PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Demokrat

Foto:

Partai Demokrat


Nama Lengkap : Partai Demokrat

Alias : Demokrat

Profesi : Partai Politik


No Relation
BIOGRAFI

Partai Demokrat adalah salah satu partai politik terbesar di Indonesia. Partai berlambang mercy ini didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono pada  9 September 2001 yang kemudian disahkan pada 27 Agustus 2003. Pendirian partai ini terilhami oleh kekalahan terhormat SBY dalam pemilihan calon wakil presiden dalam sidang MPR tahun 2001.
Karena popularitas SBY saat itu cukup tinggi, maka sebagai tokoh terpanggil untuk memikirkan bagaimana sosok SBY bisa dibawa menjadi Pemimpin Bangsa masa mendatang. Akhirnya beberapa orang seperti Vence Rumangkang menyatakan dukungannya untuk mengusung SBY ke kursi Presiden, dan bahwa agar cita-cita tersebut bisa terlaksana, jalan satu-satunya adalah mendirikan partai politik.

Partai Demokrat mempunyai tujuan untuk menegakkan, mempertahankan, dan mengamankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia sesuai dengan jiwa Proklamasi Kemerdekaan serta untuk mewujudkan cita- cita Negara Kesatuan Republik Indonesia, seperti yang tertuang dalam Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Bersama masyarakat, Demokrat berperan mewujudkan keinginan luhur rakyat Indonesia untuk mencapai kehidupan yang merdeka. Menjunjung tinggi semangat nasionalisme, humanisme dan internasionalisme atas dasar ketakwaan kepada Tuhan.

Partai ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Ketika pertama kali mengikuti pemilihan umum pada tahun 2004, Demokrat meraih suara sebanyak 7,45% (8.455.225) dari total suara dan mendapatkan kursi sebanyak 57 di DPR. Dari perolehan tersebut, Partai Demokrat meraih peringkat kelima Pemilu Legislatif 2004. Menjelang Pemilu 2004, popularitas partai ini makin meningkat seiring banyaknya masyarakat yang mengagumi sosok SBY. Kemenangan tersebut membawa SBY menjadi Presiden RI pada dua periode yakni 2004 dan 2009.

Pada Maret 2013, SBY yang awalnya menjadi Dewan Pembina Partai Demokrat akhirnya ditetapkan sebagai ketua umum Partai Demokrat, menggantikan Anas Urbaningrum.

Last update 27 Juli 2013 pukul 12:21
Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Jumat, 24 Februari 2017 13:49:35 Demokrat yakin menang Pilgub Sulbar meski duga ada kecurangan

    Demokrat yakin menang Pilgub Sulbar meski duga ada kecurangan. Partai Demokrat menemukan sejumlah kecurangan yang terjadi di Pilgub Sulbar 2017 yang berlangsung 15 Februari kemarin. Bahkan, kecurangan dilakukan secara terstruktur, sistemik dan masif (TSM) oleh calon tertentu.

  • Kamis, 23 Februari 2017 18:39:53 Demokrat harap dapat kesempatan bangun komunikasi dengan PDIP

    Dia menegaskan bila Partai Demokrat belum menentukan dukungan di putaran dua Pilgub nanti. Dia menuturkan pihaknya masih menunggu sikap atau keputusan Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

  • Rabu, 22 Februari 2017 17:10:44 Rapat di DPR, Demokrat cecar Kapolri soal demo SBY dan Antasari

    Rapat di DPR, Demokrat cecar Kapolri soal demo SBY dan Antasari. Ketua DPP Partai Demokrat Benny K Harman mengingatkan, institusi kepolisian bukan alat kekuasaan. Sebagai institusi, kepolisian seharusnya menjalankan tugas memelihara keamanan, penegakan hukum dan mengayomi masyarakat bukan alat kekuasaan.

  • Jumat, 17 Februari 2017 20:08:00 Golkar sudah komunikasi dengan elite Demokrat, tapi bukan SBY

    Golkar sudah komunikasi dengan elite Demokrat, tapi bukan SBY. Idrus mengatakan, pertemuan itu berlangsung cair dan informal. Dalam pertemuan itu, Golkar mengajak Demokrat untuk mempertimbangkan gabung bersama PDIP, Hanura, dan NasDem memenangkan Ahok-Djarot.

  • Jumat, 17 Februari 2017 12:33:24 Demokrat beri lampu hijau relawan Agus-Sylvi dukung Anies-Sandi

    Demokrat beri lampu hijau relawan Agus-Sylvia dukung Anies-Sandi. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, partainya tengah melakukan penjajakan dengan empat partai pendukung Agus-Sylviana. Rencananya, Gerindra akan menggelar pertemuan dengan partai poros Cikeas dalam Minggu-Minggu ini.

  • Selasa, 14 Februari 2017 15:39:17 Bela SBY, Demokrat akan tempuh jalur hukum lawan tudingan Antasari

    Ketua DPP Partai Demokrat Didik Mukrianto justru menuding Antasari hanya melempar wacana tanpa dasar dan bukti jelas. Menurut Didik, dilihat dari sudut pandang hukum, Antasari telah terbukti melakukan tindak pidana.

  • Selasa, 14 Februari 2017 00:14:00 90 Anggota DPR teken angket 'Ahok Gate', Demokrat paling banyak

    90 Anggota DPR teken angket 'Ahok Gate', Demokrat paling banyak. Fraksi Partai Demokrat, PAN dan PKS menyerahkan berkas persetujuan angket. Fraksi Partai Gerindra telah lebih dulu mengumpulkan dukungan atas usulan angket. Penyerahan berkas persetujuan angket tersebut langsung diterima oleh tiga pimpinan DPR.

  • Senin, 13 Februari 2017 11:27:47 Ahok belum dinonaktifkan, Demokrat dukung PKS gunakan hak angket

    Fraksi Partai Demokrat menyatakan mendukung penggunaan hak angket yang diusulkan oleh fraksi PKS karena terdakwa Basuki T Purnama alias Ahok belum diberhentikan sementara dari jabatan Gubernur DKI Jakarta. PKS mengusulkan kepada fraksi partai di DPR untuk menggunakan hak angket kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

  • Selasa, 7 Februari 2017 06:32:00 Tembakan Partai Demokrat kembali mengarah ke Istana Negara

    Peluru Demokrat kembali mengarah ke istana negara, tempat Presiden Jokowi berkantor. Setelah sebelumnya SBY menuding ada pihak-pihak di sekeliling Presiden Jokowi yang menghalanginya bertemu kepala negara, kini SBY dan Partai Demokrat menuding pemerintah menggerakkan mahasiswa untuk menyerang SBY.

  • Senin, 6 Februari 2017 14:19:36 Sayap Demokrat sebut SBY difitnah secara keji di Jambore Mahasiswa

    Ketua Umum Angkatan Muda Partai Demokrat, Boyke Novrijal mengklaim memiliki bukti kuat atas pendidikan fitnah bermotif provokatif di acara itu. Menurutnya, di acara itu mahasiswa disuruh meneriakan yel yel 'tangkap SBY'.