PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ridwan Kamil

Foto:

Ridwan Kamil


Nama Lengkap : Ridwan Kamil

Alias : Mochammad Ridwan Kamil

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Bandung

Tanggal Lahir : Senin, 4 Oktober 1971

Zodiac : Balance


No Relation
BIOGRAFI

Mochammad Ridwan Kamil atau biasa dipanggil Emil ini adalah Walikota Bandung periode 2013-2018. Sebelum menjadi walikota, ia bekerja sebagai arsitek, dosen dan aktif sebagai aktivis sosial di Indonesia.

Ia menyelesaikan pendidikan tingginya di jurusan Arsitektur ITB, prestasi gemilangnya membawanya meraih beasiswa untuk melanjutkan studi dan lulus S2 di University of California Berkeley. Kemudian, ia melanjutkan pekerjaan profesional sebagai arsitek di berbagai firma di Amerika Serikat.

Bersama timnya, ia telah mengerjakan lebih dari 50 proyek arsitektur dan urban design di benua Amerika, Timur tengah dan Asia dan meraih penghargaan lebih dari 20 kali.

Bermodalkan ilmu pendidikan Urban Design, ia diangkat sebagai penasihat arsitektur kota Jakarta, penasehat ekonomi kreatif Taiwan dan penasehat pembangunan kota Surabaya.

Kini Ridwan Kamil aktif menjabat sebagai Prinsipal PT. Urbane Indonesia, Dosen Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung, dan juga sebagai Senior Urban Design Consultant SOM, EDAW (Hong Kong & San Francisco), dan SAA (Singapura).

Last update 18 September 2013
Riset dan analisis oleh  Anugrah Yogi Pranata

PENDIDIKAN
  • Tahun 1990-1995: Sarjana S-1 Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung
  • Tahun 1999-2001: Master of Urban Design University of California, Berkeley
KARIR
  • Arsitek
  • Dosen ITB
  • Walikota Bandung periode 2013-2018
SOCIAL MEDIA
@ridwankamil
www.ridwankamil.net

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Sabtu, 4 Februari 2017 13:03:41 Ridwan Kamil resmikan teras Cihampelas: Ini pertama di Indonesia

    Peresmian inovasi anyar itu dilakukan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, bersama Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial. Dibukanya skywalk untuk umum itu ditandai dengan pelepasan tiga tupai ke pohon yang menghiasi pinggiran skyawalk.

  • Senin, 30 Januari 2017 17:24:50 Kang Emil geram pelayanan berbasis teknologi masih berujung pungli

    Kang Emil geram pelayanan berbasis teknologi masih berujung pungli. "saya sangat kecewa itu ternyata sistem yang sudah dibangun itu dipersusah. Kalau mental oknumnya masih ada, teknologinya diperlambat, dipersulit lagi. Log-innya susah, jadi masyarakatnya datang lagi ke kantor dinas."

  • Senin, 30 Januari 2017 12:05:16 Ridwan Kamil nonaktifkan Kadis Penanaman Modal tertangkap pungli

    Seiring peningkatan status Dandan sebagai tersangka, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil langsung menonaktifkan jabatan Dandan sebagai kepala dinas. Kang Emil mengingatkan, godaan pungli selalu berseliweran dan harus dimatikan sejak dalam pikiran.

  • Sabtu, 28 Januari 2017 11:10:00 Terjaring OTT, nasib kepala dinas ada di tangan Ridwan Kamil

    Terjaring OTT, nasib kepala dinas ada di tangan Ridwan Kamil. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil belum tentukan nasib ‎Kepala DPMPTSP, Dandan Riza Wardana yang terjaring OTT. Pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan kepolisian terhadap Dandan, sebelum mencopotnya.

  • Senin, 23 Januari 2017 21:45:00 Ridwan Kamil soal marak hoax: Teknologinya kecepatan kitanya telat

    Ridwan Kamil soal marak hoax: Teknologinya kecepatan kitanya telat. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil‎ mengakui masih banyak informasi kebohongan yang beredar di media sosial maupun situs tertentu. Bahkan, informasi keliru tersebut terkadang 'dimakan' bulat-bulat oleh sebagian orang.

  • Senin, 23 Januari 2017 20:15:12 Hadiri ultah Mega, Emil dapat pesan 'Pemimpin jangan banyak curhat'

    Usai melihat pertunjukan teater HUT Megawati, Ridwan Kamil dapat pelajaran bahwa pemimpin harus adil dan jangan banyak curhat, serta harus tangguh. Pelajaran berharga lain, perseteruan terjadi kemungkinan karena kurang berkesenian.

  • Rabu, 18 Januari 2017 20:14:04 Emil: Kebun binatang bawa citra buruk Bandung di dunia internasional

    Emil: Kebun binatang bawa citra buruk Bandung di dunia internasional. Ridwan kamil kecewa dengan manajemen Kebun Binatang. Menurutnya, Pemkot pernah menawarkan bantuan termasuk investor, namun respons dari manajemen kebun binatang tak sesuai yang diharapkan.

  • Kamis, 19 Januari 2017 12:41:25 Ridwan Kamil diminta datang ke Bonbin Bandung, tidak hanya komentar

    Sudaryo mengungkapkan, pihaknya telah melakukan berbagai pembenahan di kebun binatang sejak 8 bulan lalu.

  • Kamis, 19 Januari 2017 09:33:01 Pemkot Bandung dihujat kasus beruang di bonbin, ini pembelaan Emil

    Emil mengatakan, Pemkot Bandung sudah mengirim surat teguran ke yayasan kebun binatang untuk memperbaiki situasi yang mempermalukan nama baik kota Bandung.

  • Rabu, 18 Januari 2017 09:12:28 Ridwan Kamil pernah didemo soal beruang kelaparan di Kebun Binatang

    Ridwan Kamil pernah didemo soal beruang kelaparan di Kebun Binatang. Kondisi memperihatinkan beruang di Kebun Binatang Bandung sempat disampaikan organisasi pencinta satwa Scorpion Wildlife Trade Monitoring kepada Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil. Sayangnya, laporan itu kurang ditanggapi serius Ridwan Kamil.