PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Tifatul Sembiring

Foto:

Tifatul Sembiring


Nama Lengkap : Tifatul Sembiring

Profesi : -

Agama : Islam

Tempat Lahir : Bukittinggi, Sumatra Barat

Tanggal Lahir : Kamis, 28 September 1961

Zodiac : Balance

Warga Negara : Indonesia


BIOGRAFI

Tifatul Sembiring merupakan seorang politikus. Saat ini, dalam Kabinet Bersatu Jilid II, ia menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informasi. Sebelum menjabat sebagai seorang menteri, ia merupakan Presiden Partai Keadilan Sejahtera. Saat itu, ia menggantikan Hidayat Nur Wahid yang mengundurkan diri karena terpilih menjadi Ketua MPR.

Tifatul merupakan lulusan dari Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STI&K) Jakarta. Ia mempunyai gelar insinyur komputer. Saat masih menjadi mahasiswa, ia dikenal sebagai seorang aktivis. Ia sempat tergabung dan menjadi aktivis di Pelajar Islam Indonesia (PII).

Sebelum terjun dalam bidang yang ia geluti saat ini yaitu politik, ia sempat menjadi karyawan di PT PLN. Di sana ia bekerja di bidang telekomunikasi dan pemrosesan data.

Tifatul merupakan anak asli dari Sumatra. Orang tuanya berasal dari Suku Karo dan Minangkabau. Ia menikah dengan Sri Rahayu dan memiliki 7 orang anak, yaitu Sabriana, Fathan, Ibrahim, Yusuf, Fatimah, Muhammad, dan Abdurrahman.

Di sisi lain sebagai seorang politikus, Tifatul merupakan seorang pendakwah. Dulu, saat masih menjadi mahasiswa, ia dikenal pula sebagai seorang aktivis dakwah kampus. Di forum inilah, ia bertemu dan mengenal sang istri. Pekerjaannya sebagai politikus dan pendakwah mengharuskannya berada di luar rumah dengan waktu yang cukup lama.

Namun, hal ini cukup dipahami oleh anak-anaknya serta istrinya. Meskipun ia mempunyai jadwal yang cukup padat, ia mengaku selalu berusaha meluangkan waktu dengan keluarganya. Ia tak keberatan, jika anak-anaknya memberinya masukan ataupun kritik. Dengan begitu, ia berkata bahwa anak-anaknya tak akan merasa asing dengan ayahnya meskipun ia sibuk.

Tifatul mengaku bahwa berkarir dalam dunia politik merupakan ibadah dan pengabdian kepada umat. Sehingga, ia berusaha menjalankan pekerjaan ini dengan sebaik-baiknya dan sejujur-jujurnya.

Selain itu, ia juga mempunyai usaha yaitu penerbitan. Di sana, ia direktur sekaligus penulis. Ia menamai perusahaannya dengan Asahuddin Press, Jakarta.

Menginjak usia 50 tahun, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring meluncurkan Biografi berjudul Sepanjang Jalan Dakwah. Buku setebal 623 halaman ini mengupas lengkap perjalanan perjuangan Tifatul Sembiring semasa hidupnya hingga ia dipercaya memangku jabatan sebagai salah satu menteri di dalam Kabinet Indonesia Bersatu jilid II.

Riset dan analisa oleh Dyanara Putri

PENDIDIKAN
  • Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Informatika dan Komputer (STI&K) Jakarta
KARIR
  • Menteri Komunikasi dan Informatika
  • Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) (2005)
  • Pejabat Sementara Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) (2004)
  • Ketua DPP PKS Wilayah Dakwah I Sumatera
  • Humas Partai Keadilan
  • Pendiri Partai Keadilan
  • PT PLN dalam bidang telekomunikasi dan pemrosesan data

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA


BERITA TERKAIT