PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Sandiaga Salahuddin Uno

Foto:

Sandiaga Salahuddin Uno


Nama Lengkap : Sandiaga Salahuddin Uno

Alias : Sandiaga Uno | Sandi Uno

Profesi : Pengusaha

Agama : Islam

Tempat Lahir : Rumbai

Tanggal Lahir : Sabtu, 28 Juni 1969

Zodiac : Cancer

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Sandiaga Salahuddin Uno merupakan seorang pengusaha yang berhasil mendirikan sebuah perusahaan investasi bersama Edwin Soeryadjaya yang dinamakan Saratoga Capital. Perusahaan ini bergerak dalam bidang infrastruktur dan sumber daya alam. Jabatan CEO di perusahaan tersebut kini tengah disandangnya di samping menjadi pimpinan di beberapa perusahaan lain termasuk perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia yaitu PT. Adaro. Tidak cepat puas, dia juga berhasil mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan aset yang dinamakan PT. Recapital Advisors.

Karena ketertarikan dan performanya yang baik di dunia bisnis, ia sempat ditunjuk menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang beranggotakan bahkan lebih dari 30ribu pengusaha untuk periode 2005-2008. Selain itu, ia juga aktif di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) sehingga sempat menduduki jabatan wakil ketua umum bidang usaha mikro kecil menengah dan koperasi.

Pada tahun 1990, Sandiaga pernah mengenyam pendidikan di Wichita State University dan dapat lulus dengan predikat cum laude dalam penempuhan gelar Bachelor of Business Administration. Dua tahun kemudian, ia melanjutkan studi di George Washington University untuk mendapatkan gelar master.

Jam terbangnya dalam dunia bisnis membawanya untuk menerima sebuah anugerah sebagai "Indonesian Entrepreneur of the Year" pada ajang Anterprise Asia. Pada tahun 2008, ia mewakili Indonesia untuk bergabung dengan sebuah program kegiatan bernama Asia 21.

Di luar kegiatan bisnisnya, ia mengatur jadwal lain untuk sekedar berolahraga bersama keluarga kecilnya. Hobinya bermain bola basket juga membawanya menjadi Manajer Timnas Bola Basket Putri Indonesia di ajang SEA Games 2005 di Filipina.

Berkat usaha kerasnya, Globe Asia mencatatnya sebagai orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan nilai kekayaan mencapai 245 juta dollar AS.

Kesuksesan dalam bisnis menjadikan kiprah kepemimpinan Sandiaga tercium oleh partai Gerindra. Menghadapi Pilgub DKI 2017 nanti, Gerindra dan PKS sepakat mengusung Sandiaga Uno sebagai calon wakil gubernur. Mendampingi Anies Baswedan, yang baru saja lengser dari jabatannya di kementerian pendidikan. Pasangan Anies-Sandiaga diprediksi akan menjadi pesaing utama calon petahana, Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

 

Last update: 1 Oktober 2016 - 12.54 PM
Riset dan analisa oleh Pilar Asa Susila - Ovan Zaihnudin

PENDIDIKAN
  • 1990 Bachelor of Business Administration, The Wichita State University, Kansas, AS.
  • 1992 Master of Business Administration, The George Washington Univ., Washington, AS.
KARIR
  • Summa Group, Jakarta (Mei 1990-Juni 1993)
  • Seapower Asia Investment Limited, Singapura (Juli 1993-April 1994)
  • MP Holding Limited Group, Singapura (Mei 1994-Agustus 1995)
  • NTI Resources Limited, Calgary, Canada (September 1995-April 1998)
  • PT Saratoga Investama Sedaya (April 1998- sekarang)
PENGHARGAAN
  • Indonesian Entrepreneur of the Year pada ajang Anterprise Asia, 2008
  • 150 orang terkaya versi Globe Asia, 2009
  • Orang terkaya nomor 37 di Indonesia versi Majalah Forbes 2011
  • Orang terkaya ke-63 di Indonesia versi Globe Asia.
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Selasa, 17 Januari 2017 15:53:00 Cerita Sandiaga Uno blusukan bareng Ustaz Solmed

    Dirinya mengajak Ustaz Solmed dalam blusukannya tidak hanya untuk mengingatkan warga Jakarta tapi juga mengingatkan dirinya untuk tetap dekat dengan Allah SWT. ‎

  • Selasa, 17 Januari 2017 16:13:37 Sandi: Fasilitas KJP Plus lebih luas dibanding program sebelumnya

    Sandi menjamin anak usia sekolah bakal dapat mengenyam pendidikan, baik formal maupun informal, dengan cuma-cuma.

