Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Profil

John Fitzgerald Kennedy

Profil John Fitzgerald Kennedy | Merdeka.com

John Fitzgerald Kennedy lahir pada 29 Mei 1917 di Brookline, Massachusetts, di tengah-tenga keluarga kaya dan terhormat. Kakek dari keluarga ayahnya, P.J. Kennedy, adalah bankir kaya dan pedagang minuman keras. Sedangkan nenek dari keluarga ibunya, John E. Fitzgerald, yang memiliki julukan "Honey Fitz," adalah seorang politisi handal yang bekerja sebagai anggota kongres dan sebagai Walikota Boston. Ibu Kennedy, Rose Elizabeth Fitzgerald adalah seorang wanita kelas tinggi di Boston. Sedangkan ayahnya, Joseph Kennedy Sr., adalah seorang bankir sukses yang memperoleh keuntungan besar dari pasar saham setelah Perang Dunia I. Joe Kennedy Sr. kemudian melanjutkan karier pemerintahannya sebagai Ketua Securities and Exchange Commission dan sebagai Duta Besar untuk Inggris.

John Fitzgerald Kennedy, yang lebih sering dipanggil, Jack, adalah anak tertua kedua dari sembilan bersaudara yang luar biasa. Saudara-saudaranya antara lain Eunice Kennedy (pendiri Special Olympics), Robert Kennedy (Jaksa Agung Amerika Serikat), dan Ted Kennedy, salah seorang senator paling kuat di sejarah Amerika.

Kennedy mengikuti sekolah paroki Canterbury (1930-1931) dan Sekolah Choate (1931-1935). Salah seorang gurunya mengatakan bahwa orang-orang di sekolah menyukainya lebih untuk kepribadiannya daripada prestasinya. Dia sering sakit-sakitan sewaktu kecil dan menghabiskan banyak waktu dengan membaca. Kennedy terdaftar di Princeton University pada tahun 1935 tetapi penyakit segera memaksanya untuk mundur. Setelah pemulihan ia masuk ke Harvard University, di mana ia mengambil jurusan hubungan pemerintah dan internasional.

Selama tahun-tahun awal di Harvard, ia melakukan perjalanan ke Eropa dan mengamati peristiwa yang mengarah ke Perang Dunia II (1939-1945). Dia menggunakan pengamatannya untuk tugas senior paper-nya, yang kemudian menjadi buku terlaris ‘Why England Slept’ (1940).

Setelah lulus dari Harvard dengan penghargaan pada tahun 1940, Kennedy masuk ke Stanford University untuk melanjutkan pascasarjana. Pada bulan April 1941 ia mencoba mendaftarkan diri di Angkatan Darat AS tapi ditolak karena alasan fisik (cedera punggung yang diterima saat bermain sepak bola). Beberapa bulan kemudian, setelah punggungnya diperkuat melalui latihan, Angkatan Laut AS menerimanya. Dia kemudian menjadi seorang perwira intelijen di Washington, D.C. Setelah Jepang menyerang Pearl Harbour (sebuah pangkalan militer AS di Hawaii) pada tanggal 7 Desember 1941, Amerika Serikat memasuki Perang Dunia II. Kennedy meminta tugas aktif di laut dan diberi tugas ini pada tahun 1942-an.

