PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ruhut Sitompul

Foto:

Ruhut Sitompul


Nama Lengkap : Ruhut Sitompul

Alias : Ruhut | Sipoltak

Profesi : Politisi

Agama : Kristen

Tempat Lahir : Medan

Tanggal Lahir : Rabu, 24 Maret 1954

Zodiac : Aries

Warga Negara : Indonesia


Istri : Anna Rudhiantiana Legawati
Anak : Christian Husein Sitompul
BIOGRAFI

Pria kelahiran Medan, 24 Maret 1954 ini adalah seorang pengacara, pemeran sinetron, sekaligus politikus Indonesia. Ia menyelesaikan studinya di Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Bandung pada tahun 1979.

Sebelumnya, namanya mulai dikenal saat dirinya terlibat sinetron Gerhana pada tahun 1995. Saat itu, dirinya yang semula menjadi pengacara StarVision sebelumnya hanya terlibat kontrak beberapa episode, namun karena perannya yang banyak menarik perhatian masyarakat, sehingga ia memerankan peran Raja Minyak dari Medan hingga puluhan episode.

Kariernya menjadi pengacara saat itu mulai meroket saat dirinya menjadi penasihat hukum Akbar Tanjung yang saat itu menjabat sebagai ketua umum partai Golkar. Ruhut -kerap kali ia disapa- sendiri mulai bergabung dengan Golkar pada tahun 1983. Jadi bisa disimpulkan, selain menjadi pengacara ia juga berpolitik pada masa itu.

Meski Ruhut mulai terjun ke dunia politik sejak muda, namun sampai pada tahun 2003, karir berpolitiknya belum cukup terlihat. Hingga pada tahun 2004 ia beralih partai dari partai Golkar menuju partai Demokrat.

Banyak yang mengira perpindahan Ruhut diduga karena saat itu Akbar tanjung tak lagi menjabat sebagai Ketua Umum. Mengingat posisinya di Golkar saat itu sudah menduduki posisi nyaman (meski tak terlihat greget politiknya).

Rupanya perpindahan ayah dari Christian Husein Sitompul ini menyebabkan Ruhut merasakan posisi di atas angin. Ia merasakan kebebasan dalam mencari jati dirinya dalam berpolitik. Demokrat merupakan partai yang baru saat itu, sehingga kehadiran Ruhut sangat dibutuhkan saat dalam keadaan berselisih pendapat. Ia dianggap jago bersilat lidah mengingat profesinya adalah seorang pengacara.

Sejak dulu Ruhut memang dikenal sosok yang kontroversi. Sebelum menjadi anggota Dewan dia sudah mengundang banyak polemik. Mulai dari kasus perselingkuhan sampai isu rasisme. Dan yang lagi ramai sekarang soal desakannya menuntut Anas Urbaningrum mundur dari ketua umum Demokrat karena diduga terkait kasus korupsi Hambalang.

Akibat ulahnya tersebut, Badan Kehormatan DPR mengeluarkan sanksi kepada Anggota Komisi III DPR berupa teguran tertulis, karena sebagai anggota legislatif Ruhut telah melanggar kode etik dengan menelantarkan istri dan anak-anaknya.

Pada Desember 2012, dia dicopot dari posisinya sebagai Ketua Departemen Komunikasi dan Informatika Partai Demokrat (PD). Keputusan itu diambil dalam rapat harian pimpinan PD yang dihadiri Anas Urbaningrum.

Ruhut didapuk menjadi Ketua Komisi III DPR menggantikan Gede Pasek Suardika. Sesuai jadwal, seharusnya Ruhut dilantik pada 24 September 2013, namun hal itu ditunda dan Partai Demokrat diminta memikirkan kembali pengajuan Ketua Komisi III.

Akhirnya, pada tanggal 7 Oktober 2013, ruhut resmi mengundurkan diri dari pencalonannya sebagai Ketua Komisi III. Menurut kabar, alasan mundurnya Ruhut dari pencalonan ini karena terlalu banyak hujan interupsi serta pro kontra atas pencalonan tersebut. Sehingga dengan berbesar hati RUhut mundur dan digantikan oleh Pieter Zulkifli. 

Riset dan analisa oleh Atiqoh Hasan

Last update: 10/10/2013

[gie]

PENDIDIKAN
  • Fakultas Hukum Universitas Padjajaran, Bandung, 1979
KARIR
  • Advokat (Penasihat Hukum)
  • Law Office Ruhut Sitompul & Associates, 1993-sekarang 
  • "JPRT" Associates, 1988-1993
  • Ketua Departemen Komunikasi dan Informatika Partai Demokrat (PD)
SOCIAL MEDIA
www.home.indo.net.id/~ruhutstp/
www.twitter.com/ruhutsitompul

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Selasa, 6 Desember 2016 12:06:12 Ruhut Sitompul sebut Ahok-Djarot jongos bagi warga Jakarta

    Ruhut Sitompul sebut Ahok-Djarot jongos bagi warga Jakarta. Ruhut mengatakan, petahana Basuki-Djarot sangat sadar betul bahwa rakyat Jakarta miskin karena ulah koruptor. Sehingga mereka menawarkan jasa untuk dapat melakukan transparansi sebagai bukti perlawanan.

  • Rabu, 30 November 2016 19:58:22 Ruhut: Miris, tahu hukum tapi banyak pengacara tak ikut Tax Amnesty

    Ruhut: Miris, tahu hukum tapi banyak pengacara tak ikut Tax Amnesty. Berdasarkan catatan Ditjen Pajak, dari 1.968 wajib pajak dengan profesi pengacara, hanya 5,3 persen atau sebanyak 105 pengacara yang mengikuti amnesti pajak. Dia meminta agar mereka sebagai seseorang yang mengerti hukum tidak melakukan pelanggaran.

  • Jumat, 25 November 2016 11:48:44 MKD setop lanjutkan laporan anggota DPR dampingi Ahok di Bareskrim

    Koalisi Penegak Citra DPR pernah melaporkan empat anggota DPR ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) karena mendampingi pemeriksaan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Bareskrim Polri, Senin (7/11) lalu.

  • Selasa, 22 November 2016 10:14:12 Ruhut sebut desakan agar Ahok segera ditahan adalah keliru

    "Saya ini 40 tahun menjadi advokat, tegas saya katakan satu case tidak boleh disamakan dengan case yang lain, apa lagi subjektifitas dari reserse," kata Ruhut

  • Kamis, 17 November 2016 11:24:46 Ruhut klaim elektabilitas Ahok meroket meski jadi tersangka

    Ruhut klaim elektabilitas Ahok meroket meski jadi tersangka. "Makin bertambah tinggi. Mantap sekali. Kami makin percaya diri. Karena orang teraniaya makin dicintai rakyat." kata Ruhut.

  • Rabu, 16 November 2016 06:37:00 Ketawa 'kodok' ala Ruhut Sitompul saat serang lawan politik

    Bukan Ruhut Sitompul namanya kalau tidak jago menyerang lawan politik. Kali ini kritikan politikus Partai Demokrat itu mengundang tawa. Bukan hanya sekali, tercatat berulang kali dia membawa-bawa kata kodok. Dalam pertarungan Pilkada DKI, Ruhut merapat ke pasangan Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat.

  • Rabu, 16 November 2016 06:35:41 Ruhut: Datangi penolak Ahok-Djarot, jika masih ganggu polisi tangkap

    Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta nomor urut dua Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat kerap mendapatkan penolakan saat melakukan blusukan. Mengantisipasi perbedaan pendapat tersebut, Tim Pemenangan Ahok-Djarot mengaku telah memiliki cara jitu.

  • Rabu, 16 November 2016 11:55:40 Ruhut sebut Ahok-Djarot tetap berjuang meski teraniaya

    Ruhut memastikan, penetapan tersangka terhadap Ahok tidak akan mempengaruhi aktivitas politik Ahok-Djarot dalam kampanye Pilkada DKI. Dia bahkan menyerukan warga Jakarta untuk tetap mendukung Ahok-Djarot.

  • Rabu, 16 November 2016 08:28:00 Sibuk jadi jubir Ahok, Ruhut ngaku surat pengundurannya diurus tim

    Menurutnya, permasalahan administrasi pengunduran dirinya telah diserahkan kepada timnya. Ruhut tak mengetahui sudah sejauh mana proses pengunduran dirinya dari partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). "Oh iya itu saya punya tim‎. Sekarangkan aku lagi sibuk. Masak kau tanyakan aku yang administrasi," katanya

  • Rabu, 16 November 2016 13:56:05 Ahok tersangka justru menguntungkan, kasusnya bisa selesai 3 tahun

    Ahok tersangka justru menguntungkan, kasusnya bisa selesai 3 tahun. Juru Bicara Tim Pemenangan Ahok-Djarot, Ruhut Sitompul mengatakan, keputusan untuk mengambil langkah praperadilan. Sebab, ini merupakan salah satu cara kampanye selama prosesnya berlangsung.