PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Agus Harimurti

Foto:

Agus Harimurti


Nama Lengkap : Agus Harimurti

Alias : No Alias

Profesi : Tokoh Militer

Agama : Islam

Tempat Lahir : Bandung, Indonesia

Tanggal Lahir : Kamis, 10 Agustus 1978

Zodiac : Leo

Warga Negara : Indonesia


Ibu : Kristiani Herawati
Ayah : Susilo Bambang Yudhoyono
Istri : Annisa Larasati Pohan
Anak : Almira Tungga Dewi Yudhoyono
Saudara : Edhie Baskoro Yudhoyono
BIOGRAFI

Agus Harimurti Yudhoyono adalah putra sulung dari presiden SBY dengan Kristiani Herawati yang dilahirkan pada 10 Agustus 1978. Ia menikahi Annisa Larasati Pohan pada awal Juli 2005. Beberapa bulan setelah menikah, Agus Harimurti meninggalkan istrinya untuk bertugas sebagai pasukan PBB ke Afghanistan selama kurang lebih setahun.

Dia memilih profesi di bidang militer karena pekerjaan tersebut mulia, dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang kita miliki. Agus menambahkan profesi militer di negara mana pun memiliki tanggung jawab yang besar. Persepsi umum, menjadi prajurit itu sulit. Artinya menghadapi tugas-tugas yang penuh risiko, penuh tantangan.

Risiko itu dimulai dari yang paling kecil meninggalkan keluarga, jauh, dan dalam waktu yang cukup lama, sampai dengan risiko kehilangan nyawa di medan pertempuran. Agus mengaku terinspirasi dari sosok perwira dan prajurit yang penuh dedikasi, hampir setiap saat, waktu dan energinya diberikan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Pada tanggal 17 Agustus 2008, tepat di Hari Kemerdekaan ke-63, istrinya melahirkan seorang bayi perempuan yang diberi nama Almira Tungga dewi Yudhoyono melalui operasi caesar.

Agus menyelesaikan pendidikan SMA-nya di Taruna Nusantara tahun 1997 dan Akademi Militer tahun 2000. Agus kemudian mengambil gelar Master di bidang Strategic Studies di Institute of Defence and Strategic Studies, Nanyang Technological University (NTU), Singapura pada 2006. Pada Mei 2010, Agus meraih gelar Master of Public Administration pada John F. Kennedy School of Government, Harvard University, Massachusetts AS.

Pada Maret 2012 Kapten Infanteri Agus Harimurti Yudhoyono, putra sulung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, meraih 3 penghargaan, yaitu Distinguish International Honour Graduated, Medali The Order of Saint Maurice , dan The Commandants List dari sekolah militer Angkatan Darat di Fort Benning, Georgia, Amerika Serikat (AS).

Prestasi dan karirnya dalam bidang kemiliteran terpaksa harus terhenti. Pada tahun 2016 Agus secara resmi mengundurkan diri dari TNI.

Keriuhan Pilgub DKI 2017 memaksa SBY turun gunung, hingga akhirnya memutuskan untuk mencalonkan Agus sebagai gubernur Jakarta. Didampingi oleh Sylviana Murni, yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata DKI. 

 

Last update: 1 Oktober 2016 - 01.16 PM
Riset Dan Analisa Oleh Nur Laila - Ovan Zaihnudin

PENDIDIKAN
  • Master of Public Administration, John Kennedy School of Goverment, Mei 2010
  • Master Strategic Studies di Institute of Defence and Strategic Studies Nanyang Technological University (NTU), Singapura 2006
  • Akademi Militer 2000
  • SMA Taruna Nusantara 1997
KARIR
  • Wadan Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha
  • Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis
  • Kepala Operasi Infanteri 17 Brigade Airbone Kostrad TNI AD
PENGHARGAAN
  • Distinguish International Honour Graduated
  • Medali The Order of Saint Maurice
  • The Commandants List
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Rabu, 22 Maret 2017 16:02:44 Ahok, Agus Yudhoyono dan Ridwan Kamil masuk bursa Pilpres 2019

    Ahok, Agus Yudhoyono dan Ridwan Kamil masuk bursa Pilpres 2019. Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari‎ mengatakan,‎ beberapa nama baru muncul dalam kandidat calon presiden. Namun, dia mengaku kaget karena nama anak Presiden Indonesia ke enam Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) muncul sebagai kandidat.

  • Sabtu, 18 Maret 2017 09:06:00 Seperti nasib Sylviana, Anies-Sandi juga tersandung kasus lawas

    Beberapa waktu lalu Anies dilaporkan LSM GACD terkait dugaan korupsi pameran buku di Frankfurt, Jerman. Kala itu Anies masih menjabat sebagai Menteri Pendidikan. Sementara Sandiaga dilaporkan ke polisi dalam kasus dugaan penggelapan aset tanah di Tangerang Selatan. Anies dan Sandiaga menanggapi santai hal tersebut.

  • Jumat, 17 Maret 2017 17:46:01 Demokrat netral, PDIP yakin pendukung Agus merapat ke Ahok

    Demokrat netral, PDIP yakin pendukung Agus merapat ke Ahok. Hasto menyebut, pendukung Agus-Sylvi berasal dari warga kalangan bawah. Pendukung Agus-Sylviana memiliki karakter yang sama dengan pendukung Ahok-Djarot. Dia menyebut sebagian partai-partai pengusung Agus-Sylvi akan mengumumkan dukungan ke Ahok pada Maret.

  • Jumat, 17 Maret 2017 06:01:00 Netral jadi gaya politik aman Demokrat di Pilpres 2014 & Pilgub 2017

    Pada acara 'Thank You Gathering' atau malam terima kasih untuk para relawan dan tim sukses di Ballroom Jakarta Theatre, Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (15/3) malam lalu, Agus dengan tegas mengumumkan kemana dukungan akan diberikan.

  • Jumat, 17 Maret 2017 05:33:00 Pujian Djarot ke Agus saat bebaskan kader memilih di Pilgub DKI

    Pujian buat Agus dari Ahok-Djarot saat bebaskan kader memilih di Pilgub DKI. Sejumlah pihak yang mengatasnamakan relawan Agus-Sylviana sebelumnya menyatakan dukungannya kepada pasangan Ahok-Djarot maupun Anies-Sandiaga. Namun keputusan Partai Demokrat maupun Agus-Sylviana netral di putaran kedua Pilgub DKI.

  • Jumat, 17 Maret 2017 08:00:45 Anies yakin pendukung Agus inginkan pemimpin baru buat Jakarta

    Agus Harimurti Yudhoyono, telah mengambil sikap netral pada Pilgub DKI Jakarta putaran II, setelah gagal di putaran pertama. Dia mempersilakan para pendukungnya memberikan suaranya buat paslon Basuki T Purnama (Ahok)-Djarot S Hidayat atau Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

  • Kamis, 16 Maret 2017 15:50:00 Sikap netral Agus Yudhoyono patahkan klaim Anies Baswedan

    Sikap netral Agus Yudhoyono patahkan klaim Anies Baswedan. Tim Pemenangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat menilai, keputusan Agus Harimurti Yudhoyono memilih netral dalam putaran kedua pilgub DKI Jakarta, patut diberikan apresiasi yang tinggi.

  • Kamis, 16 Maret 2017 00:05:27 AHY bebaskan timses & kader Demokrat tentukan pilihan di pilgub DKI

    Agus Harimurti Yudhoyono mempersilakan para pendukungnya dan kader Partai Demokrat untuk memilih jagoannya di Pilgub DKI putaran kedua. Agus tak mengalihkan suara pendukungnya ke salah satu pasangan calon.

  • Rabu, 15 Maret 2017 22:03:26 Agus Yudhoyono: Saya sudah move on

    Gagal dalam kompetisi pemilihan gubernur DKI Jakarta tidak membuat Agus Harimurti Yudhoyono berkecil hati. Bahkan, putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengaku sudah 'move on' setelah gagal memperebutkan kursi orang nomor satu di Ibu Kota.

  • Rabu, 15 Maret 2017 21:34:01 Agus-Sylvi gelar acara terima kasih timses, SBY & Bu Ani hadir

    "Jadi malam hari ini kita bernostalgia. Malam hari ini bukan untuk bersedih, tapi untuk silaturahmi dan terima kasih saya kepada tim pemenangan dan relawan Agus-Sylvi," kata Agus disambut tepuk tangan meriah para peserta yang hadir, Rabu (15/3).