PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Gerakan Indonesia Raya

Foto:

Partai Gerakan Indonesia Raya


Nama Lengkap : Partai Gerakan Indonesia Raya

Alias : Gerindra | Partai Gerindra

Profesi : Partai Politik

Tempat Lahir : Indonesia

Tanggal Lahir : Rabu, 6 Februari 2008

Zodiac : Aquarius

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Partai  Gerakan Indonesia Raya atau GERINDRA adalah partai politik yang menjagokan Prabowo Subianto sebagai calon presiden Indonesia pada tahun 2014 mendatang . Partai yang digawangi oleh Ir. Suhardi M. Sc ini bermula dari suatu keprihatinan terhadap kemelaratan yang dialami oleh masyarakat Indonesia akibat permainan orang yang tidak memperdulikan kesejahteraan bangsa. Ketika November 2007, Fadli Zon dan pengusaha ternama Hashim Djohadikusumo membahas masalah politik yang menurut mereka mulai menjauhi nilai-nilai demokrasi yang sesungguhnya.

Perbincangan mengenai nasib bangsa ini kemudian menjadi gagasan berdiri partai Gerindra yang saat itu baru diwacanakan di kalangan Hashim dan Prabowo. Berdirinya partai ini pun juga mendapat penolakan dari beberapa orang yang tidak ingin terlibat dengan pembuatan parpol baru. 

Perdebatan yang cukup panjang dan alot akhirnya menghasilkan manifesto perjuangan demi kesejahteraan rakyat yang memiliki 6 prinsip dasar partai (Prinsip Disiplin, Prinsip Kedaulatan, Prinsip Kemandirian, Prinsip Persamaan Hak, Prinsip Kerjasama dan Gotong Royong dan Prinsip Musyawarah) dan juga 16 pokok-pokok perjuangan partai Gerindra. Selain itu, pada bulan Desember 2007, di sebuah rumah yang menjadi markas IPS (Institute for Policy Studies) di bendungan Hilir, berkumpullah sejumlah nama seperti Adli Zon, hadir pula Ahmad Muzani, M. Asrian Mirza, Amran Nasution, Halida Hatta, Tanya Alwi dan Haris Bobihoe untuk membicarakan masalah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai yang akan dibentuk. Dengan ini, partai Gerindra ingin mewujudkan tatanan masyarakat Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil, dan makmur serta beradab dan berketuhanan yang berlandaskan Pancasila sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD NKRI tahun 1945.

Namun, perjuangan Fadli yang setelah pertemuan itu sakit dan sempat merasa pesimis bahwa gagasan partai baru ini akan terus berlanjut, akhirnya tidak berakhir tragedi. Pada tanggal 6 Februari 2008, terbentuklah Partai Gerindra. Adanya partai ini diharapkan mampu mengabdi untuk menghadapi masalah sistem politik, perekonomian bangsa dan situasi sulit Indonesia dengan mengeratkan persatuan dan kesatuan bangsa. 

Maka dengan semangat kemandirian, keberanian, dan kemakmuran rakyat, Partai Gerindra memilih nama Gerakan Indonesia merdeka dan kepala Garuda sebagai perwujudan niat dan komitmen mereka terhadap manifesto Gerakan Indonesia Rayanya.

 

Riset dan Analisis oleh Kustin Ayuwuragil D.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Sabtu, 3 Desember 2016 02:28:00 Ormas sayap Gerinda dukung Prabowo Subianto sebagai capres 2019

    Ormas sayap Gerinda dukung Prabowo Subianto sebagai capres 2019. Aryo juga mengklaim, saat ini Tidar di seluruh Tanah Air telah memiliki massa potensial dari kalangan muda. Terbukti, di kongres bertema: Kader Pejuang, Tidar Gemilang, Gerindra Menang diikuti oleh 34 pengurus daerah dan 160 perwakilan pengurus cabang.