Melanjutkan pelatihan dalam Skuadron Boat Torpedo Motor, Kennedy dikirim ke Pasifik Selatan untuk dalam perang melawan Jepang. Pada bulan Maret 1943 ia diberi komando kapal patroli torpedo (PT), sebuah perahu kecil, cepat, dan dipersenjatai dengan senjata, termasuk torpedo. Pada bulan Agustus perahunya telah diiris menjadi dua oleh sebuah kapal perusak Jepang dan dua anak buahnya tewas. Kennedy dan empat orang lainnya berpegangan pada setengah dari kapal PT yang tetap mengapung. Enam orang lainnya selamat di perairan terdekat, dua terluka. Dalam perjuangan tiga jam Kennedy meletakkan awak kapal yang terluka ke bangkai kapal yang masih mengambang. Ketika kapal ini terbalik, ia memerintahkan anak buahnya untuk berenang ke sebuah pulau kecil sekitar tiga mil jauhnya. Dia menarik satu orang ke pantai dalam perjuangan lima jam yang heroik. Beberapa hari kemudian, setelah memperlihatkan keberanian, kepemimpinan, dan daya tahan, Kennedy dan anak buahnya berhasil diselamatkan.
Kembali ke kehidupan sipil, Kennedy bekerja di surat kabar selama beberapa bulan, meliputi konferensi PBB, Konferensi Potsdam, dan pemilu Inggris 1945. Namun, karena ia datang dari keluarga yang biasa melakukan pelayanan publik, Kennedy menginginkan karier di bidang politik.

Pada tahun 1946 ia menjadi calon U.S. House of Representatives dari distrik Massachusetts ke sebelas. Kennedy membangun organisasi personal yang besar untuk kampanyenya. Pada tur keliling, ia bertemu pemilih sebanyak mungkin. Dia langsung berbicara kepada orang-orang tersebut dalam gaya non formal tentang topik yang mereka sukai. Dalam kampanyenya ini, Jack didukung oleh ibu dan saudara-saudaranya. Robert dan Edward berperan sebagai manajernya, sedangkan ibu dan saudara-saudara perempuannya mengadakan kegiatan sosial untuk menggalang dana bagi kampanyenya.
Kennedy memenangkan pemilihan utama, musim gugur, dan pemilihan untuk House of Representatives pada tahun 1948 dan sekali lagi pada 1950. Dia bekerja untuk program-program mewujudkan kesejahteraan sosial yang lebih baik, khususnya di bidang perumahan murah rakyat. Pada tahun 1949 ia menjadi anggota Komite Bersama Hubungan Buruh-Manajemen. Dalam kapasitas ini, Kennedy adalah seorang pendukung kuat bagi buruh, yang mengupayakan upah yang lebih tinggi dan kondisi kerja yang lebih baik.
Kennedy mendukung program domestik dari Presiden Harry Truman, termasuk program-program kesejahteraan sosial, perpajakan progresif, dan regulasi bisnis. Namun, ia tidak mengikuti kebijakan Truman dalam hubungan luar negeri. Misalnya, ia menentang pertempuran di Korea.
Pada April 1952 Kennedy berjuang untuk mendapatkan kursi di Senat AS menghadapi Henry Cabot Lodge, Jr., seorang anggota Partai Republik yang liberal. Kennedy dimenangkan oleh lebih dari tujuh puluh ribu suara. Lodge kalah telak. Dia tidak melawan seorang pria saja, melainkan seluruh keluarga Kennedy. Pada tahun 1958 Kennedy terpilih kembali ke Senat.

Sukses politik Kennedy segera diikuti oleh kesuksesan lain dalam kehidupan pribadinya. Pada tanggal 12 September 1953, Kennedy menikahi Jacqueline Lee Bouvier, putri seorang pemodal dari New York City, di Newport, Rhode Island. John dan Jacqueline Kennedy memiliki tiga anak: Caroline Bouvier, John Fitzgerald, dan Patrick Bouvier (yang hidup hanya beberapa hari setelah kelahirannya di tahun 1963); serta seorang anak lain yang meninggal saat dilahirkan di tahun 1956.
Kennedy bertugas sebagai Senat di bulan Januari 1953. Ia melanjutkan untuk mendukung para buruh, ekonomi, dan hubungan luar negeri. Ia menjabat di Komite Kesejahteraan Buruh dan Masyarakat, Komite Operasi Pemerintah, Komite Hubungan Buruh-Manajemen, Komite Hubungan Luar Negeri dan Komite Ekonomi Bersama. Dia juga mengupayakan untuk meloloskan dana untuk membantu industri perikanan dan tekstil Massachusetts dan meningkatkan perekonomian New England.

Cedera lama di punggungnya yang kambuh memaksa Kennedy untuk menggunakan kruk selama 1954. Dia menjalani operasi pada Oktober 1954 dan pada Februari 1955. Dia menghabiskan berbulan-bulan masa sakit dan penyembuhannya dengan menulis biografi orang-orang Amerika yang telah menunjukkan keberanian moral pada titik-titik sulit dalam hidup mereka. Buku biografi ini, ‘Profiles in Courage’ (1956), menjadi buku terlaris dan Hadiah Pulitzer untuk kategori biografi pada tahun 1957.

Operasi punggung Kennedy tidak sukses 100%, dan dia tidak pernah lagi sepenuhnya bebas dari rasa sakit. Pasca operasi, ia kembali ke kursi Senat pada bulan Mei 1955. Ia menjadi pendukung kuat dari hak-hak sipil dan perundang-undangan kesejahteraan sosial. Kennedy juga mendukung anggaran untuk memberikan dana bantuan bagi pendidikan dan untuk melonggarkan hukum imigrasi AS.

Pada 1960, Kennedy menjadi Presiden Amerika Serikat termuda, dengan wakil Lyndon B. Johnson. Mereka mengalahkan kandidat dari Partai Republik, Richard Nixon.

Dalam masa jabatannya sebagai presiden yang cukup singkat, Kennedy menghadapi banyak keadaan yang sangat genting. Antara lain, kegagalan invasi AS ke Kuba di Teluk Babi (Bay of Pigs), perlindungan terhadap hak-hak sipil, krisis misil Kuba, dan perang Vietnam. Namun, Kennedy dapat menghadapi semuanya dengan sangat baik, yang membuatnya semakin disegani oleh kawan maupun lawan.

Tanggal 22 November 1963 adalah hari naas bagi Kennedy. Ia tewas ditembak saat berada di mobil terbuka di Dallas, Texas. Lee Harvey Oswald dipercaya sebagai penembak sang presiden, meskipun beberapa argumen lain mengatakan, bahwa pelakunya lebih dari satu orang. Seluruh Amerika Serikat – bahkan seluruh dunia – berduka. Di Indonesia, bendera setengah tiang dikibarkan sebagai tanda turut berduka cita. Di New Delhi, India, banyak orang yang menangis di jalan-jalan.
Kennedy pernah menyimpulkan bahwa masa saat itu sebagai "sangat berbahaya, dan berantakan." Ia hidup di antara dua perang dunia, Great Depression (tahun 1929-1939 di mana hampir setengah pekerja industri di negara tersebut kehilangan pekerjaan), dan era nuklir. "Hidup ini tidak adil," katanya. Dan itulah Kennedy, yang dikaruniai kemuliaan dan tragedi. Namun, ia tidak pernah kehilangan kasih sayangnya, rasa keseimbangan, maupun optimismenya.

Riset dan Analisa oleh Siwi P. Rahayu

Profil

  • Nama Lengkap

    John Fitzgerald Kennedy

  • Alias

    John F Kennedy

  • Agama

    Katolik

  • Tempat Lahir

    Brookline, Massachusetts

  • Tanggal Lahir

    1975-05-19

  • Zodiak

    Taurus

  • Warga Negara

    USA

  • Anak

    Arabella , Caroline B., John F., Jr., Patrick B, Joseph Kennedy

  • Istri

    Jacqueline Lee Bouvier

  • Ibu

    Rose Elizabeth Fitzgerald

  • Ayah

    Joseph Kennedy

  • Biografi

    John Fitzgerald Kennedy lahir pada 29 Mei 1917 di Brookline, Massachusetts, di tengah-tenga keluarga kaya dan terhormat. Kakek dari keluarga ayahnya, P.J. Kennedy, adalah bankir kaya dan pedagang minuman keras. Sedangkan nenek dari keluarga ibunya, John E. Fitzgerald, yang memiliki julukan "Honey Fitz," adalah seorang politisi handal yang bekerja sebagai anggota kongres dan sebagai Walikota Boston. Ibu Kennedy, Rose Elizabeth Fitzgerald adalah seorang wanita kelas tinggi di Boston. Sedangkan ayahnya, Joseph Kennedy Sr., adalah seorang bankir sukses yang memperoleh keuntungan besar dari pasar saham setelah Perang Dunia I. Joe Kennedy Sr. kemudian melanjutkan karier pemerintahannya sebagai Ketua Securities and Exchange Commission dan sebagai Duta Besar untuk Inggris.

    John Fitzgerald Kennedy, yang lebih sering dipanggil, Jack, adalah anak tertua kedua dari sembilan bersaudara yang luar biasa. Saudara-saudaranya antara lain Eunice Kennedy (pendiri Special Olympics), Robert Kennedy (Jaksa Agung Amerika Serikat), dan Ted Kennedy, salah seorang senator paling kuat di sejarah Amerika.

    Kennedy mengikuti sekolah paroki Canterbury (1930-1931) dan Sekolah Choate (1931-1935). Salah seorang gurunya mengatakan bahwa orang-orang di sekolah menyukainya lebih untuk kepribadiannya daripada prestasinya. Dia sering sakit-sakitan sewaktu kecil dan menghabiskan banyak waktu dengan membaca. Kennedy terdaftar di Princeton University pada tahun 1935 tetapi penyakit segera memaksanya untuk mundur. Setelah pemulihan ia masuk ke Harvard University, di mana ia mengambil jurusan hubungan pemerintah dan internasional.

    Selama tahun-tahun awal di Harvard, ia melakukan perjalanan ke Eropa dan mengamati peristiwa yang mengarah ke Perang Dunia II (1939-1945). Dia menggunakan pengamatannya untuk tugas senior paper-nya, yang kemudian menjadi buku terlaris ‘Why England Slept’ (1940).

    Setelah lulus dari Harvard dengan penghargaan pada tahun 1940, Kennedy masuk ke Stanford University untuk melanjutkan pascasarjana. Pada bulan April 1941 ia mencoba mendaftarkan diri di Angkatan Darat AS tapi ditolak karena alasan fisik (cedera punggung yang diterima saat bermain sepak bola). Beberapa bulan kemudian, setelah punggungnya diperkuat melalui latihan, Angkatan Laut AS menerimanya. Dia kemudian menjadi seorang perwira intelijen di Washington, D.C. Setelah Jepang menyerang Pearl Harbour (sebuah pangkalan militer AS di Hawaii) pada tanggal 7 Desember 1941, Amerika Serikat memasuki Perang Dunia II. Kennedy meminta tugas aktif di laut dan diberi tugas ini pada tahun 1942-an.

    Melanjutkan pelatihan dalam Skuadron Boat Torpedo Motor, Kennedy dikirim ke Pasifik Selatan untuk dalam perang melawan Jepang. Pada bulan Maret 1943 ia diberi komando kapal patroli torpedo (PT), sebuah perahu kecil, cepat, dan dipersenjatai dengan senjata, termasuk torpedo. Pada bulan Agustus perahunya telah diiris menjadi dua oleh sebuah kapal perusak Jepang dan dua anak buahnya tewas. Kennedy dan empat orang lainnya berpegangan pada setengah dari kapal PT yang tetap mengapung. Enam orang lainnya selamat di perairan terdekat, dua terluka. Dalam perjuangan tiga jam Kennedy meletakkan awak kapal yang terluka ke bangkai kapal yang masih mengambang. Ketika kapal ini terbalik, ia memerintahkan anak buahnya untuk berenang ke sebuah pulau kecil sekitar tiga mil jauhnya. Dia menarik satu orang ke pantai dalam perjuangan lima jam yang heroik. Beberapa hari kemudian, setelah memperlihatkan keberanian, kepemimpinan, dan daya tahan, Kennedy dan anak buahnya berhasil diselamatkan.
    Kembali ke kehidupan sipil, Kennedy bekerja di surat kabar selama beberapa bulan, meliputi konferensi PBB, Konferensi Potsdam, dan pemilu Inggris 1945. Namun, karena ia datang dari keluarga yang biasa melakukan pelayanan publik, Kennedy menginginkan karier di bidang politik.

