PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Prabowo Subianto Djojohadikusumo

Foto:

Prabowo Subianto Djojohadikusumo


Nama Lengkap : Prabowo Subianto Djojohadikusumo

Alias : Prabowo | Prabowo Subianto | Prabowo Subianto Djojohadikusumo

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Jakarta

Tanggal Lahir : Rabu, 17 Oktober 1951

Zodiac : Balance

Hobby : Berkuda

Warga Negara : Indonesia


Saudara : Hashim Sujono Djojohadikusumo
BIOGRAFI

Prabowo Subianto merupakan mantan Danjen Kopassus, pengusaha dan politisi. Prabowo juga politikus dari partai Gerindra. Pada pemilihan umum tahun 2009, ia dipilih sebagai wakil dari capres Megawati Soekarnoputri namun ia harus bersabar karena kemenangan masih belum berpihak.

Prabowo berasal dari keluarga ilmuwan. Kakeknya, Margono Djojohadikusumo, merupakan pendiri Bank Negara Indonesia, pemimpin pertama Dewan Pertimbangan Agung Sementara, dan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Ayahnya, Sumitro Djojohadikusumo, yang merupakan ahli ekonomi dulu dipercaya Presiden Soeharto untuk menjadi Menteri Riset dan Teknologi. Prabowo menikahi anak Soeharto yang bernama Siti Hediati Hariyadi pada tahun 1983.

Prabowo pernah mengenyam pendidikan di Akademi Militer Magelang pada tahun 1970 dan lulus pada tahun 1974. Selama karir militernya, ia berjasa dalam sebuah operasi melawan Gerakan Papua Merdeka. Ia membebaskan 12 peneliti yang sedang melakukan ekspedisi, 5 di antaranya  adalah warga negara Indonesia.

Nama Prabowo sering dikaitkan dengan dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia. Mulai dari tudingan bahwa dialah dalang (mastermind) dari serangkaian aksi penculikan para aktivis penembakan mahasiswa Trisakti, penyulut kerusuhan Mei 1998, hingga menerabas ke isu seputar klik dan intrik di kalangan elite ABRI. Mulai dari tudingan adanya "pertemuan konspirasi" di Markas Kostrad pada 14 Mei 1998, tuduhan hendak melakukan kudeta yang dikaitkan dengan isu "pengepungan" kediaman Presiden B.J. Habibie oleh pasukan Kostrad dan Kopassus, sampai ke pembeberan sifat-sifat pribadinya.

Selain karir politik dan militernya, Prabowo juga memiliki sebuah bisnis bersama saudaranya di Mangkajang, Kalimantan Timur. Ia kini tercatat memimpin 27 perusahaan di Indonesia dan luar negeri. Perusahaan yang dipimpinnya meliputi Nusantara Energy (perusahaan minyak, gas alam dan batu bara), Tidar Kerinci Agung (minyak kelapa), dan Jaladri Nusantara (industri perikanan).

Prabowo juga mendirikan beberapa organisasi masyarakat seperti Asosiasi Petani Indonesia, Asosiasi Pedagang Pasar Tradisional Indonesia, Asosiasi Pencak Silat Indonesia.

Dalam pemilu tahun 2009, Prabowo tercatat sebagai calon presiden-wakil presiden terkaya yang memiliki nilai kekayaan hingga 1,5 trilyun rupiah dan 7.5 milyar dollar Amerika.

Prabowo Subianto terpilih sebagai kandidat calon presiden untuk putaran pemilu 2014, Dengan menggandeng Hatta Rajasa sebagai calon wakil presidennya. Pasangan dengan nomor urut satu ini menghadapi pasangan Jokowi-Jusuf Kalla pada tanggal 9 Juli 2014.


Riset dan analisa oleh Pilar Asa Susila
Last update: 11 Juni 2014

PENDIDIKAN
  • Alumnus Akabri Magelang (1974)
KARIR
  • 1996 Komandan Jenderal Koppassus
  • 1998 Panglima Kostrad, Dua bulan kemudian jabatan diturunkan oleh Pangab Wiranto dikarenakan keterlibatannya terhadap aktivis LSM dan Pelanggaran HAM.
  • Ketua Umum HKTI periode 2004-2009
  • Ketua Umum Partai Gerindra
PENGHARGAAN
  • Bintang Kartika Eka Paksi Nararya
  • Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun
  • Satya Lencana Seroja Ulangan–III
  • Satya Lencana Raksaka Dharma
  • Satya Lencana Dwija Sistha
  • Satya Lencana Wira Karya
  • The First Class The Padin Medal Ops Honor dari Pemerintah Kamboja
  • Bintang Yudha Dharma Nararya
SOCIAL MEDIA
facebook.com/Prabowo Subianto
prabowosubianto.web.id
http://prabowosubianto.info

