PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Jose Eduardo dos Santos

Foto:

Jose Eduardo dos Santos


Nama Lengkap : Jose Eduardo dos Santos

Alias : No Alias

Profesi : -

Agama : Katolik

Tempat Lahir : Luanda

Tanggal Lahir : Jumat, 28 Agustus 1942

Zodiac : Virgo


Istri : Ana Paula dos Santos
BIOGRAFI

Jose Eduardo dos Santos adalah politisi Angola yang menjabat sebagai Presiden Angola dari tahun 1979 hingga sekarang. Sebagai presiden, Jose Eduardo dos Santos juga menjabat sebagai Panglima Angkatan Bersenjata Angola (FAA) dan presiden partai Gerakan Rakyat untuk Pembebasan Angola (MPLA), partai yang berkuasa di Angola sejak kemerdekaannya di tahun 1975.
Pria yang lahir di Luanda pada tanggal 28 Agustus 1942 ini memulai aktivitas politiknya dengan mengintegrasikan kelompok-kelompok rahasia yang terbentuk di pinggiran kota menyusul terbentuknya MPLA pada tanggal 10 Desember 1956.
Permulaan karir politiknya dimulai ketika ia bergabung dengan MPLA semasa kuliah. Karena tekanan dari pemerintah colonial, Jose Eduardo diasingkan ke negara tetangga Kongo di tahun 1961. Untuk melanjutkan pendidikannya, Jose Eduardo sekali lagi pindah ke Uni Soviet dimana ia meraih gelar di bidang ternik perminyakan dan komunikasi radar dari Institusi Kima dan Perminyakan Azerbaijan di Baku, Azerbaijan.
Jose Eduardo kembali ke Angola, yang pada saat itu masih menjadi wilayah kependudukan Portugal, pada tahun 1970 dan bergabung dengan pasukan gerilya MPLA, EPLA (Exercito Para a Libertacao de Angola) sebagai juru radio Di tahun 1974 ia dipromosikan menjadi wakil komandan layanan telekomunikasi. Ia kemudian bertugas sebagai perwakilan MPLA untuk Yugoslavia, Republik Demokrat Kongo dan Republik Rakyat Cina sebelum terpilih menjadi anggota Komite Pusat dan Politburo MPLA di Moxico di bulan September 1974. Di bulan Juni 1975, Jose Eduardo menjabat sebagai koordinator Departemen Luar Negeri dan juga Departemen Kesehatan MPLA.
Setelah Angola merdeka di bulan November 1975 suami Ana Paula dos Santos ini terpilih menjadi Mentri Luar Negri pertama Angola dimana ia berperan penting dalam mendapatkan pengakuan dunia international akan pemerintahan MPLA.Di bulan 1978 posisi Jose Eduardo dipindahkan dari Wakil Pertama Perdana Menteri menjadi Menteri Perencanaan. Setelah kematian presiden pertama Angola Agostinho Neto pada tanggal 10 September 1979, Jose Eduardo terpilih sebagai Presiden MPLA di tanggal 20 September 1979. Ia lalu mengambil posisi sebagai Presiden Angola, Presiden MPLA dan Panglima Angkatan Bersenjata pada tanggal 21 September.
Pada bulan September 1993, Jose Eduardo menang dari lawannya Jonas Savimbi sebanyak 49,5% suara di pemilihan umum namun 8 partai oposisi menolak hasil pemilihan ini karena kecurigaan akan adanya kecurangan. Savimbi lalu mengundurkan diri dengan tuduhan kecurangan.
Di tahun 2001, Jose Eduardo mengumumkan bahwa ia tidak akan ikut pemilihan presiden berikutnya, namun pada bulan Desember 2001, setelah kembali dipilih sebagai ketua MPLA, tidak terjadi pemilihan presiden walaupun telah tiga kal diumumkan yaitu pada tahun 2006, 2007 dan terakhir 2009. Setelah pemilihan legislative tahun 2008 dimana MPLA menyapu bersih suara, partai tersebut mulai membuat konstitusi yang dikemukanan tahun 2010 bahwa pemimpin partai dengan jumlah kursi terbanyak di Parlemen otomatis menjadi presiden negara.
Seperti halnya yang terjadi ketika seseorang memegang tampuk kekuasaan terlalu lama, Jose Eduardo dan keluarganya memupuk kekayaan. Jumlah pastinya masih belum diketahui tetapi dalam beberapa tahun belakangan, putri Jose Eduardo, Isabel dos Santos, yang menangani kekayaan keluarga, melakukan investasi jutaan dolar di Angola dan Portugal. Sejak tahun 2010, perwujudan protes atas Jose Eduardo mulai tercatat dalam bentuk percobaan pembunuhan. Di bulan Februari/Maret 2011, lalu di bulan September 2011, protes publik, kebanyakan melalui internet dimana kritik keras atas sang presiden dan rezimnya menjadi lebih sering terdengar, mulai terorganisir di Luanda oleh pemuda-pemudi Angola.

Riset dan analisa oleh Bobby Reza S.

PENDIDIKAN
  • Azerbaijan State Oil Academy
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke