PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Djan Faridz

Foto:

Djan Faridz


Nama Lengkap : Djan Faridz

Alias : Djan | Faridz

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Jakarta

Tanggal Lahir : Sabtu, 5 Agustus 1950

Zodiac : Leo

Warga Negara : Indonesia


Istri : Nini Widjaja
BIOGRAFI

Djan Faridz dilahirkan di Jakarta dari pasangan Mohammad Djan dan Aisha Djan. Dia menempuh pendidikan pada sekolah SD St. Fransiskus lalu SMP Kanisius dan SMA Negeri 2 Jakarta (1966-1969). Setelah itu melanjutkan pendidikannya di Universitas Tarumanagara, dia lulus dengan gelar sarjana arsitektur

Usaha Faridz pertama adalah bengkel las, lama-kelamaan dia mulai menjual barang untuk bangunan. Pada  1996 Faridz mendirikan PT Dizamatra Powerindo, sebuah kontraktor swasta yang pernah digunakan Pertamina. Dia juga pernah bermain dalam usaha spekulasi tanah, dan pernah menjadi anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia.

Karir politiknya dimulai pada 2004,saat itu Faridz menjadi anggota Nahdlatul Ulama (NU). Baru pada 2009 dia menjadi bendahara NU cabang Jakarta. Di tahun yang sama Faridz terpilih sebagai wakil Jakarta di Dewan Perwakilan Daerah dengan mengumpulkan suara sebanyak 200.000, yang membuat dia menjadi kandidat nomor tiga. Sebagian besar dukungannya adalah dari NU dan pengusaha lain. Sebagai anggota DPD, dia mengutamakan pelestarian budaya Betawi dan meningkatkan kemampuan ekonomi Jakarta,dengan mengutamakan pasar tradisional.

Pada tanggal 17 Oktober 2011 dia terpilih sebagai menteri perumahan rakyat, yang kemudian membuat dia mengundurkan diri dari pemilihan Gubernur Jakarta. Karir politiknya makin merangkak. Pada 2011 dia terpilih sebagai kepala cabang NU di Jakarta sampai dengan tahun 2014. Sebagai menteri perumahan rakyat, dia mempunyai visi memberikan inspirasi, gagasan, dan tindakan yang tepat terhadap dinamika modernitas kehidupan dan atmosfir relijius bagi kehidupan Warga Jakarta dan kemajuan kota Jakarta.

Selain itu Djan mempunyai misi diantaranya mengembangkan rancangan kebijakan (perundangan) yang relevan untuk mengatur rancang bangun tata ruang perkotaan bagi Jakarta dalam kedudukannya sebagai Kota Internasional. Lalu pemanfaatan potensi sumber daya geografis dan sumber daya ekonomi bagi kemakmuran warga Jakarta. Dari sisi budaya dan ekonomi juga dia  angkat melalui pengayoman warga Betawi mencakup atmosfir kehidupan religius, konservasi nilai budaya Betawi, dan potensi sosial ekonomi warga yang tangguh dan adaptif terhadap dinamika Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan pusat perekonomian nasional.

Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

PENDIDIKAN
  • Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Tarumanegara
KARIR
  • Direktur Utama PT Priamanaya Djan International 1996 hingga sekarang.
  • Menteri Perumahan 2009-2014.
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 15 Juni 2017 21:14:28 Kubu Romi tawarkan Djan Faridz pilih jabatan di PPP selain ketum

    Kubu Romi tawarkan Djan Faridz pilih jabatan di PPP selain ketum. Arsul menambahkan hingga kini dia masih berkomunikasi apakah pasca putusan PTUN tersebut akan mengakomodasi kubu Djan dalam kepengurusan Romi misalnya. Dia pun menegaskan semua bisa dibicarakan untuk mencari jalan tengahnya.

  • Kamis, 15 Juni 2017 13:08:37 Kader PPP minta Djan dan Romy tiru Golkar selesaikan konflik

    Romy berencana mengajak kubu Djan untuk bergabung usai PTUN DKI Jakarta memenangkan kepengurusan hasil Muktamar VIII Pondok Gede. Dimyati menyambut baik ajakan tersebut. Namun, Romy diminta segera menemui Djan untuk mencari solusi terbaik.

  • Jumat, 12 Mei 2017 20:09:07 Romahurmuziy anggap Majelis Penyelamat PPP lucu dan malu-maluin

    Romahurmuziy anggap Majelis Penyelamat PPP lucu dan malu-maluin. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membentuk Majelis Penyelamat Partai dengan tujuan agar dua kubu yaitu kubu Romahurmuziy (Romi) dan kubu Djan Faridz dapat bersatu.

  • Jumat, 12 Mei 2017 20:09:07 Romahurmuziy anggap Majelis Penyelamat PPP lucu dan malu-maluin

    Romahurmuziy anggap Majelis Penyelamat PPP lucu dan malu-maluin. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) membentuk Majelis Penyelamat Partai dengan tujuan agar dua kubu yaitu kubu Romahurmuziy (Romi) dan kubu Djan Faridz dapat bersatu.

  • Rabu, 10 Mei 2017 09:56:53 Djarot sebut Djan Faridz dan Prasetio Edi pasang badan buat Ahok

    Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku banyak tokoh rela pasang badan mengajukan penangguhan penahanan buat Basuki T Purnama (Ahok). Mereka menjamin bahwa Ahok tidak akan melarikan diri.

  • Senin, 8 Mei 2017 01:05:00 Ratusan kader PPP Djan Faridz umroh doakan Jokowi presiden 2019-2024

    Ratusan kader PPP umroh doakan Jokowi presiden 2019-2024. Djan menyatakan Presiden Jokowi telah bekerja nyata dengan berpihak kepada rakyat kecil secara merata di seluruh Indonesia.

  • Selasa, 25 April 2017 14:29:23 Dampingi Ahok sidang, Sekjen PDIP minta tak ada intervensi

    Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dan Ketua Umum PPP Djan Faridz menghadiri persidangan kasus dugaan penodaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Pada sidang ke-20 ini, Pengadilan Negeri Jakarta Utara mengagendakan pembacaan nota pembelaan atau pledoi dari Ahok.

  • Kamis, 20 April 2017 14:48:05 Alasan Djan Faridz dampingi Ahok: Kawan lagi susah masa ditinggalin

    Ketua Umum PPP versi Muktamar Ancol, Djan Faridz, terus mendampingi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) usai kalah dalam perhitungan cepat beberapa lembaga survei dalam Pilgub DKI Jakarta. Dia mengatakan, kurang tepat jika meninggalkan‎ teman tengah susah.

  • Rabu, 19 April 2017 17:49:22 Djan Faridz: Perhitungan masih belum selesai, tunggu hasil KPU DKI

    Dalam hitung cepat, pasangan Anies-Sandiaga ungguli Ahok-Djarot.

  • Sabtu, 15 April 2017 21:26:00 Djan Faridz: Jangan gunakan NU untuk berpolitik

    Djan Faridz: Jangan gunakan NU untuk berpolitik. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Djan Faridz menyinggung sikap dukungan Rais Syuriah PWNU DKI KH Mahfudz Aisrun kepada pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno. Menurutnya, Aisrun tidak memiliki hak untuk bicara mewakili NU DKI.