PROFIL BERDASARKAN ABJAD
T
Abanda Herman

Foto:

Abanda Herman


Nama Lengkap : Abanda Herman

Profesi : -

Tempat Lahir : Younde,Kamerun

Tanggal Lahir : Senin, 20 Februari 1984

Zodiac : Pisces


BIOGRAFI

Abanda Herman adalah pemain sepak bola asal Kamerun. Dia lahir di Younde pada tanggal 20 Februari 1984. Saat ini dia bermain untuk Tim peserta Liga Super Indonesia yaitu Persib Bandung dan berposisi sebagai Defender. Pemain yang memiliki tinggi 192 cm ini memang salah satu pilar sentral yang tak tergantikan di jantung pertahanan tim Maung Bandung (julukan untuk Persib Bandung).

Dia menjadi satu-satunya pemain asing musim lalu yang dipertahankan Pelatih Djadjang Nurdjaman untuk memperkuat skuadnya di Liga Super Indonesia (LSI) 2012/2013. Itu artinya, Djadjang masih membutuhkan peran besar Abanda untuk membentengi lini belakang PERSIB.

Abanda adalah sosok pemain yang loyal. Dia mengatakan, Persib yang sudah dibelanya dalam tiga musim terakhir menjadi bagian di dalam hatinya. Persib adalah klub keempatnya sejak berkiprah di Indonesia pada tahun 2004. Sebelumnya Abanda sempat berkostum PSM Makassar (2004-2005), Persija Jakarta (2006-2010), dan Persema Malang (2010-2011).

Dia pernah menyandang status sebagai pemain asing termahal. Abanda dibanderol Persija  senilai Rp1,35 miliar. Angka itu hanya berselisih Rp200 juta dari pemain termahal musim ini, Bambang Pamungkas, striker Persija. Namun, hal tersebut tidak mudah. Saat pertama bermain di Indonesia dia hanya mendapat gaji bulanan. Abanda hanya dibayar Rp 25 juta per bulan.

Berkat kedisiplinan dalam menjaga lini pertahanan dan kejelian memanfaatkan umpan lambung di depan gawang membuat nilai jualnya makin meningkat. Meski berstatus pemain berkantong tebal, tidak membuat Abanda silau harta dan hidup gemerlap seperti kebanyakan pemain lainnya. Pemain yang terkenal pendiam itu memilih untuk menabung uang yang didapatnya dari lapangan hijau. Sebagian lagi dikirimkan ke keluarganya di Kamerun.

Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

KARIR
  • 2004–2005               PSM
  • 2006–2010               Persija
  • 2010                         Persema Malang
  • 2010 – sekarang      Persib

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke




ARSIP BERITA
    Data Kosong