PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Foto:

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan


Nama Lengkap : Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Alias : PDIP | PDI Perjuangan

Profesi : Partai Politik


No Relation
BIOGRAFI

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) adalah sebuah partai politik di Indonesia. Partai ini pertama kali berdiri pada tanggal 10 Januari 1999 dan berkantor pusat di Lenteng Agung Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Setelah dibukanya kehidupan kepartaian politik oleh Presiden Habibie, dalam rangka akan diselenggarakannya Pemilu 1999, PDI-P didirikan. Dalam Pemilu ini, PDI-P memperoleh peringkat pertama untuk suara DPR dengan memperoleh 151 kursi. Walaupun demikian, PDI-P gagal membawa Megawati ke kursi kepresidenan, karena kalah suara dalam Sidang Umum MPR 1999 dari Abdurrahman Wahid, dan oleh karenanya Megawati menduduki kursi wakil presiden. Setelah Abdurrahman Wahid turun dari jabatan presiden pada tahun 2001, PDI-P berhasil menempatkan Megawati ke kursi presiden.

Pada 28 Maret 2005, Kongres II PDI-P dibuka di Sanur, Bali, di tengah aksi sekelompok kader yang meminta reformasi di dalam tubuh PDI-P dan terkumpul dalam "Gerakan Pembaruan PDI-P". Kongres ditutup pada 31 Maret, dua hari lebih cepat dari yang direncanakan, dengan terpilihnya kembali Megawati Soekarnoputri secara aklamasi oleh sekitar 1.000 utusan PDI Perjuangan dari seluruh Indonesia sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan periode 2005-2010 beserta sejumlah pengurus lainnya. Sadar akan tuntutan proses regenerasi kepemimpinan dalam tubuh Partai, Megawati menunjuk Pramono Anung Wibowo, seorang politisi muda, sebagai Sekretaris Jenderal. Sedangkan Guruh Sukarnoputra, adik Megawati, yang sebelumnya ikut dalam bursa calon Ketua Umum, terpilih sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Seluruh pengurus inti partai ini dapat dilihat di situs resmi PDIP, kini posisi Sekretaris Jendral sudah digantikan oleh Tjahjo Kumolo yang didampingi oleh wakilnya Eriko Sotarduga.

Pencapaian pada Pemilu Anggota DPR 2009, PDI-P mendapat 95 kursi (16,96%) di DPR hasil Pemilihan Umum Anggota DPR 2009, setelah mendapat 14.600.091 suara (14,0%). Dengan hasil ini, PDI-P menempati posisi ketiga dalam perolehan suara serta kursi di DPR.

Last update 30/12/2013

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Jumat, 9 Desember 2016 19:31:00 Fahri sebut jika tambah kursi pimpinan DPR harus melalui Prolegnas

    Fahri sebut jika tambah kursi pimpinan DPR harus melalui Prolegnas. Fahri Hamzah meminta penambahan kursi pimpinan DPR harus melalui prosedur yang berlaku. Hal ini menanggapi keinginan dari PDIP yang menginginkan penambahan posisi Wakil Ketua dari empat orang menjadi lima orang.

  • Jumat, 9 Desember 2016 16:41:31 Golkar minta PDIP tak buru-buru mau revisi UU MD3

    Golkar minta PDIP tak buru-buru mau revisi UU MD3. Golkar meminta agar revisi UU MD3 tak buru-buru dilakukan. Mengingat DPR akan kembali memasuki masa reses pada 16 Desember mendatang.

  • Jumat, 9 Desember 2016 11:40:12 Disebut tak pantas pimpin DPR, PDIP banggakan kadernya satu per satu

    Disebut tak pantas pimpin DPR, PDIP banggakan kadernya satu per satu. Anggota Fraksi PDIP Eva Kusuma Sundari tak sepakat dengan pernyataan Desmond. Dia mengungkapkan, banyak anggota Fraksi PDIP yang mumpuni. Dia mencontohkan, dirinya pernah mendapatkan anugerah sebagai salah satu politisi perempuan berpengaruh.

  • Jumat, 9 Desember 2016 12:04:14 Hanura ngaku belum dilobi PDIP terkait revisi UU MD3

    Hanura ngaku belum dilobi PDIP terkait revisi UU MD3. Sekretaris Fraksi Hanura, Dadang Rusdiana, mengatakan pihaknya masih mencermati pasal apa saja yang ingin direvisi. Apakah hanya pasal yang berkenaan dengan jumlah pimpinan DPR saja, atau berkembang ke pasal lain.

  • Jumat, 9 Desember 2016 03:30:00 PDIP klaim tak ada kader tertarik ajukan diri jadi pimpinan DPR

    Menurutnya, kader PDIP di fraksi tidak ada yang berhasrat mengajukan diri sebagai pimpinan DPR. Tiap kader akan menunggu keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Sebagai petugas partai, seluruh kader siap menjalankan titah Megawati.

  • Jumat, 9 Desember 2016 07:33:00 KMP, PDIP dan perebutan kursi pimpinan DPR

    KMP, PDIP dan perebutan kursi pimpinan DPR. Kala itu, PDIP protes keras, merasa 'dikerjai' karena UU MD3. PDIP ingin UU MD3 seperti 2009, proporsional, pembagian kursi pimpinan dan alat kelengkapan dewan berdasarkan perolehan kursi DPR. Sayang, KMP yang kalah di Pilpres, tetap ngotot ingin menguasai parlemen.

  • Kamis, 8 Desember 2016 14:09:41 Desmond sebut tak ada kader PDIP yang cocok jadi pimpinan DPR

    PDIP telah membentuk gugus tugas guna melobi fraksi-fraksi di DPR demi mendapat dukungan untuk merevisi UU MD3. Tujuannya, tak lain demi mendapatkan jatah kursi pimpinan DPR. Ada lima kader PDIP yang ditugaskan dalam tim lobi itu.

  • Kamis, 8 Desember 2016 16:59:09 PDIP yakin semua partai di DPR setuju UU MD3 direvisi

    PDIP yakin semua partai di DPR setuju UU MD3 direvisi. Dia menyebut, tim telah bekerja ekstra membangun komunikasi dengan fraksi-fraksi partai di DPR. Anggota komisi III ini berharap semua fraksi bisa memberikan masukan yang baik agar UU MD3 hasil revisian lebih komperhensif.

  • Selasa, 6 Desember 2016 08:40:51 PDIP minta kader pembelot mundur sebelum dipecat

    Menurut PDIP, itu pilihan mereka jika mendukung Anies Baswedan. Kalau partai mereka maka harus terima. Sebab dalam aturan partai tegas harus sejalan dengan keputusan pimpinan pusat. Cara itu lebih elegan karena mereka berani terang terangan, dibandingkan mereka dua kaki.

  • Minggu, 4 Desember 2016 07:04:00 Pengakuan kader PDIP membelot dari titah Megawati

    Kader-kader PDIP itu secara simbolis melepaskan seragam hitam bergambar banteng moncong putih, lalu mengenakan kemeja putih dengan tulisan Anies-Sandiaga. Mereka adalah loyalis mantan Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Boy Sadikin yang sudah lebih dulu membelot dan keluar dari partai.