PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Semen Padang

Foto:

Semen Padang


Nama Lengkap : Semen Padang

Alias : No Alias

Profesi : -

Tanggal Lahir : Jumat, 18 Maret 1910

Zodiac : Pisces

Warga Negara : Padang, Sumatera Barat


No Relation
BIOGRAFI

PT Semen Padang merupakan salah satu produsen semen terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada tanggal 18 Maret 1910 yang kala itu masih bernama NV Nederlandsch Indische Portland Cement Maatschappij (NV NIPCM) yang merupakan pabrik semen pertama yang ada di Indonesia sejak pendudukan Belanda. Perusahaan semen yang berpusat di ibukota propinsi Sumatera Barat, Padang ini kemudian di nasionalkan oleh Pemerintah Indonesia pada tanggal 5 Juli 1958 terhadap Pemerintahan Belanda. Sejak masa itu, perkembangan perusahaan ini semakin meningkat.

Terbukti dengan semakin berkembangnya kapasitas produksi pabrik hingga mencapai 330.000 ton tiap tahun-nya. Dengan hal tersebut, perusahaan melakukan perluasan area produksi dengan dibangunnya pabrik-pabrik lain. Proses produksi yang dahulunya hanya menggunakan pabrik Indarung I, kemudian dibangun pabrik Indarung II, III, dan IV yang menangani proses produksi basah hingga kering.

Pada tahun 1995, kepemilikan saham Pemerintah Indonesia di PT Semen Padang kemudian dialihkan ke PT Semen Gresik (Persero) Tbk. Namun, perusahaan tidak terpengaruh dengan terus mengembangkan produksi semen dengan pembangunan pabrik Indarung V. Saat ini, sebagian besar saham perusahaan dikuasai oleh PT Semen Gresik (Persero) Tbk dengan jumlah 99,99% dan sisanya oleh Koperasi Keluarga Besar Semen Padang. Sedangkan PT Semen Gresik (Persero) Tbk sendiri dikuasai oleh Pemerintah Indonesia sebesar 51,01% dan sisanya dimiliki publik. Saham PT Semen Padang juga telah tercatat di Bursa Efek Indonesia.

Produk yang dihasilkan oleh PT Semen Padang antara lain Semen Portland Type I, Semen Portland Type II, Semen Portland Type III, Semen Portland Type V, Super Masonry Cement, Oil Well Cement, Class G-HSR (High Sulfate Resistance), Portland Composite Cement (PCC), Super Portland Pozzolan Cement (PCC) yang telah memenuhi standar nasional (SNI).

Selain itu, perusahaan ini telah memperoleh beberapa penghargaan di antaranya, SNI Award 2009, Piagam Superbrand 2012, The Best of Improvement of ISO 14001: 2004, Platinum Bidang Sosial Indonesia CSR Awards 2011, Gold Bidang Ekonomi Indonesia CSR Awards 2011 dan beberapa penghargaan lainnya. Serta mendapatkan sertifikasi dengan Integrated Management System, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta SNI ISO 9001: 2008 dalam Sistem Manajemen Mutu. Dengan berbagai hal yang telah dicapainya hingga saat ini menempatkan PT Semen Padang menjadi salah satu produsen semen terbesar di Indonesia.

Riset dan analisa oleh Tryning Rahayu Setya W.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke