PROFIL BERDASARKAN ABJAD
INDONESIA
Ganjar Pranowo

Foto:

Ganjar Pranowo


Nama Lengkap : Ganjar Pranowo

Alias : No Alias

Profesi : Pengusaha

Agama : Islam

Tempat Lahir : Karang Anyar

Tanggal Lahir : Senin, 28 Oktober 1968

Zodiac : Scorpion

Warga Negara : Indonesia


Istri : Siti Atikoh Supriyanti
BIOGRAFI

Lahir di Karang Anyar, 28 Oktober 1968, Ganjar Pranowo SH dikenal sebagai sosok yang cerdas, percaya diri, dan pintar bicara. Pria lulusan Universitas Gajah Mada yang aktif berorganisasi sejak mahasiswa tahun 1992 ini sebelumnya adalah anggota Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di zaman Orde Baru. Namun, setelah Suryadi memimpin dan menyingkirkan Megawati Sukarnoputri, ia memutuskan untuk keluar dari partai berlambang banteng tersebut.

Ganjar lantas serius menerjuni bisnisnya sebagai konsultan sumber daya manusia. Di samping itu, ia juga banyak belajar dari ikon-ikon politik tanah air termasuk  Megawati dan Soetardjo Serjogoeritno, yang kian mempertajam kemampuan intelektualnya.

Dari situ suami Siti Atikoh Supriyanti yang hobi mendengarkan rock semacam Dream Theater, Metallica, dan Led Zeppelin untuk menghilangkan stres ini semakin mantap untuk bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) bersama Megawati. Ia bahkan melakukan pelantikan untuk kader PDI-P di awal 2003, sebelum akhirnya menjadi kandidat dalam pemilu legislatif di tahun 2004 dari daerah pemilihan Jawa Tengah 7.

Sayangnya, Ganjar kalah tipis. Namun setelah kandidat di atasnya terpilih sebagai duta besar, ia pun menggantikan posisi tersebut dan duduk di bangku DPR RI Komisi IV.

Kegigihan dan keberanian untuk bersuara menjadikan reputasinya meningkat di kancah politik. Pria yang dulunya bersekolah di SD dan SMP Kutoarjo Jawa Tengah dan menghabiskan masa SMA di BOPKRI Yogyakarta ini dinilai sebagai politikus yang berprinsip. Ia pun terpilih lagi dalam pemilu tahun 2009 dan dipercaya menduduki jabatan Wakil Ketua Komisi II untuk urusan dalam negeri hingga 2014 nanti, serta panitia angket pengusutan kasus Bank Century.

September 2012, kepercayaan diri ayah satu anak yang juga aktif menekuni pekerjaan lainnya baik di kantor hukum dan bisnis seperti di PT Prastawana Karya Samitra dan PT Semeru Realindo Inti ini makin tinggi. Politisi yang ikut merampungkan Undang Undang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta itu memutuskan untuk maju dalam ajang Pemilihan Gubernur Jawa Tengah dengan dukungan jajaran Dewan Pimpinan Daerah PDI-P Jawa Tengah.

Ganjar merasa optimis bisa menang dalam sistem pemilihan langsung, meskipun Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih yang akan menjadi lawannya yang akan memimpin salah satu provinsi berpenduduk terpadat di Indonesia tersebut.

Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah periode 2013-2018 pada 23 Agustus 2013. Dalam proses pelantikan itu Ganjar mendapat tanda pangkat jabatan dan kata-kata pelantikan, serta melakukan penandatanganan pakta integritas dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan. Setelah dilantik, dia akan melaksanankan program yang telah digadang-gadangkan yakni "Agenda 18".

Last update 24 Agustus 2013 pukul 14:42
Riset dan Analisa: Yunita Rachmawati

PENDIDIKAN
  • SD Kutoarjo, Jawa Tengah.
  • SMP 1 Kutoarjo, Jawa Tengah.
  • SMA BOPKRI, Yogyakarta.
  • SMA BOPKRI, Yogyakarta.
  • Fakultas Hukum UGM, Yogyakarta.
KARIR
  • Konsultan SDM PT Prastawana Karya Samitra.
  • Anggota DPR RI Komisi II (2009 - 2014)
  • Gubernur Jawa Tengah 2013-2018

 

SOCIAL MEDIA
No Sosmed

Kirim ke teman
  • Kirim copy ke email saya

    • Kirim ke



ARSIP BERITA
  • Jumat, 16 Juni 2017 10:58:58 Demo, warga Solo tuntut Ganjar ulang PPDB online

    Sejumlah orangtua siswa SMP di Solo menggelar demonstrasi di halaman SMP Negeri 1 Solo. Mereka memprotes keras munculnya Pergub Jateng No 9 Tahun 2017, terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online.

