PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Gerakan Indonesia Raya

Foto:

Partai Gerakan Indonesia Raya


Nama Lengkap : Partai Gerakan Indonesia Raya

Alias : Gerindra | Partai Gerindra

Profesi : Partai Politik

Tempat Lahir : Indonesia

Tanggal Lahir : Rabu, 6 Februari 2008

Zodiac : Aquarius

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Partai  Gerakan Indonesia Raya atau GERINDRA adalah partai politik yang menjagokan Prabowo Subianto sebagai calon presiden Indonesia pada tahun 2014 mendatang . Partai yang digawangi oleh Ir. Suhardi M. Sc ini bermula dari suatu keprihatinan terhadap kemelaratan yang dialami oleh masyarakat Indonesia akibat permainan orang yang tidak memperdulikan kesejahteraan bangsa. Ketika November 2007, Fadli Zon dan pengusaha ternama Hashim Djohadikusumo membahas masalah politik yang menurut mereka mulai menjauhi nilai-nilai demokrasi yang sesungguhnya.

Perbincangan mengenai nasib bangsa ini kemudian menjadi gagasan berdiri partai Gerindra yang saat itu baru diwacanakan di kalangan Hashim dan Prabowo. Berdirinya partai ini pun juga mendapat penolakan dari beberapa orang yang tidak ingin terlibat dengan pembuatan parpol baru. 

Perdebatan yang cukup panjang dan alot akhirnya menghasilkan manifesto perjuangan demi kesejahteraan rakyat yang memiliki 6 prinsip dasar partai (Prinsip Disiplin, Prinsip Kedaulatan, Prinsip Kemandirian, Prinsip Persamaan Hak, Prinsip Kerjasama dan Gotong Royong dan Prinsip Musyawarah) dan juga 16 pokok-pokok perjuangan partai Gerindra. Selain itu, pada bulan Desember 2007, di sebuah rumah yang menjadi markas IPS (Institute for Policy Studies) di bendungan Hilir, berkumpullah sejumlah nama seperti Adli Zon, hadir pula Ahmad Muzani, M. Asrian Mirza, Amran Nasution, Halida Hatta, Tanya Alwi dan Haris Bobihoe untuk membicarakan masalah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai yang akan dibentuk. Dengan ini, partai Gerindra ingin mewujudkan tatanan masyarakat Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil, dan makmur serta beradab dan berketuhanan yang berlandaskan Pancasila sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD NKRI tahun 1945.

Namun, perjuangan Fadli yang setelah pertemuan itu sakit dan sempat merasa pesimis bahwa gagasan partai baru ini akan terus berlanjut, akhirnya tidak berakhir tragedi. Pada tanggal 6 Februari 2008, terbentuklah Partai Gerindra. Adanya partai ini diharapkan mampu mengabdi untuk menghadapi masalah sistem politik, perekonomian bangsa dan situasi sulit Indonesia dengan mengeratkan persatuan dan kesatuan bangsa. 

Maka dengan semangat kemandirian, keberanian, dan kemakmuran rakyat, Partai Gerindra memilih nama Gerakan Indonesia merdeka dan kepala Garuda sebagai perwujudan niat dan komitmen mereka terhadap manifesto Gerakan Indonesia Rayanya.

 

Riset dan Analisis oleh Kustin Ayuwuragil D.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Senin, 16 Januari 2017 15:48:45 Gerindra juga mau jatah pimpinan, Golkar ingatkan kesepakatan awal

    Gerindra juga mau jatah pimpinan, Golkar ingatkan kesepakatan awal. Gerindra juga ingin jatah pimpinan DPR dalam revisi UU MD3. Namun Golkar mengingatkan bahwa kesepakatan awal revisi hanya untuk memberikan kursi kepada PDIP sebagai partai pemenang pemilu.

  • Senin, 16 Januari 2017 13:53:45 Gerindra: Belum ada aturan jenderal polisi boleh jadi pembina ormas

    Gerindra: Belum ada aturan jenderal polisi boleh jadi pembina ormas. Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI). Belum ada aturan jelas boleh atau tidaknya jenderal polisi ikut dalam ormas.

  • Sabtu, 14 Januari 2017 18:30:00 Gerindra soal CEO BUMN asing: Ini rendahkan harga diri bangsa

    Wacana pemerintah memberikan kesempatan orang asing untuk memimpin Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menuai reaksi banyak pihak. Tak terkecuali dengan politikus partai Gerindra, Ahmad Riza Patria yang menyatakan bahwa hal itu adalah keputusan yang merendahkan harga diri bangsa Indonesia.

  • Sabtu, 14 Januari 2017 20:00:00 Waketum Gerindra: China negara yang berkepentingan menguasai RI

    Menurutnya, saat ini bukti-bukti kebangkitan PKI sudah mulai terlihat di Tanah Air. Mulai dari atribut, hingga secara terang-terangan mengaku sebagai keturunan PKI.

  • Jumat, 13 Januari 2017 11:36:57 Tak tepat PKB serta Gerindra minta jatah & tambah kursi pimpinan DPR

    Sekretaris Jenderal Partai Hanura Syarifuddin Suding berharap masalah perebutan kursi pimpinan DPR/MPR bisa selesai. Sebab, anggota parlemen harus fokus menjalankan tugas dan fungsi sebagai wakil rakyat bukan berebut menjadi pimpinan lembaga legislatif.

  • Rabu, 4 Januari 2017 21:33:00 PPP tak percaya Jokowi akan tawarkan jatah 4 menteri buat Gerindra

    Selain rumor reshuffle, Arsul juga mempertanyakan rumor merapatnya Gerindra ke pemerintah. Bahkan, dia tidak percaya dengan rencana Jokowi akan menawarkan empat posisi menteri kepada Gerindra.

  • Rabu, 4 Januari 2017 20:15:00 Gerindra tegaskan nyaman oposisi, meski Jokowi senang dengan Prabowo

    Gerindra tegaskan nyaman oposisi, meski Jokowi senang dengan Prabowo. Partai Gerindra, kata Riza, telah memainkan peran yang cukup baik meski berada di luar pemerintahan. Apalagi seluruh kader telah berkomitmen mengantarkan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon presiden 2019 mendatang.

  • Rabu, 4 Januari 2017 12:23:32 Politikus PDIP tak masalah Gerindra masuk ke kabinet Jokowi

    Politikus PDIP tak masalah Gerindra masuk ke kabinet Jokowi. Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno mengatakan pihaknya tidak masalah Gerindra bergabung asalkan demi peningkatan kinerja pemerintah. Hendrawan berharap wacana masuknya Gerindra bukan dengan motif perebutan jabatan dan reputasi.

  • Selasa, 3 Januari 2017 15:21:05 Gerindra klaim bakal diberi tawaran 4 kursi menteri dari Jokowi

    Wacana reshuffle kabinet kerja jilid IV dikabarkan bakal dilakukan Presiden Joko Widodo. Bukan hanya perombakan kabinet, rumor Partai Gerindra merapat ke pemerintahan juga kencang berembus. Bahkan mereka mengklaim bakal ditawari empat jatah kursi menteri dari Jokowi.

  • Rabu, 28 Desember 2016 11:43:57 Kabar reshuffle jilid IV, Gerindra tegaskan tetap di luar Istana

    Kabar reshuffle jilid IV, Gerindra tegaskan tetap di luar Istana. Arief memprediksi, apabila partainya masuk ke pemerintahan maka akan membuat elektabilitas Gerindra dan Prabowo sebagai calon presiden merosot di Pemilu Serentak 2019 mendatang.