    Pada tahun 1946 ia menjadi calon U.S. House of Representatives dari distrik Massachusetts ke sebelas. Kennedy membangun organisasi personal yang besar untuk kampanyenya. Pada tur keliling, ia bertemu pemilih sebanyak mungkin. Dia langsung berbicara kepada orang-orang tersebut dalam gaya non formal tentang topik yang mereka sukai. Dalam kampanyenya ini, Jack didukung oleh ibu dan saudara-saudaranya. Robert dan Edward berperan sebagai manajernya, sedangkan ibu dan saudara-saudara perempuannya mengadakan kegiatan sosial untuk menggalang dana bagi kampanyenya.
    Kennedy memenangkan pemilihan utama, musim gugur, dan pemilihan untuk House of Representatives pada tahun 1948 dan sekali lagi pada 1950. Dia bekerja untuk program-program mewujudkan kesejahteraan sosial yang lebih baik, khususnya di bidang perumahan murah rakyat. Pada tahun 1949 ia menjadi anggota Komite Bersama Hubungan Buruh-Manajemen. Dalam kapasitas ini, Kennedy adalah seorang pendukung kuat bagi buruh, yang mengupayakan upah yang lebih tinggi dan kondisi kerja yang lebih baik.
    Kennedy mendukung program domestik dari Presiden Harry Truman, termasuk program-program kesejahteraan sosial, perpajakan progresif, dan regulasi bisnis. Namun, ia tidak mengikuti kebijakan Truman dalam hubungan luar negeri. Misalnya, ia menentang pertempuran di Korea.
    Pada April 1952 Kennedy berjuang untuk mendapatkan kursi di Senat AS menghadapi Henry Cabot Lodge, Jr., seorang anggota Partai Republik yang liberal. Kennedy dimenangkan oleh lebih dari tujuh puluh ribu suara. Lodge kalah telak. Dia tidak melawan seorang pria saja, melainkan seluruh keluarga Kennedy. Pada tahun 1958 Kennedy terpilih kembali ke Senat.

    Sukses politik Kennedy segera diikuti oleh kesuksesan lain dalam kehidupan pribadinya. Pada tanggal 12 September 1953, Kennedy menikahi Jacqueline Lee Bouvier, putri seorang pemodal dari New York City, di Newport, Rhode Island. John dan Jacqueline Kennedy memiliki tiga anak: Caroline Bouvier, John Fitzgerald, dan Patrick Bouvier (yang hidup hanya beberapa hari setelah kelahirannya di tahun 1963); serta seorang anak lain yang meninggal saat dilahirkan di tahun 1956.
    Kennedy bertugas sebagai Senat di bulan Januari 1953. Ia melanjutkan untuk mendukung para buruh, ekonomi, dan hubungan luar negeri. Ia menjabat di Komite Kesejahteraan Buruh dan Masyarakat, Komite Operasi Pemerintah, Komite Hubungan Buruh-Manajemen, Komite Hubungan Luar Negeri dan Komite Ekonomi Bersama. Dia juga mengupayakan untuk meloloskan dana untuk membantu industri perikanan dan tekstil Massachusetts dan meningkatkan perekonomian New England.

    Cedera lama di punggungnya yang kambuh memaksa Kennedy untuk menggunakan kruk selama 1954. Dia menjalani operasi pada Oktober 1954 dan pada Februari 1955. Dia menghabiskan berbulan-bulan masa sakit dan penyembuhannya dengan menulis biografi orang-orang Amerika yang telah menunjukkan keberanian moral pada titik-titik sulit dalam hidup mereka. Buku biografi ini, ‘Profiles in Courage’ (1956), menjadi buku terlaris dan Hadiah Pulitzer untuk kategori biografi pada tahun 1957.

    Operasi punggung Kennedy tidak sukses 100%, dan dia tidak pernah lagi sepenuhnya bebas dari rasa sakit. Pasca operasi, ia kembali ke kursi Senat pada bulan Mei 1955. Ia menjadi pendukung kuat dari hak-hak sipil dan perundang-undangan kesejahteraan sosial. Kennedy juga mendukung anggaran untuk memberikan dana bantuan bagi pendidikan dan untuk melonggarkan hukum imigrasi AS.

    Pada 1960, Kennedy menjadi Presiden Amerika Serikat termuda, dengan wakil Lyndon B. Johnson. Mereka mengalahkan kandidat dari Partai Republik, Richard Nixon.

    Dalam masa jabatannya sebagai presiden yang cukup singkat, Kennedy menghadapi banyak keadaan yang sangat genting. Antara lain, kegagalan invasi AS ke Kuba di Teluk Babi (Bay of Pigs), perlindungan terhadap hak-hak sipil, krisis misil Kuba, dan perang Vietnam. Namun, Kennedy dapat menghadapi semuanya dengan sangat baik, yang membuatnya semakin disegani oleh kawan maupun lawan.

    Tanggal 22 November 1963 adalah hari naas bagi Kennedy. Ia tewas ditembak saat berada di mobil terbuka di Dallas, Texas. Lee Harvey Oswald dipercaya sebagai penembak sang presiden, meskipun beberapa argumen lain mengatakan, bahwa pelakunya lebih dari satu orang. Seluruh Amerika Serikat – bahkan seluruh dunia – berduka. Di Indonesia, bendera setengah tiang dikibarkan sebagai tanda turut berduka cita. Di New Delhi, India, banyak orang yang menangis di jalan-jalan.
    Kennedy pernah menyimpulkan bahwa masa saat itu sebagai "sangat berbahaya, dan berantakan." Ia hidup di antara dua perang dunia, Great Depression (tahun 1929-1939 di mana hampir setengah pekerja industri di negara tersebut kehilangan pekerjaan), dan era nuklir. "Hidup ini tidak adil," katanya. Dan itulah Kennedy, yang dikaruniai kemuliaan dan tragedi. Namun, ia tidak pernah kehilangan kasih sayangnya, rasa keseimbangan, maupun optimismenya.

    Riset dan Analisa oleh Siwi P. Rahayu

  • Pendidikan

    • Harvard College

  • Karir

    • Secretary of State, Dean Rusk (1961-63)
    • Secretary of the Treasury, C. Douglas Dillon (1961-63)
    • Secretary of Defense, Robert S. McNamara (1961-63)
    • Attorney General, Robert F. Kennedy (1961-63)
    • Postmaster General, J. Edward Day (1961-63) John A. Gronouski, Jr. (1963)
    • Secretary of the Interior, Stewart L. Udall (1961-63)
    • Secretary of Agriculture, Orville L. Freeman (1961-63)
    • Secretary of Commerce, Luther H. Hodges (1961-63)
    • Secretary of Labor, Arthur J. Goldberg (1961-62) W. Willard Wirtz (1962-63)
    • ecretary of Health, Education, and Welfare, Abraham A. Ribicoff (1961-62) Anthony J. Celebrezze (1962-63)
    • President of United States of America

  • Penghargaan

    • Navy and Marine Corps Medal
    • Purple Heart
    • American Defense Service Medal
    •  American Campaign Medal
    •  Asiatic-Pacific Campaign Medal (3 bronze stars)
    • World War II Victory Medal

Geser ke atas Berita Selanjutnya