalu di hati

    Presiden Joko Widodo mendapat gelar adat kehormatan Upu Kaletia Kenalean Da Ntul Po Deyo Routnya Hnulho Maluku yang artinya bapak pemimpin besar yang peduli terhadap kesejahteraan hidup masyarakat adat di Maluku. Jokowi berterima kasih dengan berpantun.

  • Sabtu, 25 Februari 2017 07:04:30 Lawatan kenegaraan, Jokowi 'private dinner' dengan PM Australia

    Presiden dan Ibu Iriana akan dijamu 'private dinner' oleh Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull beserta istri Lucy Turnbull di kediaman pribadi PM Turnbull.

  • Sabtu, 25 Februari 2017 08:53:00 Jokowi dan Ahok satu mobil bikin pimpinan DPR sewot

    Presiden Jokowi dan Gubernur DKI Ahok sempat satu mobil usai meninjau proyek Simpang Susun Semanggi dan terowongan Mass Rapid Transit (MRT). Peristiwa ini dianggap tidak etis, apalagi Ahok merupakan seorang terdakwa kasus dugaan penistaan agama.

  • Jumat, 24 Februari 2017 15:02:49 Fadli Zon kirim surat ketiga pada Jokowi minta Ahok dipecat

    Surat bernomor PW/03563/DPR RI/II/2017 merupakan surat ketiga yang ditulis Fadli kepada Jokowi. Isi surat tersebut sama, yakni tuntutan soal pemberhentian Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari jabatan Gubernur DKI Jakarta. Surat itu juga berisi imbauan untuk menghentikan upaya kriminalisasi ulama.

  • Jumat, 24 Februari 2017 13:53:42 Tiga kali Gubernur Maluku curhat DAU kecil ke Presiden Jokowi

    Presiden Joko Widodo mengaku sudah tiga kali menerima curhat dari Gubernur Maluku Said Assagaff dan Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua. Keduanya mengeluh pembagian dana alokasi umum (DAU) kecil karena perhitungannya luas daratan, padahal Maluku memiliki potensi laut yang besar.

  • Kamis, 23 Februari 2017 22:53:39 Soal demokrasi kebablasan, Fadli Zon sindir Jokowi mirip pengamat

    Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon menyayangkan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal demokrasi yang kebablasan. Fadli menilai demokrasi di Indonesia berlandaskan perwakilan. Dia menyindir ucapan Jokowi seperti pengamat.

  • Kamis, 23 Februari 2017 18:48:27 Kunjungan kerja ke Maluku, Jokowi buka sidang Tanwir Muhammadiyah

    Kunjungan kerja ke Maluku, Jokowi buka sidang Tanwir Muhammadiyah. Selain membuka Sidang Tanwir Muhammadiyah, Jokowi dijadwalkan menerima Penganugerahan Gelar Adat Kehormatan.

  • Jumat, 24 Februari 2017 07:43:41 Kuis bagi-bagi sepeda, cara Jokowi bercengkerama dengan warga

    Kuis bagi-bagi sepeda, cara Jokowi bercengkerama dengan warga. Jokowi, begitu dia disapa, dalam beberapa kesempatan bertatap muka dengan warga berupaya membuat suasana menjadi cair meskipun jabatannya sebagai Presiden. Caranya, mengajak masyarakat berinteraksi melalui kuis yang dia buat.

  • Jumat, 24 Februari 2017 07:43:00 Demokrasi kebablasan yang malah sudutkan Jokowi

    Demokrasi kebablasan yang malah sudutkan Jokowi. Fahri menyarankan, Jokowi tidak mengeluh tapi mengevaluasi diri. Sejauh ini, lanjutnya, masyarakat belum merasakan penegakan hukum yang adil dan profesional. Contoh terbaru, yaitu upaya kriminalisasi terhadap ulama-ulama.

  • Jumat, 24 Februari 2017 06:00:00 Menanti ketegasan Jokowi hadapi ocehan Freeport

    Pemerintah resmi memberikan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) ke PT Freeport Indonesia sebagai pengganti perjanjian Kontrak Karya (KK). Pengubahan status tersebut akibat imbas dari pelarangan ekspor konsentrat sejak 12 Januari 2017.