PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Djan Faridz

Foto:

Djan Faridz


Nama Lengkap : Djan Faridz

Alias : Djan | Faridz

Profesi : Birokrat

Agama : Islam

Tempat Lahir : Jakarta

Tanggal Lahir : Sabtu, 5 Agustus 1950

Zodiac : Leo

Warga Negara : Indonesia


Istri : Nini Widjaja
BIOGRAFI

Djan Faridz dilahirkan di Jakarta dari pasangan Mohammad Djan dan Aisha Djan. Dia menempuh pendidikan pada sekolah SD St. Fransiskus lalu SMP Kanisius dan SMA Negeri 2 Jakarta (1966-1969). Setelah itu melanjutkan pendidikannya di Universitas Tarumanagara, dia lulus dengan gelar sarjana arsitektur

Usaha Faridz pertama adalah bengkel las, lama-kelamaan dia mulai menjual barang untuk bangunan. Pada  1996 Faridz mendirikan PT Dizamatra Powerindo, sebuah kontraktor swasta yang pernah digunakan Pertamina. Dia juga pernah bermain dalam usaha spekulasi tanah, dan pernah menjadi anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia.

Karir politiknya dimulai pada 2004,saat itu Faridz menjadi anggota Nahdlatul Ulama (NU). Baru pada 2009 dia menjadi bendahara NU cabang Jakarta. Di tahun yang sama Faridz terpilih sebagai wakil Jakarta di Dewan Perwakilan Daerah dengan mengumpulkan suara sebanyak 200.000, yang membuat dia menjadi kandidat nomor tiga. Sebagian besar dukungannya adalah dari NU dan pengusaha lain. Sebagai anggota DPD, dia mengutamakan pelestarian budaya Betawi dan meningkatkan kemampuan ekonomi Jakarta,dengan mengutamakan pasar tradisional.

Pada tanggal 17 Oktober 2011 dia terpilih sebagai menteri perumahan rakyat, yang kemudian membuat dia mengundurkan diri dari pemilihan Gubernur Jakarta. Karir politiknya makin merangkak. Pada 2011 dia terpilih sebagai kepala cabang NU di Jakarta sampai dengan tahun 2014. Sebagai menteri perumahan rakyat, dia mempunyai visi memberikan inspirasi, gagasan, dan tindakan yang tepat terhadap dinamika modernitas kehidupan dan atmosfir relijius bagi kehidupan Warga Jakarta dan kemajuan kota Jakarta.

Selain itu Djan mempunyai misi diantaranya mengembangkan rancangan kebijakan (perundangan) yang relevan untuk mengatur rancang bangun tata ruang perkotaan bagi Jakarta dalam kedudukannya sebagai Kota Internasional. Lalu pemanfaatan potensi sumber daya geografis dan sumber daya ekonomi bagi kemakmuran warga Jakarta. Dari sisi budaya dan ekonomi juga dia  angkat melalui pengayoman warga Betawi mencakup atmosfir kehidupan religius, konservasi nilai budaya Betawi, dan potensi sosial ekonomi warga yang tangguh dan adaptif terhadap dinamika Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan pusat perekonomian nasional.

Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

PENDIDIKAN
  • Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Tarumanegara
KARIR
  • Direktur Utama PT Priamanaya Djan International 1996 hingga sekarang.
  • Menteri Perumahan 2009-2014.
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 27 Oktober 2017 22:37:00 Gugatan kembali ditolak MK, Djan Faridz diajak gabung kubu Romi

    Awiek mengajak kubu Djan bergabung kembali dan bersatu demi menyambut Pemilu 2019. Sebab, kepengurusan Muktamar Pondok Gede yang dipimpin Romahurmuziy sudah terdaftar sebagai peserta pemilu dan memiliki Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

  • Sabtu, 28 Oktober 2017 07:14:00 Gugatan ditolak MK, kemana langkah politik Djan Faridz berlabuh?

    Romahurmuziy menegaskan, partainya telah terlahir kembali setelah beberapa tahun terakhir dilanda konflik internal berkepanjangan.

  • Senin, 9 Oktober 2017 16:16:04 Sambangi KPU, Ketum PPP Djan Faridz tegaskan kepengurusannya yang sah

    Ketua Umum PPP versi muktamar Jakarta Djan Faridz bersama jajarannya menyambangi Komisi Pemilihan Umum. Tujuan kedatangannya bukan untuk mendaftarkan partai yang dipimpinnya, melainkan berkonsultasi dengan pimpinan KPU terkait surat sah keputusan partai dan Pemilu 2019 mendatang.

  • Minggu, 23 Juli 2017 20:47:27 Gelar Rapimnas, PPP Djan Faridz bantah saingi Mukernas kubu Romi

    Partai Persatuan Pembangunan (PPP) kubu Djan Faridz menggelar Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) di Kantor DPP PPP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (23/7). Rapimnas ini digelar tak lama usai PPP kubu Romahurmuziy menggelar Mukernas di Ancol, Jakarta Utara.

  • Minggu, 23 Juli 2017 21:14:07 Djan pasang badan sampai titik darah penghabisan menangkan Jokowi

    Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hasil Muktamar Jakarta, Djan Faridz menyatakan akan segera menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan dengan Presiden, lanjut Djan, akan menyampaikan dukungan terhadap Jokowi di Pemilihan Presiden tahun 2019.

  • Senin, 24 Juli 2017 03:00:00 Djan Faridz: Saya ributnya dengan Menkum HAM, bukan Romi

    Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sampai saat ini masih mengalami dualisme kepengurusan. Kubu Djan Faridz dan Romahurmuziy saling klaim sebagai kepengurusan yang sah.

  • Kamis, 20 Juli 2017 21:00:28 Romi sebut Djan tak berhak miliki kantor DPP PPP

    Terkait kabar pengambilalihan kantor DPP secara paksa oleh pihaknya, Romi justru membantah. Dia menyebut kabar tersebut hanyalah isu yang dibuat-buat sendiri oleh Djan.

  • Kamis, 20 Juli 2017 20:42:02 Romi: Kalau Pak Djan Farid diajak tidak mau ya kita tinggalkan

    Romi: Kalau Pak Djan Farid diajak tidak mau ya kita tinggalkan. Romi mengaku tak bisa lagi menunggu Djan untuk ikut bergabung dalam kepemimpinannya. Sebab sudah tak ada waktu lagi untuk menunggu Djan bergabung dengan PPP.

  • Kamis, 20 Juli 2017 00:22:56 Kubu Romi sebut Djan Faridz menyewa preman jaga markas PPP

    Kubu Romi sebut Djan Faridz menyewa preman jaga markas PPP. Sekjen PPP hasil muktamar Pondok Gede, Arsul Sani, menepis kabar akan merebut kantor tersebut. Menurut Arsul, isu tersebut sengaja dihembuskan kubu Djan Faridz.

  • Kamis, 6 Juli 2017 14:42:25 Hentikan kisruh, PPP Djan Faridz ogah jadi penonton di Pilgub Jabar

    "‎Kalau PPP diadu-adu terus hukumnya enggak pernah selesai. Lewat ketua umum kita DPP (Djan Faridz) kita ingin selalu bangun komunikasi politik. Dengan tenggat waktu yang ada kita maksimalkan, kalau enggak kita jadi penonton," kata Tatang.