PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprodjo

Foto:

Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprodjo


Nama Lengkap : Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprodjo

Alias : Roy Suryo

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Yogyakarta

Tanggal Lahir : Kamis, 18 Juli 1968

Zodiac : Cancer

Hobby : Membaca | Diskusi

Warga Negara : Indonesia


Ayah : Prof. Dr. dr. KPH Soejono Prawirohadikusumo, SPs, SP. Kd.
Ibu : R Ay. Soeratmijati Notonegoro
BIOGRAFI

Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo atau disingkat KRMT Roy Suryo Notodiprojo atau lebih dikenal sebagai Roy Suryo adalah pengurus Partai Demokrat di bidang Komunikasi dan Informatika. Roy sering menjadi narasumber di berbagai media massa Indonesia untuk bidang teknologi informasi, fotografi, dan multimedia. Roy juga pernah menjadi pembawa acara e-Lifestyle di Metro TV selama lima tahun.

Sosoknya sering disebut sebagai pakar informatika, multimedia dan telematika. Dia menyelesaikan studinya di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada. Lalu dia mengajar di Jurusan Seni Media Rekam Institut Seni Indonesia tahun 1994-2004.

Roy mempunyai hobi fotografi yang membawanya meraih sejumlah prestasi. Dia meraih penghargaan dari lomba fotografi tingkat nasional serta penghargaan dari berbagai pihak. Di antaranya dari Kadin bidang Telematika, Menteri Perhubungan Agum Gumelar, Majalah Trend Digital, Telkomsel, dan Garuda Indonesia.

Roy yang pernah menjadi anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) itu akhirnya mengundurkan diri, setelah DPP Partai Demokrat menawarinya sebagai salah satu ketua dalam partai yang mengusung Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Namun sepanjang perjalanan karirnya, Roy sering mendapat pandangan sinis dari berbagai pihak. Kepakarannya di bidang telematika kerap diragukan. Bahkan ketika dia mengklaim menemukan naskah lirik lagu Indonesia Raya yang menurutnya lebih lengkap daripada yang digunakan saat ini, banyak pihak yang justru beranggapan bahwa semua itu hanya cari sensasi.

Terlebih kini dia menjabat sebagai menteri pemuda dan olahraga RI menggantikan Andi Mallarangeng di awal Januari 2013. Roy mengaku beban tugasnya kali ini cukup berat. Apalagi dia sama sekali tak memiliki latar belakang ilmu olahraga. Meski mendapat cibiran dari banyak masyarakat, dia berjanji akan menjalankan amanah ini dengan sebaik mungkin. Roy pun sudah punya tiga fokus kerja kelak setelah dia resmi dilantik jadi menpora.

Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

PENDIDIKAN
  • Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada
  • Magister Perilaku dan Promosi Pascasarjana UGM.
KARIR

Menteri Pemuda dan Olarhraga

Anggota DPR/MPR RI 2009-2014.

Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Teknologi / BPTIY (mulai 1999).

Konsultan Internet & Video Teleconference Polda DIY (mulai 1999).

Widyaiswara Sistem Informasi Diklat Depdagri & Deppen (mulai 1998).

Tutor Diklat RCTI, TPI & Reguler di SAV Puskat & Mandiri (mulai 1997).

Dosen dan konsultan multimedia di ISI dan UGM.

PENGHARGAAN
  • Menerima "Golden Award Indonesian Telematika Writer" (September 2000).
  • IJTI-Award 2000" untuk bidang pendidikan (Juni 2000).
  • Dosen Teladan II Fakultas Seni Multimedia ISI Yogya (Juli 1998).
  • Juara I Lomba Foto Depparpostel Tingkat Nasional (1996).
  • Juara II Lomba Foto Rona Marina Aerobic (1995).
  • Juara II Lomba Foto Iptek Tingkat Nasional (1995).
  • Juara I Nikon Photo Contest JPVE (1995).
  • Juara I Lomba Foto Perkebunan Tingkat Nasional (1995).
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Senin, 21 November 2016 16:11:30 Kapan Jokowi mau undang SBY ke istana?

