PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Reinhard Selten

Foto:

Reinhard Selten


Nama Lengkap : Reinhard Selten

Profesi : -

Agama : Kristen

Tempat Lahir : Breslau, Polandia

Tanggal Lahir : Minggu, 5 Oktober 1930

Zodiac : Balance

Warga Negara : Jerman


BIOGRAFI

Reinhard Selten lahir di Breslau pada 5 Oktober 1930. Saat itu, Breslau yang sekarang berganti nama menjadi Wroclaw merupakan wilayah kekuasaan Jerman. Tidak mudah bagi Selten untuk hidup sebagai anak laki-laki keturunan Yahudi di bawah rezim Hitler. Sehingga, ketika ia berusia 14 tahun ia harus meninggalkan sekolah tinggi. Ia bahkan kehilangan kesempatan untuk belajar sama sekali.

Karena tekanan Jerman tersebut, Reinhard Selten dan keluarganya memilih untuk menjadi pengungsi dan meninggalkan Breslau. Ia kemudian menjadi seorang petani, hingga pada 1946 akhirnya memutuskan untuk kembali bersekolah. Pada tahun 1947, Selten dan keluarganya pindah ke Fulda. Di Fulda ini kemudian Selten melanjutkan pendidikannya di sekolah tinggi sampai tahun 1951. Dalam tahun-tahun Selten sebagai siswa sekolah tinggi inilah ia mengembangkan minatnya terhadap Pelajaran Matematika dan Ekonomi.

Setelah lulus dari sekolah tinggi, Selten melanjutkan pendidikannya di Frakfurt University dan mendapatkan gelar Master di bidang matematika pada tahun 1957. Kemudian, selama sepuluh tahun berikutnya dia bekerja sebagai asisten di bidang ekonomi untuk Heinz Sauermann di Frankfurt University. Di Fraknfurt University ini juga Selten mendapatkan gelar Doktornya  pada tahun 1961.
 
Setelah dua belas tahun mengajar di Frankfut dan Bielfield, ia kemudian pindah ke University of Bonn untuk menjadi seorang kepala laboratorium ekonomi. Pada tahun-tahun berikutnya karir Selten terus menanjak. Reinhard Selten kemudian diangkat menjadi Profesor Emeritus di University of Bonn, Jerman, dan meraih beberapa gelar doktor kehormatan.

Salah satu karya Reinhard Selten yang paling besar adalah revisinya terhadap Teori Ekuilibrium Nash. Karena jasa-jasanya dalam perkembangan ilmu ekonomi, Selten dianugerahi Penghargaan Nobel dalam bidang ilmu ekonomi pada tahun 1994.

PENDIDIKAN
  • Professor Emiritus di University of Bonn
  • Gelar Doktor di University of Frankfurt
  • Gelar Master di University of Frankfurt
KARIR
  • Ekonom
PENGHARGAAN
  • Nobel dalam bidang ilmu ekonomi (1994)

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
    Data Kosong