PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Dewan Perwakilan Rakyat

Foto:

Dewan Perwakilan Rakyat


Nama Lengkap : Dewan Perwakilan Rakyat

Alias : DPR

Profesi : Lembaga


No Relation
BIOGRAFI

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia atau Dewan Perwakilan Rakyat (disingkat DPR-RI atau DPR) adalah salah satu lembaga tinggi negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia yang merupakan lembaga perwakilan rakyat. DPR terdiri atas anggota partai politik peserta pemilihan umum yang dipilih melalui pemilihan umum. Gedung DPR/MPR terletak di Jakarta Utara, dibangun sejak tanggal 1965 dan selesai pada 1968 dan selesai disempurnakan pada tahun 1983. Memiliki Tinggi 100 meter dan luas 80.000 meter persegi dan dirancang oleh Soejoedi Wirjoatmodjo.

DPR mempunyai tiga fungsi, yaitu fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan. Fungsi Legislasi dilaksanakan untuk membentuk undang-undang bersama presiden. Fungsi anggaran dilaksanakan untuk membahas dan memberikan persetujuan atau tidak memberikan persetujuan terhadap rancangan undang-undang tentang APBN yang diajukan oleh Presiden. Fungsi pengawasan dilaksanakan melalui pengawasan atas pelaksanaan undang-undang dan APBN.

Anggota DPR tidak boleh merangkap jabatan sebagai pejabat negara lainnya, hakim pada badan peradilan, pegawai negeri sipil, anggota TNI/Polri, pegawai pada BUMN/BUMD atau badan lain yang anggarannya bersumber dari APBN/APBD. Anggota DPR juga tidak boleh melakukan pekerjaan sebagai pejabat struktural pada lembaga pendidikan swasta, akuntan publik, konsultan, advokat/pengacara, notaris, dokter praktik dan pekerjaan lain yang ada hubungannya dengan tugas, wewenang, dan hak sebagai anggota DPR.

Riset dan analisis: Anugrah Yogi Pranata

Last Update 18/3/2014

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Selasa, 21 November 2017 08:02:00 Saat Setya Novanto diminta sadar diri segera mundur dari ketua DPR

    Posisi Setya Novanto sebagai ketua DPR menjadi sorotan setelah tersangka kasus pengadaan e-KTP itu menjadi penghuni rumah tahanan KPK. Sejumlah pihak mendesak Setnov segera mundur dari jabatannya agar tidak memperburuk citra DPR.

  • Minggu, 27 Agustus 2017 15:30:00 DPR: Sangat ironis gula impor laku di pasaran, tapi gula hasil petani tidak

    Ketua Komisi IV DPR RI, Edhy Prabowo mengatakan menumpuknya gula hasil petani sebanyak ribuan ton di berbagai daerah harus segera disikapi serius oleh pemerintah, demi kelangsungan hajat hidup para petani gula. Menurutnya, regulasi yang dikeluarkan harus memudahkan dan menguntungkan petani.

  • Minggu, 27 Agustus 2017 10:33:44 DPR sebut KPK harus contoh pemberantasan korupsi Korsel dan Thailand

    Apalagi KPK masih punya utang janji terkait penuntasan kasus besar seperti Bank Century dan kasus BLBI.

  • Sabtu, 27 Mei 2017 20:00:00 Menko Polhukam minta DPR segera bahas revisi dan sahkan UU Terorisme

    Dia berharap DPR segera merampungkan revisi terhadap UU terorisme agar menjadi pegangan yang kuat dalam memerangi tindak radikal yang ada. Apalagi Indonesia menjadi sasaran yang empuk di antara negara lain yang telah memiliki UU terorisme yang sangat kuat.

  • Senin, 17 April 2017 16:55:29 Setjen belum terima surat protes pimpinan DPR soal cekal Setnov

    Setjen belum terima surat protes pimpinan DPR soal cekal Setnov. Pihak setjen membantah tengah melakukan kajian terkait surat protes pencekalan Ketua Umum Partai Golkar itu sebelum dikirimkan kepada Presiden.

  • Senin, 17 April 2017 12:50:12 KPK gunakan dua UU untuk cekal Ketua DPR Setya Novanto

    KPK gunakan dua UU untuk cekal Ketua DPR Setya Novanto. Febri menjelaskan, KPK meminta Ditjen Imigrasi mencekal Setnov demi kepentingan proses penyidikan tersangka Andi Agustinus atau Andi Narogong. Untuk itu, dia menilai langkah pencekalan sudah tepat meski Setnov masih berstatus sebagai saksi.

  • Senin, 17 April 2017 11:59:17 Agus Rahardjo tak hadir, Komisi III DPR tunda rapat dengan KPK

    Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi III DPR dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ditunda hingga pukul 19.30 WIB. Penundaan ini dikarenakan Ketua KPK Agus Rahardjo belum hadir. Dalam rapat ini, hadir 4 pimpinan KPK, yakni Laode M Syarif, Basaria Pandjaitan, Alexander Marwata dan Saut Situmorang.

  • Jumat, 3 Februari 2017 14:35:32 DPR ragukan profesionalisme hakim dan jaksa sidang Ahok

    Menurut politisi PAN ini, seharusnya Majelis Hakim dan JPU bisa menegur kuasa hukum Ahok karena pertanyaan di luar pokok perkara.

  • Senin, 26 Desember 2016 18:02:00 Golkar sebut penambahan pimpinan DPR kesepakatan lama

    Idrus Marham sebut penambahan pimpinan DPR kesepakatan lama. Idrus mengatakan, salah satu kesepakatan yang dicapai yakni memberikan satu kursi alat kelengkapan dewan (AKD), pimpinan DPR kepada kubu KIH.

  • Sabtu, 22 Oktober 2016 17:00:00 DPR minta KKP tak hanya tangani pencurian ikan ilegal

    KKP juga harus fokus dalam melakukan pembinaan nelayan, pelestarian ekosistem laut, serta perbaikan infrastruktur pelabuhan dan kapal tangkap ikan. Sebab, memerangi pencurian ikan di laut Indonesia bisa dilimpahkan kepada aparat penegak hukum seperti Polri dan TNI AL.