Merdeka.com tersedia di Google Play

PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Arthur Melvin Okun

Foto:

Arthur Melvin Okun


Nama Lengkap : Arthur Melvin Okun

Alias : No Alias

Profesi : -

Tempat Lahir : Jersey City, New Jersey

Tanggal Lahir : Rabu, 28 November 1928

Zodiac : Sagittarius

Warga Negara : Amerika


Istri : Suzanne Grossman
Anak : Lewis Edward, Matthew James, Steven John
BIOGRAFI

Arthur Melvin Okun lahir pada tanggal 28 November 1928 di Jersey City, New Jersey. Okun tidak pernah membicarakan atau menulis tentang masa kecilnya, begitu pun dengan orang terdekatnya. Ia menerima gelar B.A. di Universitas Columbia, dan tujuh tahun kemudian ia mendapatkan gelar Ph.D nya di institusi yang sama. Setelah itu ia pun memutuskan untuk mengajar sebagai dosen di Universitas Yale. Beberapa tahun kemudian, ia dipercaya untuk memegang jabatan sebagai salah satu anggota Dewan Penasehat Ekonomi Amerika Serikat di bawah pemerintahan Kennedy. Ketika kepemerintahan Presiden Johnson hampir berakhir, Okun dipercaya sebagai ketua CEA (Council of Economic Advisors) atau Dewan Penasehat Ekonomi.

Okun terkenal dengan "Hukum Okun" yang mendeskripsikan hubungan terbalik antara perubahan rata-rata tingkat pengangguran dengan perbedaan antara GDP (Gross Domestic Product) aktual dan potensi sesungguhnya. Pada dasarnya, hukum atau teori tersebut menyebutkan bahwa setiap kenaikan angka pada rata-rata aktual tingkat pengangguran, maka nilai GDP sesungguhnya akan turun sebesar dua sampai tiga persen. Demikian juga, apabila nilai GDP sesungguhnya meningkat, maka angka pada rata-rata aktual tingkat pengangguran akan menurun. GDP sesungguhnya merupakan GDP yang disesuaikan dengan tingkat inflasi dan perubahan harga, dan perubahan nilai rata-rata dari tingkat pengangguran menggunakan kurva Philips.

Selain "Hukum Okun", Okun juga terkenal dengan kecenderungannya dalam pemerataan kekayaan antara yang kaya dengan yang miskin melalui sistem pajak. Meskipun ia tahu bahwa sistem pajak bisa berfungsi, namun ia pun juga sadar bahwa sistem tersebut tidak sepenuhnya efisien. Okun membandingkan hal tersebut dengan analogi yang terdapat di bukunya yang berjudul "Equality and Efficiency: The Big Tradeoff". Dalam buku tersebut, ia menyatakan bahwa pemerataan kekayaan dari yang kaya ke yang miskin tidak akan pernah dapat berjalan dengan lancar apabila menggunakan sistem pajak, hal ini dikarenakan oleh adanya beberapa faktor seperti biaya administrasi pajak dan biaya transfer pajak.

Okum meninggal karena serangan jantung saat ia masih berumur 51 tahun, tepatnya pada tanggal 23 Maret 1980. Ia meninggalkan seorang istri yaitu Suzanne Grossman, dan tiga anak yaitu Lewis Edward, Matthew James, and Steven John.

 

Riset dan Analisis: Galih Setyo Pribadi

PENDIDIKAN

 

  • Universitas Columbia (gelar B.A.)
  • Universitas Columbia (gelar Ph.D)

 

KARIR
  • Dosen di Universitas Yale
  • Ketua Dewan Penasehat Ekonomi (1968-1969)
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke