PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Achmad Basarah

Foto:

Achmad Basarah


Nama Lengkap : Achmad Basarah

Alias : No Alias

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Jakarta

Tanggal Lahir : Minggu, 16 Juni 1968

Zodiac : Gemini

Warga Negara : Indonesia


Istri : Iva Noviera
BIOGRAFI

Achmad Basarah adalah warga asli Jakarta yang kemudian terpilih untuk duduk di kursi DPR RI mewakili daerah Jawa Timur setelah menang dengan perolehan 54.152 suara di Dapil Jawa Timur 3 (meliputi Kab. Bondowoso, Kab. Banyuwangi, Kab. Situbondo). Fungsionaris dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini pada periode 2009-2014 menjadi anggota Komisi I yang membidangi pertahanan, luar negeri, dan informasi.

Salah satu artikel buah tulisan beliau sempat diterbitkan di satu harian terkemuka dengan tajuk 'Pancasila 1 Juni 1945'. Dalam artikel bernuansa nasionalis ini Achmad Basarah mengemukakan gagasan bahwa dengan peringatan hari lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni 1945 bukan berarti kita akan dapat akan mengganti sila-sila Pancasila sebagaimana yang termaktub dalam alinea ke-4 Pembukaan UUD 1945, yang telah menjadi rumusan sila-sila seperti yang dipidatokan Bung Karno. Pengakuan Pemerintah dan bangsa Indonesia terhadap Hari Lahir Pancasila 1 Juni 1945 adalah dalam rangka pelurusan sejarah dan untuk memberikan jiwa bagi Pancasila karena bangsa Indonesia saat ini telah kehilangan makna substansialnya. Atas dasar pemikiran itu, alumnus FISIP Untag Jakarta ini berpendapat bahwa pemerintah sudah seharusnya melembagakan peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni setiap tahunnya melalui sebuah Keputusan Presiden yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahirnya Pancasila untuk melengkapi Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2008 yang menetapkan tanggal 18 Agustus 1945 sebagai Hari Konstitusi.

Pada bulan November 2011 politisi muda sekaligus Wakil Sekjen PDI-P ini menyatakan dukungannya terhadap pencalonan mantan Walikota Surabaya yang pernah memimpin selama dua periode, dan yang pada periode ini jadi menjadi wakil walikota, Bambang Dwi Hartono, untuk maju sebagai kandidat balon Gubernur DKI Jakarta pada pilkada 2012 mendatang. Achmad Basarah berpendapat bahwa Bambang D.H. memiliki karakter dan ideologi nasional yang kuat. Mengingat penduduk DKI Jakarta yang sangat beragam dalam etnis dan budaya, maka mantan Ketua Umum GMNI, yang kini menjabat Ketua Alumni GMNI ini memandang bahwa Jakarta membutuhkan pemimpin yang kredibilitasnya sudah terbukti di mata publik.

 

Oleh: Swasti

PENDIDIKAN
  • FISIP Untag Jakarta (1995)
KARIR
  • Komisaris Utama PT Usaha Bangun Bersama
  • Komisaris PT. Techniteam Indonesia
  • Anggota DPR RI (2009-2014)
  • Ketua Alumni GMNI 
SOCIAL MEDIA
www.achmadbasarah.com

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Rabu, 1 November 2017 19:23:58 Jelang Pilkada serentak, Megawati minta kader jaga solidaritas partai

    Jelang Pilkada serentak, Megawati minta kader jaga solidaritas partai. Kesediaan pengurus dan kader untuk turun ke bawah termasuk mengoptimalkan peran pengurus ranting dan anak ranting yang sehari-hari bersentuhan langsung dengan masyarakat. Eriko menjelaskan ada hal menarik sebelum Megawati memberikan pengarahannya.

  • Rabu, 1 November 2017 16:21:44 Megawati resmikan pembangunan gedung serba guna di DPD PDIP Banten

    Megawati resmikan pembangunan gedung Serba Guna di DPD PDIP Banten. Basarah menambahkan, bangunan ini direncanakan rampung dalam waktu satu tahun. Sehingga diharapkan pada November 2018, Megawati hadir untuk meresmikan gedung serba guna tersebut.

  • Minggu, 15 Oktober 2017 14:12:37 Diusung cawagub, Azwar Anas juga diangkat jadi ketua DPD Bamusi Jatim

    Wakil Sekjen DPP PDI Perjuangan yang juga Sekretaris Dewan Penasihat Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi), Ahmad Basarah, mengumumkan pengangkatan Abdullah Azwar Anas sebagai Ketua DPD Bamusi Jawa Timur. Bamusi merupakan organisasi sayap Islam di tubuh PDI Perjuangan.

  • Minggu, 10 September 2017 04:33:00 KH Mustamar kirim surat berisi nama cagub Jatim ke Megawati

    Sisi depan surat tersebut tertulis dengan huruf Arab 'gundul' (tanpa harakat) calon penerimanya. "Dumeteng Ingkang Kulo Hormati Ibu Hj Megawati Soekarnoputri, sangking KH Marzuki Mustamar."

  • Rabu, 6 September 2017 12:56:43 Wasekjen PDI Perjuangan akan temui sejumlah Kiai sepuh di Jatim

    Silaturahmi dalam upaya memperkokoh hubungan baik Nahdliyin dan Nasionalis ini selalu ditekankan oleh Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dalam setiap arahannya, sekaligus juga meneruskan apa yang dilakukan Bung Karno dalam perjuangannya memerdekakan bangsa ini bersama para kiai dan ulama.

  • Rabu, 21 Juni 2017 19:58:44 Bung Karno, Islam dan Pancasila

    Bung Karno, Islam dan Pancasila. Dalam rangka memperingati haul ke-47 Presiden RI pertama Ir Soekarno, Ketua Fraksi PDIP di MPR RI Ahmad Basarah merilis sebuah buku berjudul 'Bung Karno, Islam dan Pancasila'.

  • Rabu, 26 April 2017 16:40:38 Kumpulkan petinggi parpol, MUI minta perjuangkan umat Islam

    Kumpulkan petinggi parpol, MUI minta perjuangkan umat Islam. MUI juga bicara soal kejayaan politik umat muslim.

  • Selasa, 11 April 2017 14:36:30 Novel disiram air keras, PDIP & PKB usul penyidik KPK dikawal khusus

    Novel disiram air keras, PDIP & PKB usul penyidik KPK dikawal khusus. Penyidik KPK Novel Baswedan disiram air keras oleh orang tak dikenal usai menunaikan salat Subuh di kawasan Kelapa Gading. Kini, Novel sedang menjalani perawatan di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading.

  • Selasa, 11 April 2017 13:42:37 PDIP ogah ikut campur soal pencekalan Setya Novanto

    "PDI Perjuangan pada posisi tidak ingin mencampuri yuridiksi politik atau rumah tangga partai politik lain termasuk Partai Golkar, kita hormati," kata Wasekjen PDIP Ahmad Basarah di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/4).

  • Selasa, 21 Februari 2017 13:57:56 Temui Jokowi di Istana, Mahfud MD dkk komitmen dukung unit Pancasila

    Beberapa organisasi kepemudaan mengatasnamakan alumni Kelompok Cipayung menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (21/2). Kedatangan mereka untuk mendukung langkah Presiden yang membentuk Unit Kerja Presiden bidang Pemantapan Ideologi Pancasila (UKPPIP).