PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Edhie Baskoro Yudhoyono

Foto:

Edhie Baskoro Yudhoyono


Nama Lengkap : Edhie Baskoro Yudhoyono

Alias : Ibas

Profesi : Politisi

Agama : Islam

Tempat Lahir : Bandung

Tanggal Lahir : Senin, 24 November 1980

Zodiac : Sagittarius

Warga Negara : Indonesia


Ayah : Susilo Bambang Yudhoyono
Istri : Siti Rubi Aliya Rajasa
Ibu : Kristiani Herawati
Saudara : Agus Harimurti
BIOGRAFI

Edhie BaskoroYudhoyono ataiu yang akrab disapa Ibas adalah anak kedua dari orang nomor satu Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Namanya santer diberitakan mendekati pemilu tahun 2009 lalu. Sebelumnya, ia tak banyak terlibat dalam politik Indonesia karena sedang menyelesaikan studi di luar negeri. 

Buah jatuh memang tak jauh dari pohonnya. Menjadi anak dari seorang politikus, terlebih lagi presiden yang namanya dikenal seantero jagad, agaknya membuat Ibas lebih mudah menyelami dunia politik dan dapat meraup banyak simpatisan rakyat untuk memilihnya sebagai anggota DPR-RI. Mempunyai pendukung yang banyak dengan latar belakang ilmu politik yang cukup nyatanya mampu mendudukkan suami dari Siti Rubi Aliyah ini anteng di kursi DPR sebagai anggota komisi I yang melingkupi bidang pertahanan, luar negeri, dan informasi. Saat itu, ia berhasil meraup suara terbanyak se-Indonesia sebagai calon anggota DPR-RI.

Lulus dari International Political Economy, Universitas Teknologi Nanyang, Singapura, pada tahun 2007, Ibas tak hanya meniti karir politik dengan menjabat sebagai anggota DPR. Melalui penunjukkan sebagai Ketua Departemen Kaderisasi dan beranjak menjadi Sekretaris Jenderal setelah terpilih saat Kongres II Partai Demokrat, Ibas perlahan mulai mengepakkan sayap seolah menunjukkan bahwa dirinya juga seperti ayahnya, SBY. Tak hanya itu, ia juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Promosi Internasional, Pariwisata, Seni Budaya, dan olahraga periode 2010-2015.

Kini, pria kelahiran Bandung, 24 November 1980 ini menjabat sebagai anggota DPR yang beberapa waktu lalu namanya sempat dicurigai karena ruang kerjanya yang terletak di lantai sembilan Nusantara I diduga mempunyai fasilitas khusus yang tidak sesuai dengan ruang kerja DPR pada umumnya. Bahkan, untuk masuk ke ruangannya tersebut pun harus mengantongi ijin resmi terlebih dahulu. Namun, pemberitaan tersebut sempat disangkal oleh anggota FPD lain yang masih satu komisi dengan Ibas.

Berbicara mengenai kasus Nazaruddin, nama politisi termuda se-Indonesia yang menjabat sebagai Sekretaris Jenderal ini sempat disebut dalam kasus sidang yang menyeret pada jungkir balik partai Demokrat. Namun, pembenaran tersebut butuh pemeriksaan lebih lanjut jika memang apa yang diucapkan Nazaruddin benar adanya. 

Selain berpolitik, Ibas juga berbisnis kue kering yang cakupan pemasarannya sudah memasuki tahap ekspor. Namun, bisnis tersebut sepi dibicarakan lantaran Ibas jarang menengok pabrik berkaryawan 150 orang tersebut.

Riset dan Analisa: Atiqoh Hasan

PENDIDIKAN
  • International Political Economy, Universitas Teknologi Nanyang, Singapura, 2005-2007
  • Finance and E-Commerce, Universitas Curtin, Perth, Australia. 1999-2005
  • SMAN 39 Cijantung, 1996-1999
KARIR
  • Sekretaris Jenderal Partai Demokrat periode 2010-2015
  • Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang - Promosi Internasional, Pariwisata, Seni Budaya, dan Olah Raga
  • Anggota Komisi I DPR RI periode 2009-2014
  • Ketua Departemen Kaderisasi DPP Partai Demokrat
  • Sekretaris Yayasan Majelis Dzikir SBY Nurussalam
  • Kepala Departemen Pengabdian Masyarakat dan Olahraga Generasi Muda - Forum Komunikasi Putra Putri TNI dan Polri (GMFKKPI)
  • Kepala Pengembangan Industri Derivatif Pertanian KADIN Indonesia
SOCIAL MEDIA
www.edhiebaskoro.com

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 17 Februari 2017 11:17:38 Saat usut Ibas di pengadaan IT KPU, Antasari dibilang melawan tembok

    Ketika masih menjabat sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar mengusut kasus korupsi yang menyeret Aulia Pohan. Saat itu Aulia Pohan menjabat sebagai Deputi Gubernur Bank Indonesia.

  • Selasa, 14 Februari 2017 19:21:12 Dituding Antasari terbelit kasus IT KPU, ini komentar Ibas

    Dituding Antasari terbelit kasus IT KPU, ini komentar Ibas. Antasari Azhar mengungkap keluarga Cikeas terlibat dalam sejumlah kasus yang membelit dirinya selama menjabat sebagai Ketua KPK. Selain nama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Antasari juga seret nama Ibas dalam kasus pengadaan IT KPU tahun 2009.

  • Rabu, 15 Februari 2017 07:30:00 Bikin geger, tiga orang dekat SBY ikut diseret Antasari

    Bikin geger, tiga orang dekat SBY ikut diseret Antasari. Siapakah tiga orang dekat SBY tersebut?

  • Jumat, 10 Februari 2017 07:32:00 Kompaknya keluarga Yudhoyono bela Agus dari segala serangan

    Situasi ini dirasakan keluarga besar Yudhoyono. Tidak hanya sang ayah, SBY yang bersuara keras saat dirinya dan putera sulungnya diserang dari segala penjuru, tapi keluarga Yudhoyono lain juga tak tinggal diam. Mulai dari Ani Yudhoyono sampai Annisa Pohan berada di garda terdepan membela Agus.

  • Kamis, 9 Februari 2017 14:13:25 Ibas sebut Pilgub DKI 'aut-autan', mata jadi kaki, kaki jadi mata

    Ibas sebut Pilgub DKI 'aut-autan', mata jadi kaki, kaki jadi mata. Ibas mengatakan, seluruh wilayah pilkada tentu penting, tetapi tidak dapat dipungkiri bahwa DKI adalah wilayah yang menyita pikiran dengan seluruh isu yang berkembang.

  • Kamis, 9 Februari 2017 11:15:08 Demi menangkan Pilkada, Demokrat buat 'Gerakan Desa Menyerbu Kota'

    Gerakan tersebut, kata Ibas, memerintahkan seluruh kader dari tingkat desa untuk hijrah membantu hingga ke kota. "Gerakan desa menyerbu kota akan digunakan untuk menangkan seluruh paslon secara kenclengan semangat, energi dan biaya, begitu kami menyebutnya," kata Ibas.

  • Jumat, 28 Oktober 2016 14:37:34 Ibas sampai Arif Wibowo berpeluang pimpin Pansus RUU Pemilu

    Ibas sampai Arif Wibowo berpeluang pimpin Pansus RUU Pemilu. Rambe Kamarulzaman menjelaskan, Pansus akan mulai bekerja usai masa reses berakhir atau masa sidang telah dimulai pada 16 November. Dalam masa sidang, kata dia, Pansus akan menentukan siapa anggota yang akan ditunjuk menjadi Ketua dan tiga Wakil Ketua.

  • Jumat, 28 Oktober 2016 09:30:00 Ibas ajak generasi muda cari jalan untuk maju bukan jalan buntu

    Menurut Ibas, generasi muda harus senantiasa belajar dan bekerja keras. Generasi muda juga harus menghormati jasa semua tokoh-tokoh bangsa, pahlawan dan senior terdahulu dalam melanjutkan perjuangan bangsa.

  • Senin, 3 Oktober 2016 16:28:40 Agus Yudhoyono: Ada yang coba bentrokin saya dengan Ibas

    Agus Yudhoyono: Ada yang coba bentrokin saya dengan Ibas. Keputusan poros Cikeas untuk mengusung Agus Harimurti Yudhoyono sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta berpasangan dengan Sylviana Murni sempat menuai kontroversi. Ada yang menuding ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono mengesampingkan adiknya Ibas.

  • Kamis, 29 September 2016 05:01:00 Diminta mundur, Ruhut malah sebut Ibas seperti tukang parkir

    Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR, Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) geram melihat aksi Ruhut yang tidak mendukung keputusan yang telah diambil Demokrat. Dia mempersilakan Ruhut untuk mundur bila tetap ngotot membangkang keputusan partai.