PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
FX Hadi Rudyatmo

Foto:

FX Hadi Rudyatmo


Nama Lengkap : FX Hadi Rudyatmo

Alias : No Alias

Profesi : Birokrat

Agama : Katolik

Tempat Lahir : Solo

Tanggal Lahir : Sabtu, 13 Februari 1960

Zodiac : Aquarius

Warga Negara : Indonesia


No Relation
BIOGRAFI

Fransiskus Xaverius Hadi Rudyatmo, adalah wali kota Surakarta saat ini. Dia berasal dari PDI-Perjuangan. Hingga 2011, Pria kelahiran Solo, 13 Februari 1960 itu juga tercatat sebagai Ketua Umum Persis dan Ketua Pengurus Cabang PSSI di Surakarta.

Sebelum menjadi wali kota Surakarta, dia adalah wakil wali kota Kota Surakarta periode 2005-2010 dan 2010-2012 mendampingi Joko Widodo yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Pelantikan FX Hadi Rudyatmo dilakukan dalam Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kota Solo pada 19 Oktober 2012. Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo hadir melantik Hadi Rudyatmo sebagai Wali Kota Solo. Latar belakang pelantikan FX Hadi Rudyatmo sebagai Wali Kota Solo adalah permohonan berhenti Joko Widodo sebagai Wali Kota Solo karena ditetapkan sebagai Gubernur DKI Jakarta oleh Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta.

Selama menjabat Hadi sebagai wakil walikota Solo, dia mengaku memiliki resep agar hubungannya dengan Jokowi selalu harmonis. Dia mempunyai komitmen saat pertama kali mau berjalan saat mencalonkan diri jadi walikota dan wakil walikota. Yang kedua, tidak rebutan jabatan apalagi rebutan duit. Apalagi gaji tersebut sama-sama tidak dibawa pulang dan kembali pada masyarakat.

Rudy mengaku senang ketika Jokowi menang dalam pemilukada DKI Jakarta. Dia merasa telah berhasil mendidik Jokowi selama tujuh tahun memimpin Solo. Meski kini tidak lagi bersama Jokowi dalam memimpin Solo, dia menegaskan, siap meneruskan roda pemerintahan hingga berakhir masa bakti 2015 nanti. Menurutnya, yang dia lakukan selama tujuh tahun semua pegang komitmen untuk melayani masyarakat dengan tulus dan ikhlas.

Ketika ditanya apakah Hadi sedih ditinggalkan Jokowi, dia malah merasa senang karena pasangannya itu dapat melayani masyarakat lebih luas. Hadi siap melayani masyarakat tanpa lelah, juga harus menjadi komitmen berdua ketika akan maju sebagai calon walikota dan wakil walikota. Sebab, tujuan dirinya dan Jokowi mencalonkan adalah untuk mensejahterakan masyarakat Solo.
Banyak masyarakat kagum dengan kepemimpinan Joko Widodo dan FX Hadi Rudyatmo dalam memimpin Kota Solo.

Riset dan analisis oleh Vizcardine Audinovic

KARIR
  • Ketua Umum Persis
  • ketua Pengurus Cabang PSSI Surakarta
  • Wakil Walikota Surakarta
  • Walikota Surakarta
SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Senin, 30 Oktober 2017 08:31:00 Wali Kota Solo minta pengemudi batalkan aksi mogok taksi

    Para pengemudi taksi dan angkutan umum berencana melakukan aksi mogok di Bundaran Gladag. Mereka akan menyuarakan sejumlah tuntutan kepada Gubernur untuk tidak memberi kuota kepada taksi online hingga menentukan tarif minimal taksi Rp 25.000 di Solo.

  • Selasa, 26 September 2017 02:30:00 Ogah kena OTT, wali kota Solo larang tamu bawa tas ke ruang kerjanya

    Rudyatmo menerangkan, larangan membawa tas diberlakukan bagi tamu yang akan menemuinya di ruang kerja balai kota maupun di rumah dinas Loji Gandrung serta di rumah pribadinya.

  • Selasa, 29 Agustus 2017 09:45:26 Proyek KA bandara di Solo, pemerintah percepat pembebasan lahan

    Proyek KA bandara di Solo, pemerintah percepat pembebasan lahan. Berdasarkan pendataan pemerintah pusat, terdapat 99 bidang tanah hak milik (HM) yang bakal terdampak proyek kereta bandara. Jumlah tersebut berbeda dengan pendataan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, yakni sebanyak 129 bidang lahan.

  • Kamis, 3 Agustus 2017 14:16:08 Terima pengaduan warga, Pemkot Solo akan standarisasi harga kuliner

    Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo mengatakan, langkah ini sekaligus sebagai respon cepat Pemkot dengan banyaknya masukan dari masyarakat Solo dan luar daerah yang kebetulan berkunjung ke pusat kuliner.

  • Jumat, 5 Mei 2017 13:45:17 Alat belum siap, pemberlakuan e-retribusi di Pasar Klewer ditunda

    Menurut Rudyatmo, molornya penerapan e-retribusi karena belum siapnya peralatan dan sejumlah kendala teknis. Untuk itu, ia meminta pihak Bank Tabungan Negara (BTN) selaku mitra kerja Pemkot dalam merealisasikan e-retribusi di Pasar Klewer, segera menyelesaikan berbagai kekurangan tersebut.

  • Selasa, 25 April 2017 20:19:08 Wali Kota Solo dukung Ganjar Pranowo maju di Pilgub Jateng 2018

    Namun, Rudy mengatakan, hingga saat ini partainya belum menentukan sikap terkait Pilgub Jateng 2018. Pihaknya juga harus menunggu keputusan persetujuan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, terkait sosok yang akan diusung.

  • Sabtu, 15 April 2017 01:00:00 Jokowi tak ingin Jumenengan mundur, biaya akan ditanggung pemerintah

    Jokowi ingin Tinggalan Dalem Jumenengan atau ulang tahun naik tahta ke-13 Paku Buwono XIII tetap dilaksanakan 22 April nanti. Acara sakral tersebut dilakukan di Sasana Sewaka, dihadiri PB XIII dan lengkap dengan iringan Tari Bedhaya Ketawang.

  • Kamis, 6 April 2017 13:54:59 Jadi utusan Presiden, Wali Kota Solo temui 2 kubu Keraton Surakarta

    Rudy awalnya menggelar pertemuan dengan pihak PB XIII. Setelah itu, dia menemui kubu Dewan Adat Keraton. Belum diketahui hasil dari pertemuan tersebut.

  • Rabu, 15 Maret 2017 05:02:00 Menangkan Ahok-Djarot, Walkot Solo turun gunung kampanye di Jakarta

    Menangkan Ahok-Djarot, Walkot Solo turun gunung kampanye di Jakarta. Rudy tidak akan mengambil cuti karena hanya dilakukan pada Sabtu dan Minggu. "Kegiatan kampanye ini tidak akan mengganggu tugas-tugas saya sebagai wali kota karena dilakukan pada hari libur," tegas FX Hadi Rudyatmo

  • Senin, 13 Februari 2017 08:32:02 Ulang tahun, Wali Kota Solo tengah malam dapat kejutan

    Ulang tahun, Wali Kota Solo tengah malam dapat kejutan. Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo atau akrab disapa Rudy, hari ini, Senin (13/2) genap berusia 57 tahun. Ratusan PNS (pegawai negeri sipil) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memberikan kejutan dengan mengadakan jamuan makan di pendapa Rumah Dinas.