PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Martha Stewart

Foto:

Martha Stewart


Nama Lengkap : Martha Stewart

Alias : Stewart

Profesi : -

Tempat Lahir : Kostyra, New Jersey

Tanggal Lahir : Minggu, 3 Agustus 1941

Zodiac : Leo

Warga Negara : Amerika Serikat


Suami : Andrew Stewart
BIOGRAFI

Martha Stewart adalah seorang enterpreneur kelahiran New Jersey, 3 Agustus 1941. Sebelum menjadi pengusaha sukses seperti sekarang, perempuan yang akrab disapa Stewart ini adalah seorang pegawai yang sering kali mengalami jatuh bangun dalam karirnya.

Berawal menjadi seorang model sebuah produk sabun milik perusahaan kenamaan di usianya yang cukup muda yakni lima belas tahun, Stewart menjalani karirnya di berbagai bidang. Ia bahkan sempat menjadi baby sitter sebelum akhirnya bekerja di salah satu perusahaan saham dan mengalami kebangkrutan saat terjadi resesi pada Wall Street.

Berhenti menjadi pegawai di perusahaan saham, ibu dari Alexis stewart ini mendirikan bisnis katering yang ia bangun bersama dengan teman sesama modelnya, Norma Collier, pada tahun 1976. Usaha katering ini mengalami kemajuan pesat sampai akhirnya kemunduran didapat ketika Stewart dituduh partner bisnisnya mengesampingkan usaha tersebut. Dalam bisnis katering ini, Stewart mengaku bahwa kemampuan memasak diwariskan dari ibunya yang piawai dalam hal memasak dan menjahit.

Berbeda dengan keahlian memasak dan menjahit yang diturunkan ibunya, ayah Stewart menurunkan bakat dan minat di bidang perkebunan yang kemudian menjadikan istri dari Andrew Stewart ini menjadi seorang pengusaha perkebunan. 

Menarik, jika melihat bakat yang diturunkan orang tua dan kakek-nenek membuat kehidupan Stewart berbalik cepat. Pada tahun 1980-an Stewart mulai merilis buku mengenai dunia memasak dan berkebun yang seketika membuat namanya kian populer di telinga masyarakat. Pada tahun-tahun ini, ia juga merangkap sebagai editor pada majalah Family Circle.

Namun sayang, kesuksesan yang diraih dalam waktu yang relatif ternyata tidak diimbangi dengan keharmonisan rumah tangga. Pada tahun 1989, Stewart dan Andrew resmi bercerai.

Bercerai dari suaminya seolah tak membuat pemilik website www.marthastewart.com ini patah semangat dalam menjalani hidup. Lihat saja karir dan namanya yang kian melambung berkat usahanya yang tak kenal lelah. Ia bahkan mendirikan Martha Stewart Living, sebuah perusahaan percetakan majalah, pada tahun 1990 dan Martha Stewart Living Omnimedia (MSLO) pada tahun 1997 yang sontak semakin membuat namanya berkibar dan sukses menjadikannya seorang milyuner wanita dan dianggap menjadi Perempuan Masa Kini versi New York Magazine.

Sukses menjadi seorang pengusaha perkebunan, kuliner, dan pengarah mode (busana pengantin) serta penulis banyak buku dan menjadi pengisi acara talk show, pada tahun 2004 Stewart tersandung masalah hukum karena berbohong kepada penyidik tentang saham penjualan perusahaan. Akibat kasus tersebut, ia diganjar hukuman kurungan selama lima bulan di penjara West Virginia.

Selepas dari penjara, pada tahun 2005, Stewart kembali dengan kian memperlebar sayapnya sebagai penulis yang dalam waktu dua bulan berhasil menelurkan dua buah buku sekaligus. Tak hanya itu, ia juga kembali mengisi acara talk show yang sempat berhenti beberapa saat. Acara talk show yang ia bawakan bahkan sempat menjadi nominasi dalam ajang penghargaan 33rd Daytime Emmy Awards dan ia berhasil mendapatkan gelar Best Host & Best Show.

Berhasil kembali ke dunia yang sempat ia lepas beberapa saat, pada tahun 2006, perusahaan yang ia bangun, MSLO, bekerja sama dengan FLOR, Inc., sebuah perusahaan keramik mematenkan merek dagang keramik terbaru dengan sebutan The martha Stewart Floor Designs by FLOR. 

Melanjutkan kesuksesannya, setahun berikutnya, seolah kurang puas dengan apa yang didapat, lulusan Barnard College ini kembali membentuk kerja sama dengan sebuah perusahaan wine, E & J Gallo Winery, yang kemudian mematenkan sebuah produk wine terbaru dengan sebutan Martha Stewart Vintage.

Pada tahun 2010, Stewart yang juga handal sebagai pembawa acara talk show muncul pada satu acara khusus yang diberi tajuk The Martha Stewart Show yang bekerja sama dengan Hallmark Channel setelah sebelumnya ia membentuk Martha Stewart Celebrate dan Martha Stewart Create yang merupakan sebuah perusahaan yang membidangi craft.

Kini, setelah sukses memainkan film Ugly Betty dan Four Thanksgivings and a Funeral, Stewart akan memulai debutnya sebagai pemain film yang berjudul Law & Order: Special Victims Unit yang dirilis pada bulan April 2012. 

 

Riset dan analisa oleh Atiqoh Hasan.

PENDIDIKAN
  • Barnard College
  • Nutley High School
PENGHARGAAN

Awards:

- Nominasi 33rd Daytime Emmy Awards, 2006

Working History:

- Martha Stewart Living Omnimedia

- Martha

- Martha Stewart Living

Buku:

- Entertaining (December 13, 1982)

- Martha Stewart's Quick Cook (1983)

- Martha Stewart's Hors D'oeuvres (1984)

- Martha Stewart's Pies & Tarts (1985)

- Weddings (1987)

- The Wedding Planner (1988)

- Martha Stewart's Quick Cook Menus (1988)

- Martha Stewart's Christmas (1989)

- The Martha Rules (2005)

- martha Stewart Baking Handbook (2005)

SOCIAL MEDIA
www.marthastewart.com
www.marthastewartweddings.com
www.themarthablog.com
Twitter: @marthastewart

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke