Merdeka.com tersedia di Google Play

PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Wanda Hamidah

Foto:

Wanda Hamidah


Nama Lengkap : Wanda Hamidah

Alias : No Alias

Profesi : -

Agama : Islam

Tempat Lahir : Jakarta

Tanggal Lahir : Rabu, 21 September 1977

Zodiac : Virgo

Hobby : Membaca

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Wanda Hamidah adalah satu dari sekian banyak politikus yang memulai karirnya dari dunia model dan keartisan.Wanda menggeluti dunia modelling sejak duduk di bangku SMP dan kemudian pada tahun '90an ia terpilih menjadi cover girl salah satu majalah. Ia sempat membintangi beberapa iklan dan sinetron. Selain menjadi model, ia juga pernah menjadi seorang news anchor dan pembawa acara di sebuah program di salah satu stasiun TV swasta.

Ketika menjadi mahasiswa, Wanda dikenal sangat aktif dalam kegiatan organisasi. Sebagai anggota organisasi kampus, ia juga sangat kritis terhadap pemerintahan Orde Baru saat itu. Ia turut menjadi saksi mata dalam peristiwa penembakan mahasiswa Trisakti dan bahkan ikut menduduki gedung parlemen bersama para mahasiswa lainnya yang pada akhirnya berhasil menggulingkan rezim Soeharto.

Ketertarikan Wanda di dunia politik ternyata telah dimulai sejak ia duduk di bangku sekolah dasar. Wanda kecil gemar sekali membaca koran yang memuat isu-isu politik yang sedang hangat juga menonton Dunia Dalam Berita untuk mengetahui kabar terbaru nasional maupun internasional. Dengan latar belakang keluarga yang aktif dalam dunia pergerakan, secara tidak langsung  menjadi dukungan bagi Wanda untuk mengembangkan ketertarikannya di dunia politik.

Pada tahun 2006, lulusan Fakultas Hukum Universitas Trisakti ini memulai langkahnya di dunia politik dengan bergabung di Partai Amanat Nasional (PAN) yang saat itu dipimpin oleh Sutrisno Bachir. Ia dipercaya menjadi bendahara partai periode 2006-2010.

Pada tahun yang sama, Wanda juga didapuk sebagai Wakil Sekjen Komnas Perlindungan Anak. Karirnya di dunia politik semakin melambung sejak ia mendapatkan penghargaan dari Menhukam pada April 2008 sebagai Artis Peduli Hukum dan HAM. Tahun 2009, ia terpilih menjadi anggota DPRD DKI Jakarta periode 2009-2014 dan duduk di Komisi E yang membidangi kesejahteraan rakyat.

Tahun 2011 yang lalu, Wanda melepaskan kerinduannya pada dunia seni peran dengan bermain di sebuah film arahan sutradara kondang Hanung Bramantyo yang berjudul "Pengejar Angin". Di film itu, ia beradu akting dengan Lukman Sardi dan Agus Kuncoro.

Namun sayangnya, rumah tangga Wanda kandas pada November 2012. Dia resmi menjanda setelah gugatan cerainya dikabulkan majelis hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Hak asuh anak mereka pun telah diputuskan. Baik Wanda maupun mantan suaminya Cyril Raoul Hakim sepakat untuk mengasuh anak mereka bersama-sama.

Tak hanya sampai di situ Wanda kembali tersandung kasus dugaan narkoba dan ikut diamankan Badan Narkotika Nasional (BNN). Seperti diberitakan, Wanda merupakan satu dari 17 orang yang diamankan BNN dalam penggerebekan di rumah artis Raffi Ahmad, Minggu (27/1/2013), atas dugaan pesta narkoba. Meski ikut diamankan, Wanda akhirnya dinyatakan bebas karena tidak terbukti menggunakan narkoba. Hasil tes narkoba menunjukkan negatif. Rupanya dia mengunjungi rumah Raffi hanya untuk rapat baksos. Wanda sempat shock dengan kejadian tersebut dan menjadi pelajaran berharga bagi dirinya.

PENDIDIKAN
  • S1 Fakultas Hukum Universitas Trisakti Jakarta (2000)
  • S2 Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Indonesia Depok (2006)
KARIR
  • Model dan Cover Girl ('90an)
  • Bendahara Partai Amanat Nasional (2006-2010)
  • Wakil Sekjen Komnas Perlindungan Anak (2006-2010)
  • Ketua Fraksi Amanat Bangsa (2009-2010
  • Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta (2009-2014)
PENGHARGAAN
  • Artis Peduli Hukum dan HAM dari Menhukam (April 2008)
SOCIAL MEDIA
https://twitter.com/wanda_hamidah

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke