PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Boy Rafli Amar

Foto:

Boy Rafli Amar


Nama Lengkap : Boy Rafli Amar

Alias : Boy Rafli

Profesi : Tokoh Kepolisian

Tempat Lahir : Madiun

Tanggal Lahir : Jumat, 7 Oktober 1960

Zodiac : Balance

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Dari seluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri), boleh jadi nama Boy Rafli Ahmad-lah yang paling banyak didengar dan dibaca publik di berbagai media elektronik maupun cetak. Apalagi jabatannya sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum Polri mengharuskannya menjadi juru bicara kepada publik untuk berbagai kasus yang ditangani pihak berwajib, khususnya Mabes Polri.

Dia mengawali karirnya sebagai polisi di Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 sebagai Inspektur Dua (Ipda). Sejak tahun 1991, pangkatnya naik setingkat menjadi Inspektur Satu (Iptu).

Dan sejak saat itu, karir Boy terus menanjak. Hingga di tahun 1999, dengan pangkat melati satu di pundaknya atau Komisaris. Di tahun itu pula, pria penggemar gado-gado ini berangkat ke Bosnia sebagai Wakil Komandan Kontingen Garuda XIV.

Boy sempat muncul di berbagai media, memberikan komentar atas berbagai kasus, termasuk kasus Negara Islam Indonesia (NII), perseteruan Kostrad dan Brimob, Geng Motor, video porno mirip anggota DPR, kartu Inafis, dan TKI korban penembakan polisi Malaysia.

Riset dan analisa oleh Ellyana Mayasari.

PENDIDIKAN
  • Akademi Kepolisian, 1988
KARIR
  • Kapoltabes Padang
  • Kabid Humas Polda Metro Jaya (2009)
  • Kabagpenum Ropenmas Divhumas POLRI (2010)
  • Karopenmas Divhumas POLRI (2012)
  • Inspektur Dua (Ipda)
  • Inspektur Satu (Ipsu)
PENGHARGAAN
  • Tanda jasa Satya Lencana Kesetiaan
SOCIAL MEDIA
Twitter: @boyrafliamar

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 17 November 2017 06:04:00 Kesulitan TNI dan Polri bebaskan dua desa di papua dari KKB

    Boy menjelaskan, daerah yang sengaja diisolasi tersebut digunakan sebagai titik kumpul anggota KKB. Selain itu, kondisi jalan yang dirusak tersebut, kata Boy, akan mempersulit proses evakuasi warga dan perlu untuk diperbaiki terlebih dahulu.

  • Selasa, 14 November 2017 06:45:00 Pengakuan Komandan Tentara Papua Barat yang kepung warga di Tembagapura

    Pengakuan Komandan Tentara Papua Barat yang kepung warga di Tembagapura. Dia membantah sengaja menargetkan warga kampung untuk disandera. Menurut Hendrik warga kampung tak sengaja terjebak karena dua dusun itu berada dekat wilayah konflik.Walau begitu dia mengaku belum mengizinkan warga non-Papua meninggalkan dusun.

  • Senin, 6 November 2017 00:34:00 Kapolda Papua sebut aksi kelompok bersenjata makin brutal, bakar kios warga

    Kapolda Papua sebut aksi kelompok bersenjata makin brutal. Sebab sasarannya termasuk warga lokal. Terbaru, mereka melakukan pembakaran rumah yang sekaligus dijadikan kios di sekitar Utikini. Mereka juga disebut mengambil barang milik warga yang dijual, terutama sembako.

  • Selasa, 22 Agustus 2017 08:31:00 Kapolda Papua minta eks karyawan Freeport yang demo tempuh jalur hukum

    Boy mengatakan sekitar 8.100 eks karyawan Freeport dan perusahaan subkontraktornya masih memiliki anggapan bahwa mereka diberhentikan alias PHK secara sepihak oleh perusahaan.

  • Selasa, 22 Agustus 2017 08:17:00 Cari pelaku anarkis demo Freeport, polisi lihat CCTV

    Boy menegaskan saat ini jajarannya terus melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap peristiwa unjuk rasa yang berujung aksi anarkis oleh sekelompok masyarakat bekas karyawan PT Freeport dan perusahaan subkontraktornya pada Sabtu (19/8) siang.

  • Senin, 21 Agustus 2017 15:10:47 Ini inisial 6 mantan karyawan Freeport yang jadi tersangka demo rusuh

    Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli menyebut sudah ada puluhan saksi yang diperiksa terkait demonstrasi yang berujung anarkis oleh karyawan PT Freeport Indonesia. Aksi tersebut terjadi pada Sabtu (19/8) lalu di Timika Papua, tepatnya di Check Point 28.

  • Jumat, 11 Agustus 2017 08:40:00 Kapolda Papua sebut Kapolsek Tigi Iptu MR langgar protap di Deiyai

    Polda Papua dalam waktu dekat akan segera menggelar sidang Kode Etik Profesi dan Pengamanan kepada sembilan anggota Polri yang terlibat kasus penembakan di Deiyai tersebut.

  • Jumat, 28 April 2017 13:25:55 Jadi Kapolda baru, Boy prioritaskan redam konflik horizontal Papua

    Jadi Kapolda baru, Boy prioritaskan redam konflik horizontal Papua. Untuk meredam konflik itu, mantan Kapolda Banten ini akan sering mengajak semua elemen masyarakat berdialog. Dia yakin dialog dan diskusi efektif meredam konflik horizontal.

  • Selasa, 25 April 2017 16:07:52 Polri masih matangkan informasi soal penyiraman Novel Baswedan

    Polri masih matangkan informasi soal penyiraman Novel Baswedan. Dikatakan Boy, semua informasi yang didapat oleh kepolisian terus dikembangkan penyidik. Terpenting, kata Boy, penyidik terus bergerak mengungkap pelaku penyiraman tersebut.

  • Selasa, 18 April 2017 15:38:59 Rotasi Polri, Irjen Boy Rafli Amar jadi Kapolda Papua

    Sementara, yang mengisi posisi Kadiv Humas Polri yakni Irjen Pol Setyo Wasisto. Sebelumnya, Irjen Pol Setyo Wasisto menjabat sebagai Wakaba Intelkam Polri.