PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ridwan Kamil

Foto:

Ridwan Kamil


Nama Lengkap : Ridwan Kamil

Alias : Mochammad Ridwan Kamil

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Bandung

Tanggal Lahir : Senin, 4 Oktober 1971

Zodiac : Balance


No Relation
BIOGRAFI

Mochammad Ridwan Kamil atau biasa dipanggil Emil ini adalah Walikota Bandung periode 2013-2018. Sebelum menjadi walikota, ia bekerja sebagai arsitek, dosen dan aktif sebagai aktivis sosial di Indonesia.

Ia menyelesaikan pendidikan tingginya di jurusan Arsitektur ITB, prestasi gemilangnya membawanya meraih beasiswa untuk melanjutkan studi dan lulus S2 di University of California Berkeley. Kemudian, ia melanjutkan pekerjaan profesional sebagai arsitek di berbagai firma di Amerika Serikat.

Bersama timnya, ia telah mengerjakan lebih dari 50 proyek arsitektur dan urban design di benua Amerika, Timur tengah dan Asia dan meraih penghargaan lebih dari 20 kali.

Bermodalkan ilmu pendidikan Urban Design, ia diangkat sebagai penasihat arsitektur kota Jakarta, penasehat ekonomi kreatif Taiwan dan penasehat pembangunan kota Surabaya.

Kini Ridwan Kamil aktif menjabat sebagai Prinsipal PT. Urbane Indonesia, Dosen Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung, dan juga sebagai Senior Urban Design Consultant SOM, EDAW (Hong Kong & San Francisco), dan SAA (Singapura).

Last update 18 September 2013
Riset dan analisis oleh  Anugrah Yogi Pranata

PENDIDIKAN
  • Tahun 1990-1995: Sarjana S-1 Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung
  • Tahun 1999-2001: Master of Urban Design University of California, Berkeley
KARIR
  • Arsitek
  • Dosen ITB
  • Walikota Bandung periode 2013-2018
SOCIAL MEDIA
@ridwankamil
www.ridwankamil.net

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Jumat, 9 Desember 2016 04:30:00 Ridwan Kamil: Bandung cinta damai, jangan dirusak sekelompok orang

    Dia menyatakan, hal yang paling mendasar adalah bahwa warga negara yang beribadah tidak boleh dipersulit. Sehingga proses perizinan yang disebut melanggar aturan jangan sampai menghalangi hak beribadah.

  • Kamis, 8 Desember 2016 09:46:52 Mengecam arogansi Ormas bubarkan acara natalan di Bandung

    Kegiatan KKR Natal di Gedung Sabuga, Bandung, mendapat penolakan dari sejumlah Ormas, Selasa (8/12). Ormas Pembela Ahlu Sunnah (PAS) dan Dewan Dakwah Islam (DDI) membubarkan acara tersebut.

  • Rabu, 7 Desember 2016 13:23:17 Ini 10 poin penting Ridwan Kamil sikapi pembubaran acara keagamaan

    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyampaikan, permohonan maaf atas insiden pembubaran acara kebaktian di Sabuga, Bandung. Emil sapaan akrab Ridwan Kamil menyatakan, saat kejadian tersebut dirinya tengah berada di Jakarta.

  • Selasa, 29 November 2016 02:25:00 Ridwan Kamil: Berpikir dulu sebelum posting di medsos

    Wali Kota Bandung Ridwan Kamil turut mengomentari revisi Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE). Bagi dia, ada atau tidak UU ITE itu masyarakat harus sudah lebih pintar menggunakan media sosial.

  • Sabtu, 26 November 2016 12:28:00 Ridwan Kamil: Penghapusan Ujian Nasional akan kita tindaklanjuti

    Ridwan Kamil: Penghapusan Ujian Nasional akan kita tindaklanjuti. Emil mengaku belum mendapatkan arahan ihwal adanya penghapusan UN sebagai indikator kelulusan siswa setiap jenjangnya.

  • Jumat, 25 November 2016 00:06:00 Hadiri diskusi di Aceh, Emil buka-bukaan bikin Bandung jadi bersih

    Hadiri diskusi di Aceh, Emil buka-bukaan bikin Bandung jadi bersih. "Saya perintahkan langsung kepada pihak sekolah agar toilet harus setara dengan hotel bintang tiga. Kalau mau tahu bagaimana, saya suruh datang ke hotel bintang tiga, meskipun sekarang belum semua sekolah seperti itu," ujar Emil.

  • Rabu, 23 November 2016 13:45:23 Ridwan Kamil segel bangunan hotel di Dago karena menyalahi IMB

    Ridwan Kamil segel bangunan hotel di Dago karena menyalahi izin. Dalam IMB, hotel dibangun enam lantai. Namun faktanya membangun tujuh lantai.

  • Kamis, 17 November 2016 17:07:00 Bandung siaga banjir sampai Mei 2017

    Ketetapan itu sesuai rekomendasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyebutkan bahwa curah hujan di berbagai daerah di Jabar cukup tinggi sampai Mei 2017. Pemkot Bandung mengklaim telah menyiapkan langkah jangka pendek dan panjang untuk mengatasi banjir.

  • Rabu, 16 November 2016 05:31:00 Curhat Ridwan Kamil ke DPR soal Bandung dikepung banjir

    Curhat Ridwan Kamil ke DPR soal Bandung dikepung banjir. Emil meminta bantuan kepada Akom agar berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) untuk membenahi masalah banjir di 5 kabupaten/kota di sekitar Bandung.

  • Senin, 14 November 2016 14:20:48 Ridwan Kamil: Kota Paris gorong-gorongnya kelas dunia juga banjir

    Ridwan Kamil: Kota Paris gorong-gorongnya kelas dunia juga banjir. Informasi dari BMKG menyebut saat ini curah hujan di Bandung meningkat tiga kali lipat dari biasanya. "Kalau mau fair wawancara BMKG. Jadi mohon liput secara keilmiahannya. Bukan masalah kenapa tiba-tiba banjir stasiun, sekarang di mana-mana begitu."