PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Boy Rafli Amar

Foto:

Boy Rafli Amar


Nama Lengkap : Boy Rafli Amar

Alias : Boy Rafli

Profesi : Tokoh Kepolisian

Tempat Lahir : Madiun

Tanggal Lahir : Jumat, 7 Oktober 1960

Zodiac : Balance

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Dari seluruh anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri), boleh jadi nama Boy Rafli Ahmad-lah yang paling banyak didengar dan dibaca publik di berbagai media elektronik maupun cetak. Apalagi jabatannya sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum Polri mengharuskannya menjadi juru bicara kepada publik untuk berbagai kasus yang ditangani pihak berwajib, khususnya Mabes Polri.

Dia mengawali karirnya sebagai polisi di Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 sebagai Inspektur Dua (Ipda). Sejak tahun 1991, pangkatnya naik setingkat menjadi Inspektur Satu (Iptu).

Dan sejak saat itu, karir Boy terus menanjak. Hingga di tahun 1999, dengan pangkat melati satu di pundaknya atau Komisaris. Di tahun itu pula, pria penggemar gado-gado ini berangkat ke Bosnia sebagai Wakil Komandan Kontingen Garuda XIV.

Boy sempat muncul di berbagai media, memberikan komentar atas berbagai kasus, termasuk kasus Negara Islam Indonesia (NII), perseteruan Kostrad dan Brimob, Geng Motor, video porno mirip anggota DPR, kartu Inafis, dan TKI korban penembakan polisi Malaysia.

Riset dan analisa oleh Ellyana Mayasari.

PENDIDIKAN
  • Akademi Kepolisian, 1988
KARIR
  • Kapoltabes Padang
  • Kabid Humas Polda Metro Jaya (2009)
  • Kabagpenum Ropenmas Divhumas POLRI (2010)
  • Karopenmas Divhumas POLRI (2012)
  • Inspektur Dua (Ipda)
  • Inspektur Satu (Ipsu)
PENGHARGAAN
  • Tanda jasa Satya Lencana Kesetiaan
SOCIAL MEDIA
Twitter: @boyrafliamar

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Rabu, 15 Maret 2017 15:34:56 Polri petakan lokasi spanduk larangan mensalatkan jenazah

    Polri petakan lokasi spanduk larangan mensalatkan jenazah. Kepolisian Republik Indonesia telah menerjunkan intelijen untuk melakukan pemetaan ke sejumlah lokasi yang memasang spanduk larangan mensalatkan jenazah umat Islam pendukung salah satu calon Gubernur yang dianggap menistakan agama.

  • Rabu, 15 Maret 2017 11:45:00 Polri cek kabar Bahrumsyah pentolan ISIS Indonesia tewas di Suriah

    Polri cek kabar Bahrumsyah pentolan ISIS Indonesia tewas di Suriah. Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar belum bisa memastikan kebenaran kabar tersebut. Perlu dilakukan identifikasi yang mendalam untuk memastikan kebenaran dari kabar tersebut.

  • Rabu, 22 Februari 2017 10:53:06 Akses terbatas, Polri kesulitan temui Siti Aisyah di Malaysia

    Kendati begitu, diakui Boy, Indonesia sudah menyiapkan tim advokasi untuk Siti.

  • Rabu, 22 Februari 2017 13:52:16 Beri edukasi netizen, Divisi Humas Polri bentuk Biro Multimedia

    Beri edukasi netizen, Divisi Humas Polri bentuk Biro Multimedia. "Biro Multimedia dibentuk untuk menghadapi perubahan yang terjadi, yaitu dunia maya yang saat ini sangat didominasi peningkatan pengguna media sosial yang lazim disebut netizen," kata Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar.

  • Jumat, 10 Februari 2017 14:24:04 KTP palsu dari Kamboja buat timbulkan ketidakpercayaan pada KPU

    KTP palsu dari Kamboja buat timbulkan ketidakpercayaan pada KPU. Kepolisian Republik Indonesia saat ini masih menyelidiki terkait kasus Kartu Tanda Penduduk (KTP) palsu yang ditemukan oleh anggota komisi II DPR RI saat inspeksi mendadak (sidak) ke kantor Bea dan Cukai Bandara Soekarno Hatta, Kamis (7/2) kemarin.

  • Kamis, 2 Februari 2017 12:56:59 Polri ajak masyarakat hindari konflik jelang Pilkada

    Polri berharap keamanan penyelenggaraan Pilkada tetap terjaga sampai akhir pemungutan suara. Polri meminta semua pihak tidak melakukan hal-hal yang memicu terjadinya konflik.

  • Kamis, 19 Januari 2017 14:33:09 Asal mula Bareskrim usut dugaan korupsi bansos yang menyeret Sylvi

    Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar menjelaskan asal mula kasus ini. Dia mengatakan, kasus ini muncul setelah adanya temuan audit dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Keterangan dari Sylviana diyakini membuat terang kasus ini menjadi terang benderang.

  • Rabu, 18 Januari 2017 16:31:09 Polri ogah jadi mediator antara Rizieq dengan Megawati

    Polri ogah jadi mediator antara Rizieq dengan Megawati. Kadiv Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar dengan tegas mengatakan bila persoalan yang berkaitan dengan hukum polisi tidak bisa diajak berunding. Semua ada proses yang harus ditempuh.

  • Rabu, 18 Januari 2017 15:11:58 Tembak mati bandar narkoba, Polri sebut 'Tindakan tegas itu harus'

    Tindakan tegas menembak mati bandar termasuk merilisnya di kamar jenazah sebagai pesan kepada para gembong narkoba lainnya. Siapa pun yang mencoba menyelundupkan dan mengedarkan narkoba ke Indonesia bakal ditindak tegas.

  • Rabu, 18 Januari 2017 13:33:41 Alasan Polri perbolehkan Kapolda Jabar jadi pembina ormas GMBI

    Boy menjelaskan, setiap warga sipil dan juga aparat penegak hukum memiliki tujuan yang sama, yakni untuk membina masyarakat agar lebih taat pada hukum. Sehingga, lanjutnya apapun yang dilakukan tak menyimpang dari aturan.