PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Saud Usman Nasution

Foto:

Saud Usman Nasution


Nama Lengkap : Saud Usman Nasution

Profesi : -


BIOGRAFI

Tidak banyak info yang bisa diketahui dari sosok Saud Usman Nasution. Ketika namanya dimasukkan dalam search engine terbesar abad ini, tetap saja tak banyak info yang bisa didapatkan.

Namun di kalangan para penegak hukum, nama Irjen Polisi Saud Usman Nasution sudah tidak asing lagi. Lelaki lulusan SMA Negeri 2 Padang Sidempuan, Sumatera Utara tersebut merupakan mantan Kepala Divisi Humas Markas Besar (Mabes) Polri.

Irjen Polisi Saud Usman Nasution sendiri resmi dilantik menjadi Kepala Divisi Humas Polri pada tanggal 28 Oktober 2011 di Ruang Rupatama Mabes Polri, Jakarta. Upacaya serah terima jabatan (sertijab) itu dipimpin langsung oleh Kapolri, Jenderal Pol Timur Pradopo. Sebelum menjadi Kadiv Humas Mabes polri, Saud menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Budaya Polri.

Sebelumnya dia juga pernah menjabat sebagai Kepala Datasemen Khusus 88 Antiteror Polri dengan pangkat Komisaris Besar. Pada masa kepemimpinanya pasukan elit antiteror itu secara struktur ada di bawah Kabareskrim. Saat ini Datasemen Khusus 88 Antiteror langsung berada di bawah Kapolri. Selanjutnya saat berpangkat jenderal bintang satu (Brigjen), Saud menempati posisi Direktur I Keamanan Transnansional Bareskrim. Saud juga pernah diminta unruk menjadi anggota staf ahli Kapolri.

Pada bulan Juni 2012, berdasarkan Surat Telegram Rahasia Kapolri nomor ST/1380/VI/2012 tanggal 27 Juni 2012, Saud Usman ditunjuk untuk menjadi Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) menggantikan Irjen Pol Bekto Suprapto yang memasuki masa pensiun.

Sementara jabatannya sebagai Kepala Divisi Humas Mabes Polri akan digantikan oleh Kapolda Jambi Brigjen Anang Iskandar. Nantinya, Saud akan bertugas untuk membantu Bareskrim dalam membina dan menyelenggarakan fungsi penyelidikan dan penyidikan tindak pidana, pengawasan dan pengendalian penyidikan, penyelenggaraan identifikasi, laboratorium forensik dalam rangka penegakan hukum serta pengelolaan informasi kriminal nasional.

Riset dan Analisa: Fathimatuz Zahroh

PENDIDIKAN
  • SMA Negeri 2 Padang Sidempuan, Sumatera Utara (1977)
  • Akademi Polisi
KARIR
  • Wakil Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Wakabareskrim) Polri
  • Kepala Datasemen Khusus 88 Antiteror Polri dengan pangkat Komisaris Besar
  • Kepala Divisi Humas Polri
  • Staf ahli Kapolri

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA