PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
John Reid Edwards

Foto:

John Reid Edwards


Nama Lengkap : John Reid Edwards

Alias : No Alias

Profesi : -

Tempat Lahir : Seneca, Amerika Serikat

Tanggal Lahir : Rabu, 10 Juni 1953

Zodiac : Gemini

Hobby : Olahraga

Warga Negara : Amerika Serikat


Istri : Elizabeth Edwards
Anak : Wade, Cate, Emma Claire, Jack, Frances Quinn
BIOGRAFI

John Reid Edwards adalah politisi Amerika Serikat kelahiran 10 Juni 1953. Dia terlahir di keluarga menengah ke bawah. Ayahnya bernama Wallace Reid Edwards dan Catharine Juanita Edwards. Tanah kelahirannya adalah Seneca, South Carolina tetapi keluarganya sempat berpindah-pindah selama beberapa kali pada masa kecilnya. Keluarganya akhirnya menetap di Robbins, North Carolina. John Reid Edwards sempat menjadi bintang football semasa bersekolah di sekolah menengah lokal. Selepas selesai menyelesaikan pendidikan menengahnya, Edwards melanjutkan ke pendidikan lanjutan.

Bergabungnya dia di perguruan tinggi, yaitu Clemson University, membuatnya menjadi yang pertama di dalam keluarganya yang merasakan pendidikan tinggi. Dia lalu pindah ke North Carolina University dan mendapatkan gelar Juris Doctor-nya di University of North Carolina School of Law. Selama dua puluh tahun berkarir di bidang hukum, John Reid Edwards menjalani karir yang sukses sebagai pengacara, dengan spesialisasi di kasus-kasus kekerasan. Dia lalu mulai merambah ke dunia politik pada tahun 1998, ketika dia mengalahkan pesaingnya dari Partai Republik dan berhasil menjadi Senator perwakilan North Carolina. Di kantornya, dia bertugas sebagai komite intelejen yang menangani kasus seperti hak aborsi, reformasi asuransi kesehatan, dan kampanye hukum keuangan.

Edwards mencalonkan diri di pemilihan umum 2004, tetapi kalah dari George W. Bush. Pada tahun 2009, terkuak kasus perselingkuhannya dan terbukti bahwa dia memiliki seorang anak di luar pernikahannya. Dia juga didakwa melakukan penyelewengan dana kampanye untuk menutupi perselingkuhannya tersebut. Kasus tersebut membuatnya ditinggalkan sang istri, Elizabeth Edwards, yang meninggal pada 2010 karena kanker payudara. Kanker ini telah dideritanya selama bertahun-tahun dan keadaannya makin memburuk terutama setelah terkuak kasus perselingkuhan suaminya, setahun sebelum kematian Elizabeth.

Riset dan Analisa: Karnia Putri Pangestu

PENDIDIKAN
  • North Carolina State University
  • University of North Carolina School of Law
KARIR
  • Pengacara
  • Politikus
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke