PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Foto:

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan


Nama Lengkap : Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Alias : PDIP | PDI Perjuangan

Profesi : Partai Politik


No Relation
BIOGRAFI

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) adalah sebuah partai politik di Indonesia. Partai ini pertama kali berdiri pada tanggal 10 Januari 1999 dan berkantor pusat di Lenteng Agung Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Setelah dibukanya kehidupan kepartaian politik oleh Presiden Habibie, dalam rangka akan diselenggarakannya Pemilu 1999, PDI-P didirikan. Dalam Pemilu ini, PDI-P memperoleh peringkat pertama untuk suara DPR dengan memperoleh 151 kursi. Walaupun demikian, PDI-P gagal membawa Megawati ke kursi kepresidenan, karena kalah suara dalam Sidang Umum MPR 1999 dari Abdurrahman Wahid, dan oleh karenanya Megawati menduduki kursi wakil presiden. Setelah Abdurrahman Wahid turun dari jabatan presiden pada tahun 2001, PDI-P berhasil menempatkan Megawati ke kursi presiden.

Pada 28 Maret 2005, Kongres II PDI-P dibuka di Sanur, Bali, di tengah aksi sekelompok kader yang meminta reformasi di dalam tubuh PDI-P dan terkumpul dalam "Gerakan Pembaruan PDI-P". Kongres ditutup pada 31 Maret, dua hari lebih cepat dari yang direncanakan, dengan terpilihnya kembali Megawati Soekarnoputri secara aklamasi oleh sekitar 1.000 utusan PDI Perjuangan dari seluruh Indonesia sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan periode 2005-2010 beserta sejumlah pengurus lainnya. Sadar akan tuntutan proses regenerasi kepemimpinan dalam tubuh Partai, Megawati menunjuk Pramono Anung Wibowo, seorang politisi muda, sebagai Sekretaris Jenderal. Sedangkan Guruh Sukarnoputra, adik Megawati, yang sebelumnya ikut dalam bursa calon Ketua Umum, terpilih sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Seluruh pengurus inti partai ini dapat dilihat di situs resmi PDIP, kini posisi Sekretaris Jendral sudah digantikan oleh Tjahjo Kumolo yang didampingi oleh wakilnya Eriko Sotarduga.

Pencapaian pada Pemilu Anggota DPR 2009, PDI-P mendapat 95 kursi (16,96%) di DPR hasil Pemilihan Umum Anggota DPR 2009, setelah mendapat 14.600.091 suara (14,0%). Dengan hasil ini, PDI-P menempati posisi ketiga dalam perolehan suara serta kursi di DPR.

Last update 30/12/2013

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Senin, 27 Februari 2017 03:28:00 Tuding banyak kecurangan, PDIP gugat hasil Pilkada kota Yogyakarta

    Tuding banyak kecurangan, PDIP gugat hasil Pilkada kota Yogyakarta. Hasil Pilkada Yogyakarta sangat tipis. Haryadi-Heroe mendapat 100.333 suara, sedangkan Imam-Achmad meraih 99.146.

  • Jumat, 24 Februari 2017 16:51:58 PDIP sebut ada unsur dendam politik ke Ahok di balik boikot DPRD DKI

    Hasto Kristiyanto menilai aksi boikot dilakukan DPRD DKI kepada Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, tidak mencerminkan demokrasi berkeadaban. Pihaknya menduga ada pihak tertentu masih menyimpan dendam kepada Ahok.

  • Jumat, 24 Februari 2017 14:17:02 Datangi Balai Kota, Hasto ngaku cuma makan siang bareng Ahok

    Datangi Balai Kota, Hasto ngaku cuma mau makan siang bareng Ahok. "Ini kan kantor Balai Kota, kantornya seluruh warga Jakarta, kantor ibu kota Jakarta di sini. Jadi kita datang kan boleh-boleh aja ya, saya enggak ingin ganggu kok, makanya datangnya pas istirahat pas makan siang," kata Hasto.

  • Kamis, 23 Februari 2017 18:39:53 Demokrat harap dapat kesempatan bangun komunikasi dengan PDIP

    Dia menegaskan bila Partai Demokrat belum menentukan dukungan di putaran dua Pilgub nanti. Dia menuturkan pihaknya masih menunggu sikap atau keputusan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

  • Kamis, 23 Februari 2017 12:08:59 PDIP minta koalisi dukung Ahok, PPP yakin Jokowi tak akan intervensi

    PDIP minta koalisi dukung Ahok, PPP yakin Jokowi tak akan intervensi. Arsul menyebut Jokowi sangat independensi dalam menjalankan pemerintahan termasuk dalam mengangkat atau mencopot menteri. Terkait kursi menteri dari partai, kata dia, Jokowi memiliki hak prerogatif yang tidak bisa dicampuri oleh kepentingan kelompok.

  • Kamis, 23 Februari 2017 11:54:26 Gerindra sebut tak netral jika koalisi Jokowi dipaksa dukung Ahok

    Gerindra sebut tak netral jika koalisi Jokowi dipaksa dukung Ahok. PDIP meminta kepada partai-partai Poros Cikeas yang juga menjadi bagian dari koalisi pemerintah untuk bergabung mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat. Terutama, bagi partai-partai yang memiliki jatah menteri di pemerintahan.

  • Rabu, 22 Februari 2017 13:43:18 PAN tolak PDIP karena Ahok

    PAN tolak PDIP karena Ahok. Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengatakan, PDIP telah mencoba merayu partainya untuk bergabung mendukung pasangan Basuki T Purnama-Djarot Saiful Hidayat di putaran kedua Pilgub DKI Jakarta.

  • Rabu, 22 Februari 2017 07:18:00 Manuver PDIP gaet partai pendukung Jokowi demi Ahok pimpin DKI

    Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah bergerilya mencari dukungan para partai pendukung Agus Yudhoyono-Sylviana Murni tergabung dalam koalisi Cikeas.

  • Selasa, 21 Februari 2017 20:00:00 Cegah DPT bermasalah, PDIP akan lakukan pembelaan hak konstitusi

    Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, PDIP tengah berjuang untuk memastikan hak konstitusional warga dapat menggunakan hak pilihnya untuk memilih dalam pemilu. Menurut Hasto, ini adalah bagian dari pematangan demokrasi Indonesia.

  • Selasa, 21 Februari 2017 15:31:36 Sekjen PDIP harap koalisi pemerintah gabung di Pilgub DKI putaran 2

    Sekjen PDIP harap koalisi pemerintah gabung di Pilgub DKI putaran 2. Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan mengenai siapa saja dari poros Cikeas gabung ke koalisi pengusung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat akan dipastikan pada 4 Maret mendatang.