PROFIL BERDASARKAN ABJAD
MANCANEGARA
Rosa Luxemburg

Foto:

Rosa Luxemburg


Nama Lengkap : Rosa Luxemburg

Profesi : -

Agama : Tidak Beragama

Tempat Lahir : Zamosc, Polandia

Tanggal Lahir : Minggu, 5 Maret 1871

Zodiac : Pisces

Warga Negara : Jerman


BIOGRAFI

Rosa Luxemburg adalah seroang teoris, ahli filosofi, ekonom dan sosialis revolusioner Marxist Yahudi Polandia yang kemudian menjadi warga negara Jerman. Luxemburg adalah anggota dari Social Democracy of the Kingdom of Poland and Lithuania (SDKPiL), Social Democratic Party of Germany, (SPD), Independent Social Democratic party (USPD) dan partai Komunis Jerman (KPD).

Sebelumnya Luxemburg tinggal di Polandia, namun karena pandangan politiknya, pada usia 18 tahun dia harus pindah ke Swiss. Dalam pelarian ini Luxemburg terus belajar dan mendapatkan gelar doktoral di tahun 1898. Berseberangan dengan pandangan orang Polandia kebanyakan, Luxemburg membentuk sendiri Partai Demokrat Sosial POlandia. Namun kemudian Luxemburg pindah ke Berlin dan bergabung dengan Partai Buruh Sosial Demokrat Jerman. Di tahun 1900 dia mencetuskan 'Reform or Revolution'. Luxemburg menginginkan revolusi sistem pemerintahan secara menyeluruh, bukan hanya reformasi yang datang dari badan pemerintah saja.

Ketika perang pecah di tahun 1914, Luxemburg berang dengan dukungan Partai Demokrat Sosial agar Jerman ikut dalam peperangan. Luxemburg keluar dari SDP dan bergabung dengan Karl Liebknecht yang berpandangan sama. Mereka membentuk kelompok internasional yang kemudian menjadi Spartacist. Keduanya kemudian ditangkap dan dipenjara, di mana Luxemburg menulis 'Junius Pamphlet' yang kemudian menjadi dasar dari keyakinan para Spartacist.

Awalnya Luxemburg menganggap munculnya Spartacist adalah sebuah kesalahan besar, namun akhirnya dia mendukung gerakan ini. Ketika revolusi bertentangan dengan pemerintahan sosial demokrat dan Freikorps (veteran Perang Dunia I yang bersatu menjadi kelompok paramilitary sayap kanan), Luxemburg, Liebknecht dan pendukung mereka ditangkap dan dibunuh. Luxemburg ditembak dan jasadnya dibuang di kanal Landwehr di Berlin. Untuk para Marxists, Rosa Luxemburg dan Karl Liebknecht adalah martir. 

Riset dan analisa oleh Somya Samita

PENDIDIKAN
  • Doctorate (1898)

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
    Data Kosong