MERDEKA.COM » PROFIL » MANCANEGARA » A
PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Archimedes of Syracuse

Foto:

Archimedes of Syracuse


Nama Lengkap : Archimedes of Syracuse

Profesi : -

Tempat Lahir : Syracuse, yunani

Warga Negara : Yunani


BIOGRAFI

Archimedes lahir di Syracuse, Yunani pada tahun 287 sebelum masehi. Dia adalah anak dari seorang astronom yang bernama Phidias. Sayangnya, tidak ada informasi lebih lanjut tentangnya. Archimedes meninggal pada tahun 212 sebelum masehi. Dia dibunuh oleh seorang prajurit Romawi yang tidak tahu siapa sebenarnya Archimedes. Archimedes adalah seorang matematikawan sekaligus seorang penemu. Dia adalah salah satu dari tiga matematikawan terbesar bersama Isaac Newton dan Carl Gaus. Kontribusi terbesarnya kepada ilmu matematika adalah tentang geometri.

Archimedes menghabiskan masa mudanya untuk menempuh pendidikan formalnya di Alexandria, Mesir yang pada saat itu dikenal sebagai kota pusat ilmu pengetahuan di dunia. Setelah Archimedes menyelesaikan pendidikan formalnya di Alexandria, dia kembali ke Syracuse sampai akhir hayatnya. Sedikit tentang kehidupan pribadinya, dia pernah dikabarkan mempunyai hubungan sebagai teman dekat dari Hieron II, raja dari Syracuse yang mempekerjakan Archimedes sebagai guru privat untuk anaknya. Tidak ada yang tahu apakah dia pernah menikah atau mempunyai anak, tapi Archimedes mempunyai hubungan dekat dengan seorang astronom sekaligus matematikawan yang bernama Conon of Samos. Ada kemungkinan Archimedes bertemu dengannya ketika dia belajar di Alexandria.
Archimedes  menulis sejumlah buku dalam hidupnya, 10 diantaranya telah bertahan sampai sekarang.

Kebanyakan dari bukunya membahas tentang masalah-masalah geometri. Diantara temuan-temuan yang telah diraihnya adalah bentuk awal dari pompa. Dia telah memikirkan penciptaan pompa ketika dia belajar di Alexandria, yang masih digunakan oleh daerah pertanian tradisional di beberapa daerah di dunia. Archimedes dipercaya telah menemukan katrol untuk menunjukkan adanya kemungkinan untuk memindah benda-benda besar yang pada akhirnya Archimedes sesumbar bahwa dia bisa memindahkan seluruh isi planet tanpa kesulitan.

Riset dan analisis oleh Rica Naza Qimala

PENDIDIKAN
  • Pernah belajar di Alexandria, Mesir
KARIR
  • Guru privat anak dari Hiero II
  • Matematikawan
  • Penemu
PENGHARGAAN
  • Satu dari tiga matematikawan terbesar bersama dengan Isaac Newton dan Carl Gauss
  • Penemu harga dari pi

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
    Data Kosong