Andi Amran Sulaiman

Andi Amran Sulaiman

ARSIP BERITA
  • Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman berkomitmen untuk dapat menghentikan impor benih dan bibit pangan guna mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan nasional. Amran menegaskan benih dan bibit memiliki peran strategis dalam mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan nasional.

  • Kementerian Pertanian telah menetapkan pemberian asuransi kepada para petani padi yang mengalami gagal panen atau yang rusak tanamannya, baik yang diserang hama maupun bencana seperti kekeringan dan banjir. Program sangat dirasakan oleh petani.

  • Amran menjelaskan, yang menjadi fokus Kementerian Pertanian adalah bagaimana mengatur tata niaga dan rantai pasokan beras.

  • Menteri Pertanian Amran Sulaiman melantik dua pejabat setara eselon satu yakni Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) dan Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP). Momon Rusmono diangkat sebagai Kepala BPPSDMP dan Agung Hendriadi menjadi Kepala BKP.

  • Pemerintahan Jokowi-JK bercita-cita mewujudkan swasembada sejumlah komoditas pangan strategis, seperti padi, jagung dan kedelai (Pajale), dapat tercapai dalam waktu tiga tahun. Dalam mencapai target ambisius tersebut, pemerintah telah meningkatkan anggaran secara signifikan.

  • Menteri Pertanian Amran Sulaiman menargetkan peningkatkan produktivitas kopi domestik menjadi 1 ton per hektare. Dengan angka tersebut, Indonesia dapat memposisikan sebagai produsen kopi terbesar dunia setelah Brazil dan Vietnam. Menteri Amran menyebutkan Indonesia mempunyai kebun kopi seluas 1,2 juta hektare.

  • Catatan Ramadan Mentan Amran, harga bawang tinggi walau sudah impor. Sementara itu, untuk harga daging, Menteri Amran mengimbau masyarakat untuk bisa beralih mengonsumsi daging beku yang lebih murah. Sebab, stok daging segar belum terlalu banyak sehingga tidak bisa memenuhi permintaan yang tinggi.

  • Perluasan 2.200 hektar kawasan industri Konawe gerus lahan pertanian. Evaluasi tersebut tidak akan berlangsung lama agar pembangunan KIK bisa dilaksanakan secepatnya. Menteri Amran menawarkan solusi penggantian lahan dengan luas yang sama di lokasi berbeda.

  • Kestabilan harga pangan Lebaran 2017 diklaim terbaik dalam 10 tahun. Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengapresiasi atas kinerja seluruh pihak dalam mewujudkan stabilitas harga pangan terutama pada Lebaran 2017. Menteri Amran mengatakan Indonesia berhasil mencapai peringkat 21 dalam Indeks Keberlanjutan Pangan.

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji kinerja Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman yang dinilai berhasil menstabilkan harga kebutuhan pokok di Ramadan 2017. Selain dua menteri tersebut, Jokowi juga mengapresiasi kinerja Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian.