PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ganjar Pranowo

Foto:

Ganjar Pranowo


Nama Lengkap : Ganjar Pranowo

Alias : No Alias

Profesi : Pengusaha

Agama : Islam

Tempat Lahir : Karang Anyar

Tanggal Lahir : Senin, 28 Oktober 1968

Zodiac : Scorpion

Warga Negara : Indonesia


Istri : Siti Atikoh Supriyanti
BIOGRAFI

Lahir di Karang Anyar, 28 Oktober 1968, Ganjar Pranowo SH dikenal sebagai sosok yang cerdas, percaya diri, dan pintar bicara. Pria lulusan Universitas Gajah Mada yang aktif berorganisasi sejak mahasiswa tahun 1992 ini sebelumnya adalah anggota Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di zaman Orde Baru. Namun, setelah Suryadi memimpin dan menyingkirkan Megawati Sukarnoputri, ia memutuskan untuk keluar dari partai berlambang banteng tersebut.

Ganjar lantas serius menerjuni bisnisnya sebagai konsultan sumber daya manusia. Di samping itu, ia juga banyak belajar dari ikon-ikon politik tanah air termasuk  Megawati dan Soetardjo Serjogoeritno, yang kian mempertajam kemampuan intelektualnya.

Dari situ suami Siti Atikoh Supriyanti yang hobi mendengarkan rock semacam Dream Theater, Metallica, dan Led Zeppelin untuk menghilangkan stres ini semakin mantap untuk bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) bersama Megawati. Ia bahkan melakukan pelantikan untuk kader PDI-P di awal 2003, sebelum akhirnya menjadi kandidat dalam pemilu legislatif di tahun 2004 dari daerah pemilihan Jawa Tengah 7.

Sayangnya, Ganjar kalah tipis. Namun setelah kandidat di atasnya terpilih sebagai duta besar, ia pun menggantikan posisi tersebut dan duduk di bangku DPR RI Komisi IV.

Kegigihan dan keberanian untuk bersuara menjadikan reputasinya meningkat di kancah politik. Pria yang dulunya bersekolah di SD dan SMP Kutoarjo Jawa Tengah dan menghabiskan masa SMA di BOPKRI Yogyakarta ini dinilai sebagai politikus yang berprinsip. Ia pun terpilih lagi dalam pemilu tahun 2009 dan dipercaya menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi II untuk urusan dalam negeri hingga 2014 nanti, serta panitia angket pengusutan kasus Bank Century.

September 2012, kepercayaan diri ayah satu anak yang juga aktif menekuni pekerjaan lainnya baik di kantor hukum dan bisnis seperti di PT Prastawana Karya Samitra dan PT Semeru Realindo Inti ini makin tinggi. Politisi yang ikut merampungkan Undang Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta itu memutuskan untuk maju dalam ajang Pemilihan Gubernur Jawa Tengah dengan dukungan jajaran Dewan Pimpinan Daerah PDI-P Jawa Tengah.

Ganjar merasa optimis bisa menang dalam sistem pemilihan langsung, meskipun Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih yang akan menjadi lawannya yang akan memimpin salah satu provinsi berpenduduk terpadat di Indonesia tersebut.

Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018 pada 23 Agustus 2013. Dalam proses pelantikan itu Ganjar mendapat tanda pangkat jabatan dan kata-kata pelantikan, serta melakukan penandatanganan pakta integritas dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan. Setelah dilantik, dia akan melaksanankan program yang telah digadang-gadangkan yakni "Agenda 18".

Last update 24 Agustus 2013 pukul 14:42
Riset dan Analisa: Yunita Rachmawati

PENDIDIKAN
  • SD Kutoarjo, Jawa Tengah.
  • SMP 1 Kutoarjo, Jawa Tengah.
  • SMA BOPKRI, Yogyakarta.
  • SMA BOPKRI, Yogyakarta.
  • Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta.
KARIR
  • Konsultan SDM PT Prastawana Karya Samitra.
  • Anggota DPR RI Komisi II (2009 - 2014)
  • Gubernur Jawa Tengah 2013-2018

 

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Selasa, 21 Maret 2017 16:21:59 Aksi cor kaki tetap berjalan sampai Gubernur Jateng cabut SK

    Aksi cor kaki tetap berjalan sampai Gubernur Jateng cabut SK. Warga kecewa karena Teten tidak memberikan tanggapan apapun terkait Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah yang memberikan izin lingkungan melalui Keputusan Gubernur Nomor 660.1/6 Tahun 2017.

