PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Agus Harimurti

Foto:

Agus Harimurti


Nama Lengkap : Agus Harimurti

Alias : No Alias

Profesi : Tokoh Militer

Agama : Islam

Tempat Lahir : Bandung, Indonesia

Tanggal Lahir : Kamis, 10 Agustus 1978

Zodiac : Leo

Warga Negara : Indonesia


Ibu : Kristiani Herawati
Ayah : Susilo Bambang Yudhoyono
Istri : Annisa Larasati Pohan
Anak : Almira Tungga Dewi Yudhoyono
Saudara : Edhie Baskoro Yudhoyono
BIOGRAFI

Agus Harimurti Yudhoyono adalah putra sulung dari presiden SBY dengan Kristiani Herawati yang dilahirkan pada 10 Agustus 1978. Ia menikahi Annisa Larasati Pohan pada awal Juli 2005. Beberapa bulan setelah menikah, Agus Harimurti meninggalkan istrinya untuk bertugas sebagai pasukan PBB ke Afghanistan selama kurang lebih setahun.

Dia memilih profesi di bidang militer karena pekerjaan tersebut mulia, dengan segala keterbatasan dan kekurangan yang kita miliki. Agus menambahkan profesi militer di negara mana pun memiliki tanggung jawab yang besar. Persepsi umum, menjadi prajurit itu sulit. Artinya menghadapi tugas-tugas yang penuh risiko, penuh tantangan.

Risiko itu dimulai dari yang paling kecil meninggalkan keluarga, jauh, dan dalam waktu yang cukup lama, sampai dengan risiko kehilangan nyawa di medan pertempuran. Agus mengaku terinspirasi dari sosok perwira dan prajurit yang penuh dedikasi, hampir setiap saat, waktu dan energinya diberikan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya.

Pada tanggal 17 Agustus 2008, tepat di Hari Kemerdekaan ke-63, istrinya melahirkan seorang bayi perempuan yang diberi nama Almira Tungga dewi Yudhoyono melalui operasi caesar.

Agus menyelesaikan pendidikan SMA-nya di Taruna Nusantara tahun 1997 dan Akademi Militer tahun 2000. Agus kemudian mengambil gelar Master di bidang Strategic Studies di Institute of Defence and Strategic Studies, Nanyang Technological University (NTU), Singapura pada 2006. Pada Mei 2010, Agus meraih gelar Master of Public Administration pada John F. Kennedy School of Government, Harvard University, Massachusetts AS.

Pada Maret 2012 Kapten Infanteri Agus Harimurti Yudhoyono, putra sulung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, meraih 3 penghargaan, yaitu Distinguish International Honour Graduated, Medali The Order of Saint Maurice , dan The Commandants List dari sekolah militer Angkatan Darat di Fort Benning, Georgia, Amerika Serikat (AS).

Prestasi dan karirnya dalam bidang kemiliteran terpaksa harus terhenti. Pada tahun 2016 Agus secara resmi mengundurkan diri dari TNI.

Keriuhan Pilgub DKI 2017 memaksa SBY turun gunung, hingga akhirnya memutuskan untuk mencalonkan Agus sebagai gubernur Jakarta. Didampingi oleh Sylviana Murni, yang sebelumnya menjabat sebagai Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata DKI. 

 

Last update: 1 Oktober 2016 - 01.16 PM
Riset Dan Analisa Oleh Nur Laila - Ovan Zaihnudin

PENDIDIKAN
  • Master of Public Administration, John Kennedy School of Goverment, Mei 2010
  • Master Strategic Studies di Institute of Defence and Strategic Studies Nanyang Technological University (NTU), Singapura 2006
  • Akademi Militer 2000
  • SMA Taruna Nusantara 1997
KARIR
  • Wadan Yonif Mekanis 201/Jaya Yudha
  • Batalyon Infanteri (Yonif) Mekanis
  • Kepala Operasi Infanteri 17 Brigade Airbone Kostrad TNI AD
PENGHARGAAN
  • Distinguish International Honour Graduated
  • Medali The Order of Saint Maurice
  • The Commandants List
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Rabu, 22 November 2017 19:20:58 Duet Cak Imin-AHY dinilai jadi jalan tengah di Pilpres 2019

    Relawan Pro-one sulawesi selatan, Rusdianto menambahkan, siap menggalang warga dan masyarakat di berbagai daerah agar dapat mulai mensosialisasikan Cak Imin dan AHY sebagai capres dan cawapres 2019. Alasannya, Cak Imin dan AHY layak dipercaya karena sampai hari ini sosok keduanya masih bersih.