  • Kamis, 1 Desember 2016 14:08:39 Sandiaga soal demo 2-12: Info petinggi Gerindra akan damai & aman

    Sandiaga soal demo 2-12: Info petinggi Gerindra akan damai & aman. Berkaca dari kasus Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama, Sandi menuturkan Jakarta membutuhkan pemimpin yang bisa diterima oleh masyarakat semua kalangan.

  • Sabtu, 26 November 2016 01:11:00 Gerindra temukan 104 ribu pemilih siluman di Pilgub DKI

    Gerindra temukan 104 ribu pemilih siluman di Pilgub DKI. Ketua DPD DKI Jakarta Partai Gerindra Muhammad Taufik merilis data hasil penyisiran departemen data tim pemenangan Anies-Sandi. Hasilnya menunjukkan adanya pemilih siluman yang angkanya mencapai 104.826.

  • Selasa, 22 November 2016 15:07:35 Gerindra anggap hak Golkar jika inginkan Setnov jadi ketua DPR lagi

    Gerindra anggap hak Golkar jika inginkan Setnov jadi ketua DPR lagi. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono menilai wacana Partai Golkar untuk mengembalikan jabatan Novanto sebagai Ketua DPR adalah langkah yang tepat. Pertimbangan untuk mengembalikan jabatan Novanto juga cukup jelas.

  • Jumat, 18 November 2016 17:03:44 Gerindra minta ormas kawal kasus Ahok, tak usah lakukan demo susulan

    Gerindra minta ormas kawal kasus Ahok, tak usah lakukan demo susulan. Partai Gerindra meminta gabungan organisasi masyarakat (ormas) tak perlu menggelar aksi unjuk rasa susulan terkait kasus Ahok. Gerindra menyarankan agar umat Islam sebaiknya menempuh jalur hukum atas pernyataan Ahok.

  • Rabu, 16 November 2016 17:29:05 Gerindra tegaskan kasus Ahok murni hukum, jangan dikaitkan Pilkada

    Gerindra tegaskan kasus Ahok murni hukum, jangan dikaitkan Pilkada. Gerindra ingin kasus penistaan agama yang menjerat Basuki T Purnama (Ahok) tidak dikaitkan dengan penyelenggaraan Pilgub DKI 2017. Ahok ditetapkan sebagai tersangka dinilai murni karena persoalan hukum.

  • Rabu, 16 November 2016 15:16:22 Gerindra: Ahok tersangka bukti Jokowi dengarkan seruan umat Islam

    Gerindra: Ahok tersangka bukti Jokowi dengarkan seruan umat Islam. Arief menyebut, penetapan tersangka terhadap Ahok sebagai bentuk kerja profesional Polri. Selama proses pemeriksaan saksi pelapor, terlapor hingga gelar perkara berlangsung diyakini tidak diintervensi oleh siapa pun.

  • Rabu, 16 November 2016 10:56:56 Politisi Gerindra: Keputusannya sudah benar Ahok jadi tersangka

    Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Gerindra, Muhammad Syafi'i menyebut penetapan tersangka terhadap Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) oleh Bareskrim Polri dalam kasus dugaan penistaan Agama Islam sudah sangat tepat. Penetapan itu dinilai sudah memenuhi rasa keadilan masyarakat seluruh RI.

  • Rabu, 16 November 2016 12:14:50 Sekjen Gerindra nilai Bareskrim tak gegabah tetapkan Ahok tersangka

    "Apa yang dilakukan Kepolisian sebagai kelanjutan gelar perkara kemarin pagi sampai malam, sehingga penetapan Ahok menjadi tersangka, saya kira Kepolisian tak lakukan penetapan secara gegabah," kata Muzani

  • Selasa, 8 November 2016 12:38:43 Gerindra tuding Kapolda Metro Jaya pemicu kerusuhan demo 4 November

    Desmond menyebut Kapolda Irjen M Iriawan yang ingin membubarkan aksi unjuk rasa justru membuat pendemo naik pitam. Contohnya, dengan memukul mundur pendemo menggunakan gas air mata.