PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Nikon

Foto:

Nikon


Nama Lengkap : Nikon

Alias : No Alias

Profesi : -

Warga Negara : Shinjuku, Tokyo, Jepang


No Relation
BIOGRAFI

Nikon Corporation atau biasa dikenal dengan Nikon merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan perangkat optik dan gambar asal Jepang. Pada awal berdiri-nya tahun 1917 perusahaan ini merupakan hasil merger dari 3 perusahaan optik terkemuka di Jepang dan berubah menjadi Nippon Kogaku K.K. Produk pertama-nya yakni teropong MIKRON 4x dan 6x ultra-small-prism, serta mikroskop JOICO yang resmi dilempar ke publik pada sejak 1921. Selanjutnya Nikon juga mulai mengembangkan teleskop astronomi 8-inch yang diletakkan di Tokyo Science Museum (sekarang National Museum of Nature and Science) serta meluncurkan lensa kamera dengan label NIKKOR. Pada era Perang Dunia II produksi Nikon hanya terfokus pada kamera, mikroskop, teropong,lensa optik, dan instrumen alat ukur lainnya. Merek kamera Nikon yang terkenal hingga saat ini mulai dipakai sejak tahun 1946. Perkembangan usaha Nikon semakin kokoh saat berhasil mencatatkan diri dalam Bursa Efek Tokyo dan Osaka. Selain itu, pada tahun 1953 Nikon telah merambah hingga ke negeri Paman Sam Amerika Serikat dengan membangun Nikon Optical Co., Inc. yang sekarang menjadi Nippon Kogaku (U.S.A.) Inc. Di tahun-tahun berikutnya Nikon juga berhasil membangun Nikon Europe N.V. yang sekarang Nikon Europe B.V. di Belanda, Nikon Vertriebs GmbH yang sekarang Nikon GmbH di Jerman, Nikon Canada Inc. di Kanada serta Nikon U.K. Ltd. di Inggris.

Mengawali tahun 1980 Nikon mulai meluncurkan kamera Nikon F3 SLR seiring dengan proses akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan terhadap Kurobane Kogaku K.K. (sekarang Kurobane Nikon Co., Ltd.). Setahun kemudian, perusahaan juga mengakuisisi Ehrenreich Photo-Optical Industries, Inc. dan resmi berganti nama menjadi Nikon Inc. Selanjutnya sejak tahun 1988 nama perusahaan mengalami pergantian nama untuk kesekian kali-nya menjadi Nikon Corporation. Pada era tahun 1980-an hingga 1990-an Nikon telah berhasil menghasilkan berbagai produk antara lain bingkai titanium TITEX, kamera Nikon L35AF autofocus compact, kamera Nikon F-501 autofocus SLR, kamera digital E2, mikroskop penelitian ECLIPSE E800, kamera digital COOLPIX 100 dan 300, kamera D1 digital SLR dan beberapa varian produk lainnya.

Pada tahun 2000, Nikon menjalin joint venture dengan perusahaan asal Perancis Essilor International dengan membentuk Nikon-Essilor Co., Ltd. Kemudian Nikon berhasil meluncurkan berbagai produk unggulan-nya seperti scanner FX-21S LCD, kamera Nikon F6 SLR, scanner NSR-S609B ArF, kamera D3 digital SLR, scanner FX-101S LCD, kamera D4 digital SLR, dan kamera compact digital COOLPIX A. Selanjutnya pada tahun 2003 Nikon menjalin kerjasama dengan perusahaan berbasis di Amerika Serikat Trimble Navigation Ltd. Hingga saat ini Nikon telah hadir di beberapa negara di dunia termasuk Indonesia dalam naungan P.T. Nikon Indonesia.

Riset dan analisa oleh Tryning Rahayu Setya W.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke