PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Andi Amran Sulaiman

Foto:

Andi Amran Sulaiman


Nama Lengkap : Andi Amran Sulaiman

Alias : Amran Sulaiman

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Bone, Sulawesi Selatan

Tanggal Lahir : Sabtu, 27 April 1968

Zodiac : Taurus

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Pria kelahiran 27 April 1968 di Bone, Sulawesi Selatan, ini dikenal sebagai pribadi yang jujur dan cerdas. Andi Amran Sulaiman pun resmi diangkat sebagai Menteri Pertanian Republik Indonesia ke-26 oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Oktober 2014.

Menamatkan Program Doktor Ilmu Pertanian di Universitas Hasanuddin pada tahun 2012 lalu, dia pernah menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang Wirausaha Pertanian dari Presiden RI pada tahun 2007 dan Penghargaan FKPTPI Award tahun 2011 di Bali.

Putra asli Kabupaten Bone ini juga disebut masih berada dalam garis keturunan Raja Bone yang berasal dari pihak ayahnya. Dia adalah keturunan dari La Pawawoi Arung Sumaling (anak ke-4 La Tenri Tappu Raja Bone ke-23). Kemudian, La Pawawoi Arung Sumaling mempunyai keturunan bernama Andi Baco Gangka Petta Teru yang memperistrikan Karaeng Beja (anak Karaeng Bantaeng/Karaeng Bore yang berdomisili di Bantaeng.

Di balik sosok Andi Amran Sulaiman yang cerdas dan jujur, ada seorang wanita bernama IR. Hj. Martati yang senantiasa mendampinginya. Dari pernikahannya dengan Martati, dia kini telah dianugerahi empat anak, yaitu Andi Amar Ma'ruf, Andi Athira, Andi Muh. Anugrah, dan Andi Humairah.

Meski usianya yang masih relatif muda, dia telah mampu membangun dan membesarkan 14 perusahaan yang tergabung dalam sebuah holding Tiran Group, yang meliputi Unit Usaha: Tambang Emas, Tambang Nikel, Proyek Gula, Proyek Perkebunan Kelapa Sawit, SPBU, Distributor Unilever, Distributor Semen, Produsen Pestisida, dan usaha lainnya.

Perusahaannya juga telah mengantongi surat izin tetap pestisida, Ammikus 65PS dari Menteri Pertanian RI tahun 2011, surat izin tetap pestisida Ranmikus 59PS dari Menteri Pertanian RI tahun 2012, surat izin tetap pestisida Timikus 64PS dari Menteri Pertanian RI tahun 2012, dan Hak Paten Alpostran (Alat Empos Tikus modifikasi) dari Menteri Kehakiman tahun 2014.

Andi Amran Sulaiman juga kerap dikaitkan dengan kemenangan Jokowi dalam pemilihan presiden tahun 2014. Hal itu tak lepas dari keputusannya untuk terlibat secara penuh sebagai koordinator relawan Sahabat Rakyat KTI. Yang kemudian disebut-sebut sebagai ujung tombak pemenangan Jokowi-JK di Kawasan Timur Indonesia. 

Riset dan analisa: Destriyana

PENDIDIKAN
  • SD Impres 10 Mappesangka, Bone
  • SMP Negeri Ponre, Bone
  • SMA Negeri Lappariaja, Bone
  • Fakultas Pertanian Unhas 1988-1993
  • Pasca Sarjana Pertanian Unhas 2002-2003
  • Program Doktor Ilmu Pertanian Unhas 2008-2012
KARIR
  • Menteri Pertanian Republik Indonesia (2014)

Kursus dan Seminar:

  • Presentase Pengendalian Hama Tikus di Istana Presiden, Jakarta 1996
  • SUSKALAK-PIM di Pakkatto, Gowa, Sulsel, 1997
  • Presentase Pengendalian Hama Tikus untuk Kalteng di Istana presiden, Jakarta, 1999
  • Studi Banding di Singapura, 2002
  • Seminar Internasional Palm Oil Belt di Malaysia 2002
  • Studi Banding di Bangkok, Thailand, 2009
  • Kunjungan ke Sutech Engineering Co. Ltd (Perusahaan perakitan mesin pabrik gula) untuk transaksi pembelian Pabrik Gula dan Erawan Power (Pabrik Gula Terbesar di Thailand), 2014
PENGHARGAAN
  • Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang Wirausaha Pertanian dari Presiden RI, 2007
  • Penghargaan FKPTPI Award tahun 2011 di Bali.
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 20 Oktober 2017 16:49:13 Terbang ke Kalbar, Mentan Amran saksikan ekspor beras ke Malaysia

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyaksikan panen padi serta ekspor beras sebanyak 25 ton hasil panen di desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, ke Malaysia. Menurut mentan, dirinya mengetahui bahwa Malaysia selama ini masih impor sejumlah komoditas seperti jagung dan beras.

  • Jumat, 20 Oktober 2017 16:49:13 Terbang ke Kalbar, Mentan Amran saksikan ekspor beras ke Malaysia

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menyaksikan panen padi serta ekspor beras sebanyak 25 ton hasil panen di desa Tunggal Bhakti, Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, ke Malaysia. Menurut mentan, dirinya mengetahui bahwa Malaysia selama ini masih impor sejumlah komoditas seperti jagung dan beras.

  • Senin, 9 Oktober 2017 14:48:33 Tahun ini, RI tak impor jagung dari AS dan Argentina

    Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pada 2017 Indonesia tidak akan mengimpor jagung dari Amerika Serikat dan Argentina. Ini jadi tahun pertama Indonesia tak impor jagung dari AS dan Argentina.

  • Sabtu, 23 September 2017 04:31:00 Atasi kekeringan, Kementan bangun saluran irigasi dan embung

    Menteri Pertanian Amran Kurniawan mengatakan, pihaknya melakukan beberapa langkah antisipatif untuk mengatasi kekeringan. Di antaranya dengan membangun irigasi, normalisasi sungai, membangun bendungan dan embung.

  • Sabtu, 2 September 2017 17:30:00 Mentan Amran sebut pedagang butuh waktu terapkan harga beras sesuai HET

    Mentan Amran sebut pedagang butuh waktu terapkan harga beras sesuai HET. Harga acuan tersebut, diberlakukan mulai 1 September. Menteri Amran mengatakan pemerintah terus berusaha merangkul semua pihak agar keseragaman harga dapat terjadi. Edukasi mengenai penerapan HET juga terus dilakukan.

  • Sabtu, 2 September 2017 16:30:00 Mentan Amran siapkan Rp 100 M kembangkan sapi berotot tahun depan

    Mentan Amran siapkan Rp 100 M kembangkan sapi berotot tahun depan. Sapi berotot tersebut nantinya memiliki bobot antara 1,5 ton hingga 2 ton per ekor. Melihat ciri-cirinya, jenis sapi tersebut dikenal dengan sebutan belgian blue yang berasal dari Belgia. Tahun ini telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 20 miliar.

  • Sabtu, 2 September 2017 14:30:00 Kurban 2 sapi, Menteri Amran pastikan hewan sehat dan tidak cacat

    Kurban 2 sapi, Menteri Amran pastikan hewan sehat dan tidak cacat. Selain Menteri Amran, jajaran direktur jenderal, pegawai dan karyawan, serta mitra kerja Kementan juga turut memberi kurban. Total keseluruhan mencapai 11 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

  • Jumat, 25 Agustus 2017 21:08:39 Mentan Amran jamin tak ada impor beras hingga April 2018

    Menurut Amran, pemerintah saat ini juga memiliki serapan beras hingga 8 ribu-9 ribu ton per hari. Sebab itu, dia yakin pasokan beras akan aman sekaligus untuk menutupi kebutuhan rastra sebesar 200 ton hingga Desember 2017.

  • Jumat, 25 Agustus 2017 19:14:02 Dipanggil Jokowi, Menteri Amran ditanya soal jagung, bawang dan beras

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) memanggil Menteri Pertanian Amran Sulaiman ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/8). Amran mengaku ditanya Presiden terkait sejumlah persoalan, yakni mengenai produksi jagung, bawang, dan beras,

  • Senin, 21 Agustus 2017 17:50:42 Ambisi Jokowi kembalikan kejayaan rempah asli Indonesia

    Menteri Pertanian Amran Sulaiman ingin mengembalikan kejayaan rempah Indonesia menjadi pemain utama dunia dengan mengalokasikan anggaran untuk pengadaan bibit rempah-rempah. Tahun depan, pemerintah alokasikan anggaran pengadaan bibit sebesar Rp 5,5 triliun.