PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Basuki Hadimuljono

Foto:

Basuki Hadimuljono


Nama Lengkap : Basuki Hadimuljono

Alias : Mochamad Basoeki Hadimoeljono | Basoeki Hadimoeljono

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Surakarta

Tanggal Lahir : Jumat, 5 November 1954

Zodiac : Scorpion

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Basuki Hadimuljono, pria asal Solo kelahiran 5 November 1954 ini saat ini menjadi salah satu pembantu Presiden Republik Indonesia sebagai Menteri Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Kabinet Kerja Jokowi JK periode 2014-2019.

Posisi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ini diberikan pada Basuki setelah dirinya sukses menjalankan perannya sebagai Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum sehingga dinilai cakap dan mumpuni mengisi posisi tersebut.

Keberhasilan Basuki Hadimuljono sendiri memang sudah dipupuk sejak dini, mewarisi sikap disiplin dari ayahnya yang berprofesi sebagai anggota TNI Angkatan Darat, Basuki Hadimuljono sukses menyelesaikan pendidikan hingga jenjang S3.

Lulus dari SMA Negeri 5 Surabaya, Basuki langsung melanjutkan pendidikannya ke jenjang Sarjana di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dengan mengambil jurusan Teknik Geologi. Selepas meraih gelar S1 di tahun 1979, Basuki memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya di Colorado State University dan membawa gelar Magister dan Doktor Teknik Sipil.

Selepas menimba ilmu hingga mendapat gelar Doktor (S3), Basuki memutuskan untuk kembali ke Tanah Air dan menjabat sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum selama periode 2005 hingga 2007. Setelah itu, Basuki tercatat menjabat sebagai Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum hingga 2013.

Basuki Hadi Muljono juga pernah menjadi Komisaris Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Selain itu, dirinya juga sempat beberapa kali masuk ke media massa kala ditunjuk sebagai anggota tim penanggulangan lumpur Lapindo pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Riset dan analisa oleh Dwi Zain Musofa

PENDIDIKAN
  • S-1 Teknik Geologi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
  • Magister (S2) Colorado State University, Amerika Serikat
  • Doktor (S3) Teknik Sipil, Colorado State University, Amerika Serikat
KARIR
  • Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum periode 2005–2007
  • Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum periode 2007–2013
  • Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum
  • Menteri PU dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Senin, 17 Juli 2017 21:15:59 Pemerintah pastikan tak ada tol Kulon Progo-Borobudur, ini alasannya

    Pemerintah pastikan tak ada tol Kulon Progo-Borobudur, ini alasannya. Menteri Basuki melanjutkan untuk pembangunan jalan tol dari Bandara Internasional, Kulon Progo ke Kota Yogyakarta tetap diperlukan. Dengan tujuan masyarakat atau wisatawan yang tiba di bandara itu bisa menikmati objek wisata di Yogyakarta.

  • Senin, 17 Juli 2017 15:12:48 Jalan perbatasan Kalimantan & NTT ditarget rampung 2019

    Perbatasan Kalimantan & NTT jadi prioritas pembangunan infrastruktur. Tujuannya untuk mendukung perekonomian masyarakat di kawasan garda terdepan negara ini. Selain untuk memperkuat kesatuan, persatuan serta keamanan dan pertahanan negara, prioritas pembangunan jalan paralel di perbatasan untuk meningkatkan ekonomi.

  • Minggu, 9 Juli 2017 07:00:00 4 Fakta pembangunan jalan dari sampah plastik, dimulai dari Bekasi

    4 Fakta pembangunan jalan dari sampah plastik, dimulai dari Bekasi. Sampah plastik di laut saat ini telah menimbulkan kerugian sebesar USD 1,2 miliar di bidang perikanan, perkapalan, pariwisata dan bisnis asuransi. Harus diakui, hingga saat ini, Indonesia masih memiliki masalah dalam pengelolaan sampah plastik.

  • Jumat, 7 Juli 2017 17:11:33 Menteri Basuki sebut Bekasi jadi uji coba aspal sampah plastik

    Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono berencana akan memanfaatkan sampah plastik dalam pembangunan jalan di Indonesia. Balitbang Kementerian PU-Pera sudah melakukan penelitian dan percobaan terhadap pemanfaatan sampah tersebut.

  • Kamis, 22 Juni 2017 08:00:00 Profesi ini diprioritaskan dapat rumah murah dari Jokowi

    Pemerintah telah menyelesaikan proyek pembangunan 240.000 rumah murah di seluruh Indonesia. Ini sekaligus untuk mendukung program sejuta rumah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Rencananya tahun ini pemerintah akan membangun 700.000 unit rumah murah di seluruh Indonesia.

  • Senin, 19 Juni 2017 15:14:14 Menteri Basuki pastikan tol Becakayu baru dibuka usai Lebaran

    Menteri Basuki pastikan tol Becakayu baru dibuka usai Lebaran. Padahal, sebelumnya, tol tersebut rencananya dibuka pada 18 Juni atau sepekan menjelang Lebaran. Menurutnya, hal ini dikarenakan masih harus ada proses uji laik fungsi dari jalan tol tersebut.

  • Sabtu, 10 Juni 2017 10:18:46 Akhir pekan, Menteri Basuki cek kondisi tol dari Jakarta sampai Solo

    Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR), Basuki Hadimuljono, meninjau kantong parkir, jalan non-tol dan tol untuk memastikan kesiapan infrastruktur itu menyambut arus mudik dan balik Lebaran 2017. Menteri Basuki mengatakan saat ini persiapan infrastruktur sudah sangat memadai dan siap untuk dilalui.

  • Senin, 29 Mei 2017 14:34:10 Persiapan Asian Games, renovasi GBK sudah 86 persen selesai Oktober

    Persiapan Asian Games, renovasi GBK sudah 86 persen selesai Oktober. Mantan Direktur Jenderal Penataan Ruang Kementerian Pekerjaan Umum ini menyebut, ada dua venue yang akan selesai pada Juni ini yakni lapangan hoki dan lapangan Sepak Bola ABC.

  • Kamis, 13 April 2017 12:29:27 Basuki: Jembatan panjang kereta cepat Jakarta-Bandung sangat rawan

    Jembatan panjang yang akan dibangun untuk jalur Kereta Cepat Jakarta-Bandung wajib mendapat sertifikasi dari Komisi Keamanan Jembatan Panjang. Sertifikat diperlukan untuk menjamin keamanan serta keselamatan mengingat jalur tersebut sangat rawan, baik secara geologi teknik, topografi dan morfologinya.

  • Rabu, 5 April 2017 12:59:06 Empat Menteri Jokowi kompak kunjungan kerja ke Medan

    Bersama dengan Jaksa Agung HM Prasetyo dan Gubernur Sumatera Utara Erry Nuradi, ke empat menteri tersebut meresmikan pemasangan tiang pancang (ground breaking) peremajaan Rumah Susun Sukaramai, di pusat Kota Medan.