PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Bulan Bintang

Foto:

Partai Bulan Bintang


Nama Lengkap : Partai Bulan Bintang

Profesi : -

Warga Negara : Pasar Minggu, Jakarta Selatan, DKI Jakarta


BIOGRAFI

Partai Bulan Bintang (PBB) adalah salah satu partai politik di Indonesia yang berasaskan Islam.  Partai ini berdiri sejak tanggal 17 Juli 1998 i Jakarta dan dideklarasikan pada hari Jumat tanggal 26 Juli 1998 di halaman Masjid Al-Azhar Kemayoran Baru Jakarta dan pernah mengikuti pemilu sebanyak tiga kali yaitu di tahun 1999, 2004, dan 2009. Selama pemilu tahun 1999, Partai Bulan Bintang mempu meraih 2.050.000 suara atau sekitar 2% dan meraih 13 kursi DPR RI sedangkan pada Pemilu 2004 memenangkan suara sebesar 2.970.487 pemilih (2,62%) dan mendapatkan 11 kursi di DPR. Pada Pemilihan Umum Anggota Legislatif 2009, PBB memperoleh suara sekitar 1,8 juta yang setara dengan 1,7% dan dengan system parliamentary threshold 2,5% .
Partai ini pernah dipimpin oleh  Yusril Ihza Mahendra yang pernah menjabat sebagai Menteri Sekretaris Negara pada periode 21 Oktober 2004-8 Mei 2007. Kini, partai ini diketuai oleh M.S. Kaban yang menjabat menjadi Menteri Kehutanan RI yang ke-9 hingga kini.
Berdirinya partai ini didukung oleh ormas-ormas Islam tingkat Nasional yaitu Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI), Badan Koordinasi dan Silaturahmi Pondok Pesantren Indonesia (BKSPPI), Forum Ukhuwah Islamiyah (FUI), Forum Silaturahmi Ulama, Habaib dan Tokoh Masyarakat (FSUHTM), Persatuan Islam (PERSIS), Partai Serikat Islam Indonesia (PSII), Persatuan Umat Islam (PUI), Perti, Al-Irsyad, Komite untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI), Persatuan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI), dan banyak lagi.
Visi dari partai politik ini adalah terwujudnya kehidupan masyarakat  Indonesia yang Islami dengan misinya untuk membangun masyarakat dan bangsa Indonesia yang maju, mandiri berkepribadian tinggi, cerdas, berkeadilan, demokratis dan turut menciptakan perdamaian dunia berdasarkan nilai-nilai Islam.

Riset dan Analisa oleh Kustin Ayuwuragil D.


Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA