PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ridwan Kamil

Foto:

Ridwan Kamil


Nama Lengkap : Ridwan Kamil

Alias : Mochammad Ridwan Kamil

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Bandung

Tanggal Lahir : Senin, 4 Oktober 1971

Zodiac : Balance


No Relation
BIOGRAFI

Mochammad Ridwan Kamil atau biasa dipanggil Emil ini adalah Walikota Bandung periode 2013-2018. Sebelum menjadi walikota, ia bekerja sebagai arsitek, dosen dan aktif sebagai aktivis sosial di Indonesia.

Ia menyelesaikan pendidikan tingginya di jurusan Arsitektur ITB, prestasi gemilangnya membawanya meraih beasiswa untuk melanjutkan studi dan lulus S2 di University of California Berkeley. Kemudian, ia melanjutkan pekerjaan profesional sebagai arsitek di berbagai firma di Amerika Serikat.

Bersama timnya, ia telah mengerjakan lebih dari 50 proyek arsitektur dan urban design di benua Amerika, Timur tengah dan Asia dan meraih penghargaan lebih dari 20 kali.

Bermodalkan ilmu pendidikan Urban Design, ia diangkat sebagai penasihat arsitektur kota Jakarta, penasehat ekonomi kreatif Taiwan dan penasehat pembangunan kota Surabaya.

Kini Ridwan Kamil aktif menjabat sebagai Prinsipal PT. Urbane Indonesia, Dosen Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung, dan juga sebagai Senior Urban Design Consultant SOM, EDAW (Hong Kong & San Francisco), dan SAA (Singapura).

Last update 18 September 2013
Riset dan analisis oleh  Anugrah Yogi Pranata

PENDIDIKAN
  • Tahun 1990-1995: Sarjana S-1 Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung
  • Tahun 1999-2001: Master of Urban Design University of California, Berkeley
KARIR
  • Arsitek
  • Dosen ITB
  • Walikota Bandung periode 2013-2018
SOCIAL MEDIA
@ridwankamil
www.ridwankamil.net

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Senin, 16 Januari 2017 17:20:36 Survei: Elektabilitas Ridwan Kamil layak maju Pilgub Jabar 2018

    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil disebut paling layak maju menjadi di Pilgub Jawa Barat 2018. Apalagi sosok orang nomor satu di Bandung itu itu dinilai memiliki popularitas dan elektabilitas memadai.

  • Senin, 16 Januari 2017 20:35:04 Pakai sendal 'jepit Pitung', Ridwan Kamil sidak Skywalk Cihampelas

    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melakukan sidak proyek pembangunan jembatan pejalan kaki atau skywalk di Jalan Cihampelas. Ada menarik dalam sidaknya ini. Dia pakai sendal 'jepit Pitung', meski sudah gagah memakai peci, jas dan celana panjang hitam.

  • Jumat, 6 Januari 2017 21:04:00 Emil sewa dangdut organ tunggal buat Bonek Mania selama di Bandung

    Ridwan Kamil bakal menyiapkan panggung hiburan berupa musik dangdut organ tunggal untuk menghibur Bonek Mania di Kota Bandung. Ribuan bonek ini datang untuk mengawal proses kongres tahunan PSSI di Hotel Arya Duta pada Minggu, 8 Desember mendatang.

  • Jumat, 23 Desember 2016 20:31:28 Ridwan Kamil: Negeri ini tak boleh ada rakyat takut jalani ibadah

    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menegaskan kegiatan keagamaan merupakan hak setiap warga. Sehingga negara harus hadir untuk melindungi. Apalagi kegiatan keagamaan dilindungi undang-undang.

  • Jumat, 23 Desember 2016 20:12:15 Kapolda Jabar, Pangdam Siliwangi dan Emil hadiri KKR Bandung

    Kapolda Jabar, Pangdam Siliwangi dan Emil hadiri KKR Bandung. Kegiatan keagamaan umat Nasrani ini dihadiri sekitar dua ribuan jemaat. Sistem keamanan kegiatan KKR ini dilakukan secara berlapis.

  • Jumat, 23 Desember 2016 15:53:07 Ridwan Kamil bentuk tim saber bereskan pungli di Bandung

    Ridwan Kamil bentuk tim saber bereskan pungli di Bandung. Emil meminta agar tim ini tidak sungkan menindak praktik pungli dengan kasus kecil. Sebab jika kasus kecil diungkap itu akan membawa efek jera. Hasil pengungkapan itu juga harus terekspos media agar memberikan pesan psikologis kepada seluruh pelaku pungli.

  • Selasa, 20 Desember 2016 13:27:24 Jika tak bisa bersaudara dalam iman, bersaudaralah dalam kemanusiaan

    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengingatkan, jika tak bisa bersaudara dalam iman, bersaudaralah dalam kemanusiaan. Pemkot Bandung membentuk Satgas Toleransi Lintas Agama untuk menjamin ketenangan warga saat melaksanakan ibadah dan kegiatan keagamaan. Satgas ini terdiri dari semua unsur agama di Indonesia.

  • Rabu, 14 Desember 2016 17:04:38 Kang Emil minta pelayan toko tak dipaksa pakai atribut Santa Claus

    Kang Emil minta pelayan toko tak dipaksa pakai atribut Santa Claus. Bukan hanya di momen Natal, Emil juga berencana membuat edaran serupa di hari besar keagamaan lainnya. Sehingga terasa adil untuk semua warga Kota Bandung yang memiliki keberagaman agama.

  • Selasa, 13 Desember 2016 16:28:31 Pemkot minta pengusaha tak suruh karyawan Muslim beratribut Natal

    Pemkot minta pengusaha tak suruh karyawan Muslim beratribut Natal. "Pemkot Bandung sudah berkirim surat kepada pemilik usaha/retail untuk tidak meminta karyawannya yang muslim mengenakan atribut sinterklas di penghujung tahun ini di luar keikhlasannya," kata Ridwan Kamil

  • Senin, 12 Desember 2016 09:17:04 Begini penampakan aksi 1212 di Bandung saat dengar tausiyah Aa Gym

    Begini penampakan aksi 1212 di Bandung saat dengar tausiyah Aa Gym. Kegiatan meliputi Salat Subuh berjemaah, jalan sehat dan tausiyah yang dipimpin langsung KH Abdullah Gymantsiar alias Aa Gym. Acara itu berlangsung hingga siang nanti Salat Zuhur berjemaah.