PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Faisal Basri

Foto:

Faisal Basri


Nama Lengkap : Faisal Basri

Alias : Faisal Batubara

Profesi : Ekonom

Tempat Lahir : Bandung, Jawa Barat

Tanggal Lahir : Jumat, 6 November 1959

Zodiac : Scorpion

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Faisal Batubara atau yang lebih dikenal dengan nama Faisal Basri adalah seorang ekonom dan politikus asal Indonesia. Faisal Basri lahir di Bandung tanggal 6 November 1959. Nama belakangnya, Basri diambil dari nama ayahnya, Hasan Basri Batubara, sebagai salah satu bentuk penghargaan kepada ayahnya. Pria berdarah Batak yang juga merupakan salah seorang keponakan dari mendiang Wakil Presiden RI Adam Malik ini turut menjadi salah satu pendiri Mara (Majelis Amanah Rakyat) yang nantinya akan berkembang menjadi Partai Amanat Nasional hingga akhirnya dia dipercaya menjadi Sekretaris Jenderal yang pertama dan pasca Kongres I di Yogyakarta dipercayakan sebagai salah satu Ketua.

Dia juga menjadi pendiri beberapa organisasi nirlaba lainnya seperti Yayasan Harkat Bangsa, Global Rescue Network, dan Yayasan Pencerahan Indonesia. Sejak mahasiswa, Faisal sudah aktif di berbagai organisasi. Dia masuk di Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia pada tahun 1978 tatkala kampus sedang bergejolak. Gejolak politik membawanya kian larut dalam berbagai gerakan organisasi. Setelah menyelesaikan studinya di sana, Faisal kemudian diangkat menjadi dosen mata kuliah baru yakni Ekonomi Politik yang baru diperkenalkan di FEUI pada akhir 1980-an. Pada tahun 2000, Faisal ditunjuk untuk menjadi anggota Tim Asistensi Ekonomi Presiden RI.

Setelah mundur dari PAN pada awal 2001, dia tetap aktif dalam kehidupan politik. Faisal mendirikan organisasi politik Pergerakan Indonesia (PI) dan menjadi Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional sejak Kongres I tahun 2004 sampai 2010. Kini ia dipercaya sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Nasional. Pada Oktober 2011, Faisal Basri menggandeng Biem Benyamin, putra tokoh legendaris Betawi Benyamin Sueb dan sepakat untuk tetap berjuang di jalur independen dalam pencalonan Gubernur DKI dalam pemilukada 2012, kalaupun di perjalanan ada partai politik yang meminang salah satu atau keduanya, tawaran tersebut akan mereka tolak.

Riset dan Analisa: Fathimatuz Zahroh

PENDIDIKAN
  • Sarjana Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI), Jakarta (1985)
  • Master of Arts (M.A.) dalam bidang Ekonomi, Vanderbilt University, USA (1988)
KARIR
  • Anggota American Economist Association (AEA)
  • Anggota Society for International Development (SID)
  • Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN)
  • Penggagas dan Ketua Presidium Nasional Pergerakan Indonesia (PI) tahun 2003-2005
  • Ketua Dewan Pimpinan Nasional (Agustus 2005-sekarang)
  • Deklarator Gerakan Kepatutan dideklarasikan di Yogyakarta, 4 Desember 2004
PENGHARGAAN
  • Dosen Teladan III Universitas Indonesia (1996)
  • Penghargaan “Pejuang Anti Korupsi 2003,” diberikan oleh Masyarakat Profesional Madani (MPM), Gedung Joang 45, Jakarta, 15 Januari 2004
  • "FEUI Award 2005" untuk kategori prestasi, komitmen dan dedikasi dalam bidang sosial kemasyarakatan, Depok, 17 September 2005
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Kamis, 8 Juni 2017 16:48:59 Faisal Basri beberkan amburadulnya pengelolaan BUMN saat ini

    Selain itu, sejumlah BUMN menurut Faisal juga menjauh dari misinya. Makin banyak BUMN merambah bisnis yang bukan bisnis intinya. Misalnya, PT Adhi Karya dan PT Pegadaian yang kini merambah bisnis hotel.

