PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Said Aqil Siradj

Foto:

Said Aqil Siradj


Nama Lengkap : Said Aqil Siradj

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Cirebon

Tanggal Lahir : Jumat, 3 Juli 1953

Zodiac : Cancer

Hobby : Membaca, Ibadah, Silaturrahmi

Warga Negara : Indonesia


Istri : Nur Hayati Abdul Qodir
Anak : Muhammad Said Aqil, Nisrin Said Aqil, Rihab Said Aqil, Aqil Said Aqil
BIOGRAFI

Prof Dr KH Said Aqil Sirodj,Sosok laki laki religius ini biasa dipanggil dengan panggilan Siradj, kelahiran Cirebon 03 Juli 1953 dengan latar belakang Agama yang kuat,dan selalu ingin memperjuangkan Islam di berbagai aspek. Siradj juga mempunyai latar belakang akademis yang luas dalam ilmu Islam. Alumni S3 University of Umm Al-qura dengan jurusan Aqidah / Firasat islam ini lulus pada tahun 1994 yang sebelumnya mengambil S2 di Universitas Umm al-Qura, jurusan Perbandingan Agama, lulus 1987 dan S1 di Universitas King Abdul Aziz, jurusan Ushuluddin dan Dakwah, lulus 1982.Dengan latar belakang ilmu pendidikan Agama yang kuat dijadikan modal Siradj dalam dakwah dan memperjuangkan Islam di era baru ini.

Nahdlatul Ulama ( NU ) adalah Organisasi Muslim besar Indonesia yang paling berpengaruh di dunia Islam dan saat ini di Pimpin oleh Said Aqil Siradj. Terpilihnya Siradj dalam memimpin organisasi Nahdlatul Ulama merupakan buah dari usaha Siradj dan pendukungnya dalam pemilihan Partai besar tersebut. Dalam pemilihan tersebut, Siradj mengalahkan Slamet Effendi Yusuf.294 Suara yang dikumpulkan Siradj,sedangkan Slamet Effendi Yusuf  hanya mendapatkan 201 suara. Berlanjut ke putaran dua akhirnya Siradj sebagai pemenang dengan suara terunggul sebanyak 178 Suara yang tentunya sudah memenuhi tata tertib Mukhtamar yang mengharuskan seorang calon mengumpulkan poin 99 Suara.
  
Nahdlatul Ulama merupakan organisasi dengan basis keanggotaan yang kebanyakan dari pedesaan dan ciri khas tradisional ini yang membedakan Nahdlatul Ulama dengan organisasi lainnya.Point utama organisasi ini adalah penekanan pada pendidikan dan keterlibatan politik berlandaskan prinsip Islam yang mana sesuai dengan visi misi Siradj. Prof Dr KH Said Aqil Siradj menjabat sebagai Ketua Umum PBNU periode 2010 - 2015.
  
Riset dan analisa oleh Eko Setiawan

PENDIDIKAN
  • S1 Universitas King Abdul Aziz, jurusan Ushuluddin dan Dakwah, lulus 1982
  • S2 Universitas Umm al-Qura, jurusan Perbandingan Agama, lulus 1987
  • S3 University of Umm al-Qura, jurusan Aqidah / Filsafat Islam, lulus 1994
KARIR
  • Tim ahli Bahasa Indonesia dalam surat kabar harian Al-Nadwah Mekkah (1991)
  • Dosen di Institut Pendidikan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) (1995 - 1997)
  • Dosen Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (1995 - sekarang)
  • Wakil Direktur Universitas Islam Malang (Unisma) (1997 - 1999)
  • MKDU Penasehat Fakultas di Universitas Surabaya (Ubaya) (1998 - sekarang)
  • Wakil Ketua dari lima tim penyusun rancangan AD / ART PKB (1998)
  • Komisi Member (1998 - 1999)
  • Dosen Luar Biasa Institut Islam Tribakti Lirboyo Kediri (1999 - sekarang)
  • MPR anggota fraksi yang mewakili NU (1999 - 2004)
  • Penasehat Masyarakat Pariwisata Indonesia (MPI) (2001 - sekarang)
  • Dosen Pascasarjana ST Ibrahim Maqdum Tuban (2003 - sekarang)
  • UNU Dosen Lulusan Universitas NU Solo (2003 - sekarang)
  • Ketua Umum Pengurus Nahdatul Ulama (PBNU) (2010 - 2015)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Rabu, 22 Februari 2017 10:25:26 Oesman Sapta: Pak Ahok duduk sebelah Pak Aqil ada tanda-tanda

    Kehadiran Gubernur DKI, Basuki T Purnama dalam acara Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) ternyata memberi nuansa berbeda. Ketua Umum Hanura, Oesman Sapta memanfaatkan momen ini untuk meledek Ahok.