    Jokowi mau undang SBY ke istana? Di antara pimpinan parpol di Tanah Air, Presiden Keenam RI yang juga Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), belum diundang ke Istana Merdeka.

  • Sabtu, 19 November 2016 06:05:00 Roy Suryo blak-blakan bicara tentang SBY dan Jokowi

    SBY merasa tidak punya permasalahan dengan Presiden Jokowi. Sesungguhnya SBY dalam posisi menunggu jika Jokowi ingin meminta masukan dan saran. SBY siap datang ke istana atau menjamu Jokowi di kediamannya di Cikeas.

  • Selasa, 15 November 2016 07:49:00 Menanti momen pertemuan Jokowi dan SBY pasca demo Ahok

    Menanti momen pertemuan Jokowi dan SBY pasca demo Ahok. SBY marah, mempertanyakan kinerja intelijen era Jokowi dalam memberikan laporan kepada pemerintah. SBY menegaskan, selama 10 tahun tak pernah menuduh orang sembarangan.

  • Senin, 14 November 2016 17:42:57 Elite Demokrat: Saya ingin Jokowi tak cuma ke Prabowo, tapi SBY

    Elite Demokrat: Saya ingin Jokowi tak cuma ke Prabowo, tapi SBY. Presiden Jokowi kabarnya akan melanjutkan safari politiknya ke ke seluruh partai politik, termasuk Demokrat. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan, Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan terbuka dengan kunjungan Jokowi.

  • Senin, 14 November 2016 16:10:54 Roy Suryo doakan Sutan Bhatoegana cepat sembuh

    Roy Suryo doakan Sutan Bhatoegana cepat sembuh. Beredar foto, Sutan bersama anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat, Max Sopacua terlihat tengah dirawat intensif di rumah sakit. Selang infus menempel di hidung dan dada sebelah kanannya. Sutan juga terlihat kurus dan pucat, terkulai lemas.

  • Senin, 7 November 2016 11:29:22 Saran Roy Suryo, Jokowi harusnya lakukan ini agar demo Ahok damai

    Saran Roy Suryo, Jokowi harusnya lakukan ini agar demo Ahok damai. Waketum Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan, seharusnya Jokowi tidak mengumbar pernyataan yang bisa memancing polemik di masyarakat. Roy menantang Jokowi untuk menindaklanjuti ulah dalang aksi kemarin.

  • Kamis, 20 Oktober 2016 13:13:00 Roy Suryo minta Ruhut Sitompul juga mundur dari Demokrat

    Roy Suryo minta Ruhut Sitompul juga mundur dari Demokrat. Roy menilai, niat Ruhut mundur sebagai anggota dewan hanya untuk menarik simpatik pengurus Partai Demokrat untuk mempertahankannya di DPP. Padahal, katanya, Demokrat sudah tidak lagi menganggap Ruhut sebagai kader.

  • Kamis, 6 Oktober 2016 16:25:26 Ruhut dapat kabar dari Roy Suryo: Aku 2 hari lagi di Demokrat

    Politisi Partai Demokrat Ruhut Sitompul mendapat kabar mencengangkan dari para petinggi partainya. Dia mengaku dapat kabar nasibnya tersisa dua hari lagi di partai pimpinan Presiden ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

  • Selasa, 4 Oktober 2016 14:35:26 Waketum Demokrat sebut Ruhut mangkir dari panggilan Komwas

    Waketum Demokrat sebut Ruhut mangkir dari panggilan Komwas. Waketum Partai Demokrat Roy Suryo mengatakan Ruhut Sitompul, mangkir dari panggilan Komisi Pengawasan. Pemanggilan Ruhut oleh Komisi Pengawasan menyusul menyusul sikap politik Ruhut yang memilih mendukung Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

  • Selasa, 4 Oktober 2016 12:46:59 Kang Emil: Itu hanya dekorasi berwarna merah putih, bukan bendera

    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil ikut berkomentar soal podium merah putih yang dipakai Presiden Joko Widodo. Dia menegaskan jika itu hanya dekorasi bukan bendara. Upacara itu digelar di halaman Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, Sabtu (1/10).