PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Basuki Hadimuljono

Foto:

Basuki Hadimuljono


Nama Lengkap : Basuki Hadimuljono

Alias : Mochamad Basoeki Hadimoeljono | Basoeki Hadimoeljono

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Surakarta

Tanggal Lahir : Jumat, 5 November 1954

Zodiac : Scorpion

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Basuki Hadimuljono, pria asal Solo kelahiran 5 November 1954 ini saat ini menjadi salah satu pembantu Presiden Republik Indonesia sebagai Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Kabinet Kerja Jokowi JK periode 2014-2019.

Posisi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini diberikan pada Basuki setelah dirinya sukses menjalankan perannya sebagai Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum sehingga dinilai cakap dan mumpuni mengisi posisi tersebut.

Keberhasilan Basuki Hadimuljono sendiri memang sudah dipupuk sejak dini, mewarisi sikap disiplin dari ayahnya yang berprofesi sebagai anggota TNI Angkatan Darat, Basuki Hadimuljono sukses menyelesaikan pendidikan hingga jenjang S3.

Lulus dari SMA Negeri 5 Surabaya, Basuki langsung melanjutkan pendidikannya ke jenjang Sarjana di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan mengambil jurusan Teknik Geologi. Selepas meraih gelar S1 di tahun 1979, Basuki memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Colorado State University dan membawa gelar Magister dan Doktor Teknik Sipil.

Selepas menimba ilmu hingga mendapat gelar Doktor (S3), Basuki memutuskan untuk kembali ke Tanah Air dan menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum selama periode 2005 hingga 2007. Setelah itu, Basuki tercatat menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum hingga 2013.

Basuki Hadi Muljono juga pernah menjadi Komisaris Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Selain itu, dirinya juga sempat beberapa kali masuk ke media massa kala ditunjuk sebagai anggota tim penanggulangan lumpur Lapindo pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Riset dan analisa oleh Dwi Zain Musofa

PENDIDIKAN
  • S-1 Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • Magister (S2) Colorado State University, Amerika Serikat
  • Doktor (S3) Teknik Sipil, Colorado State University, Amerika Serikat
KARIR
  • Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum periode 2005–2007
  • Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum periode 2007–2013
  • Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum
  • Menteri PU dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Senin, 18 September 2017 06:00:00 4 Fakta menarik soal aspal campur limbah plastik karya anak bangsa

    Penelitian mengenai pemanfaatan limbah plastik untuk bahan campuran aspal sudah dimulai sejak 2008 oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dan diinisiasi dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

  • Sabtu, 16 September 2017 15:00:00 Menteri Basuki: Aspal campur plastik aman, malah tambah perekat jalan

    Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan, campuran aspal dan sampah tidak akan mengurangi kualitas jalan yang dibangun. Sesuai hasil penelitian, campuran tersebut akan memperkuat stabilitas jalan yang dibangun.

  • Sabtu, 16 September 2017 10:08:54 Menko Luhut & Menteri Basuki tinjau langsung aspal bercampur plastik di Bekasi

    Menteri PU-Pera, Basuki Hadimuljono mengatakan, teknologi ini diterapkan pertama kali di jalan lingkungan Universitas Udayana Bali sepanjang kurang lebih 700 meter pada 18-29 Juli 2017. Setelah Bali, Bekasi adalah lokasi kedua penerapan aspal campuran dari limbah plastik.

  • Jumat, 15 September 2017 15:22:39 Menteri Basuki awasi dugaan monopoli proyek infrastruktur oleh BUMN

    Menteri Basuki awasi dugaan monopoli proyek infrastruktur oleh BUMN. Dia menduga proyek kecil yang digarap oleh BUMN dilakukan oleh anak usaha. Menurut Menteri Basuki, sejumlah BUMN Karya seperti Waskita selalu mengerjakan proyek-proyek di atas Rp 300 miliar.

  • Sabtu, 9 September 2017 12:32:59 Menteri Basuki target 5 vanue PON di Papua selesai dibangun 2018

    Menteri Basuki target 5 vanue PON di Papua selesai dibangun 2018. Tahun ini dianggarkan total sekitar Rp 600 miliar untuk pembangunan tersebut. Papua diagendakan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional ke-20 2020. Pelaksanaannya akan disebar di lima cluster yaitu, Jayapura, Timika, Biak, Jayawijaya dan Merauke.

  • Jumat, 8 September 2017 20:00:00 Pembangunan mega proyek jembatan terpanjang Papua rampung tahun depan

    Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono mengatakan untuk proyek infrastruktur jembatan Holtekamp pihaknya mengupayakan percepatan pembangunan, yakni pada akhir tahun ini atau paling lambat 2018 sudah selesai. Jembatan yang berada di Jayapura ini menelan biaya pembangunan mencapai Rp 1,6 triliun.

  • Jumat, 8 September 2017 20:00:00 Pembangunan mega proyek jembatan terpanjang Papua rampung tahun depan

    Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono mengatakan untuk proyek infrastruktur jembatan Holtekamp pihaknya mengupayakan percepatan pembangunan, yakni pada akhir tahun ini atau paling lambat 2018 sudah selesai. Jembatan yang berada di Jayapura ini menelan biaya pembangunan mencapai Rp 1,6 triliun.

  • Selasa, 5 September 2017 14:34:10 MRT dari Timur ke Barat Jakarta dibangun usai 2018

    Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR), Basuki Hadimuljono, mengatakan pemerintah akan membangun Mass Rapid Transit (MRT) tahap II yakni dari Timur ke Barat Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meminta Bappenas memasukkan proyek ini dalam blue book.

  • Selasa, 22 Agustus 2017 18:11:50 Cerita Menteri Basuki soal perusahaan Malaysia tarik investasi dari RI

    Dia bercerita mengenai salah satu perusahaan yang belum mengambil sikap untuk melanjutkan investasi. Yakni perusahaan asal Negeri Jiran, UEM Group Berhard, yang sebelumnya dikabarkan akan menggarap Tol Cileunyi-Tasikmalaya-Cilacap.

  • Selasa, 22 Agustus 2017 17:07:34 Ini pembangunan infrastruktur prioritas pemerintah Jokowi tahun depan

    Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mendapatkan alokasi anggaran tahun 2018 terbesar yakni sebesar Rp 106,9 triliun. Anggaran ini nantinya akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur.