PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Mahkamah Konstitusi

Foto:

Mahkamah Konstitusi


Nama Lengkap : Mahkamah Konstitusi

Alias : MK

Profesi : Lembaga


No Relation
BIOGRAFI

Mahkamah Konstitusi RI adalah institusi negara yang beroperasi dalam bidang hukum. Berdirinya lembaga ini sebagai wujud salah satu perkembangan pemikiran hukum dan kenegaraan modern yang muncul pada abad-20. Latar belakang terbentuknya lembaga ini secara teoritis, keberadaan Mahkamah Konstitusi baru diperkenalkan pertama kali pada tahun 1919 oleh pakar hukum asal Austria, Hans Kelsen. Ia menyatakan bahwa pelaksanaan konstitusional tentang legislasi dapat secara efektif dan maksimal terjamin jika ada suatu organ yang bertugas menguji apakah suatu produk hukum itu konstitusional atau tidak. Organ ini memiliki wewenang untuk menyetujui apakah produk lolos tahap uji atau gagal dan tidak diberlakukan.

Kepaniteraan MK memiliki tugas pokok memberikan dukungan di bidang administrasi justisial. Susunan organisasi kepaniteraan MK terdiri dari sejumlah jabatan fungsional Panitera. Kepaniteraan merupakan supporting unit hakim konstitusi dalam penanganan perkara di MK. Rapat Permusyawaratan Hakim (disingkat RPH) bersifat tertutup dan rahasia. Rapat ini hanya dapat diikuti oleh Hakim konstitusi dan Panitera. Dalam rapat inilah perkara dibahas secara mendalam dan rinci serta putusan MK diambil yang harus dihadiri sekurang-kurangnya tujuh hakim konstitusi. Pada saat RPH, Panitera mencatat dan merekam setiap pokok bahasan dan kesimpulan.

Sebagai lembaga negara pelaku kekuasaan kehakiman, pelaksanaan tugas-tugas MK berikut aktivitas dukungan yang diberikan oleh Sekretariat Jenderal dan Kepaniteraan MK dibiayai oleh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Dalam setiap tahunnya, MK mendapat anggaran berdasarkan Dokumen Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) atau Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL). BPK memberikan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan MK tahun anggaran 2006. Kemudian pada laporan keuangan tahun 2007, 2008 dan 2009 MK kembali meraih predikat WTP berturut-turut dari BPK.

 

Riset dan analisis oleh Anugrah Yogi Pranata

Last update: 13:30  18/11/2013

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA