PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Susi Pudjiastuti

Foto:

Susi Pudjiastuti


Nama Lengkap : Susi Pudjiastuti

Alias : No Alias

Profesi : Birokrat

Tempat Lahir : Pangandaran

Tanggal Lahir : Jumat, 15 Januari 1965

Zodiac : Capricorn

Warga Negara : Indonesian


Suami : Christian von Strombeck
Anak : Panji Hilmansyah, Nadine Kaiser, Alvy Xavier
BIOGRAFI

Susi Pudjiastuti adalah Menteri Kelautan dan Perikanan ke-6 Republik Indonesia. Sebelumnya ia dikenal sebagai pengusaha. Ia merupakan pemilik PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir produk-produk hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation yang mengoperasikan maskapai penerbangan Susi Air.

Perempuan kelahiran Pangandaran ini merupakan putera Haji Ahmad Karlan dan Hajjah Suwuh Lasminah. Kedua orangtuanya dikenal sebagai pengusaha ternak di Jawa Tengah.

Setelah mengenyam pendidikan hingga tingkat SMP, Susi melanjutkan pendidikannya ke SMA Negeri 1 Yogyakarta. Dia memutuskan berhenti dari bangku kelas 2 di SMAN I Yogyakarta setelah dikeluarkan oleh sekolah karena aktif dalam gerakan golput pada masa itu. Pada tahun 1980-an atau era Orde Baru, gerakan golput adalah hal yang terlarang.

Setelah tidak bersekolah lagi, Susi memulai profesi sebagai pengepul ikan di Pangandaran pada tahun 1983. Pada tahun 1996 dia mendirikan pabrik pengolahan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan produk unggulan berupa lobster dengan merek 'Susi Brand'.

Pada tahun 2004 ia mendirikan Susi Air. Susi Air awalnya didirikan untuk mengantarkan muatan perikanan PT ASI Pudjiastuti. Kini Susi Air beroperasi dari 5 pangkalan, yaitu Medan (Sumatera Utara), Kendari (Jakarta), Jawa Tengah (Cilacap), Jawa Barat (Pangandaran dan Bandung), Balikpapan (Kalimantan Timur) dan Jayapura (Papua).

Susi menikah dua kali. Suami terakhirnya adalah Christian von Strombeck, seorang ekspatriat yang pernah bekerja di IPTN (Industri Pesawat Terbang Nusantara). Saat ini susi adalah ibu tunggal dengan 3 orang anak dan 1 orang cucu.

Susi Pudjiastuti diangkat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan dalam Kabinet Kerja Joko Widodo-Jusuf Kalla pada 26 Oktober 2014. Susi lantas melepaskan semua posisi di perusahaan untuk lebih fokus di tugas barunya dan menghindari konflik kepentingan antara fungsi regulator dan pelaku bisnis.

Penunjukan Susi sebagai menteri sempat menjadi sorotan publik. Hal itu dikarenakan gaya Susi yang eksentrik dan fakta bahwa ia tak mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

Belakangan Susi menjadi sorotan karena mengeluarkan serangkaian kebijakan yang dinilai berani. Salah satunya adalah menenggelamkan kapal asing yang memasuki perairan Indonesia secara ilegal.

Riset dan analisa oleh : Tantri Setyorini

PENDIDIKAN
  • SMA Negeri 1 Yogyakarta
KARIR
  • Menteri Kelautan dan Perikanan Kabinet Kerja 2014-2019
  • Pendiri PT ASI Pudjiastuti Aviation
  • Pendiri PT ASI Pudjiastuti Marine Product
PENGHARGAAN
  • Pelopor Wisata - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat - 2004
  • Young Entrepreneur of the Year - Ernst and Young Indonesia - 2005
  • Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 - Presiden Republik Indonesia - 2006
  • Metro TV Award for Economics - 2006
  • Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 - Metro TV
  • Berprestasi Award - PT Exelcomindo
  • Sofyan Ilyas Award - Kementerian Kelautan dan Perikanan - 2009
  • Ganesha Widyajasa Aditama Award - ITB - 2011
  • Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy - APEC - 2011
  • Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan - Gubernur Jawa Barat - 2008
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
  • Rabu, 18 Januari 2017 12:59:36 Koreksi Menko Luhut, Susi tegaskan isu asing bisa namai pulau hoax

    Koreksi Menko Luhut, Susi tegaskan isu asing bisa namai pulau hoax. Menurut Menteri Susi, pemerintah tidak akan membiarkan investor asing menamai pulau di Indonesia. Investor asing hanya boleh menamai bisnis atau resort sesuai keinginannya. Saat ini pemerintah hendak mendaftarkan pulau-pulau yang belum diberi nama.

  • Rabu, 18 Januari 2017 12:59:36 Koreksi Menko Luhut, Susi tegaskan isu asing bisa namai pulau hoax

    Koreksi Menko Luhut, Susi tegaskan isu asing bisa namai pulau hoax. Menurut Menteri Susi, pemerintah tidak akan membiarkan investor asing menamai pulau di Indonesia. Investor asing hanya boleh menamai bisnis atau resort sesuai keinginannya. Saat ini pemerintah hendak mendaftarkan pulau-pulau yang belum diberi nama.

  • Rabu, 18 Januari 2017 08:02:00 Kemarahan DPR hingga sebut Luhut ingin jual pulau Indonesia ke asing

    Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengucapkan hal yang mengundang kontroversi. Luhut mempersilakan investor asing memberikan nama pada pulau yang ditempatinya di Indonesia, terutama pada Jepang.

  • Rabu, 18 Januari 2017 06:00:00 Silang pendapat Susi dan Luhut, dari reklamasi hingga pulau pribadi

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memuji kinerja Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Bahkan, Luhut menyebut Menteri Susi sebagai primadona kabinet dan Angelina Jolie-nya Indonesia. Susi pun pernah menduga Menko Luhut mendukung upaya pencurian ikan ilegal di Tanah Air.

  • Selasa, 17 Januari 2017 15:15:28 Menteri Susi sebut pencurian ikan mulai mengarah ke kriminalitas

    Kebijakan Illegal Unreported and Unreguated (IUU) Fishing telah berjalan sekitar dua tahun dibawah naungan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti. Penerapan kebijakan tersebut tidak serta merta menyadarkan para pelaku penangkapan ikan secara ilegal di perairan Indonesia.

  • Selasa, 17 Januari 2017 16:38:37 Di depan DPR, Menteri Susi pamerkan pencapaian kinerja tahun lalu

    Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) menggelar rapat kerja (Raker) bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang dihadiri langsung Menteri Susi Pudjiastuti. Dalam rapat ini, Menteri Susi memamerkan keberhasilan KKP selama tahun 2016 yakni terkait bantuan pemerintah kepada masyarakat khususnya terhadap nelayan.

  • Selasa, 17 Januari 2017 13:57:37 Menteri Susi bakal tertibkan pulau kecil dan terluar RI

    Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, akan melakukan penataan dan pemanfaatan aset negara di pulau-pulau kecil dan terluar. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga kedaulatan negara.

  • Selasa, 17 Januari 2017 14:42:50 Berbeda dengan Luhut, Susi tak izinkan asing beri nama pulau RI

    Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengatakan hanya pemerintah yang boleh memberi nama pulau-pulau di Indonesia, bukan pihak swasta ataupun asing. Menurutnya, pemerintah mempunyai aturan untuk pulau-pulau yang belum memiliki nama. Susi menambahkan pulau-pulau kecil dan terluar akan didaftarkan ke PBB.

  • Sabtu, 7 Januari 2017 14:30:00 Ambil harta karun, Menteri Susi siapkan dana sampai Rp 86 miliar

    Ambil harta karun, Menteri Susi siapkan dana sampai Rp 86 miliar. Tahun ini, pemerintah berencana untuk mengangkat BMKT di tiga titik yakni di Pulau Kelarik, Pulau Belitung, dan Pulau Selayar. Biaya itu mencakup merekrut arkeolog dan menyewa kapal untuk mengangkutnya dari laut ke daratan.

  • Selasa, 3 Januari 2017 16:21:48 PKB minta Menteri Susi diganti karena meresahkan nelayan

    PKB minta Menteri Susi diganti karena meresahkan nelayan. Wasekjen PKB Daniel Johan menyarankan kepada Presiden Joko Widodo untuk merombak jajaran menterinya yang mendapat rapor merah. Daniel menilai, menteri yang layak mendapat rapor merah adalah Menteri Kelautan, dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.