PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Davomas Abadi

Foto:

Davomas Abadi


Nama Lengkap : Davomas Abadi

Alias : No Alias

Profesi : Perusahaan

Warga Negara : Tangerang, Jawa Barat


No Relation
BIOGRAFI

PT. Davomas Abadi Tbk merupakan produsen kakao butter dan kakao powder terkemuka di Indonesia. Sejak didirikan untuk pertama kali pada tahun 1990, perusahaan ini telah menerapkan standar produksi yang mengacu pada standar nasional maupun internasional. Dengan ini hasil produksi perusahaan tidak hanya dapat memenuhi pasaran nasional saja, namun telah berhasil merambah hingga pasaran internasional. Bermula dari wacana yang berasal dari pendiri perusahaan untuk memperluas potensi agribisnis yang ada di Indonesia, pada era tahun 1990-an perusahaan kemudian melakukan penelitian menyeluruh untuk industri cokelat. Penelitian ini terpusat mulai dari perkebunan cokelat, pengolahan biji cokelat menjadi mentega dan bubuk hingga proses pembuatan permen cokelat, kosmetik dan produk cokelat lainnya.

Berangkat dari hal tersebut, perusahaan kemudian memutuskan untuk memulai untuk memproses produk setengah jadi yakni kakao butter dan kakao powder. Alasan pemilihan produk tersebut karena dianggap kurang terkena fluktuasi harga bila dibandingkan dengan produsen biji cokelat dan proses pemasaran-nya lebih murah bila dibandingkan dengan produsen permen cokelat. Dengan tekad dan komitmen yang kuat, perusahaan kemudian menjelma menjadi salah satu produsen kakao butter dan kakao powder terbesar di Indonesia dengan menerapkan teknologi yang maju dalam produksi. Perkembangan perusahaan semakin pesat, hal ini dapat tercapai karena terus menjaga hubungan baik perusahaan dengan pelanggan dan pemasok produk. Pada bulan Desember 1994 perusahaan telah melakukan penawaran umum perdana dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta.

Produk utama yang dihasilkan perusahaan ini adalah kakao butter dan kakao powder. Kakao butter merupakan merupakan bahan utama dalam produksi coklat yang biasanya dipakai dalam produk farmasi dan kosmetik. Sedangkan, Kakao powder merupakan bahan yang dipakai dalam produksi makanan cokelat. Bahan ini digunakan untuk memberikan rasa cokelat dan pewarna pada makanan. Dibantu dengan fasilitas produksi yang berpusat di Tangerang, Jawa Barat yang mampu menghasilkan kapasitas produksi hingga mencapai 100.800 metrik ton per tahun-nya. Pendapatan perusahaan semakin meningkat, terbukti pada tahun 2006 saja perusahaan telah berhasil mencatat pendapatan bersih sebesar Rp 1,656.6 miliar yang meningkat 47,8% pada tahun sebelumnya. Dengan visi "menjadi perusahaan yang memproduksi kakao independen terkemuka dengan menghasilkan produk kelas dunia yang memenuhi pertumbuhan pelanggan di seluruh dunia", perusahaan ini telah menjalankan peran-nya sebagai produsen kakao yang berkembang dengan cepat guna memimpin pasar domestik dan memiliki reputasi yang baik di pasar internasional.

Riset dan analisa oleh Tryning Rahayu Setya W.

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
    Data Kosong