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Sabtu, 3 Desember 2016 02:28:00 Ormas sayap Gerinda dukung Prabowo Subianto sebagai capres 2019

    Ormas sayap Gerinda dukung Prabowo Subianto sebagai capres 2019. Aryo juga mengklaim, saat ini Tidar di seluruh Tanah Air telah memiliki massa potensial dari kalangan muda. Terbukti, di kongres bertema: Kader Pejuang, Tidar Gemilang, Gerindra Menang diikuti oleh 34 pengurus daerah dan 160 perwakilan pengurus cabang.

  • Sabtu, 3 Desember 2016 06:40:00 Jumatan bersama massa aksi 2 Desember, Jokowi panen pujian

    Jumatan bersama massa aksi 2 Desember, Jokowi panen pujian. Prabowo mengaku gembira. Apa yang dilakukan Presiden menurutnya positif untuk merangkul rakyat.

  • Jumat, 2 Desember 2016 03:33:00 Ahok segera disidang terkait kasus penistaan agama, ini kata Prabowo

    Ahok segera disidang terkait kasus penistaan agama, ini kata Prabowo. Mantan Danjen Kopassus itu menyatakan, dengan membiarkan kasus ini diproses di pengadilan, diharapkan kasus serupa tidak terjadi lagi. "Kita semuanya bertanggung jawab untuk menjaga rasa aman, rasa damai bagi seluruh rakyat Indonesia," terang Prabowo

  • Kamis, 1 Desember 2016 16:58:44 Setnov sambangi rumah Prabowo sore ini

    Pantauan merdeka.com di kediaman Prabowo, sebuah mobil Lexus warna putih yang biasa ditumpangi Prabowo tiba di rumah yang terletak di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan sekitar pukul 16.43 WIB.

  • Kamis, 1 Desember 2016 17:13:33 Tiba di rumah Prabowo, Setnov mengaku ingin bertukar pikiran

    Tiba di rumah Prabowo, Setnov mengaku ingin bertukar pikiran. Ketua DPR Setya Novanto menyambangi kediaman Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Jl Kartanegara, Jakarta Selatan sekitar pukul 17.00 WIB. Ketum Golkar itu mengaku ingin bertukar pikiran dengan Prabowo.

  • Senin, 21 November 2016 06:02:54 Menebak hubungan politik segitiga SBY, Jokowi & Prabowo

    Menebak hubungan politik segitiga SBY, Jokowi & Prabowo. Jokowi dinilai mungkin lebih memilih Prabowo daripada SBY karena lebih mudah berkomunikasi. Mengingat selama ini Jokowi dengan SBY sering saling sindir.

  • Jumat, 18 November 2016 07:02:00 Berharap SBY-Mega semesra Jokowi-Prabowo

    Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Prabowo Subianto Djojohadikusumo membalas kedatangan Presiden Joko Widodo ke rumah pribadinya di Bojongkoneng, Babakan Madang, Bogor. Kali ini, dia sendiri yang datang ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Mungkinkah Megawati-SBY menyusul?

  • Jumat, 18 November 2016 11:46:26 Akom sebut pertemuan Jokowi-Prabowo baik untuk stabilitas politik

    Akom sebut pertemuan Jokowi-Prabowo baik untuk stabilitas politik."Salah satu komunikasi yang baik yang juga dilakukan oleh para pendahulu negeri ini, founding father, kalau berbeda pendapat tidak mesti menghilangkan komunikasi politik yang baik," kata Ketua DPR, Ade Komaruddin.

  • Kamis, 17 November 2016 17:36:41 Ke Istana, Prabowo tegaskan tak sakit hati dan tidak jegal Jokowi

    Ke Istana, Prabowo tegaskan tak sakit hati dan tidak jegal Jokowi. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan tak sakit hati meski kalah dari Joko Widodo dalam Pilpres 2014 lalu. Prabowo mengutarakan hal ini di hadapan Presiden Joko Widodo saat keduanya bertemu di Istana Merdeka, Jakarta.

  • Kamis, 17 November 2016 15:52:19 Ini masukan dari Prabowo untuk Presiden Jokowi

    Ini masukkan dari Prabowo untuk Presiden Jokowi. "Saya tidak akan malu-malu mengatakan untuk terus meredakan ketegangan. Ini kewajiban saya sebagai pimpinan parpol dan organisasi. Saya akan selalu menganjurkan kesejukan. Bukan hanya menghadapi tanggal 25 November, atau tanggal-tanggal lain."