  • Selasa, 7 Maret 2017 20:21:08 Faisal Basri: Jokowi banyak lanjutkan kesesatan proyek SBY

    Faisal Basri: Jokowi banyak lanjutkan kesesatan proyek SBY. Menurutnya, kesalahan ini dimulai dari pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Faisal menuding saat ini banyak pembantu presiden yang hanya menuruti kemauan Jokowi. Namun, tidak pernah menginformasikan bahwa proyek tersebut tidak sesuai kebutuhan masyarakat.

  • Rabu, 8 Maret 2017 09:23:48 Kritik Faisal Basri ke pemerintah mau beli 51 persen saham Freeport

    Faisal mengkritik pemerintah Indonesia yang ngotot ingin membeli saham Freeport. Menurutnya, langkah ini tidak akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

  • Selasa, 7 Maret 2017 20:21:08 Faisal Basri: Jokowi banyak lanjutkan kesesatan proyek SBY

    Faisal Basri: Jokowi banyak lanjutkan kesesatan proyek SBY. Menurutnya, kesalahan ini dimulai dari pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Faisal menuding saat ini banyak pembantu presiden yang hanya menuruti kemauan Jokowi. Namun, tidak pernah menginformasikan bahwa proyek tersebut tidak sesuai kebutuhan masyarakat.

  • Senin, 13 Februari 2017 13:08:28 Faisal Basri: Holding BUMN itu jahat dan berbahaya

    Pengamat Ekonomi Faisal Basri menilai peraturan pemerintah nomor 72 tahun 2016 tentang tata cara penyertaan dan penataan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membentuk Holding BUMN sangat tak efektif. Apalagi jika terbentuk Holding BUMN maka pemindahan aset tak perlu melalui pembahasan DPR.

  • Senin, 6 Februari 2017 17:56:52 Faisal Basri: Holding bukan satu-satunya cara menata BUMN RI

    Ekonom Universitas Indonesia Faisal Basri menilai pembentukan holding BUMN tidak ada payung hukumnya. Salah satunya, holding perbankan. Di mana, PT Danareksa (Persero) menjadi induk holding sektor pembiayaan. Holding tersebut tidak akan terjadi sinergi antar bank.

  • Rabu, 25 Januari 2017 14:05:10 Sebut Amran paling dilindungi Jokowi, Faisal Basri diserang Kementan

    Kementan membantah tudingan Faisal Basri yang menyebut Kementerian Pertanian tak bisa mengelola anggaran subsidi di sektor pertanian, terutama subsidi pupuk dan benih. Bahkan Kementan menilai Faisal Basri tak paham soal mengukur tingkat kesejahteraan petani.

  • Senin, 23 Januari 2017 14:02:57 Fasial Basri sebut Mentan Amran paling dilindungi Presiden Jokowi

    Pengamat Ekonomi dari Universitas Indonesia (UI) Faisal Basri menilai Menteri Pertanian Amran Sulaiman tak bisa mengelola anggaran subsidi di sektor pertanian, terutama subsidi pupuk dan benih. Menurutnya, petani bisa sejahtera dengan besaran anggaran yang diberikan untuk sektor pertanian, namun tak terjadi.

  • Senin, 5 Desember 2016 17:19:42 Faisal Basri prediksi ekonomi RI tahun depan hanya tumbuh 5 persen

    "Tahun ini prediksi saya 4,9 persen, tahun depan lima persen. Tahun depan lebih baik dari tahun lalu yaitu sekitar 4,8 persen," ujar Faisal.

  • Senin, 5 Desember 2016 16:32:57 Faisal Basri: Pencabutan subsidi listrik bebankan masyarakat miskin

    Mantan Ketua Tim reformasi Tata Kelola Migas ini menegaskan pencabutan subsidi listrik ini nantinya akan berdampak besar pada masyarakat yang berada di garis kemiskinan. Alasannya, pendapatan mereka tidak mengalami penurunan, sehingga pencabutan subsidi ini akan memperburuk kesejahteraan masyarakat.