  • Selasa, 17 Januari 2017 14:34:00 Sandiaga Uno janji OK OC akan stabilkan harga cabai dan jengkol

    Cawagub DKI Jakarta nomor urut 3 itu memastikan dengan program OK OC akan memasok cabai dan jengkol secara kuantitas.

  • Selasa, 17 Januari 2017 15:43:12 Survei terbaru LSI: Anies-Sandiaga bakal keok di putaran pertama

    Survei terbaru LSI: Anies-Sandiaga bakal keok di putaran pertama. Sedangkan peluang menang Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni 36,7 persen dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - Djarot Saiful Hidayat yaitu 32,6 persen.

  • Selasa, 17 Januari 2017 16:43:10 Ini sebab Anies-Sandi keok di putaran pertama pilgub DKI versi LSI

    Ini sebab Anies-Sandi keok di putaran pertama pilgub DKI versi LSI. Salah satunya, Anies malah melakukan pertemuan dengan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq, beberapa waktu lalu. "Kurang sejalan dengan menengah atas yang umumnya muslim moderat."

  • Jumat, 13 Januari 2017 21:38:43 Diserang mobil mewah, Sandi tantang Ahok-Djarot naik kendaraan umum

    Diserang mobil mewah, Sandi tantang Ahok-Djarot naik kendaraan umum. Debat kandidat Cagub dan Cawagub DKI memasuki sesi tanya jawab antar sesama kandidat. Cawagub Djarot Saiful Hidayat bertanya soal larangan mobil mewah masuk Jakarta untuk mengurangi kemacetan program milik Sandiaga Uno.

  • Jumat, 13 Januari 2017 20:30:37 Debat Pilgub DKI, Sandiaga jualan tiga program unggulan

    Debat pilgub DKI, Sandiaga jualan tiga program unggulan. Wakil Calon Gubernur DKI nomor urut tiga Sandiaga Uno mengatakan, ada tiga program unggulan yang menjadi fokus perhatiannya di DKI Jakarta. Fokus program pertama yakni mengenai masalah pekerjaan.

  • Jumat, 13 Januari 2017 20:58:23 Sandiaga Uno yakin bisa ciptakan 200 lapangan pekerjaan baru

    Sandiaga Uno yakin bisa ciptakan 200 lapangan pekerjaan baru. Sebelumnya, Djarot mempertanyakan ide menciptakan 200 ribu pengusaha baru di Jakarta. "Itu butuhkan biaya sangat besar, dan studi yang kita dapat, warga binaan itu hanya berhasil 10 berhasil, dananya dari mana cost apa yang dikurangi."

  • Sabtu, 14 Januari 2017 00:35:34 Taufik: Makin banyak debat pilihan ke Anies-Sandi makin tinggi

    Taufik: Makin banyak debat pilihan ke Anies-Sandi makin tinggi. Keyakinan Taufik itu setelah melihat pemaparan yang disampaikan Anies-Sandi. Menurut dia, dari tiga pasangan calon pemaparan Anies-Sandi yang menurutnya lebih berbobot.

  • Jumat, 13 Januari 2017 17:00:52 Ini susunan tim pakar Anies-Sandi yang susun materi debat pilgub DKI

    Ketua Tim Pemenangan pasangan calon nomor urut 3, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, Mardani Ali Sera mengaku telah melakukan simulasi debat kandidat Pilgub DKI Jakarta. Dalam simulasi tersebut terdapat dua tim yang mempersiapkan materi debat.