  • Rabu, 15 Maret 2017 20:43:33 KPK sebut Ganjar terlibat korupsi e-KTP akan dibuktikan dalam sidang

    KPK sebut Ganjar terlibat korupsi e-KTP akan dibuktikan dalam sidang. Jika ada kepala daerah yang sudah melakukan kerjasama dalam pencegahan korupsi, namun namanya disebut terlibat, menurut Febri akan tetap diproses.

  • Rabu, 15 Maret 2017 15:58:31 Ahok nilai Ganjar sosok sederhana, tak mungkin terima uang e-KTP

    Nama Ganjar Pranowo dan Basuki T Purnama alias Ahok terseret dalam kasus megakorupsi proyek e-KTP. Saat proyek itu berjalan keduanya sama-sama duduk di Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

  • Selasa, 14 Maret 2017 17:40:11 Soal peran Ganjar di korupsi e-KTP, KPK sebut lihat di persidangan

    Soal peran Ganjar di korupsi e-KTP, KPK sebut lihat di persidangan. "Kita klarifikasi lebih lanjut, kemudian kita buktikan siapa saja yang sebenarnya memang menjadi bagian dari rangkaian besar dari perkara ini," tambah Febri.

  • Jumat, 10 Maret 2017 15:27:24 Disebut terima dana, Ganjar siap buka-bukaan soal proyek e-KTP

    Disebut terima dana, Ganjar siap buka-bukaan soal proyek e-KTP. Dalam dakwaan dua terdakwa kasus korupsi proyek e-KTP yakni Sugiarto dan Irman disebut Ganjar menerima USD 520 ribu saat masih menjadi anggota Komisi II DPR dari PDIP.

  • Kamis, 9 Maret 2017 19:29:21 PDIP yakin nama Ganjar, Arief, Laoly dicatut di kasus e-KTP

    PDIP yakin nama Ganjar, Arief, Laoly dicatut di kasus e-KTP. Sekjen PDIP Hasto Krisyanto menegaskan, partainya tidak terlibat dalam kasus dugaan korupsi. Dia berdalih, saat kasus itu terjadi, partainya berada di posisi sebagai oposisi rezim pemerintah yang tengah berkuasa.

  • Kamis, 9 Maret 2017 12:06:58 Sidang dakwaan e-KTP, Ganjar Pranowo disebut terima USD 520.000

    Nama Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo disebut dalam surat dakwaan kasus mega korupsi proyek e-KTP. Uang panas sebesar USD 520.000 itu diterima saat Ganjar masih menjadi pimpinan di Komisi II DPR.

  • Selasa, 7 Maret 2017 15:39:46 Ini kata Ganjar soal dakwaan e-KTP beredar luas

    Dakwaan kasus mega korupsi proyek e-KTP beredar luas. Dalam kronologi muncul sejumlah nama-nama besar yang duduk di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), salah satunya Ganjar Pranowo yang kini jadi gubernur Jawa Tengah.

  • Jumat, 3 Maret 2017 18:03:50 Temui Ganjar, Wagub Djarot singgung pemilih asal Jateng di DKI

    Temui Ganjar, Wagub Djarot singgung pemilih asal Jateng di DKI. Djarot merasa bangga jika saat ini ada sekitar 36 persen warga Jawa yang paling banyak adalah warga Jawa Tengah. Bahkan, dari 36 persen itu, 15 persen merupakan warga Jawa Tengah yang sudah mempunyai hak pilih di Pilkada DKI Jakarta pada putaran kedua.

  • Kamis, 23 Februari 2017 23:47:30 Kondisi terus menurun, ayah Ganjar Pranowo dirawat di RSUP Sardjito

    Kondisi terus menurun, ayah Ganjar Pranowo dirawat di RSUP Sardjito. Ayah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dirawat di RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta. S Parmudji saat ini mendapatkan perawatan intensif di Ruang ICU RSUP Dr Sardjito.