PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Demokrat

Foto:

Partai Demokrat


Nama Lengkap : Partai Demokrat

Alias : Demokrat

Profesi : Partai Politik


No Relation
BIOGRAFI

Partai Demokrat adalah salah satu partai politik terbesar di Indonesia. Partai berlambang mercy ini didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono pada  9 September 2001 yang kemudian disahkan pada 27 Agustus 2003. Pendirian partai ini terilhami oleh kekalahan terhormat SBY dalam pemilihan calon wakil presiden dalam sidang MPR tahun 2001.
Karena popularitas SBY saat itu cukup tinggi, maka sebagai tokoh terpanggil untuk memikirkan bagaimana sosok SBY bisa dibawa menjadi Pemimpin Bangsa masa mendatang. Akhirnya beberapa orang seperti Vence Rumangkang menyatakan dukungannya untuk mengusung SBY ke kursi Presiden, dan bahwa agar cita-cita tersebut bisa terlaksana, jalan satu-satunya adalah mendirikan partai politik.

Partai Demokrat mempunyai tujuan untuk menegakkan, mempertahankan, dan mengamankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan jiwa Proklamasi Kemerdekaan serta untuk mewujudkan cita- cita Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti yang tertuang dalam Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Bersama masyarakat, Demokrat berperan mewujudkan keinginan luhur rakyat Indonesia untuk mencapai kehidupan yang merdeka. Menjunjung tinggi semangat nasionalisme, humanisme dan internasionalisme atas dasar ketakwaan kepada Tuhan.

Partai ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Ketika pertama kali mengikuti pemilihan umum pada tahun 2004, Demokrat meraih suara sebanyak 7,45% (8.455.225) dari total suara dan mendapatkan kursi sebanyak 57 di DPR. Dari perolehan tersebut, Partai Demokrat meraih peringkat kelima Pemilu Legislatif 2004. Menjelang Pemilu 2004, popularitas partai ini makin meningkat seiring banyaknya masyarakat yang mengagumi sosok SBY. Kemenangan tersebut membawa SBY menjadi Presiden RI pada dua periode yakni 2004 dan 2009.

Pada Maret 2013, SBY yang awalnya menjadi Dewan Pembina Partai Demokrat akhirnya ditetapkan sebagai ketua umum Partai Demokrat, menggantikan Anas Urbaningrum.

Last update 27 Juli 2013 pukul 12:21
Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Senin, 16 Januari 2017 12:11:37 Demokrat tolak usulan ambang batas pencalonan presiden 0 persen

    Menurutnya, pertimbangan untuk mempertahankan ambang batas 20 persen dalam pencalonan Presiden dan Wakil Presiden adalah mencari calon yang berkualitas.

  • Jumat, 13 Januari 2017 07:31:00 Demokrat ganjal hasrat PDIP jadi pimpinan DPR

    Demokrat ganjal hasrat PDIP jadi pimpinan DPR. Awalnya, pemberian 'jatah' buat PDIP ini berjalan mulus. Revisi UU MD3 ini bahkan masuk dalam Prolegnas 2017 tanpa ada penolakan dari fraksi di parlemen saat di paripurna. Namun rupanya keinginan untuk akomodir PDIP ini malah bikin kisruh baru di DPR.

  • Selasa, 27 Desember 2016 14:42:08 Demokrat: Anas Urbaningrum tidak mungkin bisa berpolitik lagi

    Demokrat: Anas Urbaningrum tidak mungkin bisa berpolitik lagi. Terpidana kasus Hambalang Anas Urbaningrum berencana membawa gerbong loyalisnya di Partai Demokrat ke Partai Hanura. Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Agus Hermanto menegaskan, loyalis Anas sudah tidak ada di kepemimpinan SBY.

  • Jumat, 23 Desember 2016 14:38:27 Loyalis Anas Urbaningrum di Demokrat bakal ditarik masuk Hanura

    Loyalis Anas Urbaningrum di Demokrat bakal ditarik masuk ke Hanura. Sejumlah loyalis mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum pun merapat, salah satunya senator asal Bali I Gede Pasek Suardika. Pasek mengaku tengah menggalang para loyalis Anas baik yang masih bertahan di Demokrat atau non-partai.

  • Jumat, 23 Desember 2016 06:30:00 Instruksi Anas terhadap loyalis agar gabung Oesman Sapta di Hanura

    Anas Urbaningrum meminta Pasek untuk melakukan konsolidasi dengan teman-temannya agar bergabung dan membantu Oesman Sapta Odang membesarkan Partai Hanura. Oesman Sapta pun mengapresiasi dan akan menggelar karpet merah untuk Anas.

  • Kamis, 22 Desember 2016 19:03:00 Loyalis Anas gabung Hanura, Demokrat yakin kader solid di bawah SBY

    Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo memastikan kader partainya tetap solid dan tak ada yang berniat menyeberang meski loyalis mantan ketum Demokrat bergabung dengan Partai Hanura.

  • Kamis, 22 Desember 2016 13:42:06 Demokrat sebut keputusan Pasek gabung Hanura hak politik pribadi

    Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Roy Suryo belum mengetahui kabar bergabungnya Pasek ke Hanura. Meski begitu dia tak mau ikut campur dengan rencana Pasek. Sebab, keputusan itu merupakan hak politik pribadi.

  • Rabu, 7 Desember 2016 16:31:21 Ikut berduka, SBY perintahkan Demokrat bantu korban gempa Aceh

    SBY sampaikan bela sungkawa buat korban gempa Pidie Jaya. Riefky yang berasal dari Aceh ini mengatakan, SBY juga meminta kader Demokrat turun untuk ikut membantu korban bencana gempa di Aceh. Menurut dia, kader Demokrat telah turun ke lapangan untuk bantu evakuasi korban gempa.

  • Rabu, 30 November 2016 15:35:52 Demokrat beri sinyal dukung Setya Novanto jadi ketua DPR lagi

    Demokrat beri sinyal dukung Golkar soal Setya Novanto jadi ketua DPR lagi. "Tentu kami juga menghormati apa yang menjadi urusan internal Golkar. Persoalan penggantian pimpinan DPR di Golkar menjadi kewenangan sepenuhnya DPP Partai Golkar dan Fraksi partai Golkar di DPR."

  • Jumat, 25 November 2016 06:48:07 Ngebetnya Demokrat minta SBY diundang Jokowi ke Istana

    Ngebetnya Demokrat minta SBY diundang Jokowi ke Istana. Sejumlah elite politik Demokrat menyambut baik jika Jokowi mengundang SBY. Di satu sisi, Jokowi belum menentukan kapan akan mengundang SBY.