PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Partai Golongan Karya

Foto:

Partai Golongan Karya


Nama Lengkap : Partai Golongan Karya

Alias : Partai Golkar | Golkar

Profesi : Partai Politik

Tanggal Lahir : Selasa, 20 Oktober 1964

Zodiac : Balance

Warga Negara : Jakarta


No Relation
BIOGRAFI

Partai Golongan Karya atau Partai Golkar merupakan salah satu partai politik terbesar di Indonesia. Partai Golkar berdiri pada akhir era kepemimpinan Presiden Soekarno. Guna menghadapi kekuatan Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tanggal 20 Oktober 1964 terbentuklah Sekretariat Bersama Golongan Karya (Sekber Golkar) yang terdiri dari pemuda, wanita, sarjana, buruh, tani dan nelayan yang dihimpun oleh golongan militer khususnya Angkatan Darat. Sekber Golkar merupakan sebuah tempat bagi golongan fungsional yang tidak terpengaruh akan politik tertentu.

Sekber Golkar nyatanya dapat diterima di tengah-tengah masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan anggotanya yang semakin meningkat. Dengan ideologi yang menegakkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 Sekber Golkar kemudian dibagi dalam 7 Kelompok Induk Organisasi (KINO), yaitu Koperasi Serbaguna Gotong Royong (KOSGORO), Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI), Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR), Organisasi Profesi, Ormas Pertahanan Keamanan (HANKAM), Gerakan Karya Rakyat Indonesia (GAKARI), dan Gerakan Pembangunan.

Pada Pemilu 1971, kekuatan Sekber Golkar yang tertuang dalam 7 KINO menjadi landasan utama untuk ikut serta dalam Pemilu dengan nama Golongan Karya (Golkar) sesuai dengan keputusan pada tanggal 4 Februari 1970. Dalam Pemilu 1971 Golkar dianggap remeh bagi sebagian partai lain, yang kala itu seperti NU, PNI dan Parmusi. Hasilnya, Golkar sukses besar dengan perolehan suara sebesar 34.348.673 suara atau 62,79 % dari total perolehan suara.

Pada tanggal 17 Juli 1971 Sekber Golkar resmi merubah diri menjadi Golkar. Dalam Musyawarah Nasional (Munas) I yang dilaksanakan bulan September 1973, Golkar membentuk organisasi-organisasi baru, yakni Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI), Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) dan Federasi Buruh Seluruh Indonesia (FBSI).

Golkar merupakan salat satu alat melumpuhkan kekuatan PKI yang sepenuhnya didukung oleh Soeharto. Selain itu, Golkar dan TNI-AD juga berperan sebagai tulang punggung Orde Baru. Hal ini dibuktikan bahwa selama kepemimpinan Orde Baru, jabatan-jabatan dalam pemerintahan baik di eksekutif, legislatif dan yudikatif, hampir semuanya diduduki oleh kader Golkar.

Pada saat era kepemimpinan Soeharto di zaman Orde Baru, terdapat peraturan yang mewajibkan semua pegawai negeri sipil (PNS) untuk mendukung Golkar. Namun, setelah pengunduran diri Soeharto, peraturan yang dikenal dengan Peraturan Monoloyalitas ini dicabut. Sekarang, PNS bebas menentukan pilihannya tanpa harus terpacu pada satu partai saja.

Golkar selalu tampil sebagai pemenang dalam Pemilu yang diadakan sejak tahun 1977, 1982, 1987, 1992, dan 1997. Setelah lengsernya rezim Soeharto, Golkar berubah menjadi Partai Golkar yang lebih terbuka tanpa adanya kebijakan-kebijakan yang membantu kelangsungan partai seperti sebelumnya.

Ketua Umum Partai Golkar saat ini adalah Aburizal Bakrie. Pada Pemilu 2009 lalu, Partai Golkar memperoleh posisi kedua dengan total perolehan suara sebesar 15.037.757 atau 14,45 % dari 44 partai politik yang menjadi peserta Pemilu.

Riset dan analisa oleh Tryning Rahayu Setya W.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Selasa, 6 Desember 2016 17:10:42 Cabut laporan, Fayakun dan Fahd sepakat berdamai

    Cabut laporan, Fayakun dan Fahd sepakat berdamai. Ketua DPD Partai Golkar Fayakhun Andriadi dan Ketua DPP Golkar Bidang Pemuda dan Olahraga, Fahd El Fouz atau Fahd A Rafiq telah berdamai. Keduanya menyesali keributan usai acara parade Kita Indonesia di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (4/12).

  • Senin, 5 Desember 2016 13:15:54 Akom mau melawan, MKD tegaskan sanksi tak terkait dinamika Golkar

    Akom mau melawan, MKD tegaskan sanksi tak terkait dinamika Golkar. Dasco menegaskan, putusan yang berujung pencopotan Akom merupakan keputusan para majelis dan anggota lain sesuai dengan hukum tata acara MKD.

  • Senin, 5 Desember 2016 13:25:01 Reaksi Setya Novanto ketika kader Golkar baku pukul di depan matanya

    Setya Novanto sempat terkejut mengetahui Fadh bersama beberapa orang melakukan pemukulan terhadap Fayakhun. Melihat fayakhun mengalami luka pada bagian sebelah kiri wajahnya, Ketua DPR RI itu meminta maaf kepadanya. Setya Novanto meminta Fayakhun dan Fadh menyelesaikan secara organisasi.

  • Senin, 5 Desember 2016 13:23:21 Fayakhun bantah ribut dengan Fadh terkait pengerahan massa di 4-12

    Fayakhun bantah ribut dengan Fadh terkait pengerahan massa di 4-12. Dia menegaskan sebelum tak memiliki masalah apapun dengan Fadh sebelum pertemuan tersebut. Menurutnya, Fadh tidak memiliki wewenang apapun mempertanyakan soal kondisi kader Golkar di Jakarta.

  • Senin, 5 Desember 2016 13:57:05 Usai pengeroyokan, Fahd A Rafiq sudah minta maaf pada Fayakhun

    Usai pengeroyokan, Fahd A Rafiq sudah minta maaf pada Fayakhun. Fayakhun mengatakan, setelah kejadian tersebut, Fahd sudah sempat menyampaikan permohonan maafnya secara langsung. Dan secara pribadi, dia mengaku telah memaafkan kekhilafan rekan satu partainya tersebut.

  • Senin, 5 Desember 2016 12:35:15 Dikeroyok Fahd, Fayakhun tak tahu persis siapa yang memukulnya

    Dikeroyok Fahd, Fayakhun tak tahu persis siapa yang memukulnya. Fayakhun mengatakan, pengeroyokan yang terjadi di Fountain Cafe, Grand Hyatt, Jakarta Pusat tersebut berlangsung dengan cepat. Dia hanya sempat berbicara dengan Fahd A Rafiq, Abdul Hafiz dan Nursyam sekitar lima menit saja sebelum terjadi insiden itu.

  • Senin, 5 Desember 2016 12:21:34 Fayakhun beberkan kronologi dikeroyok koleganya di Partai Golkar

    Pemukulan terjadi di Fountain Cafe, Grand Hyatt, Jakarta Pusat. Walaupun sempat mendapatkan pukulan dari Fadh dan rekan-rekannya, Fayakhun mengaku tidak melakukan pembalasan terhadap mereka.

  • Senin, 5 Desember 2016 05:30:00 Parade 'Kita Indonesia' diwarnai adu jotos politikus muda Golkar

    Parade 'Kita Indonesia' diwarnai adu jotos politikus muda Golkar. Menurut kabar, Fahd awalnya kesal karena massa dari Golkar yang ikut pada parade aksi "Kita Indonesia" hanya sedikit. Fahd kemudian menegur Fayakhun yang dinilai tak mampu mengerahkan massa untuk meramaikan aksi 'Kita Indonesia' tersebut.

  • Minggu, 4 Desember 2016 21:34:29 Dibantu dua temannya, Fahd hajar Fayakhun pakai tangan kosong

    Fahd hajar Fayakhun pakai tangan kosong, dibantu dua temannya. kejadian saat sejumlah kader Partai Golkar istirahat usai menggelar parade 4 Desember di Bundaran Hotel Indonesia.

  • Minggu, 4 Desember 2016 20:58:35 Fayakhun polisikan Fahd atas dugaan penganiayaan dan pengeroyokan

    Fayakhun polisikan Fahd atas dugaan penganiayaan dan pengeroyokan. Surat laporan polisi beredar di kalangan wartawan, Fayakhun melaporkan Fahd ke Polda Metro Jaya dengan tuduhan pengeroyokan dan penganiayaan. Dalam laporan itu, Fayakhun mengaku dipukul oleh Fahd hingga luka di bagian kepala.