  • Senin, 6 Februari 2017 11:26:24 Ahok hadiri istigasah, Said Aqil tegaskan PBNU netral

    Ahok hadiri istigasah, Said Aqil tegaskan PBNU netral. Said menegaskan, dirinya tak pernah datang jika ada undangan yang juga dihadiri oleh calon gubernur. Termasuk, acara istigasah yang digelar di kediaman Djan Faridz di Jalan Talang pada Minggu 5 Februari kemarin.

  • Kamis, 2 Februari 2017 18:14:00 Said Aqil sebut banyak yang minta restu Ma'ruf, tapi Ahok tak pernah

    Said Aqil sebut banyak yang minta restu Ma'ruf, tapi Ahok tak pernah. "Ya cuma bicara minta doa restu, bahwa kami (Agus-Sylvi) akan maju. Di sini banyak (meminta restu) ada Pak Yusril, Sandiaga Uno, Ahok enggak pernah," ujar Said.

  • Kamis, 2 Februari 2017 17:14:39 Ketum PBNU ke Ahok: Hargai KH Ma'ruf Amin, jangan dilecehkan!

    Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menyayangkan kehadiran Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maruf Amin pada persidangan dugaan penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Said menilai tidak ada kewajiban Maruf menghadiri sidang tersebut.

  • Kamis, 2 Februari 2017 16:40:48 Said Aqil soal sikap tak etis Ahok ke Ma'ruf: Mulutmu, harimaumu

    Said Aqil soal sikap tak etis Ahok ke Ma'ruf: Mulutmu, harimaumu. Meski secara pribadi Ma'ruf Amin telah memaafkan sikap Ahok, namun menurut Said, hal tersebut tidak secara otomatis menghilangkan ingatan masyarakat mengenai kejadian di persidangan Selasa (31/1) lalu. "Yang akan rugi Ahok sendiri, rugi besar Ahok. "

  • Sabtu, 3 Desember 2016 23:32:00 Said Aqil Siradj puji pelaksanaan aksi 2-12 berjalan aman & tertib

    Said Aqil Siradj puji pelaksanaan aksi 2-12 berjalan aman & tertib. "Alhamdulillah Tuhan masih menyelamatkan Indonesia, walaupun berkerumun orang jutaan, tapi berjalan dengan aman dan tertib. Betul-betul tangan Tuhan yang menjaga Indonesia," kata Said Aqil Siradj.

  • Minggu, 4 Desember 2016 01:04:00 Ketum PBNU: Jika tak ada bukti, terduga makar harus segera dilepas

    Said tak sependapat jika penangkapan sebelas aktivis tersebut dianggap sebagai kemunduran dalam berdemokrasi. Menurutnya, bisa saja sipil melakukan aksi makar jika seandainya didukung tentara. Berdasarkan kejadian di negara lain, sangat mungkin sipil melakukan aksi makar.

  • Kamis, 24 November 2016 12:14:03 Ketum PBNU soal demo 2 Desember: Salat Jumat di jalan tidak sah!

    Meski dari kepolisian melarang, Ketua Dewan Pembina Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI), Rizieq Shihab menyatakan demonstrasi 2 Desember mendatang akan tetap melaksanakan salat Jumat di Jalan Sudirman-Thamrin.

  • Kamis, 24 November 2016 12:26:31 Said Aqil minta masyarakat hormati hukum terkait kasus Ahok

    Said Aqil minta masyarakat hormati hukum terkait kasus Ahok. Said Aqil Siradj meminta masyarakat mengikuti penyidikan kasus dugaan penistaan agama dilakukan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan tidak melakukan unjuk rasa besar-besaran pada Jumat (2/12) mendatang.

  • Minggu, 13 November 2016 07:04:55 PBNU sentil Jokowi, jangan saat genting saja silaturahmi komunikasi

    "Komunikasi antara pemerintah dan civil society itu harus diperkuat dan rutin , tidak hanya ketika genting ketemu NU ketemu Muhamadiyah dan lain-lain. Suara kami NU tidak berubah mendorong pemerintah agar segera memproses hukum kasus Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok," kata Said