  • Kamis, 23 November 2017 10:20:00 Demokrat siapkan AHY jadi jurkam Khofifah-Emil di Pilgub Jatim

    "Pak SBY tidak jadi jurkam, apalagi beliau selaku mantan Presiden," ujar Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo.

  • Rabu, 15 November 2017 00:03:00 Saat Irwandi Yusuf tawarkan AHY jajal pesawat pribadinya menuju Lhokseumawe

    Irwandi mengajak AHY bertolak ke Lhokseumawe dengan pesawat Shark Aero miliknya. Namun kepada Irwandi, AHY mengaku harus mengikuti sejumlah agenda lainnya terlebih dahulu.

  • Jumat, 10 November 2017 05:50:00 Klaim Demokrat AHY paling oke jadi cawapres dibanding Jenderal Gatot

    Setelah kalah dalam pilgub DKI, Agus Harimurti Yudhoyono rajin tampil di berbagai kesempatan. Mengunjungi berbagai tempat, AHY juga melakukan safari politik dengan menemui para tokoh politik senior. Publik pun semakin mengenal putra sulung SBY itu.

  • Kamis, 9 November 2017 07:29:00 Cerita dua Presiden punya mantu dari Tanah Batak

    Cerita Presiden punya mantu dari Tanah Batak sebenarnya bukan hanya terjadi pada Jokowi. Presiden ke enam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), juga memiliki mantu dari Tanah Batak, Annisa Pohan.

  • Rabu, 8 November 2017 07:48:03 Didampingi istri dan Ibas, SBY hadiri pernikahan Kahiyang-Bobby

    Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tiba di Graha Saba Buana, lokasi pernikahan Kahiyang Putri dan Bobby Nasution, Surakarta, Rabu (8/11). Presiden Indonesia keenam tersebut datang sekira pukul 07.35 WIB.

  • Selasa, 7 November 2017 14:22:13 NasDem santai muncul nama AHY dan Emil Dardak sebagai pendamping Khofifah

    Tim 9 pimpinan KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah telah melakukan penyaringan 10 bakal calon wakil yang akan dipasangkan dengan Khofifah Indar Parawansa di Pilgub Jawa Timur 2018. Dari 10 nama yang dijaring, mengerucut dua nama yang hingga saat ini masih dirahasiakan oleh para kiai pendukung Khofifah.

  • Jumat, 3 November 2017 22:35:16 Demokrat: Kesempatan makin sempit buat kami jika ambang batas capres 20 persen

    Demokrat: Kesempatan makin sempit buat kami jika ambang batas capres 20 persen. Partai Demokrat memprediksi Pemilihan Presiden 2019 bisa diikuti oleh 3 sampai 4 pasangan calon meski Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan uji materi ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen.

  • Sabtu, 4 November 2017 18:04:00 AHY, mantan prajurit yang makin memesona di panggung politik

    Beberapa waktu belakangan, AHY bertemu beberapa tokoh nasional mulai dari Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, dan Prabowo Subianto. Bahkan AHY juga menemui mantan rival politiknya dalam Pilkada DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok belum lama ini di Rumah Tahanan Brimob, Kelapa Dua, Depok.

  • Jumat, 3 November 2017 00:31:00 AHY safari politik jelang Pilpres, Golkar bilang Jokowi menang 65 persen

    AHY safari politik jelang Pilpres, Golkar bilang Jokowi menang 65 persen. ika AHY akhirnya 'nyapres', Idrus tetap meyakini Joko Widodo tetap menang di Pilpres 2019. Bahkan, Idrus memprediksi Jokowi akan menang di angka 65 persen.