PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Gerakan Indonesia Raya

Foto:

Partai Gerakan Indonesia Raya


Nama Lengkap : Partai Gerakan Indonesia Raya

Alias : Gerindra | Partai Gerindra

Profesi : Partai Politik

Tempat Lahir : Indonesia

Tanggal Lahir : Rabu, 6 Februari 2008

Zodiac : Aquarius

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Partai  Gerakan Indonesia Raya atau GERINDRA adalah partai politik yang menjagokan Prabowo Subianto sebagai calon presiden Indonesia pada tahun 2014 mendatang . Partai yang digawangi oleh Ir. Suhardi M. Sc ini bermula dari suatu keprihatinan terhadap kemelaratan yang dialami oleh masyarakat Indonesia akibat permainan orang yang tidak memperdulikan kesejahteraan bangsa. Ketika November 2007, Fadli Zon dan pengusaha ternama Hashim Djohadikusumo membahas masalah politik yang menurut mereka mulai menjauhi nilai-nilai demokrasi yang sesungguhnya.

Perbincangan mengenai nasib bangsa ini kemudian menjadi gagasan berdiri partai Gerindra yang saat itu baru diwacanakan di kalangan Hashim dan Prabowo. Berdirinya partai ini pun juga mendapat penolakan dari beberapa orang yang tidak ingin terlibat dengan pembuatan parpol baru. 

Perdebatan yang cukup panjang dan alot akhirnya menghasilkan manifesto perjuangan demi kesejahteraan rakyat yang memiliki 6 prinsip dasar partai (Prinsip Disiplin, Prinsip Kedaulatan, Prinsip Kemandirian, Prinsip Persamaan Hak, Prinsip Kerjasama dan Gotong Royong dan Prinsip Musyawarah) dan juga 16 pokok-pokok perjuangan partai Gerindra. Selain itu, pada bulan Desember 2007, di sebuah rumah yang menjadi markas IPS (Institute for Policy Studies) di bendungan Hilir, berkumpullah sejumlah nama seperti Adli Zon, hadir pula Ahmad Muzani, M. Asrian Mirza, Amran Nasution, Halida Hatta, Tanya Alwi dan Haris Bobihoe untuk membicarakan masalah anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai yang akan dibentuk. Dengan ini, partai Gerindra ingin mewujudkan tatanan masyarakat Indonesia yang merdeka, berdaulat, bersatu, demokratis, adil, dan makmur serta beradab dan berketuhanan yang berlandaskan Pancasila sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD NKRI tahun 1945.

Namun, perjuangan Fadli yang setelah pertemuan itu sakit dan sempat merasa pesimis bahwa gagasan partai baru ini akan terus berlanjut, akhirnya tidak berakhir tragedi. Pada tanggal 6 Februari 2008, terbentuklah Partai Gerindra. Adanya partai ini diharapkan mampu mengabdi untuk menghadapi masalah sistem politik, perekonomian bangsa dan situasi sulit Indonesia dengan mengeratkan persatuan dan kesatuan bangsa. 

Maka dengan semangat kemandirian, keberanian, dan kemakmuran rakyat, Partai Gerindra memilih nama Gerakan Indonesia merdeka dan kepala Garuda sebagai perwujudan niat dan komitmen mereka terhadap manifesto Gerakan Indonesia Rayanya.

 

Riset dan Analisis oleh Kustin Ayuwuragil D.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Sabtu, 25 Februari 2017 22:43:00 Sindiran Prabowo: Maaf kita bukan penguasa, tidak punya TV dan koran

    Ketum Gerindra Prabowo Subianto mengklaim, Gerindra memenangkan Pilkada di 45 kabupaten/kota dan tiga provinsi. Gerindra memenangkan hati rakyat meski bukan penguasa dan tidak memiliki media televisi dan koran.

  • Sabtu, 25 Februari 2017 22:43:00 Sindiran Prabowo: Maaf kita bukan penguasa, tidak punya TV dan koran

    Ketum Gerindra Prabowo Subianto mengklaim, Gerindra memenangkan Pilkada di 45 kabupaten/kota dan tiga provinsi. Gerindra memenangkan hati rakyat meski bukan penguasa dan tidak memiliki media televisi dan koran.

  • Kamis, 23 Februari 2017 16:53:24 Gerindra tak puas jawaban Mendagri soal pengaktifan kembali Ahok

    Gerindra tak puas jawaban Mendagri soal pengaktifan kembali Ahok. Muzani menilai, partai pengusul angket beranggapan Mendagri tidak konsisten dalam mengambil keputusan soal pemberhentian kepala daerah yang tengah berperkara hukum seperti tersangkut korupsi dan narkoba. Semisal, Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo.

  • Kamis, 23 Februari 2017 20:30:00 Gerindra khawatir ajakan PDIP dukung Ahok intervensi pemerintah

    Partai Gerindra menilai ajakan PDIP agar partai Poros Cikeas yang tergabung dalam koalisi pemerintahan Jokowi-JK untuk mendukung pasangan Ahok-Djarot adalah hal wajar. Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menganggap, ajakan itu sebagai pengumpulan kekuatan partai koalisi pemerintah untuk menangkan Ahok-Djarot.

  • Kamis, 23 Februari 2017 11:54:26 Gerindra sebut tak netral jika koalisi Jokowi dipaksa dukung Ahok

    Gerindra sebut tak netral jika koalisi Jokowi dipaksa dukung Ahok. PDIP meminta kepada partai-partai Poros Cikeas yang juga menjadi bagian dari koalisi pemerintah untuk bergabung mendukung pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat. Terutama, bagi partai-partai yang memiliki jatah menteri di pemerintahan.

  • Jumat, 17 Februari 2017 11:19:28 Gerindra akan gelar pertemuan dengan Poros Cikeas Minggu ini

    Gerindra tengah berupaya menarik dukungan dari partai poros Cikeas agar memberikan dukungan kepada pasangan Anies-Sandiaga. Demi memuluskan niatnya, Gerindra mulai intensif melakukan komunikasi politik dengan keempat partai.

  • Kamis, 16 Februari 2017 15:36:22 Gerindra harap tak cuma satu parpol pendukung Agus merapat ke Anies

    Gerindra menilai partai politik yang tergabung dalam Koalisi Cikeas memiliki kesamaan pandangan tentang ibu kota negara dengan kubu Anies-Sandiaga. Gerindra berharap semua partai politik yang semula mendukung Agus dan Sylvi merapat ke pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

  • Jumat, 10 Februari 2017 17:44:50 Gerindra setuju ada pertemuan elite parpol sebelum Pilkada serentak

    Gerindra setuju ada pertemuan elite parpol sebelum Pilkada serentak. Rencana silaturahmi itu, kata Sodik, sesuai dengan keinginan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sodik menyebut Prabowo mengajak kader untuk bersaing secara sportif tanpa menjelek-jelekkan calon lain di Pilkada Serentak 2017.

  • Jumat, 10 Februari 2017 14:16:09 Ahok jadi gubernur lagi, Gerindra tuding pemerintah tak netral

    Ahok jadi gubernur lagi, Gerindra tuding pemerintah tak netral. Kembalinya Ahok jadi gubernur DKI usai cuti kampanye menuai pro dan kontra. Hal ini karena status Ahok yang kini menjadi terdakwa kasus penistaan agama.

  • Senin, 6 Februari 2017 21:32:00 Hadiri HUT Gerindra, Anies ucap syukur banyak dukungan jelang pilgub

    Hadiri HUT Gerindra, Anies ucap syukur banyak dukungan jelang pilgub. "Kita bersyukur bahwa makin hari makin banyak yang secara serius memperbandingkan dan setelah melalui proses perbandingan mereka memutuskan untuk mendukung pasangan nomor tiga kami bersyukur," kata Anies.