  • Kamis, 8 Juni 2017 22:08:13 Ganjar minta Gunung Kemukus dijadikan tempat wisata Islami

    Ganjar minta Gunung Kemukus dijadikan tempat wisata Islami. Ganjar menyesalkan kembali munculnya prostitusi berkedok ritual ziarah makam Pangeran Samudro yang dikenal sebagai penyebar agama Islam itu.

  • Jumat, 2 Juni 2017 12:58:58 Jelang Pilgub Jateng, Ganjar Pranowo lumrah diserang dan dikritik

    Jelang Pilgub Jateng, Ganjar Pranowo lumrah diserang dan dikritik. Ganjar mengaku tidak keberatan dikritik dan diserang oleh siapapun. Namun Ganjar menilai lebih jika kritik dilakukan saat debat kandidat. Itupun jika seandainya Ganjar kembali dipercaya partainya untuk maju dalam Pilgub Jateng 2018.

  • Kamis, 1 Juni 2017 10:25:12 Ganjar ajak warga mengawasi jalannya Pancasila

    Ganjar mengatakan, nama Pancasila dimunculkan oleh Presiden pertama Soekarno. Namun nama tersebut tidak serta merta langsung didapatkan, karena melalui proses pemikiran, kesadaran dan penggalian batin. Untuk itu dia mengajak semua pihak untuk mengawal dan mengamankan serta melaksanakan isi dan esensi Pancasila.

  • Senin, 1 Mei 2017 00:38:00 Ganjar minta hak angket KPK jangan sampai jadi kekuatan negatif

    Ganjar minta hak angket KPK jangan sampai jadi kekuatan negatif. Ganjar yang menjadi saksi dalam kasus korupsi e-KTP ini menegaskan jika upaya KPK untuk secara masif melakukan pemberantasan korupsi tidak boleh diintervensi oleh pihak manapun, termasuk oleh DPR dengan cara melalui hak angketnya.

  • Selasa, 25 April 2017 20:19:08 Wali Kota Solo dukung Ganjar Pranowo maju di Pilgub Jateng 2018

    Namun, Rudy mengatakan, hingga saat ini partainya belum menentukan sikap terkait Pilgub Jateng 2018. Pihaknya juga harus menunggu keputusan persetujuan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP, terkait sosok yang akan diusung.

  • Sabtu, 22 April 2017 11:04:00 Mendagri dan Ganjar Pranowo hadiri Tingalan Jumenengan PB XIII

    Selain keluarga keraton dari dua kubu, ratusan abdi dalem juga mulai datang di pisowanan ageng sejak pagi. Mereka menempatkan diri sesuai pangkatnya masing-masing. Pengamanan sangat ketat juga dilakukan oleh Polda Jawa Tengah dan Polresta Solo.

  • Sabtu, 8 April 2017 23:11:34 Ganjar wajar Setnov lupa soal permintaan tak galak di proyek e-KTP

    Ganjar Pranowo saat bersaksi di persidangan kasus e-KTP mengaku pernah diminta Setya Novanto tidak galak-galak dalam pembahasan proyek tersebut. Namun, dalam kesaksian Novanto, hal itu dibantah. Sikap Novanto ini dianggap Ganjar wajar.

  • Sabtu, 8 April 2017 17:13:16 Kasus e-KTP, Ganjar berkelit & merasa ada pihak ingin menyeretnya

    Dalam persidangan kasus e-KTP dengan saksi mantan Bendahara Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, diungkap bahwa Ganjar Pranowo menerima kucuran dana. Bahkan disebutkan juga bahwa Ganjar sempat meminta jatahnya dilebihkan. Namun, gubernur Jawa Tengah itu terus berkelit atas tudingan tersebut.

  • Senin, 3 April 2017 14:09:57 Pesan ayah Ganjar Pranowo: Selalu hidup jujur

    Pesan ayah Ganjar Pranowo: Selalu hidup jujur. Kunto menambahkan bahwa pesan lainnya yang selalu diucapkan oleh Parmuji adalah sebuah pepatah Jawa. Yaitu, orang Jawa harus selalu Ngilo Githoke yang berarti orang itu harus selalu berkaca pada dirinya sendiri.