PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Andi Amran Sulaiman

Foto:

Andi Amran Sulaiman


Nama Lengkap : Andi Amran Sulaiman

Alias : Amran Sulaiman

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Bone, Sulawesi Selatan

Tanggal Lahir : Sabtu, 27 April 1968

Zodiac : Taurus

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Pria kelahiran 27 April 1968 di Bone, Sulawesi Selatan, ini dikenal sebagai pribadi yang jujur dan cerdas. Andi Amran Sulaiman pun resmi diangkat sebagai Menteri Pertanian Republik Indonesia ke-26 oleh Presiden Joko Widodo pada 27 Oktober 2014.

Menamatkan Program Doktor Ilmu Pertanian di Universitas Hasanuddin pada tahun 2012 lalu, dia pernah menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang Wirausaha Pertanian dari Presiden RI pada tahun 2007 dan Penghargaan FKPTPI Award tahun 2011 di Bali.

Putra asli Kabupaten Bone ini juga disebut masih berada dalam garis keturunan Raja Bone yang berasal dari pihak ayahnya. Dia adalah keturunan dari La Pawawoi Arung Sumaling (anak ke-4 La Tenri Tappu Raja Bone ke-23). Kemudian, La Pawawoi Arung Sumaling mempunyai keturunan bernama Andi Baco Gangka Petta Teru yang memperistrikan Karaeng Beja (anak Karaeng Bantaeng/Karaeng Bore yang berdomisili di Bantaeng.

Di balik sosok Andi Amran Sulaiman yang cerdas dan jujur, ada seorang wanita bernama IR. Hj. Martati yang senantiasa mendampinginya. Dari pernikahannya dengan Martati, dia kini telah dianugerahi empat anak, yaitu Andi Amar Ma'ruf, Andi Athira, Andi Muh. Anugrah, dan Andi Humairah.

Meski usianya yang masih relatif muda, dia telah mampu membangun dan membesarkan 14 perusahaan yang tergabung dalam sebuah holding Tiran Group, yang meliputi Unit Usaha: Tambang Emas, Tambang Nikel, Proyek Gula, Proyek Perkebunan Kelapa Sawit, SPBU, Distributor Unilever, Distributor Semen, Produsen Pestisida, dan usaha lainnya.

Perusahaannya juga telah mengantongi surat izin tetap pestisida, Ammikus 65PS dari Menteri Pertanian RI tahun 2011, surat izin tetap pestisida Ranmikus 59PS dari Menteri Pertanian RI tahun 2012, surat izin tetap pestisida Timikus 64PS dari Menteri Pertanian RI tahun 2012, dan Hak Paten Alpostran (Alat Empos Tikus modifikasi) dari Menteri Kehakiman tahun 2014.

Andi Amran Sulaiman juga kerap dikaitkan dengan kemenangan Jokowi dalam pemilihan presiden tahun 2014. Hal itu tak lepas dari keputusannya untuk terlibat secara penuh sebagai koordinator relawan Sahabat Rakyat KTI. Yang kemudian disebut-sebut sebagai ujung tombak pemenangan Jokowi-JK di Kawasan Timur Indonesia. 

Riset dan analisa: Destriyana

PENDIDIKAN
  • SD Impres 10 Mappesangka, Bone
  • SMP Negeri Ponre, Bone
  • SMA Negeri Lappariaja, Bone
  • Fakultas Pertanian Unhas 1988-1993
  • Pasca Sarjana Pertanian Unhas 2002-2003
  • Program Doktor Ilmu Pertanian Unhas 2008-2012
KARIR
  • Menteri Pertanian Republik Indonesia (2014)

Kursus dan Seminar:

  • Presentase Pengendalian Hama Tikus di Istana Presiden, Jakarta 1996
  • SUSKALAK-PIM di Pakkatto, Gowa, Sulsel, 1997
  • Presentase Pengendalian Hama Tikus untuk Kalteng di Istana presiden, Jakarta, 1999
  • Studi Banding di Singapura, 2002
  • Seminar Internasional Palm Oil Belt di Malaysia 2002
  • Studi Banding di Bangkok, Thailand, 2009
  • Kunjungan ke Sutech Engineering Co. Ltd (Perusahaan perakitan mesin pabrik gula) untuk transaksi pembelian Pabrik Gula dan Erawan Power (Pabrik Gula Terbesar di Thailand), 2014
PENGHARGAAN
  • Tanda Kehormatan Satyalancana Pembangunan di Bidang Wirausaha Pertanian dari Presiden RI, 2007
  • Penghargaan FKPTPI Award tahun 2011 di Bali.
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Senin, 21 Agustus 2017 14:18:23 Dorong kedaulatan pangan, Mentan janji RI tak lagi impor bibit & benih

    Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berkomitmen untuk dapat menghentikan impor benih dan bibit pangan guna mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan nasional. Amran menegaskan benih dan bibit memiliki peran strategis dalam mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan nasional.

  • Selasa, 25 Juli 2017 15:21:48 Cerita mentan beri asuransi Rp 6 miliar ke petani di Bojonegoro

    Kementerian Pertanian telah menetapkan pemberian asuransi kepada para petani padi yang mengalami gagal panen atau yang rusak tanamannya, baik yang diserang hama maupun bencana seperti kekeringan dan banjir. Program sangat dirasakan oleh petani.

  • Selasa, 25 Juli 2017 13:00:13 Tak mau ikut campur, Mentan serahkan kasus PT IBU ke penegak hukum

    Amran menjelaskan, yang menjadi fokus Kementerian Pertanian adalah bagaimana mengatur tata niaga dan rantai pasokan beras.

  • Selasa, 18 Juli 2017 12:48:04 Lantik dua pejabat baru, Mentan ingatkan siapa saja bisa dicopot

    Menteri Pertanian Amran Sulaiman melantik dua pejabat setara eselon satu yakni Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP). Momon Rusmono diangkat sebagai Kepala BPPSDMP dan Agung Hendriadi menjadi Kepala BKP.

  • Jumat, 14 Juli 2017 08:00:00 4 Ambisi pemerintah Jokowi di sektor pertanian jadi nomor 1 di dunia

    Pemerintahan Jokowi-JK bercita-cita mewujudkan swasembada sejumlah komoditas pangan strategis, seperti padi, jagung dan kedelai (Pajale), dapat tercapai dalam waktu tiga tahun. Dalam mencapai target ambisius tersebut, pemerintah telah meningkatkan anggaran secara signifikan.

  • Kamis, 13 Juli 2017 11:02:42 Pemerintah Jokowi berambisi jadi penghasil kopi terbesar dunia

    Menteri Pertanian Amran Sulaiman menargetkan peningkatkan produktivitas kopi domestik menjadi 1 ton per hektare. Dengan angka tersebut, Indonesia dapat memposisikan sebagai produsen kopi terbesar dunia setelah Brazil dan Vietnam. Menteri Amran menyebutkan Indonesia mempunyai kebun kopi seluas 1,2 juta hektare.

  • Kamis, 6 Juli 2017 14:05:43 Catatan Ramadan Mentan Amran, harga bawang tinggi walau sudah impor

    Catatan Ramadan Mentan Amran, harga bawang tinggi walau sudah impor. Sementara itu, untuk harga daging, Menteri Amran mengimbau masyarakat untuk bisa beralih mengonsumsi daging beku yang lebih murah. Sebab, stok daging segar belum terlalu banyak sehingga tidak bisa memenuhi permintaan yang tinggi.

  • Kamis, 6 Juli 2017 12:31:44 Perluasan 2.200 hektar kawasan industri Konawe gerus lahan pertanian

    Perluasan 2.200 hektar kawasan industri Konawe gerus lahan pertanian. Evaluasi tersebut tidak akan berlangsung lama agar pembangunan KIK bisa dilaksanakan secepatnya. Menteri Amran menawarkan solusi penggantian lahan dengan luas yang sama di lokasi berbeda.

  • Senin, 3 Juli 2017 17:06:19 Kestabilan harga pangan Lebaran 2017 diklaim terbaik dalam 10 tahun

    Kestabilan harga pangan Lebaran 2017 diklaim terbaik dalam 10 tahun. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengapresiasi atas kinerja seluruh pihak dalam mewujudkan stabilitas harga pangan terutama pada Lebaran 2017. Menteri Amran mengatakan Indonesia berhasil mencapai peringkat 21 dalam Indeks Keberlanjutan Pangan.

  • Kamis, 22 Juni 2017 17:32:12 Stabilkan harga pangan saat Ramadan, mendag & mentan dipuji Jokowi

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji kinerja Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang dinilai berhasil menstabilkan harga kebutuhan pokok di Ramadan 2017. Selain dua menteri tersebut, Jokowi juga mengapresiasi kinerja Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.