PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Sandiaga Salahuddin Uno

Foto:

Sandiaga Salahuddin Uno


Nama Lengkap : Sandiaga Salahuddin Uno

Alias : Sandiaga Uno | Sandi Uno

Profesi : Pengusaha

Agama : Islam

Tempat Lahir : Rumbai

Tanggal Lahir : Sabtu, 28 Juni 1969

Zodiac : Cancer

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Sandiaga Salahuddin Uno merupakan seorang pengusaha yang berhasil mendirikan sebuah perusahaan investasi bersama Edwin Soeryadjaya yang dinamakan Saratoga Capital. Perusahaan ini bergerak dalam bidang infrastruktur dan sumber daya alam. Jabatan CEO di perusahaan tersebut kini tengah disandangnya di samping menjadi pimpinan di beberapa perusahaan lain termasuk perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia yaitu PT. Adaro. Tidak cepat puas, dia juga berhasil mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan aset yang dinamakan PT. Recapital Advisors.

Karena ketertarikan dan performanya yang baik di dunia bisnis, ia sempat ditunjuk menjadi Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) yang beranggotakan bahkan lebih dari 30ribu pengusaha untuk periode 2005-2008. Selain itu, ia juga aktif di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) sehingga sempat menduduki jabatan wakil ketua umum bidang usaha mikro kecil menengah dan koperasi.

Pada tahun 1990, Sandiaga pernah mengenyam pendidikan di Wichita State University dan dapat lulus dengan predikat cum laude dalam penempuhan gelar Bachelor of Business Administration. Dua tahun kemudian, ia melanjutkan studi di George Washington University untuk mendapatkan gelar master.

Jam terbangnya dalam dunia bisnis membawanya untuk menerima sebuah anugerah sebagai "Indonesian Entrepreneur of the Year" pada ajang Anterprise Asia. Pada tahun 2008, ia mewakili Indonesia untuk bergabung dengan sebuah program kegiatan bernama Asia 21.

Di luar kegiatan bisnisnya, ia mengatur jadwal lain untuk sekedar berolahraga bersama keluarga kecilnya. Hobinya bermain bola basket juga membawanya menjadi Manajer Timnas Bola Basket Putri Indonesia di ajang SEA Games 2005 di Filipina.

Berkat usaha kerasnya, Globe Asia mencatatnya sebagai orang terkaya ke-63 di Indonesia dengan nilai kekayaan mencapai 245 juta dollar AS.

Kesuksesan dalam bisnis menjadikan kiprah kepemimpinan Sandiaga tercium oleh partai Gerindra. Menghadapi Pilgub DKI 2017 nanti, Gerindra dan PKS sepakat mengusung Sandiaga Uno sebagai calon wakil gubernur. Mendampingi Anies Baswedan, yang baru saja lengser dari jabatannya di kementerian pendidikan. Pasangan Anies-Sandiaga diprediksi akan menjadi pesaing utama calon petahana, Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

 

Last update: 1 Oktober 2016 - 12.54 PM
Riset dan analisa oleh Pilar Asa Susila - Ovan Zaihnudin

PENDIDIKAN
  • 1990 Bachelor of Business Administration, The Wichita State University, Kansas, AS.
  • 1992 Master of Business Administration, The George Washington Univ., Washington, AS.
KARIR
  • Summa Group, Jakarta (Mei 1990-Juni 1993)
  • Seapower Asia Investment Limited, Singapura (Juli 1993-April 1994)
  • MP Holding Limited Group, Singapura (Mei 1994-Agustus 1995)
  • NTI Resources Limited, Calgary, Canada (September 1995-April 1998)
  • PT Saratoga Investama Sedaya (April 1998- sekarang)
PENGHARGAAN
  • Indonesian Entrepreneur of the Year pada ajang Anterprise Asia, 2008
  • 150 orang terkaya versi Globe Asia, 2009
  • Orang terkaya nomor 37 di Indonesia versi Majalah Forbes 2011
  • Orang terkaya ke-63 di Indonesia versi Globe Asia.
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Selasa, 6 Desember 2016 08:40:51 PDIP minta kader pembelot mundur sebelum dipecat

    Menurut PDIP, itu pilihan mereka jika mendukung Anies Baswedan. Kalau partai mereka maka harus terima. Sebab dalam aturan partai tegas harus sejalan dengan keputusan pimpinan pusat. Cara itu lebih elegan karena mereka berani terang terangan, dibandingkan mereka dua kaki.

  • Selasa, 6 Desember 2016 09:32:00 Kubu Anies-Sandi minta Bawaslu beri sanksi Agus-Sylvi soal Rp 1 M

    Kubu Anies-Sandi minta Bawaslu beri sanksi Agus-Sylvi soal Rp 1 M. Bawaslu DKI Jakarta menyatakan program Rp 1 miliar yang dicanangkan pasangan calon Agus-Sylvi merupakan pelanggaran kampanye karena diduga melakukan politik uang. Sebabnya, tidak tercantum dalam visi misi yang didaftarkan ke KPU

  • Selasa, 6 Desember 2016 09:19:54 Cerita dan filosofi kopiah karanji bagi Sandiaga

    Kopiah karanji pertama kali diperkenalkan oleh Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur sebagai peci nusantara. Sandiaga memiliki 3 kopiah karanji dengan warna yang sama, cokelat muda.

  • Minggu, 4 Desember 2016 07:04:00 Pengakuan kader PDIP membelot dari titah Megawati

    Kader-kader PDIP itu secara simbolis melepaskan seragam hitam bergambar banteng moncong putih, lalu mengenakan kemeja putih dengan tulisan Anies-Sandiaga. Mereka adalah loyalis mantan Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Boy Sadikin yang sudah lebih dulu membelot dan keluar dari partai.

  • Sabtu, 3 Desember 2016 20:33:00 Deg-degan saat menyuapi Sandiaga Uno

    Sambil tersenyum akhirnya Murni menyuapi Sandiaga. Murni mengaku sempat kaget ketika diminta menyuapi Sandiaga.

  • Jumat, 2 Desember 2016 08:32:00 Dicibir Anies, program Rp 1 M per RW Agus-Silvi di-'warning' Bawaslu

    Dicibir Anies, program Rp 1 M per RW Agus-Silvi di-'warning' Bawaslu. Program dana Rp 1 miliar per rukun warga yang digaungkan pasangan Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni menjadi sorotan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Bawaslu menilai program itu masuk dalam kategori politik uang.

  • Jumat, 2 Desember 2016 06:23:00 Transportasi sungai jadi kampanye para cagub DKI buat atasi macet

    Transportasi sungai adalah salah satu ide yang belakangan kerap diungkapkan para cagub cawagub DKI buat mengatasi kemacetan. Sebabnya, DKI dilintasi oleh sejumlah sungai.

  • Jumat, 2 Desember 2016 11:10:30 Tiga cagub-cawagub DKI bakal adu gagasan di UIN pekan depan

    Tiga pasangan calon dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 rencananya akan melakukan debat terbuka ‎yang diselenggarakan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarief Hidayatullah, Ciputat, Banten.

  • Kamis, 1 Desember 2016 15:43:10 Sandiaga prediksi Indonesia gilas Vietnam 3-2 di Piala AFF

    Sandiaga prediksi Indonesia gilas Vietnam 3-2 di Piala AFF. Sandiaga Uno menyambut baik pertandingan semi final Piala AFF Indonesia melawan Vietnam. Sandi berharap, Tim Nasional (Timnas) Indonesia menang saat menghadapi Timnas Vietnam pada Sabtu (3/12) mendatang.

  • Kamis, 1 Desember 2016 15:39:02 Saat Sandiaga berbagi tips kebugaran dengan Anies

    Saat Sandiaga berbagi tips kebugaran dengan Anies. Sandi menyebut minuman infused water yang diminumnya itu berguna sebagai anti oksidan. Selain itu, kata Sandi, untuk mencegah dehidrasi tubuh ketika ia sedang blusukan di berbagai tempat. "Ini istri saya yang buat, ini juga ditambah dengan madu dan jinten," katanya.