PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Foto:

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan


Nama Lengkap : Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan

Alias : PDIP | PDI Perjuangan

Profesi : Partai Politik


No Relation
BIOGRAFI

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) adalah sebuah partai politik di Indonesia. Partai ini pertama kali berdiri pada tanggal 10 Januari 1999 dan berkantor pusat di Lenteng Agung Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Setelah dibukanya kehidupan kepartaian politik oleh Presiden Habibie, dalam rangka akan diselenggarakannya Pemilu 1999, PDI-P didirikan. Dalam Pemilu ini, PDI-P memperoleh peringkat pertama untuk suara DPR dengan memperoleh 151 kursi. Walaupun demikian, PDI-P gagal membawa Megawati ke kursi kepresidenan, karena kalah suara dalam Sidang Umum MPR 1999 dari Abdurrahman Wahid, dan oleh karenanya Megawati menduduki kursi wakil presiden. Setelah Abdurrahman Wahid turun dari jabatan presiden pada tahun 2001, PDI-P berhasil menempatkan Megawati ke kursi presiden.

Pada 28 Maret 2005, Kongres II PDI-P dibuka di Sanur, Bali, di tengah aksi sekelompok kader yang meminta reformasi di dalam tubuh PDI-P dan terkumpul dalam "Gerakan Pembaruan PDI-P". Kongres ditutup pada 31 Maret, dua hari lebih cepat dari yang direncanakan, dengan terpilihnya kembali Megawati Soekarnoputri secara aklamasi oleh sekitar 1.000 utusan PDI Perjuangan dari seluruh Indonesia sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan periode 2005-2010 beserta sejumlah pengurus lainnya. Sadar akan tuntutan proses regenerasi kepemimpinan dalam tubuh Partai, Megawati menunjuk Pramono Anung Wibowo, seorang politisi muda, sebagai Sekretaris Jenderal. Sedangkan Guruh Sukarnoputra, adik Megawati, yang sebelumnya ikut dalam bursa calon Ketua Umum, terpilih sebagai Ketua Bidang Pendidikan dan Kebudayaan.

Seluruh pengurus inti partai ini dapat dilihat di situs resmi PDIP, kini posisi Sekretaris Jendral sudah digantikan oleh Tjahjo Kumolo yang didampingi oleh wakilnya Eriko Sotarduga.

Pencapaian pada Pemilu Anggota DPR 2009, PDI-P mendapat 95 kursi (16,96%) di DPR hasil Pemilihan Umum Anggota DPR 2009, setelah mendapat 14.600.091 suara (14,0%). Dengan hasil ini, PDI-P menempati posisi ketiga dalam perolehan suara serta kursi di DPR.

Last update 30/12/2013

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Sabtu, 14 Januari 2017 18:01:00 PDIP tegaskan tak menghendaki calon tunggal di Pilpres 2019

    Wacana untuk menjadikan sistem calon presiden tunggal di Indonesia sesuatu yang sulit untuk diterapkan di Indonesia.

  • Jumat, 13 Januari 2017 16:21:44 PDIP bela Mega diserang soal pidato 'Islam jangan jadi Arab'

    PDIP bela Mega diserang soal pidato 'Islam jangan jadi Arab'. "Bu Mega enggak mengatakan tentang Islam atau hanya Islam. Bu Mega juga bicara tentang Hindu dan India, Kristen dan Yahudi, yang beliau kutip dari Bung Karno," kata Andreas.

  • Jumat, 13 Januari 2017 12:24:22 Sebut Panglima lebay dan pencitraan, politisi PDIP dilaporkan ke MKD

    Sekjen Gema MKGR Fikri Saidu menilai, tak sepantasnya seorang anggota DPR melontarkan pernyataan itu. Charles justru balik dituding tidak mengamalkan Pancasila.

  • Jumat, 13 Januari 2017 07:31:00 Demokrat ganjal hasrat PDIP jadi pimpinan DPR

    Demokrat ganjal hasrat PDIP jadi pimpinan DPR. Awalnya, pemberian 'jatah' buat PDIP ini berjalan mulus. Revisi UU MD3 ini bahkan masuk dalam Prolegnas 2017 tanpa ada penolakan dari fraksi di parlemen saat di paripurna. Namun rupanya keinginan untuk akomodir PDIP ini malah bikin kisruh baru di DPR.

  • Senin, 9 Januari 2017 17:15:02 PDIP mau wakil ketua DPR bidang pemantapan berkehidupan kebangsaan

    PDIP mau wakil ketua DPR bidang pemantapan berkehidupan kebangsaan. Basarah meyakini dengan adanya Wakil Ketua DPR yang membidangi Pemantapan Kehidupan Berkebangsaan maka fungsi DPR sebagai lembaga pengawas akan semakin proaktif.

  • Senin, 9 Januari 2017 15:50:56 Lawan Prabowo, Megawati juga akan turun gunung dukung Ahok

    Lawan Prabowo, Megawati juga akan turun gunung untuk Ahok. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto turun gunung ikut berkampanye untuk memenangkan pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno di Pilkada DKI 2017. PDIP pun tak mau kalah.

  • Senin, 9 Januari 2017 15:01:07 Jokowi akan diberi potongan tumpeng oleh Megawati di HUT PDIP ke-44

    Jokowi akan diberi potongan tumpeng oleh Megawati di HUT PDIP ke-44. Dalam agenda HUT PDIP ke-44 yang diterima awak media, usai memberikan sambutan, Presiden Joko Widodo akan menerima potongan tumpeng yang diberikan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

  • Senin, 9 Januari 2017 14:36:02 HUT ke-44, PDIP gelorakan gerakan rehabilitasi hutan dan lahan

    HUT ke-44, PDIP gelorakan gerakan rehabilitasi hutan dan lahan. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan memperingati HUT ke-44 yang jatuh pada Selasa (10/1) besok di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. HUT ke-44 tersebut, bertema 'PDI Perjuangan Rumah Bangsa untuk Indonesia Raya'.

  • Rabu, 4 Januari 2017 12:23:32 Politikus PDIP tak masalah Gerindra masuk ke kabinet Jokowi

    Politikus PDIP tak masalah Gerindra masuk ke kabinet Jokowi. Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan pihaknya tidak masalah Gerindra bergabung asalkan demi peningkatan kinerja pemerintah. Hendrawan berharap wacana masuknya Gerindra bukan dengan motif perebutan jabatan dan reputasi.

  • Selasa, 3 Januari 2017 18:17:49 PDIP sudah siapkan nama buat duduk di kursi pimpinan DPR

    PDIP telah memiliki satu nama bakal diplot menjadi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Politisi PDIP Masinton Pasaribu mengatakan kader itu terpilih dari berasal 109 anggota fraksi.